News
Batal
KATEGORI
link has been copied
100
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5df5f560c9518b75644a2231/tol-layang-japek-ii-bergelombang-bagaimana-keamanannya
Tol Layang Jakarta-Cikampek sepanjang 38 kilometer akan segera dibuka. Tol yang membentang dari Cikunir hingga Kerawang Barat itu akan digratiskan selama musim libur panjang Natal dan Tahun Baru.
Lapor Hansip
15-12-2019 15:57

Tol Layang Japek II Bergelombang, Bagaimana Keamanannya?

Past Hot Thread
Tol Layang Japek II Bergelombang, Bagaimana Keamanannya?

Tol Layang Jakarta-Cikampek sepanjang 38 kilometer akan segera dibuka. Tol yang membentang dari Cikunir hingga Kerawang Barat itu akan digratiskan selama musim libur panjang Natal dan Tahun Baru. Baru-baru ini, media sosial ramai membicarakan soal bentuk tol layang yang bergelombang dan dinilai tidak aman. Bagaimana sebenarnya? Djoko Setijowarno, Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata dan Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat menjelaskan, berdasarkan informasi dari penyelenggara tol, yakni PT Jasa Marga, untuk alinyemen vertikal memang tidak dibuat lurus, agak bergelombang bila dilihat dari kejauhan. Hal ini dirancang untuk menghemat biaya konstruksi, namun masih mematuhi norma atau aturan pedoman membangun jalan yang berkeselamatan. 

"Di area jembatan penyeberangan orang (JPO) atau overpass, maka elevated naik lebih tinggi. Terus akan kembali lagi ke elevasi normal. Karena banyaknya alinyemen vertikal, maka jadinya naik turun. Jika difoto-foto memang kesannya meliuk-likuk, padahal tetap aman," urai Djoko, dalam keterangannya yang diterima Tirto, Kamis (12/12/2019). Sementara Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam siaran persnya mengatakan, pihaknya sudah melakukan uji sebelum jalan Tol Layang itu dinyatakan aman dan bisa diresmikan Presiden Jokowi pada Kamis, 12 Desember 2019. "Untuk konstruksi dipastikan aman karena sudah dilakukan uji beban. Tinggal menghaluskan bagian sambungan jembatan untuk menambah kenyamanan," kata Basuki. "Tadi kita sudah coba 80 km/jam masih cukup nyaman, itu kecepatan maksimum di jalan tol ini. InsyaAllah bisa selesai sebelum diresmikan, karena ada 20 tim yang siap bekerja. Sehingga kalau Bapak Presiden ingin meresmikan tanggal 12 Desember 2019 sudah siap," urainya. 

Terkait kendaraan yang bisa melintas, Menteri Basuki memastikan hanya kendaraan ringan Golongan I dan II saja yang boleh melintas. Meskipun dari aspek struktur Jalan Tol Layang Japek mampu untuk menahan kendaraan bertonase besar. Keputusan itu diambil karena terkait manajemen lalu lintas untuk menghindari terjadinya kemacetan akibat perlambatan kendaraan bertonase besar saat menanjak masuk jalan tol layang. "Untuk itu akan dipasang portal batas ketinggian sehingga kendaraan bertonase besar tidak bisa masuk, dan akan dilengkapi 113 kamera CCTV yang dipasang oleh PT. Jasa Marga untuk keamanan," jelas dia. Jalan Tol Layang Japek dikerjakan oleh kontraktor PT Waskita Karya (Persero) Tbk bersama PT Acset Indonusa Tbk (Kerjasama Operasi) dengan biaya konstruksi sebesar Rp11,69 triliun. Biaya investasi pembangunan tol layang ini sekitar Rp 16,23 triliun. Biaya konstruksi mencapai Rp 11,69 triliun. Masa konsesi selama 45 tahun dengan sistem operasi tertutup. 

Untuk rancangan atau desain lalu lintasnya untuk arah Jakarta-Cikampek dari Km 9 hingga Km 20 ruas tol layang ini membentang di median jalan. Dari KM 23 hingga KM 38 Komisi Jembatan dan Terowongan yang dibentuk Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ikut mengawasi sejak pekerjaan perencanaan atau desain hingga pelaksanaan konstruksi. Menurut Menteri Basuki, Jalan Tol Layang Japek dibangun dengan banyak tantangan karena merupakan jalan tol layang terpanjang di Indonesia. Pelaksanaan pekerjaan ini cukup sulit dilakukan di tengah lalu lintas kendaraan di bawahnya yang harus tetap melaju dan di sisi kanan dan kiri juga ada pekerjaan LRT Jabodebek dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung. "Lalu lintas padat 200 ribu per hari, sehingga membutuhkan kehati-hatian tinggi. Waktu pengerjaannya hanya dari jam 10 malam hingga jam 5 pagi, sedangkan Sabtu-Minggu dan hari raya sering diliburkan. Ditambah lagi ada dua proyek lain secara bersamaan yakni kereta cepat dan LRT, sehingga membutuhkan banyak koordinasi dimana hampir setiap minggu rapat," kata dia.

https://tirto.id/tol-layang-japek-ii...manannya-eni2


BIAR YAKIN, HARUS DICOBA SAMA AKTOR FAST FURIOUS...

emoticon-Leh Uga
Diubah oleh nevertalk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
irmanator dan 14 lainnya memberi reputasi
9
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 6
Tol Layang Japek II Bergelombang, Bagaimana Keamanannya?
16-12-2019 09:59
Yg nyinyir pasti g punya mobil aplg nyetir mobil,, kontur begitu mah masih aman bgt.. Efek perpekstif foto aj diajadiin bahan jigong onta..
0 0
0
Tol Layang Japek II Bergelombang, Bagaimana Keamanannya?
16-12-2019 10:01
blom lewatin jd blom bisa ngoment emoticon-Cool
0 0
0
Tol Layang Japek II Bergelombang, Bagaimana Keamanannya?
16-12-2019 10:10
Quote:Original Posted By pdt.henderson
Hasil hutang kayak gini emoticon-Leh Uga


Kalo kga ngutang,negara ga bisa ngebangun infrastruktur..santuy negara nyicil tiap taun utang nya
0 0
0
Tol Layang Japek II Bergelombang, Bagaimana Keamanannya?
16-12-2019 10:23
Coba aja dulu gan...kadrun bisa nya nyinyir

Tol Layang Japek II Bergelombang, Bagaimana Keamanannya?
profile-picture
profile-picture
cipokan.yuk dan basuseto memberi reputasi
2 0
2
Tol Layang Japek II Bergelombang, Bagaimana Keamanannya?
16-12-2019 10:35
Mending langsung dicoba gratis ini emoticon-Big Grin daripada ngalor ngindul teori emoticon-Big Grin
Tapi klo ngeliat ada aturan max 80 km/jam sih berarti memang ada sesuatu emoticon-Big Grin cipali yg gitu aja dulu sampe koar2 ke media bisa digeber sampe 150 km/jam emoticon-Big Grin
0 0
0
Lihat 1 balasan
Tol Layang Japek II Bergelombang, Bagaimana Keamanannya?
16-12-2019 10:35
Coba ni jalan di masukin di Forza Horizon biar ane bisa ngebut 250km/j, loncat gak tuh mobil kalo dibawa segitu
0 0
0
Tol Layang Japek II Bergelombang, Bagaimana Keamanannya?
16-12-2019 10:44
namanya jalanan dia atas jembatan jarang bisa rata mulus, bypas cawang - priok contohnya, tapi dipikir untuk jalan layang ini kalo dibikin mulus justru berpotensi melenakan penggunanya sehingga maunya ngebut dan resiko lakalantas makin besar. soal keamanan penerapan prosedur seperti di tol bypas bisa diterapkan disitu. terbukti selama ini aman
0 0
0
Tol Layang Japek II Bergelombang, Bagaimana Keamanannya?
16-12-2019 10:47
mo nyoba kecepatan full
0 0
0
Tol Layang Japek II Bergelombang, Bagaimana Keamanannya?
16-12-2019 10:55
Mantap, mudah2an arah bandung bisa lebih lancar..
yg komentar negatif karena sentimen lain2, mending tahan dulu deh ngetiknya, nanti pada ngerasain enaknya pada diem2 bae...
sama kayak tol transjawa kaan...😊
0 0
0
Tol Layang Japek II Bergelombang, Bagaimana Keamanannya?
Lapor Hansip
16-12-2019 10:59
Balasan post t.13
Quote:Original Posted By t.13
160km/h di tanjakan trs turunnya bnr2 ke bawah jalan tolemoticon-Wkwkwk

pas buka mata udah gak ada ya gan nyawanya emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Tol Layang Japek II Bergelombang, Bagaimana Keamanannya?
16-12-2019 11:09
Quote:Original Posted By bau.mulut
Harusnya gol bus luar kota ukuran sedang dan besar juga di perbolehkan masuk.. karena rata2 rute mereka jarak jauh dan jarang keluar pintu tol..


Beberapa bis yang pernah ane naiki ada yang ngambil tuslah di rest area tol cikampek, beberapa ada yang sekalian isi solar.

Pun dengan bodi bus yang gede ada resiko lambat naik ama terpaan angin samping.
0 0
0
Tol Layang Japek II Bergelombang, Bagaimana Keamanannya?
16-12-2019 11:09
Ane mau kesaksian nih..

Kemarin ane dari Bandung masuk tol layang ini pas hari pertama buka.

Ane masuk dari arah cipularang. Ane malah mikirnya, mending jangan dibagusin deh aspalnya. Emang bergelombang, tapi mobil jadi lebih pelan-pelan.

Karena tolnya asli lurus 36 KM, bakal di geber 120 km/jam kalo sama mobil pribadi yang supirnya ada jiwa kadrun.

Trus tol ini berbahaya. Terutama untuk yang habis perjalanan jauh.. Rawan ngantuk gan.

Tapi membantu banget.. Ane kyknya bakal sering lewat atas, keluar cikunir dari sejak masuk tol layang cuma 30 menit. Dan gak was-was, soalnya lewat bawah penuh sama truk-truk segede dosa kadrun munafik
Diubah oleh luv.you
0 0
0
Tol Layang Japek II Bergelombang, Bagaimana Keamanannya?
16-12-2019 11:40
Mending resmiin jalan tol ini daripada resmiin diskotek gak jelas. Dasar kadrun
profile-picture
luv.you memberi reputasi
1 0
1
Tol Layang Japek II Bergelombang, Bagaimana Keamanannya?
16-12-2019 12:32
udah ga sabar neh nunggu jalur cepat jakban emoticon-2 Jempol
0 0
0
Tol Layang Japek II Bergelombang, Bagaimana Keamanannya?
16-12-2019 12:44
Sblm diresmikan ane sempet ikut kontrol kesana (sekitar tanggal 8 des 2019).
Yg namanya jalan itu dibangun sudah berdasarkan penelitian & prosedur pengerjaan, apalagi jalan berbayar. Ga sedikit profesor & ahli jalan raya yg dilibatkan untuk penelitian keamanan & kenyamanan pengguna jalan.
Klo masalah keamanan itu udah berbagai tahap uji coba sblm digunakan. Rambu rambu itu hasil penelitannya. Jika pengguna jalan tol itu mematuhi rambu rambu yg ada mudah"an aman. Karena rambu itu ga asal pasang tp berdasarkan uji coba menyeluruh. Kecepatan yg dianjurkan itu angka toleransi ga mutlak disitu.
Jadi klo dirambu kecepatan max 80km melaju dgn kecepatan 80 - 89km itu msh aman sesuai kondisi kepadatan saat itu. diatas itu brati udah rawan gan itupun kembali kekondisi kepadatan saat itu.

Karna ga ada mobil lain (msh kosong) ane sempet tes drive pk inov 2.0 ane dpt kecepatan maks hampir -+ 150km/jam diatas itu ane ga brani emoticon-Malu

Kembali ke masalah keamanan...
Jadi menurut ane ni tol udah lumayan aman tinggal balik ke penggunanya. Karena umumnya kecelakaan itu penyebabnya human eror & kondisi kendaraan, untuk penyebab jalan ada tp kecil kemungkinannya apalagi jalan berbayar karna diperiksa secara continity. Retak dgn panjang kurang dr 1 meter aja ga blh kurang dr 1 minggu untuk diperbaiki.
Oya 1 lg gan... syarat ngebut itu ada 3
- skill driver
- kondisi kendaraan
- kondisi jalan
Jika ke 3 kondisi ini tidak ada ane saranin jgn ngebut. Bisa fatal akibatnya.
ok gan selamat berkendara & hati hati dijalan jaga keselamatan karena keluarga menunggu dirumah emoticon-Blue Guy Cendol (S)

Ini sedikit dokumentasi ane saat jalan msh kosong.... emoticon-Shakehand2
Tol Layang Japek II Bergelombang, Bagaimana Keamanannya?Tol Layang Japek II Bergelombang, Bagaimana Keamanannya?Tol Layang Japek II Bergelombang, Bagaimana Keamanannya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
luv.you dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Tol Layang Japek II Bergelombang, Bagaimana Keamanannya?
16-12-2019 12:49
baru tadi malem nyobain ini tol baru, emang nyaman kok jalannya.
0 0
0
Tol Layang Japek II Bergelombang, Bagaimana Keamanannya?
Lapor Hansip
16-12-2019 12:53
Balasan post gusmi21
Quote:Original Posted By gusmi21
Mending langsung dicoba gratis ini emoticon-Big Grin daripada ngalor ngindul teori emoticon-Big Grin
Tapi klo ngeliat ada aturan max 80 km/jam sih berarti memang ada sesuatu emoticon-Big Grin cipali yg gitu aja dulu sampe koar2 ke media bisa digeber sampe 150 km/jam emoticon-Big Grin


Tar ad yg bikin konten 150 km/ jam di tol layangnya emoticon-Leh Uga
0 0
0
Tol Layang Japek II Bergelombang, Bagaimana Keamanannya?
16-12-2019 13:05
Quote:Original Posted By basuseto
Mending resmiin jalan tol ini daripada resmiin diskotek gak jelas. Dasar kadrun


Intinya..plus minus nya apa bre? Jgn plus nya aja dijabarin
0 0
0
Tol Layang Japek II Bergelombang, Bagaimana Keamanannya?
16-12-2019 13:12
Quote:Original Posted By nevertalk
Intinya..plus minus nya apa bre? Jgn plus nya aja dijabarin


Plusnya jalan tol ini memangkas waktu. Saya biasa dr bandung ke jakarta 3 jam lebih. Tadi pagi saya lewat di jam sibuk biasanya hari senin pagi bandung - jakarta 3,5 jam kadang lbih. Tadi cuma 2,5 jam.
0 0
0
Tol Layang Japek II Bergelombang, Bagaimana Keamanannya?
16-12-2019 13:25
Asik itu, rasakan sensasinya. Kalua selama ini jalan tol berasa mulus, sekarang dikasih variasi yang berbeda. Hanya yang berani dan punya nyali yang boleh mencoba. Yang masih pemula lebih baik mikir dua kali
0 0
0
Halaman 4 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia