• Beranda
  • ...
  • Games
  • Mengungkap Rahasia Dibalik Suara Konsol Game PlayStation 1

amdar07Avatar border
TS
amdar07 
Mengungkap Rahasia Dibalik Suara Konsol Game PlayStation 1
#AmdarGanteng



emoticon-Siap Ganemoticon-Siap Gan emoticon-Siap Gan
Halo agan dan sista,
Kita semua tidak dapat pungkiri bahwa PlayStation 1 adalah game konsol yang paling didambakan oleh anak-anak tahun 90-an, jadi wajar kalau di tahun itu hampir setiap rumah memiliki konsol ini. Berkat lompatan dalam pengembangan grafis dan pemrosesan dari model 16-bit, Sony menjadikan generasi pertama PlayStation ini menjadi model poligon tiga dimensi ke level selanjutnya kala itu.

Nah kalian pada ingat gak, ada satu hal yang tidak bisa dilupakan semua orang yaitu suara tunggal intro PlayStation. Saat mesin mulai nyala, iringan suara ini seakan-akan merasuki setiap lubang telinga kita. Iringan musik ini juga menjadi momok yang menakutkan bagi para gamers, apakah game mereka bisa main atau tidak emoticon-Ngakak (S).



sumber
Takafumi Fujisawa, tim desain suara Sony, baru-baru ini memberikan wawancara dengan GameInformer tentang musik yang muncul ketika memainkan PlayStation 1. Latar belakang bunyi tersebut ternyata digunakan sebagai indikator kinerja agar disk game dapat dibaca dengan lancar. Dan jika disk macet, suara yang tadi dapat terus dimainkan sebagai loop.



Dia menjelaskan bahwa suara pembuka dari permainan dimulai dengan suara samar, sehingga para pemain tidak panik sebelum gamenya kesukaannya dimulai dan hal ini bisa menambah kegembiraan. Dengan langkah-langkah dalam memilih komposisi nada suara, termasuk rekaman, ia menyelesaikan itu semua hanya dalam waktu dua hari. Takafumi kala itu bertekad untuk membuat musik terasa seperti seorang pemain sedang berjalan ke bioskop. Dan juga menjadikan musik pembuka ini sebagai salah satu komunikasinya.



sumber
PlayStation pertama kali dirilis di Jepang pada tahun 1994 sebagai merek konsol game dari perusahaan elektronik Jepang, Sony. Perusahaan ini telah menjual 100 juta unit dalam waktu 10 tahun setelah dirilis. Dan menjadikannya sebagai konsol game pertama di dunia yang mencapai angka seratus juta sebelum rekornya dipecahkan oleh PlayStation 2 pada 2012 dengan lebih dari 155 juta unit.



sumber
Hal-hal sekecil yang ada di masa lalu ini mungkin kita abaikan waktu itu. Tetapi, akan ada suatu waktu, kita bakal kangen dengan musik konsol PlayStation 1. Contohnya saja hari ini, ane yakin pasti kalian langsung bernostalgia kan? Langsung jawab saja dikolom komentar.
Thanks and see you next thread GanSist.


Quote:


ukhtyfit81
nunu403
nona212
nona212 dan 39 lainnya memberi reputasi
38
12.9K
152
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
Games
icon
38.8KThread15.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.