anna1812Avatar border
TS
anna1812
Berkomunitas, Apa Manfaatnya?


Hai, Agan Sista? Apa kabar hari ini? Semoga bahagia selalu di mana pun kalian berada, ya.
Kali ini ane akan membahas keseruan berkomunitas. Menurut Gan Sist, bisa nggak, sih, hidup tanpa berkomunitas?

Menurut ane, nih, manusia kan diciptakan sebagai makhluk sosial, yang artinya nggak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Nah, dari situlah akan timbul rasa saling membutuhkan satu sama lain. Entah itu dari hal-hal kecil sampai darurat sekalipun. Jadi intinya, berkomunitas itu sangat diperlukan demi kelangsungan hidup kita semua.

Dari berkomunitas, kita bisa mendapatkan beberapa manfaat. Apa aja itu?
Mari disimak, Gan Sist!

1 .Memperbanyak teman

Nggak bisa dipungkiri, jika Agan Sista berkumpul dalam suatu komunitas, otomatis akan menambah teman. Yang tadinya nggak kenal, jadi kenal karena berada dalam satu wadah. Dan ini bisa mempererat jalinan tali persaudaraan antar anggota.


Dokpri

2. Berbagi ilmu

Berkomunitas bisa jadi tempat untuk berbagi ilmu yang bermanfaat. Agan Sista tahu, kan, jika ilmu yang bermanfaat adalah salah satu amal yang nggak putus pahalanya walaupun yang membagikan ilmu itu udah tiada? Dalam komunitas, bisa berbagi ilmu apa aja. Anggota yang minim pengetahuan, akan bertambah ilmunya jika bergabung dalam suatu komunitas.


Dokpri

3. Wadah menyalurkan hobi

Bagi Agan Sista yang mempunyai hobi tertentu, bisa, nih, gabung dalam komunitas. Karena di sana akan ada banyak ilmu bertebaran dari para mastah. Contohnya adalah hobi menulis. Yang tadinya hanya jadi silent reader, lama-lama terpacu semangatnya untuk ikut setor karya. Walaupun awalnya hanya karya receh, apabila terus diasah, maka kemampuan menulis itu akan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Dan nggak menutup kemungkinan, suatu hari nanti bisa jadi penulis terkenal dengan karya-karya memukau yang sarat makna.


Di mari

4. Bertemu jodoh

Ini adalah salah satu bonus kalau Gan Sist berkomunitas. Sst ... jangan bilang-bilang, ya? Ane juga ketemu jodoh karena gabung dalam suatu komunitas. Awalnya hanya teman biasa. Namun, karena terbiasa bertemu, tumbuh benih-benih cinta. Pepatah Jawa mengatakan 'Witing tresno jalaran soko kulino' yang artinya cinta hadir karena terbiasa. Eeciie, jadi curhat.


Di mari


Itulah, Gan Sist, manfaat yang bisa didapat dari berkomunitas menurut pengalaman ane. Jadi, jangan sungkan untuk berkomunitas, ya, Gan Sist? Komunitas yang bermanfaat tentunya, dong, ya. Gimana, Gan Sist? Masih ragukah untuk berkomunitas?
Diubah oleh anna1812 16-09-2019 06:41
franciscafefria
anasabila
Gresta
Gresta dan 30 lainnya memberi reputasi
31
5K
228
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.