News
Batal
KATEGORI
link has been copied
179
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dfaf89ef4d69547e5438929/penyebab-pesawat-sukhoi-superjet-100-tabrak-gunung-salak-7-tahun-lalu
Dikutip dari berbagai sumber, Ketua KNKT Tatang Kurniadi menjelaskan, detik demi detik kronologis jatuhnya pesawat nahas buatan Rusia tersebut. Pada pukul 14.20 WIB, pesawat tinggal landas dari landasan 06 bandara Halim Perdana Kusuma.
Lapor Hansip
19-12-2019 11:12

Penyebab Pesawat Sukhoi Superjet 100 Tabrak Gunung Salak 7 Tahun Lalu

Past Hot Thread
Penyebab Pesawat Sukhoi Superjet 100 Tabrak Gunung Salak 7 Tahun Lalu

Liputan6.com, Jakarta - Pesawat Suhkoi Superjet 100 dinyatakan hilang kontak pada 9 Mei 2012 silam. Berita ini pun menjadi perhatian masyarakat ketika itu. 8 bulan setelah kejadian, tepatnya pada 18 Desember 2012, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengumumkan penyebab jatuhnya pesawat yang mengangukut 45 orang tersebut.

Dikutip dari berbagai sumber, Ketua KNKT Tatang Kurniadi menjelaskan, detik demi detik kronologis jatuhnya pesawat nahas buatan Rusia tersebut.

Pada pukul 14.20 WIB, pesawat tinggal landas dari landasan 06 bandara Halim Perdana Kusuma. Pesawat kemudian berbelok ke kanan hingga radial 200 HLM VOR dan naik ke ketinggian 10.000 kaki. Pada pukul 14.24 WIB, pilot melakukan komunikasi dengan Jakarta Approach dan memberikan informasi bahwa pesawat telah berada pada radial 200 HLM VOR dan telah mencapai ketinggian 10.000 kaki.

Kemudian, pada pukul 14.26 WIB, pilot minta ijin turun ke ketinggian 6.000 kaki serta untuk membuat orbit (lintasan lingkaran) ke kanan. Ijin tersebut diberikan oleh petugas Jakarta Approach. Tujuannya agar pesawat tidak terlalu tinggi untuk proses pendaratan di Halim menggunakan landasan 06.

Pada pukul 14.32 WIB lewat 26 detik, berdasar waktu di Flight Data Recorder/FDR (black box) pesawat menabrak tebing Gunung Salak pada radial 198 dan 28 Nm HLM VOR, atau pada koordinat 06-42'45"S 106-44'05"E dengan ketinggian sekitar 6000 kaki di atas permukaan laut.

38 Detik sebelum benturan, sistem pesawat Terrain Awareness Warning System (TAWS) memberikan peringatan berupa suara; "Terain Ahead, Pull Up" dan diikuti enam kali "Avoid Terrain". Namun, peringatan itu diabaikan pilot pesawat Sukhoi. Pilot In Command (PIC) mematikan (inhibi) TAWS tersebut karena berasumsi bahwa peringatan-peringatan tersebut diakibatkan oleh database yang bermasalah.

7 Detik menjelang tabrakan terdengar peringatan berupa "Landing Gear Not Down" yang berasal dari sistem peringatan pesawat. Peringatan "Landing Gear Not Down" aktif apabila pesawat pada ketinggian kurang dari 800 kaki diatas permukaan tanah dan roda pendarat belum diturunkan.

Lantas, pada pukul 14.50 WIB, petugas Jakarta Approach menyadari bahwa target pesawat Sukhoi RRJ95B sudah hilang dari layar radar. Tidak ada bunyi peringatan sebelum lenyapnya titik target dari layar radar.

Pada 10 Mei 2012, keesokan harinya, Basarnas berhasil menemukan lokasi pesawat. Semua awak pesawat dan penumpang meninggal dalam kecelakaan ini, serta pesawat dalam kondisi hancur.

Dan pada 15 Mei 2012, Cockpit Voice Recorder (CVR) telah ditemukan dalam keadaan hangus, akan tetapi memory module dalam keadaan baik dan berisikan dua jam rekaman dengan kualitas yang baik. Pada 31 Mei 2012, Flight Data Recorder (FDR) ditemukan dalam keadaan baik dan berisikan 150 jam rekaman dari 471 parameter.

Kedua flight recorder (black box) ini dibaca di laboratorium milik KNKT oleh ahli dari KNKT dan disaksikan oleh ahli dari Rusia. Seluruh parameter berhasil didownload dan dari hasil download tersebut tidak ditemukan adanya indikasi kerusakan pada sistem pesawat selama penerbangan.

Hasil simulasi yang dilakukan setelah kejadian diketahui bahwa, TAWS berfungsi dengan baik dan memberikan peringatan dengan benar. Simulasi juga menunjukan bahwa benturan dapat dihindari jika dilakukan tindakan menghindar (recovery action) sampai dengan 24 detik setelah peringatan TAWS yang pertama.

Pelayanan Jakarta Radar belum mempunyai batas minimum untuk melakukan vector pada suatu daerah tertentu, dan minimum safe altitude warning (MSAW) yang ada pada sistem tidak memberikan peringatan pada petugas Jakarta Approach sampai dengan pesawat menabrak.

Dari data KNKT, ada 11 temuan dari peristiwa yang menewaskan 35 Warga Negara Indonesia (WNI) dan 10 Warga Negara Asing itu. Situs resmi KNKT, memuat hasil investigasi kecelakaan pesawat Sukhoi RRJ-95B; 97004 itu.

Dalam laporan ini, KNKT menggaris bawahi bahwa temuan, informasi, dan rekomendasi ini berdasarkan pada keselamatan penerbangan.

"Temuan dalam kasus ini tidak dalam posisi menyalahkan," jelas keterangan resmi KNKT.

Berikut 11 findings atau temuan KNKT atas insiden Sukhoi Superjet itu:

1. Penerbangan sudah direncanakan dalam Aturan Instrumen Penerbangan atau IFR.

2. Rute penerbangan direncanakan bukanlah rute udara resmi yang diterbitkan.

3. Rute minimum (MORA) untuk rute penerbangan yang direncanakan adalah 13.200 kaki.

4. Ketinggian Aman Minimum (MSA) dari Lanud Halim Perdanakusuma adalah 6.900 kaki. Sementara Radius MSA itu adalah 25 Nautical Mile (NM) dari Halim.

5. Ketinggian penerbangan adalah 10.000 kaki.

6. Awak pesawat meminta untuk turun ke 6.000 kaki. Menara kontrol mengizinkan untuk turun ke posisi 6.000 kaki.

7. Penerbangan meminta orbit ke kanan pada ketinggian 6.000 kaki dan disetujui Menara kontrol

8. Ketika layar radar menunjukkan pesawat meminta orbit, posisinya sudah berada di atas area Pelatihan Atang Sanjaya.

9. Kawasan Atang Sanjaya berada di sekitar 17 Nm barat daya dari Halim Perdanakusuma

10. Penerbangan menabrak daratan pada arah 198 derajat dari Halim pada jarak 28 Nm, ketinggian sekitar 6.000 kaki.

11. Data para awak dan penumpang berada di dalam pesawat. Salinan manifes penumpang dan awak tidak tersedia di lembaga Ground Handling.

https://www.google.com/amp/s/m.liput...k-7-tahun-lalu

Ada beberapa keanehan:

1. Mengapa pilot mengabaikan suara peringatan pesawat?

2. Mengapa atc bandara tidak mengetahui koordinat awal pesawat saat cruising?

3. Mengapa suara peringatan dapat dimatikan secara manual?
Diubah oleh 747.400
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 30 lainnya memberi reputasi
31
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 8
Penyebab Pesawat Sukhoi Superjet 100 Tabrak Gunung Salak 7 Tahun Lalu
19-12-2019 11:16
katanya disabotase amerika dlm rangka persaingan bisnis pesawat boeing, dengan cara dikacaukan titik koordinat navigasi pesawat lewat satelit mamarika, yg ngomong pilot amatir yg sering latihan di pondok cabe pake pesawat latih punya sendiri emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
general.maximus dan 26 lainnya memberi reputasi
26 1
25
Lihat 10 balasan
Memuat data ..
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Penyebab Pesawat Sukhoi Superjet 100 Tabrak Gunung Salak 7 Tahun Lalu
19-12-2019 11:24
kebanyakan wartawan yg ikut meliput.tragis bgt pilot malah mematikan perigatan yg berpotensi bahaya.dikira false alaram kali.emoticon-Hammer2
profile-picture
kitty.blues12 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Penyebab Pesawat Sukhoi Superjet 100 Tabrak Gunung Salak 7 Tahun Lalu
19-12-2019 11:25
Quote:Original Posted By 747.400
Lah masa iya, amerika ga sejahat itulah. Kalau menurut saya keanehan ada pada pilot nya, padahal ini pilot profesional yg punya puluhan ribu jam terbang. Kok bisa mengabaikan suara peringatan pesawat? Kecelakaan ini mirip sama Garuda sibolangit emoticon-Frown


Ya ga taulah namanya juga isu, soalnya ini kan bisnis bernilai triliunan dollar, yg mana dimonopoli cuma oleh 2 company, boeing n airbus, tapi tetap ga bisa dibuktikan oleh rusia, kerjaan intelijen tingkat tinggi mungkin emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mesashetra dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Penyebab Pesawat Sukhoi Superjet 100 Tabrak Gunung Salak 7 Tahun Lalu
19-12-2019 11:28
Quote:Original Posted By 747.400
Iya, pilot mengira database nya bermasalah. Tapi apa secara visual masa gunung segede itu ga keliatan sih


Nah itu dia pengelihatan visual utama radar dan instrumen lainya alat bantu aja kalau cuaca ngk bersahabat.cuma mgk jg pilot tau kalau nih pesawat bermasalah.sampai salah satu pramugari russia buka suara dan langsung dipecat. karena pesawat tsb memang bermasalah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Penyebab Pesawat Sukhoi Superjet 100 Tabrak Gunung Salak 7 Tahun Lalu
19-12-2019 11:58
Quote:38 Detik sebelum benturan, sistem pesawat Terrain Awareness Warning System (TAWS) memberikan peringatan berupa suara; "Terain Ahead, Pull Up" dan diikuti enam kali "Avoid Terrain". Namun, peringatan itu diabaikan pilot pesawat Sukhoi. Pilot In Command (PIC) mematikan (inhibi) TAWS tersebut karena berasumsi bahwa peringatan-peringatan tersebut diakibatkan oleh database yang bermasalah.


mungkin maksudnya alatnya yg bermasalah, masa iya sih TAWS pake database? emoticon-Bingung (S) kalau yg gw baca pake radio altimeter deh, tapi juga harusnya diselidiki kenapa pilot sampe bisa berasumsi TAWS bermasalah emoticon-Nohope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
click! dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Penyebab Pesawat Sukhoi Superjet 100 Tabrak Gunung Salak 7 Tahun Lalu
19-12-2019 12:05
dikira suara peringatan cuma mau ngeprank
profile-picture
profile-picture
Dyons dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Penyebab Pesawat Sukhoi Superjet 100 Tabrak Gunung Salak 7 Tahun Lalu
19-12-2019 12:11
Quote:Original Posted By ceo.amigroup
katanya disabotase amerika dlm rangka persaingan bisnis pesawat boeing, dengan cara dikacaukan titik koordinat navigasi pesawat lewat satelit mamarika, yg ngomong pilot amatir yg sering latihan di pondok cabe pake pesawat latih punya sendiri emoticon-Embarrassment


Valid gan???
0 0
0
Penyebab Pesawat Sukhoi Superjet 100 Tabrak Gunung Salak 7 Tahun Lalu
19-12-2019 12:15
Quote:Original Posted By ceo.amigroup


Ya ga taulah namanya juga isu, soalnya ini kan bisnis bernilai triliunan dollar, yg mana dimonopoli cuma oleh 2 company, boeing n airbus, tapi tetap ga bisa dibuktikan oleh rusia, kerjaan intelijen tingkat tinggi mungkin emoticon-Embarrassment


luar biasa sekali, bisa membuat teori konspirasi dengan dasar opini,asumsi dan cocoklogi dengan anilisa dari udara kosong emoticon-thumbsup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mandalorian dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Penyebab Pesawat Sukhoi Superjet 100 Tabrak Gunung Salak 7 Tahun Lalu
19-12-2019 12:19
human error itu, sengaja
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Penyebab Pesawat Sukhoi Superjet 100 Tabrak Gunung Salak 7 Tahun Lalu
19-12-2019 12:19
Berita tahun 2012 lalu,
ditemukan penyebabnya baru 2019
emoticon-Ngakak
profile-picture
yanky54 memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Penyebab Pesawat Sukhoi Superjet 100 Tabrak Gunung Salak 7 Tahun Lalu
19-12-2019 12:22
kalo masalah goib gimana? kan terkenal mistis itu tempat. emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ontacomel dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Penyebab Pesawat Sukhoi Superjet 100 Tabrak Gunung Salak 7 Tahun Lalu
19-12-2019 12:34
eh buset TAWS diabaikan:ngeri
0 0
0
Penyebab Pesawat Sukhoi Superjet 100 Tabrak Gunung Salak 7 Tahun Lalu
19-12-2019 12:37
Ga disangka udh 7tahun berlalu.

Ane juga kehilangan salah satu kenalan ane di sana.
Kenalan, bukan temen deket seh.

RIP brother
In memoriam DN Yusuf
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Penyebab Pesawat Sukhoi Superjet 100 Tabrak Gunung Salak 7 Tahun Lalu
19-12-2019 12:43
Katanya pilot nya juga nge push buat jualan dan menjelaskan spek tuh pesawat sama konsumen dan awak media nya ,sehingga ga fokus sama kendaraan nya sebelum crash ...emoticon-Marah
Diubah oleh charlottesmothi
profile-picture
Saviyan memberi reputasi
0 1
-1
Penyebab Pesawat Sukhoi Superjet 100 Tabrak Gunung Salak 7 Tahun Lalu
19-12-2019 13:43
Mata pilotnya ketutupan taik, jadi gunungnya gak keliatan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
esaka.kedua dan 2 lainnya memberi reputasi
1 2
-1
Penyebab Pesawat Sukhoi Superjet 100 Tabrak Gunung Salak 7 Tahun Lalu
19-12-2019 14:45
pernah liat kecelakaan ini dibahas di acara Air Crash Investigation.. intinya sih kokpit gak steril karena ada penumpang tamu yg masuk kokpit n banyak tanya ke kedua pilot, trus saat pesawat mau manuver puter balik ke Halim konsentrasi pilot teralihkan karena dia sibuk menjawab pertanyaan2 n memamerkan teknologi pesawatnya ke penumpang tamu yg masuk ke kokpit.

akibatnya pilot jd salah memasukan input di sistem navigasi trus pesawat malah mengarah langsung ke gunung salak, TWS padahal ud nyala tp malah dimatikan n diabaikan oleh pilot yg merasa dia ud mengarahkan pesawat dengan benar.. kebetulan juga visibilitas di area tsb saat kejadian sangat terbatas jd kedua pilot gak bisa melihat jauh sampe semuanya terlambat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
esaka.kedua dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Penyebab Pesawat Sukhoi Superjet 100 Tabrak Gunung Salak 7 Tahun Lalu
19-12-2019 15:04
Pilotnya ngisep gorila kali
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Penyebab Pesawat Sukhoi Superjet 100 Tabrak Gunung Salak 7 Tahun Lalu
19-12-2019 15:07
Quote:Original Posted By lpk02
Ga disangka udh 7tahun berlalu.

Ane juga kehilangan salah satu kenalan ane di sana.
Kenalan, bukan temen deket seh.

RIP brother
In memoriam DN Yusuf


ini yg wartawan majalah commando bukna gan ?
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Penyebab Pesawat Sukhoi Superjet 100 Tabrak Gunung Salak 7 Tahun Lalu
19-12-2019 15:51
lah udah dikasih peringatan dari sistem tapi malah di abaikan,
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia