• Beranda
  • ...
  • Fashion
  • Perang Sepatu, Permusuhan Dua Saudara Yang Menemukan Adidas dan Puma

ashibnuAvatar border
TS
ashibnu
Perang Sepatu, Permusuhan Dua Saudara Yang Menemukan Adidas dan Puma

Puma dan Adidas adalah dua perusahaan yang sangat sukses. Seseorang yang tidak mengetahui merek-merek ini agak sulit dipercaya karena merek tersebut bisa ditemukan di pakaian selebritas dan kaki pemain olahraga profesional. Tetapi hanya sedikit yang menyadari bahwa pencipta Puma dan Adidas memiliki hubungan yang rahasia antara satu sama lain. Mereka sebenarnya masih saudaraan, Adolf dan Rudolf Dassler permusuhan mereka dibawa sampai ke liang lahat.


Adidas dan Puma adalah permusuhan terbesar di industri sepatu olahraga. Tapi jarang yang mengetahui siapa dibalik apparel terkenal itu. Adolf dan Rudolf Dassler tumbuh dalam keluarga yang miskin di Jerman. Ayah mereka bekerja di pabrik sepatu dan ibunya menjalankan usaha binatu. Keluarga menjual sandal buatan sendiri agar bisa menghidangkan makanan di atas meja.


Pada tahun 1920, kedua saudara itu mendirikan Perusahaan Sepatu Olahraga Dassler Brother di kota kecil Herzogenaurach. Adolf Dassler adalah pengrajin yang merancang dan membuat sepatu. Dan kakaknya, Rudolf, adalah seorang yang piawai dalam hal penjualan. Terlepas dari kenyataan bahwa kedua bersaudara itu adalah anggota dari partai Nazi yang tidak taat. Mereka berhasil meyakinkan atlet olimpiade Jesse Owens yang legendaris untuk mengenakan sepatu mereka. Dalam Olimpiade 1936, Owens berhasil memenangkan empat medali emas.

Kemenangan Owens memberikan sepatu Dassler bersaudara unjuk gigi di dunia internasional. Tetapi semua kesuksesan itu tidak baik untuk hubungan mereka. Ada banyak spekulasi tentang apa yang menyebabkan kedua saudara itu berseteru. Ada yang bilang karena masalah pencurian, perselingkuhan dan dendam.


Dan setelah Perang Dunia II berakhir, dua saudara itu akhirnya membagi perusahaan mereka menjadi dua. Adolf menamai pabriknya Adidas, kependekan dari Adi Dassler. Rudolf mencoba hal yang sama dengan menamai perusahaannya Ruda, Rudolf Dassler. Tetapi mengubahnya menjadi Puma agar terdengar lebih atletis.

Itu adalah perseteruan keluarga yang tidak menyenangkan yang tidak hanya mengadu domba dua saudara. Tetapi juga memisahkan orang-orang di kota mereka menjadi dua kubu yang berseberangan selama 60 tahun. Perpecahan antara dua saudara Dassler di kota Herzogenaurach seperti bangunan Tembok Berlin yang memisahkan ibukota Jerman.


Sebagian besar warga Herzogenaurach dipekerjakan oleh salah satu saudara Dassler. Jika Anda bekerja untuk satu perusahaan, Anda tidak akan bersosialisasi dengan karyawan lain. Herzogenaurach kemudian dikenal sebagai kota dengan leher bengkok. Karena orang pertama-tama akan melihat alas kaki seseorang dan kemudian menyapa atau mengabaikannya. Dua saudara Dassler juga saling tuntut berkali-kali selama bertahun-tahun. Berspekulasi tentang segala macam masalah desain dan merek dagang.


Adi dan Rudi keduanya meninggal pada tahun 1970. Mereka berdua dimakamkan di pekuburan yang sama tetapi diberi jarak sejauh mungkin dari satu sama lain. Keduanya tidak pernah berdamai. Dari segi bisnis, Adi yang menang. Di Herzogenaurach bahkan ada patung untuk menghormatinya.


Sejauh ini Adidas adalah perusahaan terbesar, mempekerjakan 39.000 dibandingkan dengan Puma 9.000. Tapi sifat persaingan Adi dan Rudi telah memberikan semangat saing dari kedua perusahaan itu. Hubungan benar-benar tidak membaik antara kedua perusahaan sampai tanggal 21 September 2009. Ketika mereka mengatur pertandingan sepak bola antara pekerja dari kedua pabrik. Itu memulai proses penyembuhan sejak puluhan tahun permusuhan. Dan era baru perdamaian dan sepatu dimulai.


KOLEKSI THREAD MENARIK

Quote:

Diubah oleh ashibnu 10-12-2019 06:31
fachri15
v3ah1307
bimapambudhi
bimapambudhi dan 25 lainnya memberi reputasi
26
16.5K
77
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Fashion
Fashion
icon
16KThread4.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.