Passionista13Avatar border
TS
Passionista13
Apa yang terjadi jika tidak berbicara satu tahun?
Hallo GAN!
Balik lagi bareng ane ngobrolin hal hal yang nggak ada habisnya tetntang hal hal di alam semesta! Kali ini TS bakal ngebahas hal yang selama ini kita lakukan yaitu berbicara. Tapi eh tapi apa yang terjadi kalo manusia yang defaultnya bisa berbicara dipaksa untuk diam dalam kurun waktu tertentu? Apakah itu bisa meng-UNLOCK super power kita yang baru? Penasaran? Yuk mari kita simak jawabannya di mari!


Alfred Lee , Senior Digital Content Producer at Vodafone (2016-present)
mengatakan bahwa:

Di India, ada praktik meditasi yang disebut "Vipassana" dimana para pesertanya menjalani beberapa hari tanpa berbicara sepatah kata pun.

Spoiler for Mulustrasi:


Saya sendiri sempat menghadiri satu sesi seperti itu dan diam selama 5 hari. Inilah yang saya alami:

1. Hari pertama, Anda harus berkali-kali mengingatkan diri sendiri untuk menutup mulut. Tahap ini memang terasa sangat janggal namun Anda akan segera terbiasa.

2. Karena saya waktu itu berada di pusat meditasi, saya tidak memiliki akses ke telepon, internet atau televisi. Penyelenggara mendorong para peserta untuk memikirkan kehidupan mereka. Semua hal tentang kehidupan Anda! Mereka mendorong Anda untuk mengingat setiap hal. Tidak peduli sudah berapa tahun seseorang hidup, sebagian besar peserta dalam sesi saya dapat mengingat seluruh hidup mereka dalam sehari - sebegitu singkatnya kehidupan seorang manusia.

3. Tidur adalah salah satu cara untuk menghabiskan waktu. Tetapi untuk lebih dari satu atau dua hari, tidur tidak terlalu berfungsi. Karena begitu Anda tidur Anda sudah cukup, Anda tidak bisa memaksakan diri untuk tidur.

4. Anda menjadi lebih sensitif terhadap suara. Ketika terus-menerus tidak mendengarkan suara orang berbicara, Anda mulai memperhatikan suara-suara di alam, suara sentuhan peralatan makan dan bahkan suara organ pernapasan Anda sendiri.

5. Anda menjadi jauh lebih bisa membaca dan berbicara melalui bahasa tubuh. Kontak mata, ekspresi wajah, mengangkat bahu, gerakan tangan. Anda mulai bisa mengatur bahasa tubuh Anda untuk menyampaikan pesan. Bahkan, Anda hampir dapat "mendengar" bahasa tubuh seseorang dari kejauhan.

6. Tetapi mungkin hasil yang paling mengejutkan adalah ketika Anda diberi kebebasan untuk berbicara lagi, Anda tidak akan mau karena sadar bahwa Anda tidak ada urgensi untuk berbicara.

7. Ketika Anda berbicara lagi, telinga Anda tidak sepenuhnya mengenali suara Anda sendiri. Rasanya mirip dengan mendengarkan rekaman suara Anda sendiri - Anda mempertanyakan seperti inikah suara Anda terdengar di telinga orang lain karena terdengar sangat aneh.

anasabila
4iinch
sebelahblog
sebelahblog dan 52 lainnya memberi reputasi
51
15K
162
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.