Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
306
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5df05de3b8408826cc52cc4c/daripada-tahun-depan-nikah-ribet-urus-sertifikat-mending-nikah-sekarang-yuk-gansist
Tahun 2020, Presiden Indonesia mewajibkan kepada seluruh calon pengantin yang akan/ berencana menikah untuk memiliki sertifikat layak nikah sebelum melakukan pernikahan. Peraturan ini akan diberlakukan pada tahun 2020 mendatang untuk seluruh wilayah Indonesia, tak terkecuali wilayah Jakarta.
Lapor Hansip
11-12-2019 10:09

Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!

Assalamualaikum GanSis.


Di thread kali ini, Ane akan bahas tentang soal yang belakangan ini menjadi cukup kontroversial di kalangan masyarakat, khususnya kaum muda-mudi Indonesia. Sekarang ini, tersebar wacana wajib punya sertifikat layak nikah dulu baru boleh menikah. Bagaimana menurut GanSis? Apakah menurut GanSis wacana tersebut benar atau tidak? Yuk, langsung simak penjelasannya di bawah ini.


Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!

Tahun 2020, Presiden Indonesia mewajibkan kepada seluruh calon pengantin yang akan/ berencana menikah untuk memiliki sertifikat layak nikah sebelum melakukan pernikahan. Peraturan ini akan diberlakukan pada tahun 2020 mendatang untuk seluruh wilayah Indonesia, tak terkecuali wilayah Jakarta. Hal ini tentu mengundang banyak pertanyaan bagi para calon pengantin/catin. Pasalnya, masih banyak calon pengantin yang belum mengerti cara untuk memperoleh sertifikat layak nikah. Maka dari itu, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta sudah melakukan sosialisasi sejak dini tentang proses dan persyaratan dalam mendapatkan sertifikat layak nikah bagi para calon pengantin.

Dalam peraturan baru ini, calon pengantin yang akan/ berencana menikah wajib mengikuti program sertifikasi pra nikah untuk mendapatkan sertifikat layak nikah. Sertifikasi pra nikah ini berisi program konseling selama 3 bulan dan pemeriksaan kesehatan di puskesmas/RS. Dalam pelaksanaannya, Kemenko PMK akan bekerja sama dengan Kementerian Agama (Kemenag) sebagai pemberi materi urusan pernikahan dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebagai pemberi informasi tentang kesehatan dan penyakit.

Program pra nikah ini dilakukan bukan tanpa alasan. Program pemeriksaan kesehatan catin dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan calon mempelai, membekali informasi kesehatan fisik dan psikis, serta memastikan kesiapan calon pengantin dalam berumah tangga. Sedangkan, program konseling bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan kepedulian dalam melaksanakan fungsi dan perilaku reproduksi yang sehat dan aman. Usai mengikuti bimbingan pra nikah tersebut, calon pengantin baru akan diberikan sertifikat layak nikah. Sertifikat itulah yang menjadi salah satu syarat dalam mengajukan permohonan nikah ke KUA.


Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!

Namun, sayangnya tidak semua calon pengantin dinyatakan lulus dan berhak memperoleh sertifikat layak nikah usai mengikuti program bimbingan. Mungkin ada semisal evaluasi berupa ujian tertulis yang perlu dijawab oleh calon pengantin usai mengikuti bimbingan, yang akan menjadi penentu lulus atau tidaknya, sehingga berhak mendapatkan sertifikat layak nikah tersebut. Dengan begitu, cukup repot juga, ya kalau musti ikut bimbingan selama 3 bulan, apalagi kalau sampai tidak lulus dan tidak memperoleh sertifikat, yang berarti harus mengulangi lagi ikut bimbingan.

Tentu saja, wacana program ini menumbuhkan banyak pro dan kontra. Beberapa lembaga, organisasi dan partai politik bersuara. Bendahara Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, Anwar Abbas menyatakan bahwa organisasinya setuju dengan wacana sertifikat layak nikah ini. Komisioner Komnas Perempuan, Imam Nakha'i, juga berpendapat serupa. Imam berpikir, rencana mewajibkan sertifikasi perkimpoian adalah upaya negara dalam membangun keluarga yang kokoh, berkesetaraan dan berkeadilan. Sehingga, pasangan yang telah menikah diharapkan dapat membangun keluarga sejahtera.

Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!

Ada juga beberapa partai politik yang justru bersuara menentang. Anggota Komisi VIII DPR RI, Diah Pitaloka menilai rencana tersebut susah dipraktikkan. "Ini praktiknya gimana? Jangan sampai orang gagal nikah hanya gara-gara tidak ada sertifikat," ucap politikus PDIP ini kepada Tempo, Jumat lalu.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily mengungkapkan, pemerintah harus benar-benar mengkaji secara matang baik dari segi prosedur ataupun substansi sebelum melontarkan rencana kebijakan ini.

"Jangan sampai aturan ini memberatkan warga untuk menyelenggarakan pernikahan, terutama dari segi biaya. Juga jangan sampai prosedurnya terlalu berbelit-belit," ungkap politikus Golkar ini.

Ketua Komisi VIII DPR RI, Yandri mengingatkan, pemerintah musti berhati-hati sebelum mengumumkan rencana kebijakan serta mengkaji benar manfaat dan mudaratnya, karena masalah pernikahan adalah masalah yang sangat privat.

Menurut Muhadjir, dengan pengetahuan tentang pernikahan yang cukup, diharapkan mampu menekan angka perceraian. Sebenarnya, kata dia, program pelatihan pra-nikah ini telah dilaksanakan di sejumlah kalangan kelompok keagamaan. "Tapi ini mau saya harus lebih masif, berlaku sifatnya musti wajib, gratis, ya sebelum lulus mengikuti pembekalan enggak boleh nikah," ucap Muhadjir beberapa hari lalu.

Sedangkan, kebijakan tersebut masih menuai kritik. Menurut Wakil Ketua Komisi VIII Marwan Dasopang saat dihubungi Kompas.com, kebijakan ini akan memicu beberapa persoalan. Contohnya, jika ada pasangan yang tidak lulus kelas pra-nikah dan tak memperoleh sertifikasi, dikhawatirkan akan melakukan perzinaan. Ia juga menambahkan, tak ada jaminan dengan sertifikasi tersebut pasangan suami-istri akan terhindar dari perceraian.

"Selanjutnya siapa yang menerbitkan sertifikat dan apa pertanggungjawaban atas tidak lulusnya seseorang yang menghambat pernikahan, atau lulus dan boleh menikah tapi cerai, bolehkah otoritas sertifikat digugat," ungkap dia.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia tak mempersoalkan jika pemerintah berencana mewujudkan wacana tersebut selama tujuannya jelas. Namun, Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik meminta, supaya program ini tidak menjadi suatu kewajiban.

Di lain pihak, Wakil Presiden Maruf Amin mengatakan, sertifikasi pembekalan pra-nikah tidak untuk mengatur seseorang boleh atau tidak boleh menikah. Hal ini untuk pembekalan dan sertifikasi itu hanya bertujuan untuk memberikan pemahaman pembangunan rumah tangga yang baik, bukan meluluskan atau melarang orang untuk menikah.

"Itu pembekalan yang memang penting untuk adanya istilah itu memberikan pelatihan pra nikah. Sebab agar saat dia nikah itu dia sudah siap mental dan fisik, khususnya dalam menghadapi kemungkinan pencegahan stunting," kata Maruf Amin di Istana Wapres, Jakarta, Jumat 15 November 2019 lalu.

"Bukan berarti yang nggak punya sertifikat enggak boleh nikah, ini mengerikan. Substansinyalah yang kita pentingkan," jawab dia.

Maruf Amin menyatakan, keluarga merupakan unit terkecil dari suatu negara. Oleh karenanya, peran keluarga dalam menciptakan SDM yang baik dan berkualitas sangat penting.



Itulah pemahaman sekilas tentang program sertifikasi nikah untuk mendapat sertifikat layak nikah serta beberapa pro dan kontranya. Mungkin perlu juga dipertimbangkan beberapa risiko untuk melakukan kebijakan baru ini, ya. Bagaimana GanSis? Apakah setuju dengan kebijakan ini kalau benar-benar terjadi? Mending nikah sekarang aja, ya. Daripada tahun depan ribet urus sertifikat dulu. 😂

Penulis: Fia Permatasari
Referensi: Tahun 2020 Wajib Punya Sertifikat Nikah
Diubah oleh fiaperm
profile-picture
profile-picture
profile-picture
NovellaHikmiHas dan 53 lainnya memberi reputasi
52
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 9 dari 16
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!
12-12-2019 17:23
gimana kalo sekalian dibuat sertifikat cari jodo nya buat nikah emoticon-Malu
profile-picture
fiaperm memberi reputasi
1 0
1
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!
12-12-2019 19:03
Mau nikah skrg, tp jodohnya cariin

emoticon-Hammer2
profile-picture
fiaperm memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!
13-12-2019 07:08
Quote:Original Posted By AndySchitzo
jujur aja sbnrnya sbgian diri sya mendukung saja untuk program ini berhubung selain untuk menekan jumlah perceraian apalagi yang sudah terlanjur memiliki anak
dan juga mungkin bisa juga pihak BKKBN untuk memandu dan memberikan pengetahuan untuk pengendalian pertumbuhan jumlah masyarakat

tp untuk 3 bulan ini waktu untuk mendapatkan sertifikatnya bagaimana? pembekalan harian nya perlu waktu berapa jam?
memangnya yang mengikuti ini semuanya nganggur gitu? orang kerja juga ada yang sampai hari sabtu dan pulangnya sore emangnya gak capek harus ngurus ini itu setelah bekerja, mau ngambil waktu libur untuk mengurus sertifikat ini? ente bercanda? wkwk

kalau ada imbauan atau surat keputusan untuk diberikan ke perusahaan2 untuk mengurus *sertifikat layak nikah* untuk memaklumi sih tanpa ada pemotongan gaji beda cerita lagi, sbnrnya masih bnyk sih menurut ane masalah lainnya yang masih ane belum ngerti dan pertanyaan lain untuk utarakan terkait untuk mendapatkan sertifikasi ini,
tapi daripada kepanjangan dan berbelit2 yang diatas saja dlu saja gimana menurut kaskuser sekalian pencerahannya


Gini gan, terkait waktu yg lebih spesifiknya. Berdasarkan riset dari Ane, belum ada pemberitaan lebih lanjut. Yg jelas harus bimbingan pra nikah dulu selama 3 bulan, kalau masalah berapa jamnya, belum ada pemberitahuan sejauh ini. Untuk masalah bagi pekerja, ada benarnya ya gan. Gak semua yg ngikut program ini tuh nganggur, apalagi ini calon pengantin yg otomatis harus ada pekerjaan dulu sebelum meminang anak orang. Mungkin kalo ada surat dispensasi masa kerja sih bagus, tapi masalahnya mungkin di gaji, gajinya dipotong nggaknya juga mungkin tergantung kebijakan masing-masing perusahaan gan. Malah hampir semua yg ngikut itu udah kerja mungkin ya. Kalo gak kerja gitu, mungkin bisa ditendang sama camer emoticon-Ngakak
profile-picture
AndySchitzo memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!
13-12-2019 07:16
Quote:Original Posted By hanalbar
emoticon-Hammer (S)
yg salah itu harus LULUS
kalau hanya sekedar pembekalan intensif selama beberapa waktu, mungkin rutin 1 2 3 bulan, ane rasa lebih pas karena kahwin di Indonesia ini udah mahal, budaya, adat istiadat, gengsi tai koceng emoticon-Big Grin


Bener gan, kalo gak lulus mungkin harus ngulang bimbingannya dan ujian lagi, otomatis pernikahannya pun tertunda. Nah, belum ngurusin tetek bengeknya masalah resepsi ya. Nikah di Indonesia kayanya semakin ketat ya.

Quote:Original Posted By akiwaa
hayukkk nikah
Sertifikat nikahnya ada ujian prakteknya juga lhooo emoticon-Wakaka


Apa tuh ujian prakteknya? emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

Quote:Original Posted By joedeadlock
maksudnya sekalian gitu kl ada yg bisa dikenalin ke cewe emoticon-Shakehand2


Ts nya juga cewe kok gan hehew emoticon-Leh Uga

Quote:Original Posted By deawijaya13
Hahahahah... malah jd panas sendiri nanti haahahemoticon-Ngacir Tubrukan


Waduh,, wkwkkw Ane bantu doa emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By karyanakbangs4
yang jelas itu sertifikat bisa jadi ladang korupsi baru. emoticon-Cape d...
malesin banget indonesia ini negara tolol !!!!!!!!! emoticon-Marah emoticon-Cape d...

sama halnya dengan surat sehat jasmani rohani yang gak diapa apain dan cuman suru bayar doang gak ada pengecekan emoticon-Marah
surat skck yang "WTF" gimana taunya kelakuan baik atau enggak, cuman suru bayar doang gak ada pengecekan emoticon-Marah


Hmm benar juga gan, tapi semoga gak ada yg berani korup. Apalagi sekarang kan kabarnya, koruptor mau dihukum mati. Semoga ini bisa buat pelaku tambah jera
profile-picture
profile-picture
hanalbar dan deawijaya13 memberi reputasi
2 0
2
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!
13-12-2019 07:26
Quote:Original Posted By red_starlet
ya klo emang itu aturan nya ya gpp.. sekalian cek ricek kesiapan dalam rumah tangga, camer jadi lebih ikhlas.. emoticon-Big Grin


Nerimo ing pandum ya gan

Quote:Original Posted By noenlim
belum ada calon buat diajak emoticon-Ngakak


Kalo gitu cari dulu calonnya emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By yuniharto
kan emang nikah gak bisa modal cinta sama restu orang tua doang gan. Kudu siap secara lahir batin, siap menafkahi, siap mental, kalo istri hamil punya anak siap dalam hal pengetahuan dan material untuk memberi gizi yang cukup, mendidik anak dll...

jadi pemerintah secara halus mau bilang, eh tomg, nikah itu banyak konsekuensi nya, bukan cuma perkara ngeue halal doang....


Iya gan, itu sih memang kewajiban bagi masing-masing individu. Untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi saat berumah tangga. Ilmunya pun bisa didapat dari mana saja. Bisa dari tempat kerja, lingkungan, bahkan kehidupan sehari-hari pun begitu. Jadi menurut Ane, itu udah jadi kewajiban masing masing individu sebelum berumah tangga emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By kicquck
Mungkin kebijakam ini jadi kendala untuk pasangan ldr gan
Sebenernya program ini dah dilaksanakan dari tahun2 kemarin kak.. cuma 3 hari aja kayaknya
Dan pasangan yang ga ikut dikasih kemudahan lulus


Ya tunggu aja kebijakan selanjutnya
Makasih infonya btw hehe emoticon-Smilie


Cie yg LDRan. Betul. Program ini kabarnya udah ada sejak tahun 2017, tapi wacana peraturannya diwajibkan baru sekarang dan dimulai tahun depan.

Sama sama. Semoga bisa lekas menikah ya.
0 0
0
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!
13-12-2019 07:31
Quote:Original Posted By kucingkampung97
Calon aja belum ada emoticon-Cool


Kalo gitu cari dulu calonnya bang emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By estidi
Iya emoticon-Big Grin
https://thediplomat.com/2018/01/japa...to-record-low/
Angka perkimpoian tahun 2017 di Jepang cuma sekitar 600rb, bandingkan dgn Indonesia di tahun 2016 (data terbaru) https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/893
Hampir 2 juta emoticon-Ngakak (S)


Wih, perbandingannya jauh ya. Kenapa di Jepang bisa gitu gan? Apa pihak cowo atau cewe nya yg kurang minat untuk menikah? Kenapa alasannya?

Quote:Original Posted By davianjustice
ambil sisi positifnya saja, calon mempelai di"ospek" terlebih dahulu


Kaya calon mahasiswa baru dong gan? emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By brina313
jadi pengen nikh ya allah


Buruan nikah sis emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Lihat 1 balasan
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!
Lapor Hansip
13-12-2019 07:36
Balasan post fiaperm
Quote:Original Posted By fiaperm


Wih, perbandingannya jauh ya. Kenapa di Jepang bisa gitu gan? Apa pihak cowo atau cewe nya yg kurang minat untuk menikah? Kenapa alasannya?



Kyknya disebutin deh alasan2nya di artikel emoticon-Bingung (S)
Intinya karena kebutuhan finansial untuk men-sustain keluarga di Jepang itu tinggi dan budaya kerja di sana yg kurang memungkinkan untuk bertemu lawan jenis, apalagi pacaran dan menikah (di sana mana ada budaya taaruf emoticon-Ngakak (S))
profile-picture
fiaperm memberi reputasi
1 0
1
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!
13-12-2019 07:38
Quote:Original Posted By brina313
Balik sono. Sepak sepik molooo masih pagemoticon-Bukan IGO


Jangan disuruh balik dulu la.. Kopinya diminum dulu

Quote:Original Posted By kaka10ciao
mo wik wik aja di bikin ribet banget... emoticon-Blue Guy Bata (L)


Harus sertifikasi dulu 3 bulan lamanya gan emoticon-Cape d... (S)

Quote:Original Posted By kucingkampung97
Kenapa brin? Apa gw salah target? emoticon-Leh Uga


Kau menjadikanku target?

Quote:Original Posted By utuhbudrik
org berduit : "brp buat urus semua,duit segini cukup gk?" ngasih duit ke calo (urusan beres emoticon-Angkat Beer )


org susah : emoticon-Bingung








lg2 org susah yg dibikin tambah susah emoticon-Leh Uga


Kabarnya, koruptor mau dihukum mati gan. Semoga mereka berpikir ulang sebelum bertindak

Quote:Original Posted By Ay4mK4lkun
udah nikah tp msh butuh bimbingan, dulu bimbingan d KUA terlalu singkat.


Yakin mau nambah bimbingan lagi gan?
0 0
0
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!
13-12-2019 07:39
Quote:Original Posted By KindaMen
idem emoticon-Mewek


Translate please emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!
13-12-2019 07:43
Quote:Original Posted By erina79purba
waooo pemerintah memperbanyak rencana di luar nikah jika mengahruskan sertifikat


Iya sis, harus sertifikasi dulu 3 bulan. Brarti makin lama lagi ya waktu persiapan buat nikah

Quote:Original Posted By anakjahanam721
masih menunggu ma'mum nyaemoticon-Cool


Mau ma'mum yg tipe apa gan?

Quote:Original Posted By brina313
Slah. Emak emak hahahhah


Ane bukan emak-emak.

Quote:Original Posted By AdelineNordica
cuss, cari pasangan duluemoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2


Kalo dapat, jangan lupa kasih undangan ke Ane ya teh emoticon-Big Grin
Diubah oleh fiaperm
0 0
0
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!
13-12-2019 07:48
Quote:Original Posted By kucingkampung97
Bruakakakak, lu @fiaperm emak emak kah? emoticon-Leh Uga


Kamu pun tau sendiri jawabannya bang. Brina kali yg emak emak emoticon-Leh Uga

Quote:Original Posted By Pazonda95
yg ga ada calonnya lah gmn donk? emoticon-Mewek


Semangat berjuang cari calon gan emoticon-Betty

Quote:Original Posted By rifqiariefp.
Kita lihat kedepannya bagaimana emoticon-Hansip


Kayanya sih emang bakalan disetujui peraturannya gan

Quote:Original Posted By gilarrpl1
Sy blm tau real dilapangan akan seperti apa, tpi sy berencana menikah tahun depan 2020 posisi saya bekerja diluar kota, dan menurut saya peraturan seperti ini akan menyita banyak waktu untuk mengurus hal ini, jadi kalau bisa di berikan keringanan bagi pejuang LDR


Semoga jalan untuk menuju halalnya dimudahkan gan 😇🙏🙏

Quote:Original Posted By stigermo
kalo udah siap ya menikah kalo pacar aja blm pny mau nikah sama siapa


Semangat cari pasangan dulu gan
Diubah oleh fiaperm
0 0
0
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!
13-12-2019 07:55
Quote:Original Posted By megaut
foto thumbnailnya mesra brae, HWD ya brae


Iya dong. Biar yg mau nikah tambah semangat emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By sremet
untung ane udah nikah emoticon-Cool


Enaknya yg udah nikah, tapi yg belum juga enak sih, bakal dpt sertifikat resmi bukti lolos seleksi haha

Quote:Original Posted By ppuurr
ane dah nikahemoticon-Cool....
Teman² yg blm nikah, (menilik info² yg beredar seputar aturan² tsb), ada benarnya nikah tahun ini aza..emoticon-I Love Indonesia


Iya gan, mending nikah tahun ini daripada tahun depan ribet harus urus sertifikat dulu. Mumpung bulannya lagi pas buat nikah juga

Quote:Original Posted By silveria92
TS ngacengan atau males cari alternatif?
nikah di luar negeri lebih bonafide. abis nikah banyak yang offer job. ketimbang negeri sendiri, belum nikah minta sertifikasi dulu. cih..


Maksudnya cari alternatif gimana? Apa Nikah harus pergi ke luar negeri dulu?

Quote:Original Posted By j1a107202
jomblo..blm ad calon...
lah ..kan ane kerja...masa disuruh ikut pelatihan...ga ada waktu..


Selamat berjuang nyari pasangan gan, semoga dpt dan bisa cepet halal secara agama dan hukum ya.

Aturan baru itu gan, sertifikasi 3 bulan dulu pra nikah. Iya juga, gimana sama yg kerja nanti ya
Diubah oleh fiaperm
0 0
0
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!
13-12-2019 07:58
Quote:Original Posted By surya1258
wasting time
makin ribet aja hidup di indo emoticon-Bingung


Betul gan, kalo merhatiin peraturan dan kebijakan yg sekarang, kadang suka bingung

Quote:Original Posted By mivtah15
Kalo sudah ada calonnya sih langsung menilah gan wkwk.
Jangan lupa kunjungi destinasi wisata baturaden


Agan udah punya calonnya belum? Segeralah menikah kalo udah ada calon

Quote:Original Posted By parto.klepat
ribet lagi mau nikah tapi nggak ada calonnya


Wkwkwk itu rempong bukan ribet gan emoticon-Ngakak
0 0
0
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!
Lapor Hansip
13-12-2019 08:23
Balasan post ryunato
bikin di kitabisa (dot) com aja bre

Gw jamin bukan dapat sumbangan dana, malah dapat umpatan dari jomblo2 ngenes disana emoticon-Ngakak
profile-picture
fiaperm memberi reputasi
1 0
1
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!
13-12-2019 08:39
Kan baru rencana, jangan jangam juga ini cuma hoax masa sama sekali gak ada gembar gembornya hmm. Narasi Ts di thread bilang jokowi sudah mewajibkan tapi narasi di bagian akhir bilang ini masih rencana pemerintah kan jadi bingung
profile-picture
fiaperm memberi reputasi
1 0
1
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!
13-12-2019 09:10
Quote:Original Posted By fiaperm




Cie yg LDRan. Betul. Program ini kabarnya udah ada sejak tahun 2017, tapi wacana peraturannya diwajibkan baru sekarang dan dimulai tahun depan.

Sama sama. Semoga bisa lekas menikah ya.


Heheuu aamiin dah
Masih mempersiapkan secara lahir batin san jiwa raga kak emoticon-Goyang
profile-picture
fiaperm memberi reputasi
1 0
1
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!
13-12-2019 09:11
Quote:Original Posted By rendyprasetyyo
Kan baru rencana, jangan jangam juga ini cuma hoax masa sama sekali gak ada gembar gembornya hmm. Narasi Ts di thread bilang jokowi sudah mewajibkan tapi narasi di bagian akhir bilang ini masih rencana pemerintah kan jadi bingung


Ini sedang rencana kak..tapi usulan dari pak Jokowi memang wajib mengikuti
Sebenernya sudah ada gembar gembor nya kok kak.. soalnya sudah diliput oleh banyak media
profile-picture
fiaperm memberi reputasi
1 0
1
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!
13-12-2019 09:17
Kabarnya, koruptor mau dihukum mati gan. Semoga mereka berpikir ulang sebelum bertindak



ane gk yakin bakal terealisasi emoticon-Ngakak
profile-picture
fiaperm memberi reputasi
1 0
1
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!
13-12-2019 11:55
Quote:Original Posted By mikir10rbx
Lu kira nikah segampang pesen gorengan?


Emang nggak gampang gan, ditambah lagi urus sertifikat layak nikah ini. Tapi, kalo udah niat ya sesulit apa pun bisa dilalui dan dilaksanakan.

Quote:Original Posted By yuniarkoa
Klo di agama nasrani udah dari dulu memang wajib hukumnya gan ngikutin kursus perkimpoian yang disebut MRT atau Membangun Rumah Tangga, jadi kayak ikutin seminar selama sabtu minggu full. Dalam seminar tersebut dibahas tentang mengatur keuangan RT, tentang kesehatan, tentang psikologi Rumah Tangga. Tujuan dari kursus ini ya menyiapkan calon pasangan pasutri lebih siap dalam berumah tangga.


Itu program wajib gan?

Quote:Original Posted By abk3304157
klo udah ada calonnya, langsung aja nikah emoticon-Kimpoi


Langsung halal dan sah emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By anfelix27
Orang katolik kayanya udah pake kuperper ya


Apa itu gan?
0 0
0
Lihat 2 balasan
Halaman 9 dari 16
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Wedding & Family
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia