News
Batal
KATEGORI
link has been copied
131
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5df19ba509b5ca5aa33a7a22/ujian-nasional-dihapus-mulai-2021-penggantinya-digelar-untuk-kelas-4-8-11
"Yang tadinya di akhir jenjang, kita akan ubah itu di tengah jenjang," kata Nadiem di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (11/12/2019). Ujian itu akan dilakukan di tengah jenjang, misalnya saat kelas 4 SD dan bukan kelas 6 SD, kelas 8 SMP dan bukan kelas 9 SMP, juga kelas 11 SMA bukan kelas 12 SMA.
Lapor Hansip
12-12-2019 08:45

Ujian Nasional Dihapus Mulai 2021, Penggantinya Digelar untuk Kelas 4-8-11

Past Hot Thread
Ujian Nasional Dihapus Mulai 2021, Penggantinya Digelar untuk Kelas 4-8-11

Menteri Pendidikan Nadiem Makarim bakal menerapkan asesmen kompetensi minimum dan survei karakter sebagai pengganti ujian nasional (UN). Ujian itu akan digelar bukan di ujung jenjang sekolah seperti UN selama ini, melainkan di tengah jenjang.

"Yang tadinya di akhir jenjang, kita akan ubah itu di tengah jenjang," kata Nadiem di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (11/12/2019).


Ujian itu akan dilakukan di tengah jenjang, misalnya saat kelas 4 SD dan bukan kelas 6 SD, kelas 8 SMP dan bukan kelas 9 SMP, juga kelas 11 SMA bukan kelas 12 SMA.

Alasannya, pertama, ujian di tengah jenjang memungkinkan pihak pendidik punya waktu untuk memperbaiki kualitas siswa sebelum lulus dalam suatu jenjang, entah itu lulus SD, lulus SMP, atau lulus SMA. Perbaikan berdasarkan hasil asesmen dan survei tak akan bisa dilakukan bila hasilnya baru diketahui di akhir jenjang pendidikan.

"Alasan pertama adalah, kalau dilakukan di tengah jenjang ini memberikan waktu untuk sekolah dan guru-guru melakukan perbaikan sebelum anak itu lulus jenjang itu," tutur Nadiem.

Hasil dari ujian itu bakal menunjukkan kepada guru-guru, siswa mana saja yang membutuhkan bantuan ekstra supaya kualitasnya bisa sesuai target. Alasan kedua, asesmen di tengah jenjang diterapkan agar tak ada lagi ujian akhir yang menjadi beban siswa dan orang tua.

"Karena dilakukan di tengah jenjang, ini tidak bisa digunakan untuk sebagai alat seleksi untuk siswa-siswi kita, dan tidak lagi menimbulkan stres di orang tua dan anak-anak. Karena, ini adalah formatif, artinya, berguna bagi sekolah, berguna bagi guru untuk kemudian memperbaiki dirinya," kata Nadiem.



Asesemen kompetensi minimum dan survei karakter akan dilakukan dengan bantuan organisasi dalam negeri dan luar negeri, termasuk Organisasi Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) dan Bank Dunia (World Bank). Tujuan kerjasama dengan lembaga transnasional itu agar kualitas siswa-siswi Indonesia bisa setara dengan kualitas internasional.

"Agar kualitasnya setara dengan kualitas internasional tapi juga penuh dengan kearifan lokal kita ya. Jadi ini kita gotong-royong untuk menciptakan asesmen kompetensi yang lebih baik," kata dia.

Nadiem juga menjelaskan, kebijakan ini mengacu pada Program Penilaian Pelajar Internasional (PISA), salah satu program OECD, juga Tren dalam Studi Matematika dan Sains Internasional (TIMSS).

"Arah kebijakan ini juga mengacu pada praktik baik pada level internasional seperti PISA dan TIMSS," kata Nadiem.



Semoga Kedepan Pendidikan bangsa Indonesia Bisa Lebih Majuu

emoticon-Inggrisemoticon-Cendol Ganemoticon-excitedemoticon-Perancisemoticon-Rusiaemoticon-Spanyolemoticon-Argentinaemoticon-Belgiaemoticon-Gregetanemoticon-Inggrisemoticon-Kalahemoticon-Xabiemoticon-Uruguayemoticon-Swissemoticon-Kolombiaemoticon-Kroasia

Sumber news.detik.com

profile-picture
profile-picture
profile-picture
tegartsaputra dan 24 lainnya memberi reputasi
25
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Ujian Nasional Dihapus Mulai 2021, Penggantinya Digelar untuk Kelas 4-8-11
12-12-2019 10:31
pertamax gk nih

===============================

EDITED:

yang penting pertamax bray
Diubah oleh r1pper
profile-picture
profile-picture
profile-picture
achmad526 dan 7 lainnya memberi reputasi
0 8
-8
Ujian Nasional Dihapus Mulai 2021, Penggantinya Digelar untuk Kelas 4-8-11
12-12-2019 10:32

#26,937

Jadi 2021, kelas 6-9-12 bagaimana mengakhiri masa pendidikan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
powerpunk dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 3 balasan
Ujian Nasional Dihapus Mulai 2021, Penggantinya Digelar untuk Kelas 4-8-11
12-12-2019 10:33
Suka-suka pak menteri lah. Kalau menurut ente itu yang terbaik, silahkan saja. Kan yang jadi taruhan CUMA generasi penerus nanti mau kek gimana. Kalau kalah bersaing di dunia kerja bisa ditarik jadi driver ojol atau atlet e-sport. emoticon-Hammer (S)
Diubah oleh gigantae
profile-picture
profile-picture
profile-picture
achmad526 dan 10 lainnya memberi reputasi
10 1
9
Ujian Nasional Dihapus Mulai 2021, Penggantinya Digelar untuk Kelas 4-8-11
12-12-2019 10:34
semoga pendidikan indonesia makin lebih baik dan bermutu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Ujian Nasional Dihapus Mulai 2021, Penggantinya Digelar untuk Kelas 4-8-11
12-12-2019 10:36
masuk akal, jadi dimana kalo siswa ga lulus ujian, masih ada waktu setahun buat memperbaiki..
Tapi, yang diuji berarti cuma pelajaran selama 2 tahun pertama? ato nanti di ujung tahun ke 3 tetep ada ujian lagi?
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan h.ariel memberi reputasi
2 0
2
Ujian Nasional Dihapus Mulai 2021, Penggantinya Digelar untuk Kelas 4-8-11
12-12-2019 10:37
Wow.. Bagai mana yak, sekolah tanpa UN? Hmm
profile-picture
h.ariel memberi reputasi
1 0
1
Ujian Nasional Dihapus Mulai 2021, Penggantinya Digelar untuk Kelas 4-8-11
12-12-2019 10:37
Diubah oleh adhityayodha
0 0
0
Ujian Nasional Dihapus Mulai 2021, Penggantinya Digelar untuk Kelas 4-8-11
12-12-2019 10:38
Semoga lulusan ke depannya gak ada yg jadi supir ojol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makeiteasy69 dan 3 lainnya memberi reputasi
1 3
-2
Lihat 2 balasan
Ujian Nasional Dihapus Mulai 2021, Penggantinya Digelar untuk Kelas 4-8-11
12-12-2019 10:38
bagus supaya kualitas lulusan SMU bermutu gak cuman lulus terus berujung narik gojek
profile-picture
makeiteasy69 memberi reputasi
1 0
1
Ujian Nasional Dihapus Mulai 2021, Penggantinya Digelar untuk Kelas 4-8-11
12-12-2019 10:40
Quote:Original Posted By adhityayodha
Masih krg paham emoticon-Bingung
Mudah2an smakin baik aja lah emoticon-I Love Indonesia


Klo kurang faham sekolah lg lah.. biar pinter dikit emoticon-Big Grin

















Gw kurang paham jg kok bree emoticon-Malu
0 0
0
Ujian Nasional Dihapus Mulai 2021, Penggantinya Digelar untuk Kelas 4-8-11
12-12-2019 10:44
Dicoba dulu mas menteri
0 0
0
Ujian Nasional Dihapus Mulai 2021, Penggantinya Digelar untuk Kelas 4-8-11
12-12-2019 10:45
Sip lah emoticon-Malu
Ujian Nasional Dihapus Mulai 2021, Penggantinya Digelar untuk Kelas 4-8-11
Diubah oleh MirrorBoy
profile-picture
Mandalorian memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Ujian Nasional Dihapus Mulai 2021, Penggantinya Digelar untuk Kelas 4-8-11
12-12-2019 10:46
Lulusan tahun 2019 ke bawah


Ujian Nasional Dihapus Mulai 2021, Penggantinya Digelar untuk Kelas 4-8-11
Diubah oleh artwing
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Raaiiinnn dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ujian Nasional Dihapus Mulai 2021, Penggantinya Digelar untuk Kelas 4-8-11
12-12-2019 10:51
Kok,, keren yaa

emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

Selama ini kok yaa gak kepikiran..
Klo asessmen karakter dan pancasila nya bagus, dan lulus,,
Gakan ada lagi siswa yg goblok terpapar ideologi non pancasilais di kampus nanti

(Pengalaman pribadi emoticon-Hammer (S))

emoticon-Ngakak
profile-picture
Mandalorian memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Ujian Nasional Dihapus Mulai 2021, Penggantinya Digelar untuk Kelas 4-8-11
12-12-2019 10:52

#26,944

Quote:Original Posted By artwing
Lulusan tahun 2019 ke bawah


Ujian Nasional Dihapus Mulai 2021, Penggantinya Digelar untuk Kelas 4-8-11


2020 gan.
0 0
0
Ujian Nasional Dihapus Mulai 2021, Penggantinya Digelar untuk Kelas 4-8-11
12-12-2019 10:54
generasi skg di didik bukan untuk kerja jadi karyawan, tapi di didik untuk menciptakan lapangan pekerjaan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lqmnnhkm dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Ujian Nasional Dihapus Mulai 2021, Penggantinya Digelar untuk Kelas 4-8-11
12-12-2019 10:55
Nah,, dah keliatan secercah harapan dari dunia pendidikan kita..

Yang begini, biar ga ada lagi pendidikan mencetak orang2 pinter,,
dikasih beasiswa krn pinter,,
ampe kuliahin ke luar negeri..
tapi jdi pengkhianat negeri..

cem itu yg kabur ke oostrali itu emoticon-Wink

Bravo nadiem emoticon-thumbsup
profile-picture
profile-picture
Raaiiinnn dan Mandalorian memberi reputasi
1 1
0
Ujian Nasional Dihapus Mulai 2021, Penggantinya Digelar untuk Kelas 4-8-11
12-12-2019 10:56
bagus dongemoticon-Belgia
semangat anak2 ga perlu ujian nasionalemoticon-Big Grin

kenapa nadiem belom ada pas ane sekolah ya?emoticon-Mewek
Diubah oleh MrJeffBezos
profile-picture
profile-picture
froctk994 dan Mandalorian memberi reputasi
2 0
2
Ujian Nasional Dihapus Mulai 2021, Penggantinya Digelar untuk Kelas 4-8-11
12-12-2019 10:57
Kok ane jadi pengen bakar ijazah sama SKHUN ane ya, perjuangan ane dulu jadi berasa gak berharga sama sekali. Lebih kasian lagi yg gak lulus gara2 UN, bahkan ada yg sampe bundir. Entah gimana reaksi mereka begitu tau UN bakal diapus utk angkatan mendatang.
profile-picture
profile-picture
Raaiiinnn dan ALdec memberi reputasi
2 0
2
Ujian Nasional Dihapus Mulai 2021, Penggantinya Digelar untuk Kelas 4-8-11
12-12-2019 10:58
Kalau diterapkan dr dulu mungkin ane gak usah susah payah mencari kunci jawaban buat UN

profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan i.macintosh memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia