Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
145
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5deefe4fa7276873e72f945c/tipu-tipu-berkedok-syariah-waspadalah
Riba memang banyak macamnya seperti Riba utang piutang dengan mengambil keuntungan dari suatu hutang, seperti riba qardh dan riba jahiliyah dimana banyak rentenir gaya modern yang meminjamkan uang dengan bunga tertentu.
Lapor Hansip
10-12-2019 09:09

Tipu-Tipu Berkedok Syariah, Waspadalah

Past Hot Thread
icon-verified-thread


Tipu-Tipu Berkedok Syariah, Waspadalah

Di negara mayoritas muslim tentu saja takut dengan yang namanya 'Riba' bukan rahasia lagi riba akan memgakibatkan kita terjerumus kepada perbuatan yang haram dan dilarang oleh ketentuan agama.

Riba memang banyak macamnya seperti Riba utang piutang dengan mengambil keuntungan dari suatu hutang, seperti riba qardh dan riba jahiliyah dimana banyak rentenir gaya modern yang meminjamkan uang dengan bunga tertentu. Bahkan pinjaman online sudah merambah ke sendi-sendi masyarakat modern saat ini, banyak dari mereka tergiur akan hal ini tentu saja kedua belah pihak sudah bertransaksi secara haram dan rata-rata mereka ini beragama Islam tapi sering sekali tutup mata dan telinga tentang hukum 'Riba'.

Tipu-Tipu Berkedok Syariah, Waspadalah

Yang sering terjadi adalah riba jual beli, seperti riba fadl dan riba nasi'ah. Misal kan seseorang ingin melakukan transaksi jual beli dengan harga yang tidak jelas, kedua belah pihak tidak ada penegasan masalah harga, hingga mereka pun berpisah dari tempat akad jual beli. Untuk masalah kredit, dinilai tidak riba kalau sudah disepakati masalah harga, jadi tidak ada bunga berjalan. Misal harga tunai 10 juta sedangkan harga kredit jangka 1 tahun menjadi 11,2 juta, namun harga tetap di beritahu jangan ketika selesai akad kredit yang harus dibayarkan tidak jelas sesuai keadaan bunga, ini yang dinamakan mengambil keuntungan yang di namakan Riba, kenapa tidak di bilang saja ambil keuntungan akad kredit alias bayar nyicil.

Tipu-Tipu Berkedok Syariah, Waspadalah

Mereka yang berdagang tanpa riba di zaman sekarang seperti sandang, papan dan pangan sebagai kebutuhan pokok akan mendapatkan profit yang sangat sedikit. Dan masyarakat pun senang bila ada pebisnis yang mendahulukan hukum syariah yang menguntungkan pembeli.

Tentu saja embel-embel syariah pun mulai banyak disajikan terutama oleh pengembang perumahan, hasilnya tanggapan positif bak gayung bersambut namun di akhir mereka yang takut dengan hukum Tuhan pun tertipu. Bayangkan tidak ada riba, tak perlu check pihak bank, bahkan tak ada bunga rendah hingga biaya kredit pun rendah. Dan hal itu akan menarik pembeli, namun alih-alih dapat rumah taunya tertipu puluhan juta.

Tipu-Tipu Berkedok Syariah, Waspadalah

Kedok-kedok bisnis syariah memang kerap muncul di tengah masyarakat yang sudah bosan dengan sistem perbankan yang mencekik leher dengan riba nya. Tapi lagi dan lagi masyarakat jadi korban, di masa akhir zaman banyak orang berkedok suci padahal hatinya adalah seorang dajjal.

Maka jangan heran kitab suci di hafal saat ini lebih banyak di pergunakan sebagai mencari rezeki, bukan penuntun ilmu, bukan untuk penunjuk jalan kehidupan tapi untuk memperdaya manusia untuk meraup keuntungan. Pakaian syariah terkadang menipu mata untuk itu berhati-hatilah tak selamanya buku bercover syariah adalah kebenaran, setidaknya gunakan akal dan hati yang diberi Tuhan untuk menganalisa mereka yang mengatasnamakan Tuhan untuk menipu.

Tipu-Tipu Berkedok Syariah, Waspadalah

Salam lur, saya c4punk see u next thread





emoticon-I Love Indonesia

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2019
referensi : klik dan klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Tipu-Tipu Berkedok Syariah, Waspadalah
Tipu-Tipu Berkedok Syariah, Waspadalah
Tipu-Tipu Berkedok Syariah, Waspadalah

GIF



Diubah oleh c4punk1950...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alifrian. dan 8 lainnya memberi reputasi
7
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 8
Tipu-Tipu Berkedok Syariah, Waspadalah
11-12-2019 19:58
Bisnis Syariah (meminjam istilahnya Beddu) musti Punya Sopan Santuy...

Jangan sampai Syar'i di awal...
emoticon-Angkat Beer
Tapi Bodong ditengah jalan...
0 0
0
Tipu-Tipu Berkedok Syariah, Waspadalah
11-12-2019 20:01
Tipu-Tipu Berkedok Syariah, Waspadalah

Zinahi ibu adalah yg paling ringan emoticon-Bingung serius
Agama macam apa ini
profile-picture
profile-picture
manbrotheking dan eggnostick memberi reputasi
2 0
2
Tipu-Tipu Berkedok Syariah, Waspadalah
Lapor Hansip
11-12-2019 20:05
Balasan post tidhy010709
Quote:Original Posted By tidhy010709
yupz intinya seh di akad, jd sama2 setuju dan nasabah tau nominal yg dikeluarkan. tpi klo secara keuangan seh sama, cma bedanya akad nya itu udh dksh tau nasabah bakal kluar duit brp, stuju apa ga.

kaya makan di pinggir jalan, kita sebagai konsumen klo udh tau harganya psti milih yg ssuai dgn kita, tpi beda hal nya klo kita makan tnpa blm tau harganya, pas tnya harga trnyata tinggi kan sering cekcok bahkan viral.

tpi secara keuangan mah sama aja perhitungannya bedanya cma kita tau apa ga dan stuju apa ga. soalnya prnh belajar perbankan syariah itu program2nya sbnrnya sama aja cuma yg membedakan itu td.

di islam sndri yg ane tau yaa secara ahli nya kaya sistem berdagang, sama2 tau, sama2 setuju


Di konven juga gtu kok

Nasabah tau total yg dikeluarin (klo mau ngitung)
Dan nasabah juga sepakat, kan ada agremeent yg harus dibaca (bkn dibilangin, tp bnyk org mls baca)
0 0
0
Tipu-Tipu Berkedok Syariah, Waspadalah
11-12-2019 20:09
Quote:Original Posted By jejakasedih
Tipu-Tipu Berkedok Syariah, Waspadalah

Ini meme sarkas atau seriyess ? emoticon-Ngakak


ngakak wkwkwkwkwkwkwk emoticon-Ngakak
0 0
0
Tipu-Tipu Berkedok Syariah, Waspadalah
11-12-2019 20:12
Quote:Original Posted By egag
hadeehhh...kacau dh emoticon-Cape d...

Tipu-Tipu Berkedok Syariah, Waspadalah


Bru nongol lo gag
0 0
0
Lihat 1 balasan
Tipu-Tipu Berkedok Syariah, Waspadalah
11-12-2019 20:12
Mau berkedok apapun tetap ane hati2 bre. Apalagi banyak rayuan gombalnya emoticon-Lempar Bata
0 0
0
Tipu-Tipu Berkedok Syariah, Waspadalah
11-12-2019 20:25
Quote:Original Posted By jejakasedih
Tipu-Tipu Berkedok Syariah, Waspadalah

Ini meme sarkas atau seriyess ? emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By manbrotheking
Apa bedanya ya bre?


Quote:Original Posted By defanasywaQ
Lah ini pic ane baru nemu tadi di pinteres gan .. Ehhh ada yg ngeshare dimarih .. Buat yg vaham bisa jelasin ga tuh ? Ko agak janggal yah


Quote:Original Posted By aceng.fani
Membingungkan


Quote:Original Posted By MirrorBoy
Kalo bunga kharom kalo profit khalal ya akhi emoticon-Maaf Agan


Quote:Original Posted By 3770372
Di konven juga gtu kok

Nasabah tau total yg dikeluarin (klo mau ngitung)
Dan nasabah juga sepakat, kan ada agremeent yg harus dibaca (bkn dibilangin, tp bnyk org mls baca)


Quote:Original Posted By KindaMen
ngakak wkwkwkwkwkwkwk emoticon-Ngakak


Syariah itu,

1. Sudah terjadi akad yang jelas, harga yang jelas dan pasti. Misal pada contoh sudah disepakati harga Rp. 11.200.000,- untuk diangsur selama 12 bulan. Jikapun di tengah jalan mau pelunasan dan dibayar sisa bulan cash harganya tetap Rp. 11.200.000,-.

2. Sebaliknya misal ternyata si pembeli baru mampu melunasi hutangnya pada bulan ke-15, maka harga yang dibayarkan juga masih tetap Rp. 11.200.000,- tidak boleh ditambah apalagi diistilahkan biaya administrasi dan denda, ini menjadi tidak diperbolehkan.
.
Kalau begitu, si penjual jadi rugi waktu dong? Iya, bisnis itu memang harus siap untung siap rugi. Tidak boleh kita pasti untung dan orang lain rugi.

Bgitu ceritanya....
Diubah oleh c4punk1950...
0 0
0
Lihat 2 balasan
Tipu-Tipu Berkedok Syariah, Waspadalah
11-12-2019 20:27
Quote:Original Posted By MirrorBoy
Tipu-Tipu Berkedok Syariah, Waspadalah


massa golongan mana neh yang gampang kena tipu-tipu?
emoticon-Wakaka
0 0
0
Tipu-Tipu Berkedok Syariah, Waspadalah
Lapor Hansip
11-12-2019 20:29
Balasan post c4punk1950...
Quote:Original Posted By c4punk1950...














Syariah itu,

1. Sudah terjadi akad yang jelas, harga yang jelas dan pasti. Misal pada contoh sudah disepakati harga Rp. 11.200.000,- untuk diangsur selama 12 bulan. Jikapun di tengah jalan mau pelunasan dan dibayar sisa bulan cash harganya tetap Rp. 11.200.000,-.

2. Sebaliknya misal ternyata si pembeli baru mampu melunasi hutangnya pada bulan ke-15, maka harga yang dibayarkan juga masih tetap Rp. 11.200.000,- tidak boleh ditambah apalagi diistilahkan biaya administrasi dan denda, ini menjadi tidak diperbolehkan.
.
Kalau begitu, si penjual jadi rugi waktu dong? Iya, bisnis itu memang harus siap untung siap rugi. Tidak boleh kita pasti untung dan orang lain rugi.

Bgitu ceritanya....


Skrg yg jadi pertanyaan adalah

Apakah praktiknya seperti itu?
Jika iya, apa harganya ga dinaikin lbh mahal dr konvensional untuk mengantisipasi hal ini emoticon-Big Grin
0 0
0
Tipu-Tipu Berkedok Syariah, Waspadalah
11-12-2019 20:30
semua sepertinya bisa dijual, hadeh
0 0
0
Tipu-Tipu Berkedok Syariah, Waspadalah
11-12-2019 20:31
Quote:Original Posted By c4punk1950...
Syariah itu,

1. Sudah terjadi akad yang jelas, harga yang jelas dan pasti. Misal pada contoh sudah disepakati harga Rp. 11.200.000,- untuk diangsur selama 12 bulan. Jikapun di tengah jalan mau pelunasan dan dibayar sisa bulan cash harganya tetap Rp. 11.200.000,-.

2. Sebaliknya misal ternyata si pembeli baru mampu melunasi hutangnya pada bulan ke-15, maka harga yang dibayarkan juga masih tetap Rp. 11.200.000,- tidak boleh ditambah apalagi diistilahkan biaya administrasi dan denda, ini menjadi tidak diperbolehkan.
.
Kalau begitu, si penjual jadi rugi waktu dong? Iya, bisnis itu memang harus siap untung siap rugi. Tidak boleh kita pasti untung dan orang lain rugi.

Bgitu ceritanya....


Asik nih kl gini..


Seandainya ada yg bisa melunasinya di tahun ke 3..
0 0
0
Tipu-Tipu Berkedok Syariah, Waspadalah
11-12-2019 20:36
Quote:Original Posted By jejakasedih
Tipu-Tipu Berkedok Syariah, Waspadalah

Ini meme sarkas atau seriyess ? emoticon-Ngakak


harga beli motor 10jt
dijual 11,2 jt
dicicil selama 1thn

bunga haram, profit halal

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
eggnostick dan manbrotheking memberi reputasi
2 0
2
Tipu-Tipu Berkedok Syariah, Waspadalah
11-12-2019 20:49
Selain kampoeng kurma apa lagi ya yang nipu nipu bersyariah? emoticon-Bingung
0 0
0
Tipu-Tipu Berkedok Syariah, Waspadalah
11-12-2019 20:49
Quote:Original Posted By primaharsa1620
harga beli motor 10jt
dijual 11,2 jt
dicicil selama 1thn

bunga haram, profit halal

emoticon-Leh Uga


Tinggalkan bunganya, ambil profitnya emoticon-Leh Uga
0 0
0
Tipu-Tipu Berkedok Syariah, Waspadalah
11-12-2019 20:58
Quote:Original Posted By 3770372
Skrg yg jadi pertanyaan adalah

Apakah praktiknya seperti itu?
Jika iya, apa harganya ga dinaikin lbh mahal dr konvensional untuk mengantisipasi hal ini emoticon-Big Grin


Ya intinya kalau harga kemahalan trgantung si pembeli... mau beli apa tidak yang penting harga dah dikasih tau bayar cash sekian bayar nyicil sekian 🤭🤭 telat bayar nyicil ga ada denda, ga sanggup bayar juga ya barang di lelang dijual misal laku 7 juta maka sisa pembayaran yg diambil misal 3 blan lgi 3 jt ambil 3 jt oleh penjual, sisa uang dikembalikan ke pembeli pertama 😁😁.

Jangan barang ditarik pembayaran sblumnya gugur, neken pembeli... yg jdi pertanyaan ada ga penjual yang mau kaya gitu, karena mereka menghitung inflasi uang kertas, bukan uang emas 😂😂

Quote:Original Posted By manbrotheking
Asik nih kl gini..


Seandainya ada yg bisa melunasinya di tahun ke 3..


Yg penting dah disepakati.. 😁😁
Diubah oleh c4punk1950...
0 0
0
Tipu-Tipu Berkedok Syariah, Waspadalah
11-12-2019 20:59
Quote:Original Posted By deriandroid18
Selain kampoeng kurma apa lagi ya yang nipu nipu bersyariah? emoticon-Bingung


Rumah syariah 😁😁😁
0 0
0
Tipu-Tipu Berkedok Syariah, Waspadalah
11-12-2019 21:01
Gpp lah yg penting bs auto-masuk syorga.
Diubah oleh cocacolabottle
profile-picture
manbrotheking memberi reputasi
1 0
1
Tipu-Tipu Berkedok Syariah, Waspadalah
11-12-2019 21:06
Quote:Original Posted By 3770372
Di konven juga gtu kok

Nasabah tau total yg dikeluarin (klo mau ngitung)
Dan nasabah juga sepakat, kan ada agremeent yg harus dibaca (bkn dibilangin, tp bnyk org mls baca)


Kalo konven pake suku bunga mengambang.. jadi siap siap aja dlm 3 tahun fix rate . Sesudahnya floating rate nah ini yng bikin gw gemes
0 0
0
Lihat 1 balasan
Tipu-Tipu Berkedok Syariah, Waspadalah
Lapor Hansip
11-12-2019 21:08
Balasan post awixcool
Quote:Original Posted By awixcool


Kalo konven pake suku bunga mengambang.. jadi siap siap aja dlm 3 tahun fix rate . Sesudahnya floating rate nah ini yng bikin gw gemes


Knp ambil lbh dr 3 thn?
Klo syariah ga ada batasnya kah?

Klo ane mau buka usaha dgn modal 200 jt
Apa klo bangkrut ane cmn jual smua asset trus ga kena denda?
0 0
0
Tipu-Tipu Berkedok Syariah, Waspadalah
11-12-2019 21:09
faktanya banyak orang ngaku muslim tapi kagak ngerti, apa yg menjadikan dia 'muslim'
0 0
0
Halaman 3 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia