News
Batal
KATEGORI
link has been copied
109
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5df1916988b3cb6372692a22/pemprov-dki-bongkar-trotoar-cikini-pengamat-perencanaan-tidak-matang
"Pembongkaran trotoar untuk perubahan posisi manhole dan ducting menunjukkan perencanaan dan pelaksanaannya tidak matang dan terjadi pemborosan anggaran rakyat," ujar Nirwono Yoga kepada detikcom, Kamis (12/12/2019).
Lapor Hansip
12-12-2019 08:01

Pemprov DKI Bongkar Trotoar Cikini, Pengamat: Perencanaan Tidak Matang

Past Hot Thread
Pemprov DKI Bongkar Trotoar Cikini, Pengamat: Perencanaan Tidak Matang

Isal Mawardi - detikNews

Kamis, 12 Des 2019 07:51 WIB

Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membongkar trotoar Cikini yang baru dibangun untuk mengubah posisi manhole. Pengamat tata kota Nirwono Yoga menilai perencanaan Pemprov DKI dalam membangun trotoar tidak matang.

"Pembongkaran trotoar untuk perubahan posisi manhole dan ducting menunjukkan perencanaan dan pelaksanaannya tidak matang dan terjadi pemborosan anggaran rakyat," ujar Nirwono Yoga kepada detikcom, Kamis (12/12/2019).

Pemprov DKI Bongkar Trotoar Cikini, Pengamat: Perencanaan Tidak Matang

Nirwono mengatakan pembongkaran trotoar tidak perlu terjadi jika perencanaan manhole dan ducting sudah lengkap dan detil. Ia menyarankan DPRD DKI untuk menegur keras Pemprov DKI karena dinilai menghambur-hamburkan duit rakyat.

"Gubernur DKI juga dituntut untuk lebih serius membenahi dinas terkait dan mengawasinya dengan lebih ketat, terjun ke lapangan," kata Nirwono.

 matang, kurang memperhitungkan faktor-faktor pendukung disitu baik faktor-faktor yang menguntungkan atau merugikan," tutur Amir.

Sebelumnya, Dinas Bina Marga DKI Jakarta menyatakan pembongkaran di lokasi trotoar Kawasan Cikini, Jakarta Pusat, yang baru dibangun karena ada perubahan posisi manhole dan ducting. Terpaksa, ada pembongkaran trotoar untuk membangun manhole di posisi pembongkaran dekat bioskop Metropole.

"Waktu menentukan titik awal itu, ducting, manhole yang awalnya itu memang tidak bisa diteruskan. Agak sulit untuk dibuat manhole terus pindah ke sana ke daerah situ. Saat pindah itu, itunya (trotoar) sudah dibuat jadi nanti sesudah dibuat dikembalikan lagi," ucap Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho kepada wartawan di gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (11/12/2019).

Gambar dan video trotoar di daerah Cikini, Jakarta Pusat, dibongkar beredar di media sosial (medsos). Disebutkan trotoar yang dibongkar adalah trotoar yang telah diperbarui.

Pembongkaran tersebut disorot akun Twitter Koalisi Pejalan Kaki, @trotoarian. Akun tersebut menyayangkan pembongkaran trotoar tersebut.

"Mau konfirmasi ke @BinaMargaDKI , ini kenapa trotoar baru, yg guiding block-?ya masih diplastikin udah dibongkar lagi? Kenapa pembangunan ductingnya tidak didahulukan? Perencanaannya bagaimana? Jadi mubazir kan," demikian cuit @trotoarian seperti dilihat detikcom.

Pantauan detikcom, tampak trotoar yang sudah dibongkar tersebut sudah dirapikan. Tak ada tanah yang berceceran hingga ke jalan. Hanya, trotoar tersebut belum benar-benar rapi. Bekas trotoar yang dibongkar untuk manhole itu hanya ditutup seng, guiding block pun tampak ikut dibongkar. Selain itu, terlihat juga beberapa puing-puing yang dipinggirkan di atas trotoar. Di titik lain, tampak guiding block masih terpasang plastik yang kemungkinan belum dilepas karena baru saja dipasang. Ada juga plastik yang sudah terkelupas di guiding block lainnya.

detikcom menelusuri sisi kiri Jalan Pangeran Diponegoro dari Metropole menuju RS Cipto Mangunkusumo. Di sepanjang jalan, ditemukan sekitar 12 manhole. Di trotoar sisi lainnya juga ada pengerjaan manhole.

https://m.detik.com/news/berita/d-48...tidak-matang/2

Emang luar biasa jekardah dibawah wan aibon...buang duit rakyat gampang banget ... pokoknya buang anggaran sebanyak2nya agar terserap 100persen...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 21 lainnya memberi reputasi
18
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 6
Pemprov DKI Bongkar Trotoar Cikini, Pengamat: Perencanaan Tidak Matang
12-12-2019 13:51
Asuuuudahlaaaah,....

emoticon-Ngakak
0 0
0
Pemprov DKI Bongkar Trotoar Cikini, Pengamat: Perencanaan Tidak Matang
12-12-2019 13:55
Wan abud ga peduli semua ini. menurut dia kritik itu karena kerjanya bagus ..
Jangan ngomongin trotoar dirombak stlh rapi , nyatanya ane dah dapat penghargaan anti korupsi.
Tolol
0 0
0
Pemprov DKI Bongkar Trotoar Cikini, Pengamat: Perencanaan Tidak Matang
12-12-2019 13:56
makanya israel kagak mau berdanpingan dgn bangsa ras genetik arab
karena emg udah proven goblok nya emoticon-Ngakak
0 0
0
Pemprov DKI Bongkar Trotoar Cikini, Pengamat: Perencanaan Tidak Matang
12-12-2019 13:56
ini yg namanya menyerap anggaran dengan optimal emoticon-Malu (S)
0 0
0
Pemprov DKI Bongkar Trotoar Cikini, Pengamat: Perencanaan Tidak Matang
12-12-2019 13:57
Pasang = duit
Bongkar = duit
Pasang lagi = duit lagi
Bongkar lagi = duit lag

Terus gitu ampe 2022 emoticon-Big Grin
profile-picture
cipokan.yuk memberi reputasi
1 0
1
Pemprov DKI Bongkar Trotoar Cikini, Pengamat: Perencanaan Tidak Matang
12-12-2019 14:05
untuk ormas ada gak sih??
0 0
0
Pemprov DKI Bongkar Trotoar Cikini, Pengamat: Perencanaan Tidak Matang
12-12-2019 14:23
seloww.... taun depan trotoarnya di renop. dilebarin 1/2 meter lagi.... emoticon-Ngacir
0 0
0
Pemprov DKI Bongkar Trotoar Cikini, Pengamat: Perencanaan Tidak Matang
12-12-2019 14:26
Resek amat sih lu pada, warga jekardah aja bahagia sama aibon emoticon-Smilie

Pemprov DKI Bongkar Trotoar Cikini, Pengamat: Perencanaan Tidak Matang
profile-picture
profile-picture
cipokan.yuk dan itkgid memberi reputasi
2 0
2
Pemprov DKI Bongkar Trotoar Cikini, Pengamat: Perencanaan Tidak Matang
12-12-2019 14:27
uda bosen denger berita kritikan..

msaih nunggu berita anus diberhentikan/dipecat emoticon-Traveller
0 0
0
Pemprov DKI Bongkar Trotoar Cikini, Pengamat: Perencanaan Tidak Matang
12-12-2019 14:32
Huebaatnya gabener satu ini... Selamat berbahagia warga DKI emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0 0
0
Pemprov DKI Bongkar Trotoar Cikini, Pengamat: Perencanaan Tidak Matang
12-12-2019 14:50
cikini ke gondangdia
dki jadi begini gara gara dia emoticon-Traveller
0 0
0
Pemprov DKI Bongkar Trotoar Cikini, Pengamat: Perencanaan Tidak Matang
12-12-2019 14:51
yang penting uang APBD cair & bagi-bagi rezeki kalo uangnya masih kurang tinggal bongkar lagi trotoar di daerah lain

0 0
0
Pemprov DKI Bongkar Trotoar Cikini, Pengamat: Perencanaan Tidak Matang
12-12-2019 14:52
mang sengaja kagak dibikin rencana yg mateng biar kagak gosong.
0 0
0
Pemprov DKI Bongkar Trotoar Cikini, Pengamat: Perencanaan Tidak Matang
12-12-2019 14:54
Dan warga jakarta cuma bisa mengeluh dada tanpa bisa berbuat apa apa emoticon-Leh Uga
0 0
0
Pemprov DKI Bongkar Trotoar Cikini, Pengamat: Perencanaan Tidak Matang
12-12-2019 14:57
Quote:Original Posted By firewallshop
jadi mirip timteng
Pemprov DKI Bongkar Trotoar Cikini, Pengamat: Perencanaan Tidak Matang


Kan emang wan jembud fengen menaturalisasi biar mirip ama yang di ono ganemoticon-Ngakak
0 0
0
Pemprov DKI Bongkar Trotoar Cikini, Pengamat: Perencanaan Tidak Matang
12-12-2019 15:10
Quote:Original Posted By 37sanchi
Pemprov DKI Bongkar Trotoar Cikini, Pengamat: Perencanaan Tidak Matang


emoticon-2 Jempol
0 0
0
Pemprov DKI Bongkar Trotoar Cikini, Pengamat: Perencanaan Tidak Matang
12-12-2019 15:11
Quote:Original Posted By keenandra2910
Pemprov DKI Bongkar Trotoar Cikini, Pengamat: Perencanaan Tidak Matang

Yth Pengamat :

Perencanaan sih untuk ngga usah ditanya kalau institusi gede2....bejibun orang pinter IQ tinggi yang nongkrong disana, kurang seberapa banyak jasa konsultan top yang pernah berseliweran disana....! emoticon-Traveller

Yah akhirnya kan ujungnya : nyali untuk eksekusi rencana dan integritas saja yang bisa membedakannya.

Makanya Saya berterimakasih buat orang2 yang pernah mengeksekusi rencana 7 turunan jadi kenyataan di NKRI ini misal : Proyek MRT! emoticon-I Love Indonesia (S)

Salam Hormat untuk Pengamat. emoticon-thumbsup
0 0
0
Pemprov DKI Bongkar Trotoar Cikini, Pengamat: Perencanaan Tidak Matang
12-12-2019 15:11
Penyerapan anggaran paham ga lu !! emoticon-Ngakak
0 0
0
Pemprov DKI Bongkar Trotoar Cikini, Pengamat: Perencanaan Tidak Matang
12-12-2019 15:13
Jadi inget trotoar sudirman
Uda dibuat, dibongkar lagi hanya untuk ganti design
emoticon-Ngakak
0 0
0
Pemprov DKI Bongkar Trotoar Cikini, Pengamat: Perencanaan Tidak Matang
12-12-2019 15:14
M a c e t
euuyyyy
emoticon-Leh Uga
0 0
0
Halaman 5 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia