News
Batal
KATEGORI
link has been copied
128
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dfb889df0bdb21e3e519330/bos-jasa-marga-tanggapi-hujan-kritik-netizen-soal-tol-japek-ii
Direktur Utama PT Jasa Marga (JSMR) Desi Arryani menanggapi kritikan soal layanan jalan Tol layang Jakarta-Cikampek atau Japek II atau elevated. Jalan tol yang baru dibuka 15 Desember 2019 lalu itu dikritik karena jalur yang bergelombang.
Lapor Hansip
19-12-2019 21:26

Bos Jasa Marga Tanggapi 'Hujan' Kritik Netizen Soal Tol Japek II

Past Hot Thread
Bos Jasa Marga Tanggapi 'Hujan' Kritik Netizen Soal Tol Japek II

Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Utama PT Jasa Marga (JSMR) Desi Arryani menanggapi kritikan soal layanan jalan Tol layang Jakarta-Cikampek atau Japek II atau elevated. Jalan tol yang baru dibuka 15 Desember 2019 lalu itu dikritik karena jalur yang bergelombang. 

Menurut Desi, keamanan menjadi bagian yang terpenting dibanding kenyamanan pengguna kendara. "Secara fisik dan keamanan sudah tidak perlu sangat diragukan. Sangat pasti aman. Memang kenyamanan ini, memang harus disempurnakan," kata Desi kepada CNBC Indonesia di Kementerian PUPR, Rabu (18/12/2019)

Apalagi saat momen liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) dimana lonjakan kendaraan diperkirakan bakal meningkat, maka perbaikan yang dilakukan demi kenyamanan akan sedikit dikesampingkan.

"Tapi kita kan menghadapi Nataru. Kenyamanan itu minor ya dibanding kepentingan Nataru yang sangat major. Tapi kenyamanan ini akan terus ditingkatkan," ungkap Desi.

Ia bilang pada hari pertama dibuka untuk umum 15 Desember 2019, Desi mengklaim lonjakan penumpang sudah mulai terasa di Japek II. Sehingga berdampak pada berkurangnya volume kendaraan di jalur bawah tol Jakarta-Cikampek.

"Sejak 15 September animo masyarakat ke tol Japek sesuai estimasi kita. Hari minggu (15/12) 33% naiknya (Tol) elevated. Di bawah jadi lancar. Senen (16/12) juga berkisar 30-an%. Jadi memang sesuai analisa kita kami," sebut Desi.

Menghadapi momen Nataru ini, Desi mengingatkan fungsi tol Japek II atau Elevated. Dimana untuk mengurangi volume kendaraan yang dinilai sudah sangat padat di jalur bawah.

"Jarak jauh harus naik. Jarak dekat jangan naik. Elevated itu untuk pengguna jarak jauh," sebut Desi.

Pimpinan Proyek Area 1 PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) Prajudi sempat mengatakan, tol ini dibuat naik turun karena mengikuti struktur yang ada di bawahnya.

Dia menerangkan, pembangunan Tol Layang sebenarnya diupayakan tidak terlalu tinggi dibanding dengan jalan yang sudah ada (eksisting). Namun, karena mesti melewati jembatan lain maka mau tak mau Tol Layang juga ditinggikan.

"Sebenarnya kita sedapat mungkin tidak terlalu tinggi dari badan jalan eksisting, cuma pada saat melewati overpass bagaimanapun harus meninggikan jalur, jadi memang kelihatan naik turun menyesuaikan struktur di bawah, yaitu overpass dan jembatan-jembatan, tapi kalau dijajaki sebetulnya tidak bergelombang seekstrim seperti foto tangkapan dari drone," ujarnya di Simpang Susun Cikunir, Bekasi, Minggu lalu (15/12/2019) seperti dikutip dari detikcom.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Budi Setiyadi di Jakarta, Rabu (18/12/2019) mengatakan tentang ramainya kritik konstruksi Jalan Tol Layang Japek II ini.

"Yang bilang Tol Layang Jakarta-Cikampek II begitu bergelombang coba saja cek sendiri. Itu di media sosial, enggak ada. Itu ekstrem aja masyarakat hanya melihat foto dari atas," kata Budi Setiyadi.

Baca Juga: Waktu Tempuh Lewat Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Elevated Dilibas Dalam 27 Menit!

Menurutnya, salah satu yang belum sempurna di Jalan Tol Layang itu adalah expansion joint yang belum mulus.

"Kemarin saya sudah melakukan evaluasi memang dari pengamatan saya masih ada beberapa yang kita harapkan ada perbaikan dari Jasa Marga. Yang pertama, menyangkut masalah water barrier dan concrete barrier yang harus segera dibenahi kembali karena memang yang terpasang kemarin terkesan agak mempersempit," sambung dia.

Menurut Budi, saat ini jumlah sambungan yang belum mulus itu tidak sebanyak sebelumnya.

"Awal mencoba memang saya terasa sekali, tapi kemarin saya lewat tidak semuanya seperti itu, sudah enak. Di Kilometer 10 juga saya sudah minta dievaluasi," tuturnya.

Bos Jasa Marga Tanggapi 'Hujan' Kritik Netizen Soal Tol Japek II
Bos Jasa Marga Tanggapi 'Hujan' Kritik Netizen Soal Tol Japek II


https://www.cnbcindonesia.com/news/2...k-tol-japek-ii
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 18 lainnya memberi reputasi
19
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Bos Jasa Marga Tanggapi 'Hujan' Kritik Netizen Soal Tol Japek II
19-12-2019 21:58
Bos Jasa Marga Tanggapi 'Hujan' Kritik Netizen Soal Tol Japek II

Bos Jasa Marga Tanggapi 'Hujan' Kritik Netizen Soal Tol Japek II

perencanaan jalan ada aturannya, dimana tinggi slope disesuaikan dengan kecepatan yang diperbolehkan/direncanakan.

jadi kalau sudah sesuai dengan aturan ( pastinya sudah diikuti ) seharusnya sudah aman.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
doombringer2211 dan 26 lainnya memberi reputasi
27 0
27
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Bos Jasa Marga Tanggapi 'Hujan' Kritik Netizen Soal Tol Japek II
19-12-2019 22:07
Yang penting aman njih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Bos Jasa Marga Tanggapi 'Hujan' Kritik Netizen Soal Tol Japek II
19-12-2019 22:35
Ane sih mikirnya gini,
Itu jalan dibuat tidak lurus tak lain krn lengkungan justru lebih kuat ketimbang lurus,
Intinya lebih kuat dan hemat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hantumasam dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Bos Jasa Marga Tanggapi 'Hujan' Kritik Netizen Soal Tol Japek II
19-12-2019 23:18
Kok pada komplen ya? emoticon-Bingung (S)

Padahal lumayan "seru" loh jalanan bergelombang dipacu up to 70kpj emoticon-Malu

Cobain deh emoticon-Shutup















































emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Bos Jasa Marga Tanggapi 'Hujan' Kritik Netizen Soal Tol Japek II
20-12-2019 00:13
Gw coba maren maren enak enak aja asal sesuai rambu2 nya ya...


Yg pasti ke bandung jadi lebih ke pangkas waktu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RyoEdogawa dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Bos Jasa Marga Tanggapi 'Hujan' Kritik Netizen Soal Tol Japek II
20-12-2019 00:20
selama belum ada tumbal sejauh ini masih aman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
beeSide dan 7 lainnya memberi reputasi
7 1
6
Bos Jasa Marga Tanggapi 'Hujan' Kritik Netizen Soal Tol Japek II
20-12-2019 00:22
Sy sdh coba gak masalah kalo cuma utk kecpt 80 km/jam, lebih2 dikit 90 km/jam jg gak masalah. Mungkin berasanya kalo dipacu 140 km/jam bisa berasa di sambungan dan elevasi jalannya.

Tapi buat apa ngebut2 yg penting jalannya lancar gak pake macet. Lagi pula bahaya lepas kendali bila terlalu ngebut di tol layang resikonya terpelanting jatuh ke bawah. Resiko bahaya buat pelaku dan pengemudi di jalan bawahnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Day.Walker dan 14 lainnya memberi reputasi
15 0
15
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Bos Jasa Marga Tanggapi 'Hujan' Kritik Netizen Soal Tol Japek II
20-12-2019 04:21
Harusnya eksaited lewat jalan model gitu, ada variasinya.
0 0
0
Bos Jasa Marga Tanggapi 'Hujan' Kritik Netizen Soal Tol Japek II
20-12-2019 04:34
karena ane orang awam soal begini "apakah ada jalan di luar negeri kayak gini?"
0 0
0
Bos Jasa Marga Tanggapi 'Hujan' Kritik Netizen Soal Tol Japek II
20-12-2019 06:28
cuma ada di negeri +62....emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0 0
0
Bos Jasa Marga Tanggapi 'Hujan' Kritik Netizen Soal Tol Japek II
20-12-2019 06:40
Sebagai sistem alarm pengingat juga buat pengemudi supaya tidak memacu kendaraan diatas batas aturan kecepatan
Ini kan jalan layang, resiko lebih besar jika hilang kendali kemudi karna terlalu kencang

Jangan samain sama luar negeri yg manusianya relatif taat aturan
Soalnya tipikal orang indonesia kan ndablek bin kuonthol, jalan sepi dikit injek gas sampai mentokemoticon-Tai
Diubah oleh caliber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
balineseryuu dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Bos Jasa Marga Tanggapi 'Hujan' Kritik Netizen Soal Tol Japek II
20-12-2019 06:48
Karna layang jd keliatan konturnya.. Kalau Itu jalan d tanah ada jembatan biasa jg agak tinggi naik turun biasa aja keliatannya.. emoticon-Big Grin
0 0
0
Bos Jasa Marga Tanggapi 'Hujan' Kritik Netizen Soal Tol Japek II
20-12-2019 06:56
kan atasan sudah minta dipercepat ya pak peresmiannya. Jadi terpaksa dikebut deh buatnya..

Tenang aja pak, pasukan netijen sudah dikerahkan untuk membungkus isu ini seindah mungkin. Yang penting sudah gunting pita. Masalah kenyamanan mah bukan urusan saya..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samurai.kodok dan 18 lainnya memberi reputasi
5 14
-9
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Bos Jasa Marga Tanggapi 'Hujan' Kritik Netizen Soal Tol Japek II
20-12-2019 07:10
Bersyukurlah kalian.
profile-picture
profile-picture
tonilinch dan bayusumardi memberi reputasi
2 0
2
Bos Jasa Marga Tanggapi 'Hujan' Kritik Netizen Soal Tol Japek II
20-12-2019 07:24
ohh begitu yah, baik lah
profile-picture
profile-picture
meoomiuu dan bayusumardi memberi reputasi
0 2
-2
Bos Jasa Marga Tanggapi 'Hujan' Kritik Netizen Soal Tol Japek II
20-12-2019 08:09
bikin infrastruktur triliunan, tapi seperti bikin got di RT.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trean670 dan 16 lainnya memberi reputasi
3 14
-11
Bos Jasa Marga Tanggapi 'Hujan' Kritik Netizen Soal Tol Japek II
20-12-2019 08:31
gratis kok di kritik?
kalo bayar baru noh bebas kritik sana sini
mental bangsa kita, udah gratisan, banyak mau nya pulak
profile-picture
profile-picture
Exorcizm dan ekaputra19 memberi reputasi
1 1
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Bos Jasa Marga Tanggapi 'Hujan' Kritik Netizen Soal Tol Japek II
20-12-2019 10:03
kayanya kalo dibikin semua tiang sama tinggi dan jalannya lurus, budget akan lebih mahal
profile-picture
profile-picture
molodets dan kaiharis memberi reputasi
1 1
0
Bos Jasa Marga Tanggapi 'Hujan' Kritik Netizen Soal Tol Japek II
20-12-2019 11:06
Quote:Original Posted By b3h4i5itt
@lupis.manis cebong tolol, makan tuh kenaikan bpjs. wkwk


Alhamdulillah, ane masih mampu. emoticon-Salaman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kopralGadget dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia