Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
112
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5deeb46ec342bb4e1c76ec53/benarkah-tinggi-anak-menurun-dari-orangtua-simak-cara-memprediksi-dan-memaksimalkan
Apakah agan tahu kalau seorang anak itu menuruni tinggi badan dari orangtuanya? Peneliti mengungkapkan ada rumus matematis yang bisa digunakan untuk memprediksi tinggi badan anak di masa depan berdasarkan tinggi badan kedua orangtua. Apakah itu? Cekidot kuy!
Lapor Hansip
10-12-2019 03:54

Benarkah Tinggi Anak Menurun Dari Orangtua? Simak Cara Memprediksi dan Memaksimalkan!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Benarkah Tinggi Anak Menurun Dari Orangtua? Simak Cara Memprediksi dan Memaksimalkan!


Benarkah Tinggi Anak Menurun Dari Orangtua? Simak Cara Memprediksi dan Memaksimalkan!
Welcome to riwidy's thread


Hai gansist, apa kabar? Semoga sehat sejahtera, aamiin. Taukah agan sista betapa kita ingin anak-anak kita selalu mendapatkan yang terbaik? Yup, dari semua sisi kehidupan mereka, yaitu kebahagiaan sampai kesehatannya.


Betapa bahagianya kita sebagai orangtua meyaksikan anak-anak tumbuh sehat dan kuat. Betul kan? Salah satu indikasi mereka sehat gansist, adalah tinggi badannya yang proporsional dengan berat badannya dan yang tak kalah penting adalah bertumbuh wajar sesuai usianya. Super.

Apakah agan tahu kalau seorang anak itu menuruni tinggi badan dari orangtuanya? Tentu tahu ya, walau mungkin tidak yakin hehehe. Kebanyakan jika orangtuanya tinggi, anakpun juga mengikuti tinggi juga, tapi itu bukan ketentuan yang pasti. Banyak faktor penunjang juga penghalang.


Tapi apakah gansist juga tahu bahwa tinggi badan anak itu bisa kita perkirakan berdasarkan tinggi badan orangtuanya? Nah sama deh kalau baru tahu seperti ane hehehe.

Peneliti mengungkapkan ada rumus matematis yang bisa digunakan untuk memprediksi tinggi badan anak di masa depan berdasarkan tinggi badan kedua orangtua. Apakah itu? Cekidot kuy!



A. Menurut American Academy of Family Physicians, metode ini memberikan "tinggi anak dewasa yang diproyeksikan berdasarkan ketinggian orang tua."

Quote:Cara menghitung tinggi badan anak dalam satuan sentimeter:

Anak laki-laki: [Tinggi ayah dalam cm + (tinggi ibu dalam cm + 13 cm)] / 2

Anak perempuan: [(Tinggi ayah dalam cm - 13 cm) + Tinggi ibu dalam cm] / 2

Jika menghitung tinggi badan anak dalam satuan inci:

Anak laki-laki: [(Tinggi ibu + tinggi Ayah) / 2] + 2,5 inci

Anak perempuan: [(Tinggi ibu + tinggi Ayah) / 2] - 2,5 inci

Sebagai catatan, metode hitung seperti ini dapat memiliki margin kesalahan sebesar 4 inci atau 10,1 sentimeter.


Cara lain menghitung tinggi anak kelak, cekidot :

Quote:Rumus 1

1. Tambahkan tinggi kedua orang tua. Anda bisa menggunakan satuan inci atau cm.

2. Setelah dijumlahkan, bagi angka tersebut dengan 2.

3. Lalu, tambahkan 2,5 inci (jika menggunakan satuan inci) atau tambahkan 6,5 cm (jika menggunakan satuan cm).

4. Angka yang didapatkan adalah tinggi midparental (pertengahan tinggi) untuk anak.

5. Tinggi anak yang sebenarnya adalah kurang lebih 4 inci atau kurang lebih 10 cm. Itu adalah kisaran tinggi anak Anda.

Contoh:

Misalnya, tinggi badan suami 170 cm dan tinggi badan Anda 165 cm. Keduanya dijumlahkan menjadi 335 cm, lalu dibagi 2 menghasilkan 167,5 cm. Angka ini kemudian ditambahkan 6,5 cm menjadi 174 cm. Angka 174 adalah angka pertengahan perkiraan tinggi anak.

Sedangkan kisaran tinggi anak sebenarnya adalah 174 cm dijumlahkan atau dikurangi 10 cm, sehingga perkiraan tinggi anak adalah 164-184 cm.


Rumus 2

Cara lain untuk memperkirakan tinggi badan Si Kecil ketika dewasa adalah dengan menggandakan tinggi badannya ketika berusia 2 tahun. Misalnya, tinggi Si Kecil saat berumur 2 tahun adalah 85 cm, maka perkiraan tinggi badannya kelak adalah 170 cm.




Nah lumayan banget gan, sist, ya nggak? Kenapa enggak dicoba.Setidaknya kita akan tahu jika pertumbuhan anak kita terganggu jadi bisa diusahakan pemecahannya

Oke, itu apabila semua berjalan lancar ya, kadangkala anak juga tidak bisa atau tidak maksimal dalam menuruni tinggi orangtuanya, mengapa?


Benarkah Tinggi Anak Menurun Dari Orangtua? Simak Cara Memprediksi dan Memaksimalkan!

B. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan anak kita, antara lain :

1. Faktor Keturunan atau Genetika
Faktor genetik menentukan sekitar 80% dari tinggi anak ketika dewasa nanti. Noted ya.

2. Faktor Kesehatan dan Gizi
Kesehatan dan gizi yang baik jadi faktor penunjang baiknya tumbuh kembang anak kita.

3. Faktor Tingkat Hormon
Ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan gangguan pada pertumbuhan badan, bisa terlalu tinggi atau sebaliknya.

4. Faktor Penyakit dan Masalah Bawaan
Ada beberapa penyakit yang memyebabkan pertumbuhan anak terhambat misalnya rakhitis.

5. Faktor Obat-obatan yang Dikonsumsi
Itulah perlunya konsultasi obat-obatan yang dikonsumsi karena ada kalanya dapat mengganggu pertumbuhan anak. Misalnya obat asma yang dipakai dalam jangka waktu lama.



C. Tips Mendapatkan Tinggi Badan Ideal

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan tinggi badan ideal:

1. Makan makanan bergizi seimbang setiap hari, terutama yang tinggi kalsium, fosfor, dan protein. Cukupi kebutuhan protein hewani (daging, ayam, ikan, aneka seafood ) dan protein nabati (tahu, tempe, kacang tanah, kacang hijau, kacang polong).

2. Berolahraga secara teratur, terutama olahraga yang merangsang tulang untuk tumbuh lebih panjang. Olahraga yang dianjurkan adalah olahraga yang memberikan beban pada kaki, misalnya atletik, lompat tali, joging, basket, badminton, renang, atau olahraga yang sejenis. Dengan melakukan olahraga ini, tulang akan dirangsang untuk tumbuh lebih karena hentakan berat badan kita. Sip ya!

3. Istirahat yang cukup minimal 8 jam sehari serta banyak minum air putih dan susu agar badan tetap bugar dan dapat tumbuh secara optimal.

Itulah agan dan sista thread parenting ane kali ini, semoga lain waktu bisa membahas hal-hal penting lainnya.

Sampai jumpa lagi!





UPDATE GAN!
Perhatikan gambar berikut gansist , makasih buat agan yang kirim kemari ya. emoticon-Shakehand2
Stunting





Ngawi, 10 Desember 2019




Sumber Tulisan : Opini pribadi dan Riset klik 1 klik2
Sumber Gambar : www.motherandbaby.co.id
cloudfront.net
Diubah oleh riwidy
profile-picture
profile-picture
profile-picture
khodijahsiti92 dan 24 lainnya memberi reputasi
25
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 6
Benarkah Tinggi Anak Menurun Dari Orangtua? Simak Cara Memprediksi dan Memaksimalkan!
10-12-2019 07:51
anak kdg ga mau makan, klo mau ya dkit. itupun seringya makanan favorit doang.... galau di emaknya
profile-picture
riwidy memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Tinggi Anak Menurun Dari Orangtua? Simak Cara Memprediksi dan Memaksimalkan!
10-12-2019 07:52
Quote:Original Posted By betiatina
anak kdg ga mau makan, klo mau ya dkit. itupun seringya makanan favorit doang.... galau di emaknya


Suruh minum scott emulsion sis *sorrybukaniklan
profile-picture
riwidy memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Tinggi Anak Menurun Dari Orangtua? Simak Cara Memprediksi dan Memaksimalkan!
10-12-2019 08:25
klo laki2 tinggi bagus ya,
profile-picture
riwidy memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Tinggi Anak Menurun Dari Orangtua? Simak Cara Memprediksi dan Memaksimalkan!
10-12-2019 10:29
mantab, ane baru punya debay emoticon-Cool
profile-picture
riwidy memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Tinggi Anak Menurun Dari Orangtua? Simak Cara Memprediksi dan Memaksimalkan!
10-12-2019 10:48
Baru tau,
profile-picture
riwidy memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Tinggi Anak Menurun Dari Orangtua? Simak Cara Memprediksi dan Memaksimalkan!
10-12-2019 12:03
Auto ngitung ane jadinyaemoticon-Leh Uga
Penasaran sihemoticon-Jempol
profile-picture
riwidy memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Tinggi Anak Menurun Dari Orangtua? Simak Cara Memprediksi dan Memaksimalkan!
10-12-2019 12:07
Quote:Original Posted By seojoon
Suruh minum scott emulsion sis *sorrybukaniklan


Kayaknya ngga mempan, Gan. Ane waktu kecil selalu minum itu, tapi ngga tinggi jugaemoticon-Bingung
profile-picture
riwidy memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Tinggi Anak Menurun Dari Orangtua? Simak Cara Memprediksi dan Memaksimalkan!
10-12-2019 12:45
wahh, kalo ngikutin standar itu tinggi badan gw harusnya 165cm dong... padahal gw sekeluarga yg cowok tingginya 2 orang sama 170cm, yg bungsu tingginya 185cm...

salah nih rumusnya
profile-picture
riwidy memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Tinggi Anak Menurun Dari Orangtua? Simak Cara Memprediksi dan Memaksimalkan!
10-12-2019 12:51
Quote:Original Posted By syafetri


Kayaknya ngga mempan, Gan. Ane waktu kecil selalu minum itu, tapi ngga tinggi jugaemoticon-Bingung


Bukan utk tinggi sis.. untuk nafsu makan
Saran ane klo pngen tinggi, pada masa anak2 minum susu yg tinggi kalsium, misalnya susu danc*w, boneet* dsb
Ane di keluarga inti, gak ada yg tinggi.. Tp ane termasuk tinggi srndiri kira2 170 lebih pokoknya tp gak sampe 180..
Klo dari garis keturunan nenek dr pihak ibu tinggi sih
profile-picture
profile-picture
syafetri dan riwidy memberi reputasi
2 0
2
Benarkah Tinggi Anak Menurun Dari Orangtua? Simak Cara Memprediksi dan Memaksimalkan!
10-12-2019 12:53
Nais inpo gan..
Nanti klo anak ane udh agak gede bisa diterapin.. emoticon-thumbsup
profile-picture
riwidy memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Tinggi Anak Menurun Dari Orangtua? Simak Cara Memprediksi dan Memaksimalkan!
10-12-2019 14:13
tumbuh tuh kesamping bre bukan keatas eh eh emoticon-Bingung
profile-picture
riwidy memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Tinggi Anak Menurun Dari Orangtua? Simak Cara Memprediksi dan Memaksimalkan!
10-12-2019 14:22
Khusus ane gak sesuai nih. Bapak Ibu dan Kakek ane tinggi. Ane pendek kayak nenek ane.
profile-picture
riwidy memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Tinggi Anak Menurun Dari Orangtua? Simak Cara Memprediksi dan Memaksimalkan!
10-12-2019 14:36
bapak 165, ibu 150, tinggi ane 178, ngaco ah teorinya
profile-picture
profile-picture
riwidy dan arieokey memberi reputasi
2 0
2
Benarkah Tinggi Anak Menurun Dari Orangtua? Simak Cara Memprediksi dan Memaksimalkan!
10-12-2019 14:47
tergantung gizi selama pertumbuhan gan
profile-picture
riwidy memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Tinggi Anak Menurun Dari Orangtua? Simak Cara Memprediksi dan Memaksimalkan!
10-12-2019 14:58
yg jelas ane lebih tinggi dari babeh dah
profile-picture
riwidy memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Tinggi Anak Menurun Dari Orangtua? Simak Cara Memprediksi dan Memaksimalkan!
10-12-2019 15:24
Ane dari 9 tahun lalu gak ninggi2 lagi badan, kuntet aja terus kayak gini. Ane sampe bete sendiri sama badan ane sendiri.
profile-picture
riwidy memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Tinggi Anak Menurun Dari Orangtua? Simak Cara Memprediksi dan Memaksimalkan!
10-12-2019 16:10
waaaaa anak ane bakal ada yg pendek kya ane n ada yg tinggi kya suami ane nih
profile-picture
riwidy memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Tinggi Anak Menurun Dari Orangtua? Simak Cara Memprediksi dan Memaksimalkan!
10-12-2019 16:24
Quote:Original Posted By MrJeffBezos
untuk pemain NBA professional itu beda tingginya sis

ga selalu sama, ini dari gugel random people

Benarkah Tinggi Anak Menurun Dari Orangtua? Simak Cara Memprediksi dan Memaksimalkan!

ada juga yg sama

Benarkah Tinggi Anak Menurun Dari Orangtua? Simak Cara Memprediksi dan Memaksimalkan!


Beda pembahasan gan...pemain basket ya beda2 lah gan.
profile-picture
MrJeffBezos memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Tinggi Anak Menurun Dari Orangtua? Simak Cara Memprediksi dan Memaksimalkan!
10-12-2019 16:24
Quote:Original Posted By alunaziya
istilah sekarang stanting


Ohhh stanting? Artinya apa
profile-picture
alunaziya memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Benarkah Tinggi Anak Menurun Dari Orangtua? Simak Cara Memprediksi dan Memaksimalkan!
Lapor Hansip
10-12-2019 18:14
Balasan post riwidy
Ane lebih tinggi dari ortu ane,adik2 ane malah jauh lebih tinggi dari ortu,apakah tidak ada faktor lain seperti asupan gizi pada saat pertumbuhan??
Berarti ane gizi buruk dongemoticon-Hammeremoticon-Hammer
profile-picture
riwidy memberi reputasi
1 0
1
Halaman 2 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia