Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
322
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51a54e073c118e2c26000001/seperti-apakah-ujian-paket-c-ini-pengalaman-ane-gan
Karena sekarang anak-anak udah pada selesai UN dan ada yang kebetulan tidak lulus, ane tergerak untuk menuliskan pengalaman ane untuk menghibur dan menyemangati adik-adik yang mungkin belum beruntung dalam UN tahun ini. Yang ane ceritakan sekarang ini adalah pengalaman ane di tahun 2009. Ane bersekolah di salah satu SMA terfavorit di kota Padang, Sumatera Barat. Karena ada hal-hal tertentu ane ber
Lapor Hansip
29-05-2013 07:38

Seperti Apakah Ujian Paket C? Ini Pengalaman Ane Gan!

Karena sekarang anak-anak udah pada selesai UN dan ada yang kebetulan tidak lulus, ane tergerak untuk menuliskan pengalaman ane untuk menghibur dan menyemangati adik-adik yang mungkin belum beruntung dalam UN tahun ini.

Yang ane ceritakan sekarang ini adalah pengalaman ane di tahun 2009.

Ane bersekolah di salah satu SMA terfavorit di kota Padang, Sumatera Barat. Karena ada hal-hal tertentu ane berhenti sekolah di sana setelah tinggal kelas. (Percaya deh gan, ane bukan anak bandel, guru-guru di sana udah mati-matian nahan ane supaya ga berhenti sekolah tapi ane tetep keukeh).

Untung disana ada guru BP yang baik banget, udah tua sih, tapi dia ngerti banget ama kondisi ane yang ga cocok dengan pendidikan di Indonesia.

"Gimana kalo kamu ikut ujian paket C aja?" Katanya.
"Hah? Bukannya itu buat orang yang ga lulus, bu?" tanya ane.

"Nggak, kan kamu kalo diitung-itung udah 3 tahun ini, jadi udah masuk syarat, kalo serius nanti Ibu anterin kamu ke tempatnya." Ibu itu bujuk ane gan.

Ane setuju dan orang tua ane yang pasrah setuju-setuju aja. Ane dianterin ke... ah, ane lupa namanya... SKPD atau SKB atau apa ya? Pokoknya kepanjangannya Sanggar Keterampilan dan Belajar bla bla bla gitu deh... Sekarang mungkin namanya udah ganti atau mungkin di kota agan instansinya lain.

Tempatnya kayak kantor kelurahan, disampingnya ada PAUD, di dalamnya ada kelas untuk keterampilan warga seperti masak, salon, menjahit, pokoknya kelas untuk melatih masyarakat yang pendidikannya kurang, gan. Di sana ane diminta ngisi formulir Ujian Kesetaraan Paket C, persyaratannya antara lain ane disuruh bawa fotokopi rapor, kartu pelajar atau KTP, dan surat keterangan pindah dari sekolah (karena ane berhenti sekolah gan). Oh iya, kita bayar Rp350.000, ini untuk biaya LES-nya. Mungkin sekarang harganya udah berubah gan.

Sebelum ikut ujian Paket C kita akan di 'les' kan terlebih dulu. Belajarnya kayak di bimbel gitu. Pertama ane sempet malu gan, karena ternyata pesertanya kebanyakan udah pada tua-tua gan, cuma ane yang masih muda. Tapi setelah ane ngobrol-ngobrol dengan mereka ane jadi mengerti, dulu mereka ada yang ga punya uang buat namatin SMA, ada yang karena kerja, macem-macem deh gan.

Khawatir akan keabsahan ijazah paket C ini, ane bertanya sama salah satu guru yang sekaligus staff disana gan.

"Bu, ijazah paket C ini kan, yaach... di pandang sebelah mata gitu, Bu. Gimana kalo seandainya saya lulus, udah dapet ijazahnya, tapi saya nggak bisa nerusin kuliah?" Tanya ane.

"Silahkan laporkan ke sini, nanti kita laporkan ke Dinas Pendidikan perguruan tinggi yang menolak kamu kuliah disana karena ijazah paket C. Dalam waktu singkat itu instansi akan langsung ditarik izinnya sama Dinas Pendidikan. Ijazah Paket C ini diterima di perguruan tinggi swasta dan negeri manapun, jadi kamu nggak usah khawatir." jawab Ibu itu meyakinkan ane. Hilang sudah keraguan ane, ane pun melanjutkan 'les' di sanggar itu.

Setelah 'Les' selama sebulan di sanggar itu, waktunya ujian Paket C. Ujiannya tersebar di berbagai tempat kayak SPMB gan, kalo ane kebetulan dapet di SMP yang nggak jauh dari sanggar.

Ujiannya sama kayak UAN, 4 mata pelajaran, pake pensil 2B, dan ada batas waktunya. Kalo sekarang mungkin 6 pelajaran kali ya gan.

Seperti Apa Soal Ujiannya?

Ujiannya SANGAT SANGAT SANGAT SUPER DUPER ULTRA MUDAAAAH SEKALI GAAAN...!!!!!

Ane ga boong gan, kalo agan anak SMA yang udah mati-matian ikut bimbel tapi gagal pas UN, begitu liat soal ujian Paket C ini kalian bakalan ngakak! emoticon-Ngakak

Bener-bener gampang gan! Ya, ini karena faktor kita masih pelajar, mungkin bagi yang sudah tua itu susah banget gan, bisa kita maklumi.

Ujiannya 4 hari gan, dan setelah ujian ane pindah ke Jogja buat nyari kuliah, tapi udah pada tutup semua gan. Akhirnya ane balik dan mendaftar di salah satu Perguruan Tinggi swasta yang kebetulan banget begitu ane pulang itu adalah hari terakhir pendaftaran.

Karena Paket C ijazahnya lama banget keluarnya, ane minta surat keterangan dari sanggar tempat ane mendaftar kalo ane udah ikut ujian paket C tapi nunggu ijazah. Waktu mendaftar buat kuliah, ane sempet deg-degan, gan. Apakah ane bakalan ditolak mentah-mentah?

Eh, ternyata nggak, gan! Berkas ane langsung diambil dan ane dapet nomor ujian seleksi masuk kuliah sana! Wow! Dan akhirnya ane lulus seleksi dan kuliah disana.

Begitulah gan, pengalaman ane ikut ujian Paket C. Makanya waktu berita-berita menjelang UN siswa siswi pada pake 'ritual-ritual' yang aneh bin ajaib, ane langsung ngakak gan. Apalagi kalo sampe ada yang bunuh diri gara-gara nggak lulus UN, ane lebih ngakak lagi gan.

Orang yang kayak gitu pada GABLEK kalo ane bilang.
Bukan... ane nggak nyombong gan. Ane menghina mereka karena... mereka itu kan PELAJAR, anak yang pinter, kenapa pikiran mereka kolot sekali dan pikiran mereka sempit sekali kalo GAGAL UN berarti hidup udah berakhir dan dunia berarti kiamat!?

Sekarang ane tinggal di Tangerang Selatan, kerja di Jakarta sebagai Web Designer.

See? Ane lulusan Paket C, dan ane bisa kuliah. Sekarang ane lagi ngurus pindahan ke Universitas Terbuka. Oh iya, ane lupa, ane sebenarnya udah kuliah, tapi karena tuntutan pekerjaan ane cuti beberapa semester, eh nggak taunya keenakan ane lupa kuliah, jadinya sekarang ane lanjutin kuliah di UT karena lebih fleksibel. (Universitas Terbuka itu negeri).

Untuk adik-adik yang nggak lulus UN, nggak usah bersedih dan khawatir, Paket C masih ada. Dan Kalian ga usah malu buat ikutan Paket C, artis-artis aja ada yang paket C koq....

Ga percaya dengan cerita ane? Foto ijazah nanti nyusul.

UPDATE:

Maaf, lupa bilang... Paket C itu dimulai beberapa minggu setelah UN, jadi selagi nunggu UN ane nganggur sambil belajar komputer sendirian di rumah... Ane berhenti sekolah di kelas 2 Semester 1, jadi lumayan lama nganggurnya... emoticon-Ngakak

"PENGALAMAN MEREKA YANG IKUTAN PAKET C JUGA"


"MEREKA YANG MERAGUKAN"
Diubah oleh mrgets
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 17 dari 17
Seperti Apakah Ujian Paket C? Ini Pengalaman Ane Gan!
Lapor Hansip
03-10-2019 11:18
Balasan post Michiko936
Nggak bisa gan, kalo paket C itu minimal 18 tahun kalo nggak salah.. sedangkan paket B minimal 15 tahun, dan paket A 12 tahun...
Btw, ponakan ane juga ngambil paket B..emoticon-Big Grin
Diubah oleh pitung1976
0 0
0
Seperti Apakah Ujian Paket C? Ini Pengalaman Ane Gan!
Lapor Hansip
03-10-2019 11:33
Balasan post shiren
setahu ane usia maksimal nggak ada gan, yang ada usia minimal.. yaitu 18 tahun..
0 0
0
Seperti Apakah Ujian Paket C? Ini Pengalaman Ane Gan!
Lapor Hansip
04-10-2019 21:08
Balasan post pitung1976
@pitung1976 tpi kan banyak cerita yg belum 18 thn dah kuliah tuh.. gmn?
0 0
0
Seperti Apakah Ujian Paket C? Ini Pengalaman Ane Gan!
15-12-2019 11:58
itu lulusnya berapa tau setelah masuk
0 0
0
Halaman 17 dari 17
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia