Update.BeritaAvatar border
TS
Update.Berita
Ganti PNS dengan Robot, Jokowi: Ini Bukan Hal yang Sulit

Foto: Suasana pembukaan Musrenbangnas RPJMN 2020-2024 di Istana Negara, Jakarta, Senin (16/12/2019) (Chandra Gian Asmara/CNBC Indonesia).


Jakarta, CNBC Indonesia- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa bukan hal sulit untuk mengimplementasikan rencana pemerintah mengganti pegawai negeri sipil (PNS) dengan kecerdasan buatan alias artificial intelligent (AI).

Hal tersebut dikemukakan Jokowi di depan seluruh kementerian/lembaga saat memberikan pengarahan dalam pembukaan Musrenbangnas RPJMN 2020-2024 di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (16/12/2019).

"Ini bukan barang yang sulit. Barang yang mudah dan memudahkan kita untuk memutuskan sebagai pimpinan di daerah maupun nasional," katanya.

Jokowi menegaskan ini merupakan upaya pemerintah untuk melakukan penyederhanaan birokrasi agar cepat dalam merespons perubahan dunia. Eks Wali Kota Solo itu tak ingin, masalah ini semakin mengakar.

"Kita sudah kapal besar. Birokrasi kita kapal besar sehingga perlu penyederhanaan birokrasi. Perlu birokrasi yang ramping dan fleksibel. Sehingga cepat merespons setiap perubahan yang ada," katanya.

"Ada perubahan dunia apa, responsnya cepat. Jangan sampai karena kapal besar, kita mau belokkan saja kesulitan, lama. Tinggal semua negara kita kalau seperti ini," lanjut Jokowi.

Kehadiran kecerdasan buatan dalam struktur pemerintahan akan membuat pelayanan birokrasi semakin simpel. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun memastikan, siapapun yang akan terkena pemangkasan tidak akan mengalami pengurangan pendapatan.

"Nanti dengan big data yang kita miliki, jaringan yang kita miliki, memutuskan akan cepet sekali kalau kita pakai AI. Tidak bertele-tele, tidak muter-muter," tegasnya.

SUMBER

KOMEN TS:
Dulu, PNS dibilang sebagai profesi paling nyaman dan aman. Kerja gak perlu giat tapi fulus lancar terus.

Zaman semakin berkembang, anggapan tersebut mungkin semakin terpatahkan.

AI yang diawal kemunculannya membuat banyak orang terkesima dengan cara kerjanya, sekarang berubah menjadi monster yang potensial merenggut karir orang. Mengerikan emoticon-Frown

Tanggapan ente gimana soal isu ini nge?
4iinch
tien212700
viniest
viniest dan 15 lainnya memberi reputasi
12
8.6K
151
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.