• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 6 Tanda Ini Menunjukan Sudah Seberapa Dewasa Pemikiran GanSis, Yuk Dicek!

malaikatrindu
TS
malaikatrindu
6 Tanda Ini Menunjukan Sudah Seberapa Dewasa Pemikiran GanSis, Yuk Dicek!


Kedewasaan merupakan sebuah kesadaran dalam berpikir dan bersikap secara matang. Usia tidak dapat dijadikan tolak ukur pasti seseorang bisa dikatakan memiliki kedewasaan. Contohnya saja, kita dapat degan mudah menjumpai seseorang yang umurnya sudah dewasa, namun cara berpikir dan tingkahnya jauh dari kata dewasa. Sedangkan di sisi lain, saat ini banyak remaja atau bahkan anak-anak yang justru memiliki kedewasaan dalam diri mereka.

Nah, untuk itu, di thread @malaikatrindu kali ini akan membahas 6 tanda untuk mengetahui apakah GanSis mempunyai kedewasaan dalam diri. Yuk, simak satu-persatu!

1. Menghargai Perbedaan

Spoiler for Menghargai perbedaan:

Orang dewasa adalah mereka yang tidak menjadikan perbedaan sebagai sebuah masalah. Orang dewasa justru akan menjadikannya sebagai bagian dari warna-warni kehidupan. Mereka tidak bersikap rasis terhadap agama lain, suku lain, ras lain dan golongan lain. Tentu saja, hal ini tidak dapat dimiliki oleh seseorang yang berpikiran sempit dan kekanak-kanakan.

2. Mencari Pembicaraan Berkualitas

Spoiler for Mencari Pembicaraan Berkualitas:

Pemikiran dewasa akan menghasilkan ucapan berkualitas karena tahu mana yang perlu dibicarakan dan mana yang tidak perlu. Mereka yang berpikiran dewasa tidak akan membicarakan kekurangan dan aib orang lain. Justru, mereka akan mengungkapkan ide-ide, saran, kritik dan masukan jika berbincang dengan lawan bicaranya.


3. Memprioritaskan Istirahat Dibanding Hura-hura

Spoiler for Memprioritaskan istirahat dibanding hura-hura:

Zaman sekarang segalanya terasa serba memakan waktu. Apalagi bagi yang bekerja dari pagi hingga sore, terus ketika berangkat dan pulang terkena macet. Itu belum termasuk jam lembur. Tentu, siapapun pasti menginginkan untuk bersantai ketika akhir pekan atau waktu luang. Bagi mereka yang dewasa akan menomorsatukan istirahat dibanding hura-hura seperti bermain ke club malam atau datang ke kafe mahal.


4. Memilih Diam Dibanding Berdebat
Dengan Orang Bebal


Spoiler for Memilih diam dibanding debat dengan orang bebal:

Ketika orang lain melontarkan sesuatu yang tidak sesuai dengan argumen kita tentu akan menyulut emosi, khususnya terhadap hal-hal yang sensitif. Kita pasti ingin menyangkal orang tersebut. Akan tetapi, tidak semua patut kita ajak debat. Apalagi orang-orang bebal. Jika GanSis memang sudah berpikiran dewasa, lebih baik diam dibanding membuang-buang energi dengan meladeni orang seperti itu.


5. Sadar kebahagiaan itu dari diri sendiri, bukan orang lain

Spoiler for Sadar bahwa kesadaran berasal dari diri sendiri:

Tidak sedikit dari kita menggantungkan berbagai aspek dalam hidup kepada orang lain, salah satunya kebahagiaan. Memang kita merupakan makhluk sosial. Namun, kita tetap mesti membuat batasan terhadap segala sesuatu. Apabila kita masih belum bisa melepaskan kebahagiaan atas apa yang orang lain berikan, baik berupa materi maupun kasih sayang, maka selama itu pula kita berada dalam lingkaran setan. Buatlah bahagia versi GanSis sendiri. Itu adalah salah satu tanda kedewasaan.


6. Tidak menilai orang sembarangan

Spoiler for Tidak menilai orang secara sembarangan:

Seseorang yang memiliki pemikiran dewasa tidak akan mudah menjatuhi vonis atas apa yang dilakukan orang lain hanya dari cangkangnya saja. Kita tentu tidak tahu pasti mengapa orang lain melakukan sesuatu, apa yang tengah mereka perjuangkan hingga berapa banyak yang telah dikorbankan. Gampang menjustifikasi orang lain secara sembarangan hanya dilakukan oleh mereka yang berpikiran dangkal dan kekanak-kanakan.


Nah, itulah 6 ciri-ciri tanda kedewasaan menurut @malaikatrindu. Jika GanSis memiliki opini lain bisa banget tulis dan post di kolom komentar. Jangan lupa beri cendol dan rating jika merasa thread ini bermanfaat.

---
šŸ“š Sumber:Opini Penulis
Diubah oleh malaikatrindu 14-12-2019 12:51
anasabila4iinchsebelahblog
sebelahblog dan 53 lainnya memberi reputasi
54
11.2K
120
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThreadā€¢81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
Ā© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.