• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Khas Dengan Syairnya yang Vulgar, Berikut Beberapa Lagu Tarling Poluler

feliiaAvatar border
TS
feliia
Khas Dengan Syairnya yang Vulgar, Berikut Beberapa Lagu Tarling Poluler
Hallo agan dan sista sekalian. Adakah agan dan sista yang tahu dengan lagu Tarling? Adalah jenis musik tradisional khas dari daerah Pantura (Pantai Utara) yang meliputi Indramayu, Cirebon, Brebes, Tegal dan sekitarnya. Biasa juga disebut dengan lagu Cerbonan (Cirebonan) atau Dermayuan (Indramayuan), karena lagu Tarling sendiri berasal dari Indramayu. Penikmat lagu tarling biasanya dari kalangan orang tua saja, namun seiring kemodernan zaman, saat ini tidak sedikit anak muda yang juga ikut menyukai lagu - lagu Tarling. Karena lagu - lagu tersebut bisa kita dengarkan dengan mudah melalui situs berbagi milik Google, yaitu Youtube, sehingga siapa saja bisa menikmatinya kapan dan dimanapun.



Selain instrumen dari gitar dan suling yang menjadi ciri khas, lagu Tarling juga sangat khas dengan liriknya yang dinggap vulgar. Kebanyakan dari lagu Tarling adalah membahas masalah percintaan orang dewasa atau rumah tangga, dengan bahasa yang cenderung kasar.


Asal mula terbentuknya lagu Tarling
Quote:


Meski khas dengan syairnya yang vulgar, namun tidak semua demikian. Berikut beberapa lagu Tarling populer pilihan dari ane.

1. Keloas
Quote:

Bait pertama pada lirik lagu Keloas yang berbunyi "keloas ati sun kaya keloas" artinya "Kecewa hatiku seperti sekarat". Lagu ini mengisahkan jeritan seorang istri yang merasa begitu sakit ketika ia diceraikan lantaran sang suami memilih rujuk dengan istri lamanya. Ia pun memilih berpisah, walau harus menjadi janda, ia rela daripada semakin lama bertahan akan semakin menyiksa batinya. Meski begitu, ia bertekad untuk tidak merusak hubungan mereka. Begitulah sekiranya kisah dari lagu yang sampai saat ini masih populer.


2. Cukup sepisan (Duda Araban)
Quote:

Tidak hanya populer dikalangan masyarakat biasa, namun lagu ini juga sering dibawakan oleh beberapa artis saat tampil diacara televisi, seperti Ayu ting ting dan Nella Kharisma. Meski
alunan musiknya energik, tapi sebenarnya arti dari lirik lagu ini mengisahkan kesedihan seorang perempuan yang pernah dibohongi oleh kekasihnya, bisa dikatakan bahwa Cukup Sepisan adalah lagu galau. Perempuan ini menjalin hubungan dengan seorang pria yang ditinggal merantau ke Arab oleh istrinya. Saat istrinya masih bekerja di Arab, pria tersebut pun memberi janji bahwa ia akan menikahinya. Namun ternyata janji itu hanyalah omong kosong belaka, saat istrinya kembali ia justru ditinggal pergi, lantaran pria tersebut memilih kembali pada istrinya.


3.Lanange jagat
Quote:

Lagu ini mengisahkan curhatan seorang perempuan yang sedang dimabuk cinta. Lelaki idamanya ialah seorang pria berparas tampan rupawan bak Arjuna hingga membuatnya jatuh cinta. Lagu ini sangat populer dimasanya, hingga dibawakan oleh beberapa artis kedalam berbagai versi dan bahasa saat tampil ditelevisi.



4. Keder balike
Quote:

Dian Sastra adalah salah satu penyanyi Tarling yang cukup hits, "Keder balike" salah satu lagunya yang populer. Hingga saat ini, kita masih sering mendengar lagu ini ketika berada di daerah Pantura. Lagu ini mengisahkan seorang istri yang tersiksa batin karna ulah sang suami, tanpa bukti dirinya dituduh selingkuh dengan tetangga. Dirinya pun sengaja diusir dari tempat tinggalnya, akibatnya wanita ini bingung harus pergi kemana lagi, lantaran sudah tidak punya orang tua.


5. Surat biru
Quote:

Selain Dian Sastra, adapula Aas Rolani yang lebih senior sebagai penyanyi Tarling. Banyak lagu - lagu yang hits miliknya, Surat biru salah satunya. Mengisahkan seorang perempuan yang menjalin hubungan dengan seorang pria. Akan tetapi ia diputuskan secara sepihak melalui surat, tak kuasa dirinya menerima kenyataan ini. Dalam batin tidak ingin berpisah, namun apa daya ia tak kuasa. Lagu surat biru juga dinyanyikan kembali oleh penyanyi lain dalam bahasa Indonesia, agan dan sista bisa menengoknya di Youtube.


6. Dodol geseng


Quote:

Lagu ini bisa dikatakan bahasan dari gaya hidup manusia zaman sekarang, dimana sepasang perempuan dan lelaki menjalin kisah kasih dalam hubungan yang belum ada ikatan suci. Meski disampaikan dengan lirik yang sedikit vulgar, sebenarnya Dodol Geseng memberi pesan untuk para sepasang kekasih agar segera menikah jika ingin melakukan hal yang lebih jauh lagi.


7. Sewulan maning

Quote:

Buat agan dan sista yang sedang menjalani hubungan jarak jauh dengan sang kekasih, lagu ini sangat mewakili perasaan agan dan sista sekalian. Meski sudah menjadi ciri khas, tapi tidak semua lirik pada lagu Tarling bertema vulgar, Surat Biru salah satunya. Mengandung makna yang sangat menyentuh, dan disampaikan dengan syair yang cukup puitis. Maka tidak heran jika lagu yang dibawakan Aas Rolani ini sangat populer saat itu.


8. Kopi Lendot

Quote:

Seorang istri mengeluh atas ulah sang suami, yang sedang gemar menghabiskan uang untuk nongkrong di warung kopi bersama wanita wanita muda. Hal tersebut pun membuat rumah tangganya menjadi tidak harmonis lagi. Begitulah sekiranya, kisah dari lagu ini.



9. kucing garong

Quote:

Mungkin agan dan sista pernah mendengar lagu ini karena dulu sangat populer. Sampai sampai ada yang membawakanya kembali kedalam bahasa Indonesia. Musiknya yang asyik dan energik membuat siapa saja ingin bergoyang jika mendengar lagu yang menceritakan bagaimana ganasnya para lelaki hidung belang ini.


10. Juragan empang
Quote:

Lagu ini mendadak sangat populer, setelah dua penyanyi dangdut koplo ternama membawakan kembali lagu yang bertajuk Juragan Empang. Sayangnya, sang penyanyi asli justru kurang terekspos, yaitu Tiny Joseph. Jika dilihat dari view Youtube, versi Nella Kharisma sudah ditonton sampai lebih dari 100 juta kali, jauh lebih tinggi daripada versi original. Meski begitu banyak pula yang lebih suka dengan versi original yang dibawakan oleh penyanyi aslinya, mungkin agan dan sista juga sudah tidak asing dengan lagu ini.



Untuk masyarakat yang berada di wilayah Pantura, khususnya Cirebon, Brebes dan Tegal, lagu - lagu Tarling biasanya menjadi lagu wajib yang selalu diputar saat mereka mengadakan acara besar seperti hajatan. Jadi ane sendiri yang gak pernah dengan sengaja muter lagu tarling pun, otomatis hafal dengan lirik lirik lagu tarling. Nah sekian dulu thread ane kali ini, terimakasih yang sudah berkenan untuk menyimak, sampai jumpa di thread ane dilain waktu....



Tulisan : asli tulisan Ts
Gambar : Screenshot Youtube

Diubah oleh feliia 18-12-2019 05:22
anasabila
4iinch
sebelahblog
sebelahblog dan 27 lainnya memberi reputasi
22
12.5K
95
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.