cattleyaonlyAvatar border
TS
cattleyaonly
Seram, Ini 5 Rumah Sakit Angker di Indonesia
Sumber : pixbay

Jumpa lagi di thread ane Agan, Sista. Semoga hari ini tetap ceria, meskipun ane bawa cerita yang horor. 
Rumah Sakit. Jika mendengar kata rumah sakit, pasti yang terbayang di benak kita adalah dokter, perawat, bangsal, pasien, peralatan medis dan ... kamar mayat! Sebuah rumah sakit pastinya memiliki kamar mayat, tempat pasien meninggal disemayamkan sebelum dibawa pulang oleh keluarganya. Entah sudah berapa puluh, ratus bahkan ribu pasien yang meninggal dalam sebuah rumah sakit. Di antara pasien-pasien itu bisa jadi ada orang yang sholeh, orang yang tidak pernah menjalankan perintah agamanya, pemabuk yang tewas tabrakan ketika dalam keadaan mabuk berkendara, dan mungkin juga penjahat yang terpaksa ditembak mati ketika sedang melakukan kejahatannya. Yakin semua arwah pasien yang meninggal di rumah sakit kembali ke alamnya dengan tenang? Atau justru gentayangan di alam dunia?

Selama ini, banyak cerita horor di rumah sakit (maupun di tempat-tempat lain) yang ane dapat baik dari teman-teman sekolah, kuliah maupun teman-teman dari dunia maya. Kalau ane sendiri, selama 'bergentayangan' di rumah sakit belum pernah memiliki pengalaman horor. Horornya cuma pas berada di atas meja operasi, bertemu dokter bedah dan Obsgyn serta obat bius!

Salah satunya teman ane yang bernama Sari, sedang tugas di UGD. Setiap menjelang maghrib selalu suara wanita yang memanggil-manggil, entah dari mana asalnya. Pernah suatu malam dia mengecek pasien di bangsal dan kembali ke UGD, di sebuah koridor dia berjumpa dengan seorang suster. Merasa ada teman jalan, Sari pun senang dan mengajaknya ngobrol. Kebetulan Sari orangnya memang supel. Tanpa diduga-duga, suster tersebut mendadak berbelok ke sebuah arah dan menembus dinding. Takut? Sudah pasti. Meski temanku ini seorang indigo.

Sewaktu sedang jaga malam, seorang teman yang lain harus membawa alat EKG ke bangsal penyakit dalam. Karena renovasi rumah sakit belum selesai, bangsal penyakit dalam terpisah menjadi 2 tempat. Untuk sampai di bangsal lama dia harus melewati simpang 5 koridor yang salah satunya mengarah ke kamar mayat. Di persimpangan itu ada sebuah  papan pengumuman yang tidak terpakai. Saat melewati papan pengumuman itu dia melihat beberapa kepala nempel di sana. Sementara simpang lima koridor itu lumayan jauh dari bangsal-bangsal yang dipakai. Selain itu, jika sudah di atas jam 10 malam, biasanya sudah jarang terlihat orang berlalu lalang di koridor. Untungnya dia pemberani dan tidak sampai berteriak-teriak apalagi pingsan melihat semua itu.

Bagaimana dengan kamar mayat dan laboratorium anatomi?

Pernah kami ngobrol dengan penjaga kamar mayat, apa saja yang pernah dilihatnya di sana. Katanya ada berbagai kejadian-kejadian aneh saat dia mendorong brankar yang di atasnya tergeletak mayat. Ada kaki yang bergantungan di atap-atap koridor menuju kamar mayat, bahkan diantaranya meneteskan darah.

Lalu laboratorium anatomi? Menurut penjaganya sih setiap beberapa waktu pasti dibuatkan sebuah acara seperti doa arwah. Katanya terkadang kadaver (mayat yang diformalin untuk tujuan pendidikan) itu terkadang ada yang duduk sendiri. Ngeri banget ya Gansis? Kalau ane sendiri pernah sekali ngelihat makhluk astral yang berwujud mbak kun sewaktu tinggal di rumah dinas yang lama, dan ane berdoa semoga tak pernah melihatnya lagi.

Pastinya banyak orang yang pernah mengalami kejadian horor di rumah sakit. Agan dan sista punya pengalaman? Silakan share di kolom komentar ya.

Nah, Agan, Sista, kalau di Indonesia, rumah sakit mana sih yang dikenal angker?

1. Bandung Medical Center


Cerita seram tentang rumah sakit ini sudah sangat dikenal warga Bandung. Rumah sakit ini awalnya merupakan rumah sakit Sartika Asih sampai tahun 1995, kemudian diteruskan oleh BMC sampai tahun 2000. Menurut Rohman (56) sang penjaga, saat renovasi rumah sakit selesai entah kenapa tidak jadi diresmikan, hingga selama 17 tahun gedung itu terbengkalai.
 Saat mKisah horor di rumah sakit ini adalah tentang sosok suster yang menbempati lantai satu. Menurut warga yang dan beberapa orang yang melakukan uji nyali, sosok suster itu sering menampakkan diri dengan baju yang lusuh dan kotor seperti kena lumpur. Sebelum kemunculannya tercium harum melati dan terkadang bercampur dengan bau busuk. Di lantai 2 ada suara dengusan napas yang kencang, ketukan tanpa orang dan perempuan yang mengintip lewat jendela.

2. Mardi Waluyo, Blitar
Rumah sakit ini berdiri sejak tahun 1942. dan terkenal angker sejak zaman Belanda.. Pernah ada cerita seorang wanita yang melahirkan dibantu makhluk ghaib. Paginya saat sang suami menjenguk, istri dan nak yang baru dilahirkan didapati di dalam kamar mayat. 

Rumah sakit ini konon pernah dijadikan kedok malpraktek yang mengakibatkan banyak korban. Tidak hanya itu banyak pasien yang mendengar tangisan seorang wanita tepat pukun 12 malam. Para warga juga sering melihat penampakan makhluk astral. Sampai sekarang tak ada yang berani mendekati bangunan angker ini kecuali untuk keperluan shooting TV.

Rumah sakit ini telah dipindahkan tempatnya, sehingga pasien tak perlu takut lagi dengan cerita-cerita angkernya.

3. Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo

Walaupun rumah sakit ini masih beroperasi, ternyata menyimpan kisah seram yang sudah dikenal sebagai salah satu urban legend di Jakarta.

Seorang pemuda sedan menemani seorang sahabat yang mengalami kecelakaan yang lumayan parah, sehingga harus dirawat di rumah sakit. Saat menemani itu sang pemuda mendengar sebuah bisikan nyaring yang datang dari bagian utara rumah sakit. Saat pemuda itu mencari sumber suara, dia menemukan sepenggal kepala wanita yang sedang tersenyum sinis dengan mata berlumuran darah.

4. Rumah Sakit Darmo Surabaya

Rumah sakit ini merupakan bangunan tua. Kisah horor tentang rumah sakit ini adalah legenda kuntilanak yang menunggu bangsal anak, Cerita ini sudah tersebar di masyarakat Surabaya. Menurut orang-orang, sosok itu muncul jika tengah malam mendengar suara abak menangis. Wajahnya tidak terlihat karena tertutup rambutnya yang kusut dan berlumuran darah. Suara tangisannya yang melengking konon bisa terdengar sampai halaman parkir.

5. Rumah sakit Dharma Medika Tulungagung

Kejadian horor yang pernah terjadi di rumah sakit ini datang dari pasien wanita berpenyakit liver yang berumur 55 tahun. Kondisinya sudah teramat parah hingga dia dirawat di ruang VIP dan mendapatkan pemantauan yang intensif. Setiap malam sehabis Isya, dokter dan perawat memeriksa. Sedangkan pukul 2 dini hari diperiksa oleh perawat yang seumuran pasien. Seminggu setelah dirawat, pasien menunjukkan perkembangan yang sangat baik. Maka sang pasien pun berterima kasih pada dokter dan perawat yang telah merawatnya hingga kondisinya membaik. Namun ketika dia menanyakan tentang perawat tua yang setiap dini hari memeriksanya, tak ada satupun yang mengenali. Nah, Gansist, siapa kira-kira perawat misterius itu? Kalau seperti ini sih berarti dia baik ya Gansist, walau kalau kita tahu dia makhluk astral bisa bikin merinding.

Agan dan Sista punya pengalaman horor di rumah sakit atau di tempat lain? Boleh dong bagi kisahnya di kolom komentar.

Di manapun, bisa saja terjadi hal-hal yang diluar nalar. Yang penting, berada di manapun, jangan lupa berdoa. Semoga Tuhan selalu melindungi kita dari hal-hal yang bisa mencelakakan diri kita. Aamiin. 

Sekian dulu Thread dari ane, sampai jumpa di thread ane berikutnya. Terima kasih sudah berkenan membaca.


Sumber
Opini Pribadi
Di sini
Di sini
sebelahblog
4iinch
fikrionly
fikrionly dan 36 lainnya memberi reputasi
37
24.7K
156
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.