News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
217
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ddcbf4b88b3cb42b623676e/wow-ternyata-indonesia-tidak-dijajah-selama-350-tahun-oleh-belanda-kok-bisa
Sewaktu masih sekolah dasar dulu, kita pasti pernah yang namanya mempelajari Sejarah tentang bangsa kita sendiri, khususnya jaman penjajahan Belanda. Disana kita diajarkan bahwa "Indonesia dijajah selama 350 tahun oleh Belanda."
Lapor Hansip
26-11-2019 12:59

Wow!! Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda. Kok Bisa?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Wow!! Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda. Kok Bisa?
Sewaktu masih sekolah dasar dulu, kita pasti pernah yang namanya mempelajari Sejarah tentang bangsa kita sendiri, khususnya jaman penjajahan Belanda. Disana kita diajarkan bahwa "Indonesia dijajah selama 350 tahun oleh Belanda."

Informasi sejarah tersebut pun tertanam di otak kita hingga saat ini, dan dengan mudahnya kita meyakini kebenaran dari informasi sejarah yang disampaikan oleh guru. Tanpa pernah mengulik kembali kebenaran dari sejarah tersebut.

Sekarang cobalah mencerna kembali antara ilmu sejarah yang pernah guru sampaikan ketika masih sekolah dasar, dengan fakta sejarah yang akan gw sampaikan berikut ini. Cobalah membandingkan, sejarah mana yang lebih masuk akal.

Wow!! Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda. Kok Bisa?

1. Kedatangan Belanda Pertamakali Ke Nusantara

Quote:Wow!! Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda. Kok Bisa?


Menurut sejarah, Cornelis de Houtman merupakan orang Belanda pertama yang menjejakkan kakinya ditanah 'Banten' pada tanggal 27 Juni 1596.

Kedatangannya di Nusantara ini pada masa tersebut adalah sebagai "penjelajah", bukan sebagai "penjajah".


Tujuan Belanda pertama kali ke tanah Nusantara(dulu belum ada nama Indonesia) adalah untuk 'menjelajah' bukan 'menjajah'. Kata lain dari 'menjelajah' adalah berkelana atau berkunjung.

Kedatangannya pun bukanlah dengan pasukan tempur, tapi hanya satu orang Belanda saja. Namanya adalah Cornelis de Houtman, si penjelajah. Jadi, bisakah 1 orang Belanda 'menjajah' seluruh wilayah Nusantara?
emoticon-Ngakak

Quote:Kalau kita menghubungkan "penjajahan" Belanda berakhir pada tahun 1949 dengan ditandatanganinya "Konferensi Meja Bundar, dengan kedatangan "Cornelis de Hautman" pertamakali ditanah Nusantara ini, maka jangka waktunya adalah 353 tahun!

Akan tetapi, apakah benar bahwa orang Belanda tersebut langsung menjajah Tanah Nusantara ini ketika pertamakali datang kemari?


Jawabannya tentu saja tidak saudara-saudara, mau digebukin massal tuh 'kompeni'? Wkwk.

Jika melihat fakta akhir masa penjajahan dengan kedatangan Cornelis de Houtman ketanah Nusantara ini, maka hitungannya bener 3 setengah abad.

Namun hal tersebut bukanlah patokan "masa penjajahan", melainkan hanya hitungan tahun awal kedatangan dengan tahun akhir kepulangan (check in - check out).

Jadi persepsi kita selama ini yang menganggap bahwa "Indonesia dijajah oleh Belanda selama 350 tahun" adalah salah kaprah!!
Untuk itu pahlawan kebenaran datang untuk memperbaiki kesalahan fakta sejarah.
emoticon-Cool

Wow!! Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda. Kok Bisa?

2. Tujuan Pertama Belanda Datang Ke Daerah Nusantara

Quote:

VOC didiriin sejak 1602, enam tahun setelah ekspedisi de Houtman berhasil membukakan jalan bagi penjelajah Belanda untuk melakukan aktivitas perdagangan di Kepulauan Nusantara. Kalo kita itung sampe KMB, 1949, berarti total 347 tahun.


Tujuan awal Belanda datang ke Nusantara adalah untuk berdagang, bukan untuk menguasai Nusantara.

Terus ngapain tuh Kompeni jauh-jauh datang dari Belanda hanya untuk berdagang diwilayah Nusantara kita?

Yang pertama, Nusantara kala itu adalah penghasil rempah-rempah terbesar di Asia. Mulai dari Lada, cengkeh, kemiri dan sebagainya. Nah rempah-rempah tersebut kagak numbuh di benua Eropa sana, makanya mereka mau jauh-jauh datang kemari hanya demi bumbu masak tersebut.

Yang kedua, perdagangan jaman dulu tidak menggunakan nilai mata uang, akan tetapi prinsip perdagangan jaman dulu adalah dengan 'Barter'. Yaitu menukar barang dengan barang yang dianggap bernilai sama.
emoticon-Matabelo

• Perusahaan Belanda Bernama VOC

Quote:Wow!! Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda. Kok Bisa?


VOC itu beda dengan Negeri Belanda. VOC tuh bukan negara, tapi cuma nama perusahaan doang. Kerjaan VOC itu bukannya nguasain daerah, tapi nguasain perdagangan regional di Hindia Timur.

Walaupun VOC dibekali hak yg kita kenal sebagai “Hak Oktroi” atau hak istimewa yang ngebolehin mereka bikin benteng, punya tentara, berhak berdiplomasi, dan lain sebagainya.

Intinya sebuah perusahaan yang punya dewan komisaris (Heeren Zeventien) dan direktur utama (Gubernur Jenderal), bukanlah mewakili sebuah negara Belanda.


Karena peradaban Eropa lebih maju dengan Nusantarapada masa itu, Belanda mulai mendirikan perusahaan dagangnya sendiri yang diberi nama V.O.C.

Sekali lagi, Belanda hanya mendirikan 'Perusahaan dagang' bukan mendirikan 'Negara keduanya' dibumi Nusantara ini. Dan sistem penjajahan atau menguasai suatu daerah belum mereka lakukan saat itu, mereka hanya menguasai pasar perdagangan saja.

Contoh kecilnya, pasar Handphone Android terbesar sekarang dikuasai oleh pabrikan Cina bukan?
Nah begitu juga dominasi yang dilakukan oleh VOC dipasar perdagangan jaman dulu.

Intinya, VOC bukanlah sebuah negara, itu hanyalah sebuah perusahaan. Dengan aturan saling menguntungkan dengan wilayah pribumi.
emoticon-cystg

• Lokasi VOC

Quote:
Dalam konteks “menguasai” bisa dibilang VOC ga punya wilayah di Kepulauan Nusantara, selain Batavia dibangun sama Jan Pieterszoon Coen dari reruntuhan bandar Jayakarta.

Secara garis besar peran VOC dalam wilayah Nusantara ini hanyalah hak monopoli dagang, yang bikin mereka dianggap sebagai “penguasa” lokal. Tapi, kalau dalam konteks “menguasai” teritori politik, raja-raja lokal di Nusantara masih punya kekuasaan penuh sama daerahnya.


Perusahaan Belanda yang bernama VOCtersebut hanya berlokasi didaerah bekas reruntuhan Bandar Jayakarta, itupun bukan berarti mereka menguasai wilayah tersebut. Hanya saja mereka diperbolehkan menempati daerah itu saja yang kemudian diberi nama Batavia.

Kesimpulannya, mereka tidak menduduki seluruh wilayah Nusantara pada saat itu, akan tetapi hanya menempati suatu daerah saja. Dengan tujuan menguasai sektor perdagangan, bukan wilayah politik.
emoticon-Matabelo

• Daerah Operasi Perdagangan VOC

Quote:Batavia sebagai markas, Banten sebagai salah satu pelabuhan utama, Ambon-Banda sebagai daerah penghasil cengkeh dan pala, Makassar dan sekitarnya untuk mengamankan jalur pengiriman rempah, dan Priangan (Jawa Barat), sebagai tempat penanaman tanaman secara massal (Preanger stelsel).


Seperti yang kita ketahui bahwa kedatangan Belanda pertamakali ketanah Nusantara adalah untuk berdagang, adapun pasar perdagangan yang dikuasai oleh Belanda yaitu Batavia, Banten, Ambon, Makassar, dan Jawa Barat.

Selain daerah yang disebutkan diatas, sebagian besar wilayah Nusantara masih memiliki penguasa besarnya seperti Sultan Aceh, Sultan Mataram, Sultan Gowa, Sultan Palembang, Sultan Banjar, dan Raja-raja Bali.

• Perusahaan VOC Dibubarkan

Quote:VOC akhirnya dibubarin tahun 1799 oleh pemerintahan Republik Batavia (nama Negeri Belanda pas itu), dan diambil alih langsung sama pemerintahan republik sejak 1800.

Sejak 1800 itulah nama daerah-daerah yang berada di bawah kekuasaan VOC diganti jadi Nederlands Indie atau Dutch East Indies (dalam Bahasa Indonesia disebut Hindia Belanda).


Akhirnya Belanda membubarkan perusahaannya pada tahun 1799, dan mulai mendirikan kekuatan politiknya dibawah naungan Pemerintahan Republik.

Dari sinilah awal mula Belanda menguasai daerah yang ada diwilayah Nusantara, dimulai dari daerah bekas pasar perdagangannya yaitu VOC.

Wow!! Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda. Kok Bisa?

3. Awal Mula Penjajahan Belanda

Quote:Wow!! Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda. Kok Bisa?


Dengan serangkaian perang dari tahun 1800 sampe tahun 1914, barulah Belanda bisa nguasain hampir seluruh daerah Indonesia sekarang (kecuali bagian dalam Kalimantan, dan pedalaman Papua Barat).

Jadi, Negara Belanda ngejajah Indonesia cuma dari 1914 – 1949, dengan masa istirahat karena penguasaan Jepang sejak 1942 – 1945.


Setelah peristiwa peperangan yang terjadi antar kerajaan ditanah Nusantarapada tahun 1800 sampai dengan 1914, momentum tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh Belanda. Yaitu untuk menguasai daerah bekas perang tersebut.

Belanda menguasai hampir keseluruhan wilayah NKRI pada saat itu, kecuali Aceh, pedalaman Kalimantan, dan pedalaman Papua.

Penjajahan Belanda dimulai dari tahun 1914 sampai tahun 1949, dan pada tahun 1942 sampai tahun 1945 Jepang mengambil alih kekuasaan Belanda.

Jika dihitung secara kalkulasi sederhana, penjajahan Belanda dimulai pada 1914 (setelah tragedi perang antar kerajaan) sampai dengan 1949, dikurangi masa 3 tahun kekuasaan Jepang. Dan total jumlah masa kekuasaan penjajahan Belanda hanyalah 32 Tahun!!
emoticon-cystg

• Asal Mula Persepsi "Indonesia Dijajah 350 Tahun Oleh Belanda

Quote:Gubernur Jenderal Bonifacius Cornelis de Jonge yang dulu jadi pimpinan di Hindia Belanda sejak 1931 berpidato di depan masyarakat Batavia sambil nyebutin: “Nederlanders zijn hier al 300 jaar geweest en we zullen nóg minstens 300 jaar blijven”, yang artinya kira2: “Belanda udah ada di sini sejak 300 taun yang lalu, dan tetep bakal ada disini 300 taun ke depan!”.


Setalah Belanda membubarkan perusahaan dagangnya yaitu VOC,dan mendirikan wilayahnya sendiri didaerah Batavia yang bernama Hindia-Belanda.

Gubernur mereka Bonifacius Cornelis de Jonge yang menjadi pemimpin kala itu mengatakan, "Belanda sudah ada disini 300 tahun yang lalu, dan tetap akan disini untuk 300 tahun kedepan."

Pidato tersebut disampaikannya dihadapan masyarakat Batavia, dengan tujuan untuk menciutkan semangat para pejuang Nasional rakyat Nusantara kala itu.
emoticon-Blue Guy Bata (L)
Wow!! Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda. Kok Bisa?

Jadi, jangan ada lagi persepsi bahwa "Indonesia dijajah tiga setengah abad oleh Belanda". Karna pemikiran tersebut adalah pemikiran Belanda, kita sebagai bangsa yang pernah dijajah oleh mereka jangan mau berpikir seperti itu.

"Cukup fisik generasi masa lalu Nusantara aja yang dijajah oleh mereka, jangan sampai otak pikiran generasi modern pun dijajah oleh mereka.

Karena kalau hal tersebut terjadi, maka kita akan selalu berada dalam masa penjajahan. Dan kata-kata yang disampaikan oleh gubernur Belanda saat itu menjadi kenyataan!"

emoticon-I Love Indonesia (S) INDONESIA MERDEKA DALAM SEGALA BENTUK PENJAJAHAN!! emoticon-I Love Indonesia (S)

Wow!! Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda. Kok Bisa?

Penulis: AingMaung92
Sumber quote: (zenius.net)
Sumber gambar: google.com

Wow!! Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda. Kok Bisa?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
warungbisnis dan 99 lainnya memberi reputasi
98
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 10 dari 10
Wow!! Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda. Kok Bisa?
10-12-2019 05:58
konsep dijajah dan konsep merdeka apa dulu brewww.... jelasin itu dl baru ngomong soal time..
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Wow!! Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda. Kok Bisa?
10-12-2019 06:12
ok ane jadi ngerti "dikit", makasih gan emoticon-Traveller
0 0
0
Wow!! Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda. Kok Bisa?
10-12-2019 08:01

#26,906

Quote:Original Posted By atmajazone
Iya gan. Tapi itu bisa diartikan bahwa kita sudah dijajah bangsa sendiri sedari dulu. emoticon-Ultah


Itulah salah satu dampak feodalisme.
0 0
0
Wow!! Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda. Kok Bisa?
10-12-2019 11:38
Nah ini info update selama kita sekolah tenyata salah kapra
0 0
0
Wow!! Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda. Kok Bisa?
10-12-2019 13:12
banzai VoC
emoticon-Big Grin
0 0
0
Wow!! Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda. Kok Bisa?
10-12-2019 13:13
Ada yg bilang klo kita pada masa penjajahan yg dimulai dr tahun 1500 - 1700 bkn dijajah sm negara Belanda . Krn di sejarah Belanda negara yang disebut Belanda itu sedang dlm gejolak politik . Dan bbrp wilayah Belanda saat itu msk ke dlm wilayah Belgia . CMIIW .

Krn ane blm tahu bnyk soal sejarah Belanda ini .

Referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Belanda
0 0
0
Wow!! Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda. Kok Bisa?
10-12-2019 15:57
1945-1949 belanda masuk lg ya?? kan kita udah merdeka emoticon-Wow
0 0
0
Wow!! Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda. Kok Bisa?
11-12-2019 07:58

#26,919

Quote:Original Posted By sasanx

1) Ada yg bilang klo kita pada masa penjajahan yg dimulai dr tahun 1500 - 1700 bkn dijajah sm negara Belanda . Krn di sejarah Belanda negara yang disebut Belanda itu sedang dlm gejolak politik .

2) Dan bbrp wilayah Belanda saat itu msk ke dlm wilayah Belgia . CMIIW .

Krn ane blm tahu bnyk soal sejarah Belanda ini .

Referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Belanda


1) Benar. Dulu Benelux semuanya adalah bagian dari Kerajaan Spanyol. 17 provinsi utara (cikal bakal Belanda modern) memberontak dan memerangi Spanyol selama 80 tahun. (Perang 80 Tahun). 17 provinsi tersebut merdeka pada 1648. Sisanya tetap menjadi milik Spanyol, kemudian pada 1714 diambialih Austria, dan dicaplok Prancis pada 1794. (Belanda Selatan)
2) Terbalik. Justru Belgia dan Luxemburg sempat jadi bagian dari Belanda. Setelah Napoleon kalah pada 1815, Belgia dan Luxemburg menjadi bagian dari Belanda. Belgia memberontak pada 1830 dan akhirnya merdeka pada 1839. (Belanda 1815). Luxemburg tetap menjadi bagian dari Belanda dengan kepala monarki yang sama hingga akhirnya memisahkan diri tahun 1890 karena Luxemburg menganut Salic Law yang melarang wanita menjadi pemimpin sementara mahkota Belanda saat itu jatuh ke tangan Ratu Wilhelmina. (Luxemburg).
0 0
0
Wow!! Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda. Kok Bisa?
11-12-2019 08:31
Quote:Original Posted By gilbertagung
1) Benar. Dulu Benelux semuanya adalah bagian dari Kerajaan Spanyol. 17 provinsi utara (cikal bakal Belanda modern) memberontak dan memerangi Spanyol selama 80 tahun. (Perang 80 Tahun). 17 provinsi tersebut merdeka pada 1648. Sisanya tetap menjadi milik Spanyol, kemudian pada 1714 diambialih Austria, dan dicaplok Prancis pada 1794. (Belanda Selatan)
2) Terbalik. Justru Belgia dan Luxemburg sempat jadi bagian dari Belanda. Setelah Napoleon kalah pada 1815, Belgia dan Luxemburg menjadi bagian dari Belanda. Belgia memberontak pada 1830 dan akhirnya merdeka pada 1839. (Belanda 1815). Luxemburg tetap menjadi bagian dari Belanda dengan kepala monarki yang sama hingga akhirnya memisahkan diri tahun 1890 karena Luxemburg menganut Salic Law yang melarang wanita menjadi pemimpin sementara mahkota Belanda saat itu jatuh ke tangan Ratu Wilhelmina. (Luxemburg).


Tapi sampe sekarang belgia pun masih berkutat pada masalah perbedaan kultur di belgia utara yg beretnis flemish berbahasa belanda dengan belgia selatan yg beretnis walloon berbahasa perancis. Banyak yg memprediksi negara ini akan pecah dikemudian hari emoticon-Smilie
0 0
0
Wow!! Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda. Kok Bisa?
11-12-2019 08:33

#26,920

Quote:Original Posted By jokerandbane
Tapi sampe sekarang belgia pun masih berkutat pada masalah perbedaan kultur di belgia utara yg beretnis flemish berbahasa belanda dengan belgia selatan yg beretnis walloon berbahasa perancis. Banyak yg memprediksi negara ini akan pecah dikemudian hari emoticon-Smilie


Sepertinya bakal jadi kenyataan gan.
Mereka pernah mengalami krisis politik dari 2007 sampai 2011 karena partai dari wilayah berbahasa Belanda dan partai dari wilayah berbahasa Prancis gak bisa berkompromi.
2007-2011
Bahkan tahun lalu sempat ada lagi.
2018
Bayangkan pada 2010-2011, Belgia tidak punya pemerintahan selama 541 hari.
Diubah oleh gilbertagung
0 0
0
Wow!! Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda. Kok Bisa?
22-12-2019 12:58
secara politik emang udah merdeka, tapi secara pola pikir masih belum deh klo inget kapan hari ada gaberner yg pk istilah pribumi similikiti emoticon-Hammer2
0 0
0
Wow!! Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda. Kok Bisa?
26-12-2019 15:07
Informatif
thanks gan
0 0
0
Wow!! Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda. Kok Bisa?
18-01-2020 09:44
Eh, btw. emoticon-Roll Eyes (Sarcastic) Langsung ke on the topic-nya aja nih ya. emoticon-EEK!

Saat masa penjajahan (yang sebenarnya) itu, kenapa Belanda gagal menguasai daerah Kesultanan Aceh? Apa ada hal yang menyebabkan itu? emoticon-Thinking

Dan saat akhirnya memasuki era penjajahan Jepang, apa mereka tetap adem ayem aja? Daerah mereka gak sempat dijajah pula gitu? emoticon-Amazed

Dan kenapa pula, ketika akhirnya Negara Indonesia merdeka, mereka akhirnya memilih untuk memasukan daerah mereka ke daerah NKRI, bukan tetap menjadi daerah kesultanan yang berdiri tegak sendiri? emoticon-Amazed
profile-picture
hyperzectrooper memberi reputasi
1 0
1
Wow!! Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda. Kok Bisa?
03-02-2020 09:57
Butuh penjelasan juga gan soal negara Belanda itu sendiri, ane pernah baca abad 15-16 Belanda sendiri masih dikuasai ama Spanyol. Itu bener apa nggak ya? emoticon-Bingung

Dan apakah sistem perbudakan tanam paksa dll itu emang diterapin di seluruh Indonesia? Terus bagaimana dengan kerajaan-kerajaan lokal yang memihak Belanda/Portugis? Kan gak mungkin semuanya mentah-mentah musuhin kolonial.



kalo jepang dibilang lebih kejam dari belanda masuk akal sih. Orang Jepang itu emang terkenal overwork, bisa dibilang mereka ampe sekarang masih romusha ama pekerjanya sendiri.

Quote:Original Posted By pengomon
Eh, btw. emoticon-Roll Eyes (Sarcastic) Langsung ke on the topic-nya aja nih ya. emoticon-EEK!

Saat masa penjajahan (yang sebenarnya) itu, kenapa Belanda gagal menguasai daerah Kesultanan Aceh? Apa ada hal yang menyebabkan itu? emoticon-Thinking

Dan saat akhirnya memasuki era penjajahan Jepang, apa mereka tetap adem ayem aja? Daerah mereka gak sempat dijajah pula gitu? emoticon-Amazed

Dan kenapa pula, ketika akhirnya Negara Indonesia merdeka, mereka akhirnya memilih untuk memasukan daerah mereka ke daerah NKRI, bukan tetap menjadi daerah kesultanan yang berdiri tegak sendiri? emoticon-Amazed

Aceh dulu dibantuin sama Kesultanan Ottoman, sampe benderanya aja mirip. Ottoman sendiri kewalahan lawan Belanda karena ngurus pemberontak di wilayahnya sendiri.

pertanyaan bawah itu mirip kasus kota Depok dulu tahun 1945 penduduknya pernah dibantai rakyat yg pro RI. Karena orang Depok dianggep pro Hindia Belanda. Nama peristiwanya Gedoran Depok.
Mudah-mudahan sih kejadian tersebut gak terjadi di daerah lain, biar wilayah lain gabung NKRI baik-baik.
Diubah oleh hyperzectrooper
0 0
0
Wow!! Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda. Kok Bisa?
30-04-2020 09:41
Bukannya sampai saat ini kita masih di jajah melalui javasche bank (bank Indonesia), bukankah dulu bank central kita adalah BNI46, dan diganti dengan javasche bank emoticon-Big Grin
Diubah oleh ekoaje
0 0
0
Halaman 10 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia