News
Batal
KATEGORI
link has been copied
48
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5df2fa3c28c991043044e06f/begini-awal-mula-kesalahan-pembuatan-soal-ujian-sd-yang-singgung-nabi
Begini Awal Mula Kesalahan Pembuatan Soal Ujian SD yang Singgung Nabi Jakarta - Soal ujian agama SD di Kecamatan Junjung Sirih, Solok, Sumbar, viral lantaran ada salah satu pertanyaan yang diduga menghina Nabi Muhammad SAW. Pemerintah setempat pun memerintahkan ujian ulang. Begini awal mula kejadiannya. Berdasarkan dokumen yang disampaikan Direktur Pendidikan Agama Islam (PAI) Kementerian Agama (K
Lapor Hansip
13-12-2019 09:41

Begini Awal Mula Kesalahan Pembuatan Soal Ujian SD yang Singgung Nabi

Begini Awal Mula Kesalahan Pembuatan Soal Ujian SD yang Singgung Nabi

Begini Awal Mula Kesalahan Pembuatan Soal Ujian SD yang Singgung Nabi

Jakarta - Soal ujian agama SD di Kecamatan Junjung Sirih, Solok, Sumbar, viral lantaran ada salah satu pertanyaan yang diduga menghina Nabi Muhammad SAW. Pemerintah setempat pun memerintahkan ujian ulang. Begini awal mula kejadiannya.

Berdasarkan dokumen yang disampaikan Direktur Pendidikan Agama Islam (PAI) Kementerian Agama (Kemenag), Rohmat Mulyana, Kamis (12/12/2019) malam, awalnya soal ujian dibuat oleh seseorang kemudian diserahkan ke tim editor. Dari tim editor, soal diteruskan ke percetakan.

Setelah diadakan ujian semester pada Senin (9/12), ditemukan adanya kesalahan pertanyaan di nomor 13 oleh Kepala SDIT Junjung Sirih. Kesalahan pertanyaan itu kemudian dilaporkan ke Korwil dan MKKS SD Kecamatan Junjung Sirih lewat WhatsApp. Namun tiba-tiba pertanyaan yang salah itu viral di media sosial.

Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Solok, kemudian memanggil pembuat soal dan tim editor serta Korwil Junjung Sirih untuk menanyakan permasalahan tersebut pada Rabu (11/12). Tim editor dan Korwil kemudian mengakui kesalahannya dan telah membuat pernyataan.

Selanjutnya, pertemuan antarsejumlah pihak digelar di Dinas Pendidikan pada Kamis (12/12). Hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Dinas Pendidikan beserta Kabid, Kemenag Solok, Ketua MUI, Polres, tim pembuat soal, tim editor, Korwil Junjung Sirih, hingga sejumlah guru agama.

Hasil pertemuan tersebut menyatakan permohonan maaf dari Korwil atas nama guru di Junjung Sirih. Ditegaskan juga bahwa tidak ada unsur kesengajaan dalam kesalahan penyusunan soal tersebut.

Terkait kasus ini, polisi memeriksa sejumlah orang terkait naskah soal ujian mata pelajaran Agama Islam di SD Kecamatan Junjung Sirih, Kabupaten Solok, Sumbar. Soal ujian semester kelas IV SD ini digunakan di Kecamatan Junjung Sirih. Sedangkan di kecamatan lain, naskah ujian mata pelajaran Agama Islam berbeda dengan di Junjung Sirih

"Semua pihak terkait kita periksa, termasuk tim penyusun naskah ujian," ujar Kapolres Solok AKBP Ferry Suwandi saat dihubungi Rabu (12/12).

Sementara itu, Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Solok, Sumbar, memerintahkan ujian ulang mata pelajaran agama di SD Kecamatan Junjung Sirih.

"(Tindak lanjut) yang jelas dari Dinas Pendidikan membatalkan naskah soal dan memerintahkan ulang ujian Agama," kata Kadisdikpora Solok Zulkisar saat dihubungi terpisah.

Siswa kelas IV SD di Junjung Sirih, Solok, sebelumnya mengikuti ujian semester mata pelajaran agama pada Senin (9/12). Namun naskah soal ujian ini viral karena diduga menyinggung Nabi Muhammad SAW pada pertanyaan nomor 13.

Kadisdik sudah mengumpulkan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan. K3S ini disebut Kadisdik bertanggung jawab atas pengerjaan naskah soal ujian.

"Sebenarnya tidak ada kesengajaan. Editor memperpendek kalimat, itulah akhirnya meresahkan," sambung Zulkisar.

Berikut ini pertanyaan nomor 13 yang menjadi sorotan.

Di bawah ini yang merupakan sikap Nabi Muhammad SAW yang tidak patut kita teladani adalah..."

A. Malas belajar
B. Mengerjakan tugas sekolah
C. Menjaga nama baik guru dan sekolah
D. Menjaga nama baik orang tua.


Padahal naskah asli ujian menurut Zulkisar adalah:

Selaku umat Nabi Muhammad SAW patut meneladani sikapnya. Sebagai pelajar, yang tidak patut kita contoh dari penyataan di bawah ini adalah:
A. Malas belajar
B. Mengerjakan tugas sekolah
C. Menjaga nama baik guru dan sekolah
D. Menjaga nama baik orang tua

sumber

☆☆☆☆☆☆☆☆

Tunggu dulu.


"Sebenarnya tidak ada kesengajaan. Editor memperpendek kalimat, itulah akhirnya meresahkan," sambung Zulkisar.

Berikut ini pertanyaan nomor 13 yang menjadi sorotan.

Di bawah ini yang merupakan sikap Nabi Muhammad SAW yang tidak patut kita teladani adalah..."

A. Malas belajar
B. Mengerjakan tugas sekolah
C. Menjaga nama baik guru dan sekolah
D. Menjaga nama baik orang tua.


Padahal naskah asli ujian menurut Zulkisar adalah:

Selaku umat Nabi Muhammad SAW patut meneladani sikapnya. Sebagai pelajar, yang tidak patut kita contoh dari penyataan di bawah ini adalah:
A. Malas belajar
B. Mengerjakan tugas sekolah
C. Menjaga nama baik guru dan sekolah
D. Menjaga nama baik orang tua


Memperpendek kalimat?
Dimana letak persamaan kalimat ini :

Quote:Di bawah ini yang merupakan sikap Nabi Muhammad SAW yang tidak patut kita teladani adalah..."

Dengan

Selaku umat Nabi Muhammad SAW patut meneladani sikapnya. Sebagai pelajar, yang tidak patut kita contoh dari penyataan di bawah ini adalah:


Tidak ada sama sekali persamaannya.
Ayolah... Ngaku saja. Siapa yang tengah bermain-main dengan api? Ini bukan faktor ketidaksengajaan. Ini jelas disengaja. Konteks tekstualnya berbeda jauh. Kelihatan jelas ini disengaja.

Pasti ada seseorang didalam sana yang sengaja merubah susunan redaksi kalimatnya. Entah apa maksudnya. Entah buat kepentingan apa. Yang jelas alasan yang diucapkan oleh Zulkisar sebagai Kadisdikpora Solok jelas ingin mengamankan anak buahnya. Jelas pula bahwa hal ini dianggap angin lalu, hanya masalah kecil.

Yang jadi masalah, ini Indonesia.
Sekecil apapun kata kau, selalu ada pihak yang akan memakainya untuk menyerang pemerintah. Ujungnya tetap pemerintah.

Usut tuntas!
Kalau perlu, copot semua yang terlibat termasuk Kadisdikpora Solok yang terkesan menutup-nutupi.
Jangan sampai ada demo berjilid-jilid ya.

Nanti disana yang berbuat, masyarakat Jakarta yang terkena imbasnya.

Kayak gak tau aja bani 212.

Diubah oleh i.am.legend.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agh05t dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
Begini Awal Mula Kesalahan Pembuatan Soal Ujian SD yang Singgung Nabi
13-12-2019 10:51
lasegarr !!!! jgn kasih ampun....

emoticon-Embarrassment
0 0
0
Begini Awal Mula Kesalahan Pembuatan Soal Ujian SD yang Singgung Nabi
13-12-2019 10:53
Begini Awal Mula Kesalahan Pembuatan Soal Ujian SD yang Singgung Nabi

Kalau menurut ane tidak ada salahnya pertanyaan ini ya.
Toh Nabi Muhammad sendiri mengaku kalau dirinya buta huruf. Dan saat itu Nabi Muhammad sudah berumur 40 tahun lebih.
Padahal orang2 disekitarnya dapat membaca dan abjad arab cuma ada 28, gak kayak huruf cina atau jepang yg sampai ribuan.
Pada umumnya orang buta huruf (tidak dapat membaca) itu karena? Malas Belajar kan?
Jadi jawaban yg bener adalah
A. malas belajar.
emoticon-thumbsup
Diubah oleh lh506
profile-picture
anakjahanam721 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Begini Awal Mula Kesalahan Pembuatan Soal Ujian SD yang Singgung Nabi
13-12-2019 10:53
emang yg patut diteladani sikap yg mana?
0 0
0
Begini Awal Mula Kesalahan Pembuatan Soal Ujian SD yang Singgung Nabi
13-12-2019 10:56
Quote:Original Posted By lh506
Begini Awal Mula Kesalahan Pembuatan Soal Ujian SD yang Singgung Nabi

Kalau menurut ane tidak ada salahnya pertanyaan ini ya.
Toh Nabi Muhammad sendiri mengaku kalau dirinya buta huruf. Dan saat itu Nabi Muhammad sudah berumur 40 tahun lebih.
Padahal orang2 disekitarnya dapat membaca dan abjad arab cuma ada 28, gak kayak huruf cina atau jepang yg sampai ribuan.
Pada umumnya orang buta huruf (tidak dapat membaca) itu karena? Malas Belajar kan?
Jadi jawaban yg bener adalah
A. malas belajar.
emoticon-thumbsup


logika yang bagus, fasti iq diatas 1000
0 0
0
Begini Awal Mula Kesalahan Pembuatan Soal Ujian SD yang Singgung Nabi
Lapor Hansip
13-12-2019 11:24
Balasan post nicky123
Quote:Original Posted By nicky123
kaskuser BP pada semangat yah kalo berita begini... emoticon-Ngakak


Itulah istimewanya kaskus BP emoticon-Big Grin full sara mode on
profile-picture
uray24 memberi reputasi
1 0
1
Begini Awal Mula Kesalahan Pembuatan Soal Ujian SD yang Singgung Nabi
13-12-2019 11:45
ahox dulu ngomong nya dibohongi pakai Al Maidah

tapi dipotong sama yang punya kepentingan jadi dibohongi Al Maidah

hanya dikredit kata pakai aja berujung ke penjara, padahal dia korban pengeditan

ini yang mengedit yang mengurangi jadi salah arti lepas gt aja gak pake dipenjara

horeeee
0 0
0
Begini Awal Mula Kesalahan Pembuatan Soal Ujian SD yang Singgung Nabi
13-12-2019 12:43
ribet amat, yang kayak gini diurusin, emang dulu si mamad sekolah dimana? kok masih buta huruf, bener bener deh kualitas sekolahnya.
0 0
0
Begini Awal Mula Kesalahan Pembuatan Soal Ujian SD yang Singgung Nabi
Lapor Hansip
13-12-2019 13:58
Balasan post beenana
Sepertinya anda tidak punya emosi y bila orang yg anda cintai walaupun sudah tiada dihina,dicela ataupun direndahkan,atau anda ikut menghinakan orang yg anda cintai?
Ingat sudah banyak kekacauan Dan saling membunuh Karena penghinaan.
Jgn menganggap remeh sesuatu terkait penghinaan ,bendera indonesia jatuh Dan diinjak injak saja Kita marah apalagi orang yg di cintai umat Islam seluruh dunia yg di Hina.
Diubah oleh prince06
0 0
0
Begini Awal Mula Kesalahan Pembuatan Soal Ujian SD yang Singgung Nabi
13-12-2019 14:02
klo yg kayak gini namanya penistaan .... klo yg sebelah kajian internal .... internal tapi ngomongin tetangga..... namanya ngrumpiiiiii
0 0
0
Begini Awal Mula Kesalahan Pembuatan Soal Ujian SD yang Singgung Nabi
Lapor Hansip
13-12-2019 14:08
Balasan post saugisarap
Jangan samakan umatnya nabi dengan nabinya itu udh beda level mas,tapi hanya berusaha mendekati level nabi walau pastinya tidak akan pernah dekat dengan level nabi apalagi menyamakannya.
Sekarang jaman fitnah mas,kebanyakan yg emosi kurang ilmu tapi sudah kemakan fitnah sama setan berkedok pemuka agama.
0 0
0
Begini Awal Mula Kesalahan Pembuatan Soal Ujian SD yang Singgung Nabi
Lapor Hansip
13-12-2019 14:16
Balasan post lh506
Bukan malas belajar baginda nabi buta huruf tapi emang sudah ketentuan tuhan yg Maha esa,
andaikan baginda nabi bisa baca tulis maka akan timbul fitnah bahwa Al Quran karangan dia.
Buta huruf baginda nabi di gantikan oleh daya ingat Dan daya belajar yg kuat.
Dapatkah anda mengingat seumur hidup semua isi Kitab Kitab kepercayaan anda dengan sekali mendengar ataupun dengan sekali membaca.
Karena baginda nabi tanpa membaca dan menulis dapat menghafal semua isi alquran seumur hidup.
Diubah oleh prince06
0 0
0
Begini Awal Mula Kesalahan Pembuatan Soal Ujian SD yang Singgung Nabi
Lapor Hansip
13-12-2019 14:25
Balasan post prince06
Quote:Original Posted By prince06
Bukan malas belajar baginda nabi buta huruf tapi emang sudah ketentuannya,


Jadi Nabi Muhammad bukan gak mau belajar baca tulis, tapi sudah ditakdirkan bego sehingga mau segiat apapun dia belajar baca dan tulis, abjad2 arab itu gak akan masuk ke otaknya?
Sungguh fitnah yg keji dari agan ini, Naudzubillahimindzalik..

Quote:Original Posted By prince06
andaikan baginda nabi bisa baca tulis maka akan timbul fitnah bahwa Al Quran karangan dia


Jadi hanya karena takut dibilang nyontek dari kitab sebelah, Tuhan pun menjadikan Nabi tidak mampu mempelajari baca tulis?
Luar biasa
Padahal siapa sih yg bisa tau betul kalau seseorang itu benar2 tidak bisa baca dan tulis selain dirinya dan Tuhan?
Lain halnya kalau buta penglihatan, orang lain kurang lebih bisa melihat tanda2nya dari mata orang tsb
.
Quote:Original Posted By prince06
Buta huruf baginda nabi di gantikan oleh Saya ingat Dan daya belajar yg kuat.
Dapatkah anda mengingat seumur hidup semua isi Kitab Kitab kepercayaan anda dengan sekali mendengar ataupun dengan sekali membaca.
Karena baginda nabi tanpa membaca dan menulis dapat menghafal semua isi alquran seumur hidup.


Ah masa' sih gan?

Sahih al-Bukhari 5037
https://sunnah.com/bukhari/66/60
حَدثَنَا رَبِيعُ بْنُ يَحْيَى، حَدثَنَا زَائِدَةُ، حَدثَنَا هِشَامٌ، عَنْ عُرْوَةَ، عَنْ عَائِشَةَ ـ رضى الله عنها ـ قَالَتْ سَمِعَ النبِي صلى الله عليه وسلم رَجُلاً يَقْرَأُ فِي الْمَسْجِدِ فَقَالَ ‏ "‏ يَرْحَمُهُ اللهُ لَقَدْ أَذْكَرَنِي كَذَا وَكَذَا آيَةً مِنْ سُورَةِ كَذَا ‏"‏‏.‏
Disampaikan Aisyah, Sang Nabi mendengar seorang pria melantunkan Qur'an di masjid dan beliau berkata, "Semoga Allah memberikan ampunan kepadanya, karena dia telah mengingatkanku pada ayat ini dan itu dari suatu Surah"


Ratusan ayat dari surat Al-Ahzab hilang karena Nabi dan para sahabat lupa.

Soorat al-Ahzaab was as long as Soorat al-Baqarah, then most of it was abrogated
https://islamqa.info/en/answers/1979...-was-abrogated

Surat Al-Baqarah Ayat 106
https://tafsirq.com/2-al-baqarah/ayat-106
Ayat mana saja yang Kami nasakhkan, atau Kami jadikan (manusia) lupa kepadanya, Kami datangkan yang lebih baik daripadanya atau yang sebanding dengannya. Tidakkah kamu mengetahui bahwa sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu?

Apa itu makna dijadikan lupa?
Sahih Muslim 790 c
https://sunnah.com/muslim/6/271
وَحَدثَنِي مُحَمدُ بْنُ حَاتِمٍ، حَدثَنَا مُحَمدُ بْنُ بَكْرٍ، أَخْبَرَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ، حَدثَنِي عَبْدَةُ، بْنُ أَبِي لُبَابَةَ عَنْ شَقِيقِ بْنِ سَلَمَةَ، قَالَ سَمِعْتُ ابْنَ مَسْعُودٍ، يَقُولُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ ‏ "‏ بِئْسَمَا لِلرجُلِ أَنْ يَقُولَ نَسِيتُ سُورَةَ كَيْتَ وَكَيْتَ أَوْ نَسِيتُ آيَةَ كَيْتَ وَكَيْتَ بَلْ هُوَ نُسيَ ‏"‏ ‏.
Ibnu Mas'ud melaporkan bahwa Rasulullah berkata: Terkutukkan orang yang berkata: Aku lupa surah ini dan itu, atau aku lupa ayat ini dan itu, padahal dia telah dijadikan lupa.
Diubah oleh lh506
0 0
0
Begini Awal Mula Kesalahan Pembuatan Soal Ujian SD yang Singgung Nabi
13-12-2019 14:32
Waduh editornya ngantuk kali gans, atu memang kerjaannya cuman gitu doang? dapat naskah soal gak pake di cek langsung diiyain untuk dicetak? kalau sudah begini pasti bakalann rame lagi. Banyak yang suka demo sekarang
0 0
0
Begini Awal Mula Kesalahan Pembuatan Soal Ujian SD yang Singgung Nabi
13-12-2019 14:49


Quote:Original Posted By autistic.dog
Manusia suci bre, tanpa dosa tak pernah salah, sayangnya gampang nista, ujung2nya bikin gaduh peradaban dunia emoticon-Ngakak


Suci sekali gan.

Suci dari kecil Sampek mokat. Tanpa celana dan dosa.

emoticon-Ngakak
0 0
0
Begini Awal Mula Kesalahan Pembuatan Soal Ujian SD yang Singgung Nabi
13-12-2019 14:51
Tulis kalimat ini aja udah cukup kan

"Sebagai pelajar, yang tidak patut kita contoh dari penyataan di bawah ini adalah:"

Soal sederhana dibikin ribet,, ngapain pake bawa2 Nabi segala. Kaga ada hubungan nya sama kaidah agama juga emoticon-Cape d...
0 0
0
Begini Awal Mula Kesalahan Pembuatan Soal Ujian SD yang Singgung Nabi
13-12-2019 15:24
emoticon-Entahlah
sepertinya ada yg salah sama kita
0 0
0
Begini Awal Mula Kesalahan Pembuatan Soal Ujian SD yang Singgung Nabi
13-12-2019 15:33
waduh harus lebih berhati hati...
0 0
0
Begini Awal Mula Kesalahan Pembuatan Soal Ujian SD yang Singgung Nabi
Lapor Hansip
13-12-2019 18:00
Balasan post lh506
@lh506
agan ini pintar memotong dan memainkan ayat y,

Buta huruf bukan artinya bego gan,situ fikir Kita buta huruf Latin atau Arab auto bego gitu?Dan klo Kita memang di takdirkan g bs baca huruf Latin belajar bagaimanapun y pasti g bakal bisa Dan itu artinya Kita rendah atau bego gitu?.
coba agan pelajari Al Quran seutuhnya nanti akan agan menemukan bukti bahwa baginda nabi memang di takdirkan tidak bisa membaca atau menulis.
Ayatnya Ada kok gan tentang alasan baginda nabi kenapa tidak bisa baca tulis Dan Saya tidak akan mengutip ayat,Karena takut di salah artikan maksud ayat tersebut.
Contohnya
ayat al-baqarah ayat 106 Dan hadist seperti diatas
Untuk menguatkan ucapan walau maksud dari ayat Dan hadist tersebut tidak demikian.
Pelajari alquran Dan hadist seutuhnya jgn sebagian apalagi di potong potong untuk mencari pembenaran bukan kebenaran
Carilah kebenaran bukan pembenaran

Ratusan ayat dari surat Al-Ahzab hilang karena Nabi dan para sahabat lupa.
Soorat al-Ahzaab was as long as Soorat al-Baqarah, then most of it was abrogated
https://islamqa.info/en/answers/1979...-was-abrogated

Ayat apa y gan yg hilang?nabi Dan sahabatnya pun lupa,bagaimana orang lain Tau y?tolong jelasin y gan,,bingung Saya soalnya,,simplenya Saya lupa naruh pulpen tapi kok orang lain bilang Saya lupa naruh mobil y?terus percaya?
itulah artinya fitnah


Diubah oleh prince06
0 0
0
Begini Awal Mula Kesalahan Pembuatan Soal Ujian SD yang Singgung Nabi
13-12-2019 18:04
Quote:Original Posted By lh506


Jadi Nabi Muhammad bukan gak mau belajar baca tulis, tapi sudah ditakdirkan bego sehingga mau segiat apapun dia belajar baca dan tulis, abjad2 arab itu gak akan masuk ke otaknya?
Sungguh fitnah yg keji dari agan ini, Naudzubillahimindzalik..



Jadi hanya karena takut dibilang nyontek dari kitab sebelah, Tuhan pun menjadikan Nabi tidak mampu mempelajari baca tulis?
Luar biasa
Padahal siapa sih yg bisa tau betul kalau seseorang itu benar2 tidak bisa baca dan tulis selain dirinya dan Tuhan?
Lain halnya kalau buta penglihatan, orang lain kurang lebih bisa melihat tanda2nya dari mata orang tsb
.


Ah masa' sih gan?

Sahih al-Bukhari 5037
https://sunnah.com/bukhari/66/60
حَدثَنَا رَبِيعُ بْنُ يَحْيَى، حَدثَنَا زَائِدَةُ، حَدثَنَا هِشَامٌ، عَنْ عُرْوَةَ، عَنْ عَائِشَةَ ـ رضى الله عنها ـ قَالَتْ سَمِعَ النبِي صلى الله عليه وسلم رَجُلاً يَقْرَأُ فِي الْمَسْجِدِ فَقَالَ ‏ "‏ يَرْحَمُهُ اللهُ لَقَدْ أَذْكَرَنِي كَذَا وَكَذَا آيَةً مِنْ سُورَةِ كَذَا ‏"‏‏.‏
Disampaikan Aisyah, Sang Nabi mendengar seorang pria melantunkan Qur'an di masjid dan beliau berkata, "Semoga Allah memberikan ampunan kepadanya, karena dia telah mengingatkanku pada ayat ini dan itu dari suatu Surah"


Ratusan ayat dari surat Al-Ahzab hilang karena Nabi dan para sahabat lupa.

Soorat al-Ahzaab was as long as Soorat al-Baqarah, then most of it was abrogated
https://islamqa.info/en/answers/1979...-was-abrogated

Surat Al-Baqarah Ayat 106
https://tafsirq.com/2-al-baqarah/ayat-106
Ayat mana saja yang Kami nasakhkan, atau Kami jadikan (manusia) lupa kepadanya, Kami datangkan yang lebih baik daripadanya atau yang sebanding dengannya. Tidakkah kamu mengetahui bahwa sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu?

Apa itu makna dijadikan lupa?
Sahih Muslim 790 c
https://sunnah.com/muslim/6/271
وَحَدثَنِي مُحَمدُ بْنُ حَاتِمٍ، حَدثَنَا مُحَمدُ بْنُ بَكْرٍ، أَخْبَرَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ، حَدثَنِي عَبْدَةُ، بْنُ أَبِي لُبَابَةَ عَنْ شَقِيقِ بْنِ سَلَمَةَ، قَالَ سَمِعْتُ ابْنَ مَسْعُودٍ، يَقُولُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ ‏ "‏ بِئْسَمَا لِلرجُلِ أَنْ يَقُولَ نَسِيتُ سُورَةَ كَيْتَ وَكَيْتَ أَوْ نَسِيتُ آيَةَ كَيْتَ وَكَيْتَ بَلْ هُوَ نُسيَ ‏"‏ ‏.
Ibnu Mas'ud melaporkan bahwa Rasulullah berkata: Terkutukkan orang yang berkata: Aku lupa surah ini dan itu, atau aku lupa ayat ini dan itu, padahal dia telah dijadikan lupa.

klo katanya daya ingat bagus n cerdas tp tetep buta huruf, jangan2 kena dyslexia tuh.
jaman dulu kan ga paham dikiranya buta huruf.

Diubah oleh morphingjar
0 0
0
Lihat 1 balasan
Begini Awal Mula Kesalahan Pembuatan Soal Ujian SD yang Singgung Nabi
13-12-2019 18:04
agen kadrun take a beer detected,....
0 0
0
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia