• Beranda
  • ...
  • Games
  • Permainan Tradisional Yang Mengasikan, Salah Satunya Cublak-Cublak Suweng

trifatoyahAvatar border
TS
trifatoyah
Permainan Tradisional Yang Mengasikan, Salah Satunya Cublak-Cublak Suweng




Apa kabar Agan Sista semuanya, di sore yang cerah ceria ini semoga dalam keadaan sehat, cerdas, dan tidak lupa ceria bahagia untuk selamanya.

Bertemu kembali dengan Ane, penulis yang ingin tetap Istiqamah menulis. Aamiin ya rabbal alamin. Kali ini Ane ingin bernostalgia dengan masa kecil Ane di mana pada masa itu, adalah masa-masa yang paling menyenangkan buat Ane dan teman-teman kecil Ane.

Masih terekam jelas diemori otak Ane tentang yang namanya permainan tradisional. Permainan yang nggak makan biaya, bener deh. Beda banget dengan anak-anak jaman sekarang yang permainannya harus menggunakan uang. Seperti main game itu harus pakai uang, game yang di HP mesti beli HP nya dulu, pakai apa? Lagi-lagi pakai uang. Game di Mall, apalagi ini. Buat beli koinnya aja sampai ratusan ribu, beda banget deh pokoknya.

Berikut permainan tradisional Ane jaman dulu

1. Cublak-Cublak Suweng

Ini adalah permainan Ane jaman dulu yang gratis tis. Namanya permainan cublak-cublak suweng. Di mana awalnya anak-anak hom pim pa dulu untuk menentukan siapa yang kena atau pasang, untuk membungkukkan badan, di mana tangan-tangan kecil yang lain menengadah menanti kerikil yang diletakkan di tangan itu, oleh salah seorang anak sambil bernyanyi.

Quote:


Nanti anak yang megang kerikil yang ditaruh di tangannya akan tersenyum, dan mudahlah ketebak. Akhirnya bergantian.



2. Congklak/Dakon

Dulu Ane suka banget dengan yang namanya permainan gundu, permainan yang dimainkan oleh dua anak ini bisa melatih motorik kasar anak, dengan menggenggam gundu, kalau jaman Ane dulu dari kerikil. Biasanya Ane main dengan adik Ane, ya jelas Ane yang menang lah.



3. Jamuran

Untuk permainan jamuran ini diikuti beberapa anak, permainannya seru banget, kadang ada yang sampai terkencing-kencing di celana karena kebanyakan tertawa. Permainan jamuran ini pura-pura jadi jamur sambil bernyanyi riang dalam lingkaran. Anak yang dalam lingkaran kemudian berpikir,
"Jamur durian!" serunya. Seketika lingkaran anak yang mengelilinginya saling melepaskan tangan berlarian mencari tempat, lantas jongkok sambil memeluk lutut.


Quote:







4. Ular Naga

Permainan ular naga ini sangat menyenangkan, karena diikuti oleh banyak anak, ada dua anak kecil yang tangannya disatukan kemudian diangkat ke atas, teman-teman yang lain berjalan seperti gerbang kereta, sambil bernyanyi ular naga, begitu lagu selesai maka tertangkaplah sang mangsa.

Quote:






5. Petak Umpet

Permainan tradisional yang namanya petak umpet, bisa bikin anak yang kalah, nggak nemuin temannya nangis, beneran Gan, dulu Ane pernah main petak umpet, eh ada yang ngumpetnya sampai nggak ketemu, maka menangislah yang jadi atau yang pasang, gimana nggak nangis kalau teman-temannya pada nyanyi gini gan

Quote:


Kalau nyanyian yang terakhir ini jangan ditiru ya Gan Sist, kasihan anaknya bisa nangis. Ada juga yang bikin dada berdebar-debar, yang pasang atau tunggu bebas semaunya yang paling depan, mau yang nomor berapa tinggal disebut. Wah ngomongin permainan tradisional nggak ada habisnya, banyak banget Gan Sist. Yang tradisional emang Oke!

sumber opini pribadi
Diubah oleh trifatoyah 16-07-2019 13:51
tsatsa05
ElviHusna
swiitdebby
swiitdebby dan 16 lainnya memberi reputasi
17
3.2K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
Games
icon
38.8KThread15.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.