• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Waspada! Asteroid ini Bakal Tabrak Bumi di 2022, Pertanda Kiamat?

Mutimumut11Avatar border
TS
Mutimumut11
Waspada! Asteroid ini Bakal Tabrak Bumi di 2022, Pertanda Kiamat?


Mungkin kita sudah sering mendengar meteor atau meteorid yang jatuh ke bumi. Bahkan tempat tinggal ane merupakan tempat dimana banyak ditemukan batu meteor dan menjadi oleh-oleh yang khas dari Pulau kami. Namun kali ini bukan membahas meteor, ada yang lebih besar lagi yaitu asteroid. Dan kabarnya ada salah satu asteroid yang saat ini sedang bergerak mandekati orbit bumi.


Berdasarkan Laporan dari Badan Antariksa Amerika Serikat NASA, akan ada sebuah Asteroid seukuran Piramida Mesir yang akan menghantam bumi bernama JF1. Dan diprediksi asteroid tersebut akan menabrak Bumi pada 6 Mei 2022, dan memiliki kekuatan lebih besar dari bom atom di Hiroshima (bayangkan betapa dahsyatnya asteroid ini bikin ane ngeri sendiri gan).

Menurut prediksi NASA, kekuatan atau daya hancur asteroid JF1 ini mencapai 230 kiloton atau 230 ribu Ton TNT setara dengan 15 kali kali bom Hiroshima. Asteroid tersebut sudah ditemukan  sejak 10 tahun yang lalu di tahun 2009. Source : Here



Jika asteroid tersebut menabrak bumi, tentu akan menyebabkan kerusakan besar. Apabila asteroid tersebut menghantam daerah yang berpenduduk tentu akan menghancurkan seluruh kota dan menyebabkan korban jiwa yang tak sedikit bahkan membunuh semua ekosistem makhluk hidup dalam kategori dan jumlah yang besar . Dan jika terjatuh di samudera akan menyebabkan tsunami besar yang juga berdampak pada kehidupan di bumi.


Quote:


Dari 3800 kemungkinan tersebut, ada satu kemungkinan Asteroid JF1 akan menabrak bumi. Peluangnya memang kecil, tapi kita tetaplah harus waspada akan kemungkinan tersebut. Oleh karena itu, NASA akan melakukan kerja sama dengan badan antariksa lain di seluruh dunia dengan mengembangkan cara untuk mencegah tabrakan asteroid terjadi. Misi tersebut diberi nama  Asteroid Impact Deflection Assessment (AIDA).

 

 Tujuan dari misi tersebut adalah untuk menganalisis dampak jika asteroid menabrak bumi. Dan mencoba menemukan cara untuk membelokkan jalur asteroid JF1. Proyek yang dinamakan  AIDA ini terdiri dari beberapa tahap, yakni:

1. Para peneliti dan ilmuwan akan dengan sengaja mengirimkan sebuah pesawat ulang alik tanpa awak untuk menabrakkan diri ke asteroid itu.
2. Kemudian peneliti akan mengirimkan pesawat ulang alik kedua untuk menilai lokasi tabrakan dan mengumpulkan data tentang dampak tabrakan.

Salah satu pengontrol proyek The European Space Agency menambahkan, misi ini terbilang cukup aman pasalnya dikontrol secara jarak jauh dari darat. Sumber : Here

Mendengar kabar ini tentunya membuat kita semakin harus waspada yah gan sis. Meski hanya 1%, yang namanya kemungkinan tetaplah kemungkinan. Namun angkasa memang punya misteri yang siapapun tak bisa menebaknya. Tapi dibalik kemisteriusannya banyak hal menarik untuk kita bahas. Semoga saja kemungkinan 1% itu tak terjadi pada bumi yah gaes! 



Photo : Google
4iinch
introvertpsycho
sebelahblog
sebelahblog dan 19 lainnya memberi reputasi
18
9.5K
131
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.