News
Batal
KATEGORI
link has been copied
81
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5deee9eb65b24d744d7d826f/ilmuwan-cina-lahirkan-hibrida-babi-monyet-ini-kata-peneliti-lipi
Anak babi yang di tubuhnya mengandung sel monyet atau hibrida babi-monyet hasil percobaan ilmuwan Cina, Desember 2019. (thesun.co.uk) TEMPO.CO, Jakarta - Pakar Reproduksi Mamalia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Taufiq Purna Nugraha, menanggapi ilmuwan Cina yang berhasil melahirkan hibrida babi-monyet pertama di dunia. "Sebetulnya malah di tahun 2017 pernah ada publikasi chimera babi d
Lapor Hansip
10-12-2019 07:42

Ilmuwan Cina Lahirkan Hibrida Babi-Monyet, Ini Kata Peneliti LIPI

Ilmuwan Cina Lahirkan Hibrida Babi-Monyet, Ini Kata Peneliti LIPI
Anak babi yang di tubuhnya mengandung sel monyet atau hibrida babi-monyet hasil percobaan ilmuwan Cina, Desember 2019. (thesun.co.uk)

TEMPO.CO, Jakarta - Pakar Reproduksi Mamalia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Taufiq Purna Nugraha, menanggapi ilmuwan Cina yang berhasil melahirkan hibrida babi-monyet pertama di dunia.

"Sebetulnya malah di tahun 2017 pernah ada publikasi chimera babi dan manusia. Ini di kalangan science juga menjadi perdebatan etik," ujar Taufiq kepada Tempo, Senin malam, 9 Desember 2019.

Eksperimen terobosan ilmuwan Cina itu menghasilkan makhluk chimera dengan hati, limpa, paru-paru dan kulit yang mengandung sel babi dan primata, demikian dikutip dari laman The Sun, akhir pekan lalu. Sel induk monyet kera ditanam di laboratorium, kemudian disuntikkan ke dalam embrio babi lima hari setelah pembuahan. Keduanya tampak normal meskipun sebagian kecil sel mereka berasal dari monyet cynomolgus.

Jadi, Taufiq menambahkan, jika kembali pada awal mula penelitian, tujuan awalnya adalah untuk mengembangkan organ manusia di dalam tubuh hewan untuk keperluan transplantasi organ.

"Kekhawatiran terbesar sebetulnya pada martabat manusia sendiri akibat humanization dari hewan chimera. Sebagai contoh kalau ternyata  sel otak manusia yang tumbuh pada otak satwa dan memiliki kesadaran?" tutur Taufiq.

Lebih dari 4.000 sel monyet ditanamkan di induk babi, sepuluh anak babi lahir. Namun, hanya dua yang chimera dan keduanya meninggal dalam seminggu. Namun para ilmuwan Cina berpendapat itu mungkin karena prosedur IVF, proses pembuahan dengan mengekstraksi telur, mengambil sampel sperma, kemudian menggabungkan telur dan sperma secara manual pada wadah kaca di laboraturium. 

Anak babi, yang dikenal sebagai moinkey, memiliki organ dengan sel monyet dalam rasio yang sangat rendah. Sebuah percobaan yang sama tahun 2017 di Amerika Serikat menggunakan babi dan DNA manusia.

Kemudian tentunya terkait kesejahteraan hewan itu sendiri ini merupakan area baru di dunia sains. Sebetulnya banyak ilmuwan juga bingung menyikapinya, atau sisi ini merupakan potensi baru di dunia biomedis. Bagaimana transplantasi organ seperti jantung tidak harus menunggu antrean donor.

"Jadi bisa diperoleh dengan teknik ini, tetapi di sisi lain secara moral saat ada satwa memiliki organ manusia bagaimana dia didefinisikan. Tapi tujuan penelitian ini sebetulnya ke arah sana, secara etika penelitian tentu saja ada batasan-batasan, tetapi untuk ranah chimera ini batasan itu sendiri belum banyak," ujar Taufiq.

SUMBER

Lagi jamannya rombak-rombak & campur-campur DNA hewan. Tapi perkembangan masih mamalia dengan mamalia. Bayangkan kalau perkembangannya sudah sampai hibrida mamalia + reptil, atau malah hibrida mamalia + serangga. Pasti bakal keren ya

emoticon-Leh Uga
Diubah oleh idungmanchung
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 5
Ilmuwan Cina Lahirkan Hibrida Babi-Monyet, Ini Kata Peneliti LIPI
10-12-2019 08:37
ane kira bentuknya babi tp bisa lompat2 kek monyet emoticon-Mewek
0 0
0
Lihat 1 balasan
Ilmuwan Cina Lahirkan Hibrida Babi-Monyet, Ini Kata Peneliti LIPI
10-12-2019 08:42
berarti yang di pelem pelem bakalan terwujud nihemoticon-Belo
0 0
0
Lihat 1 balasan
Ilmuwan Cina Lahirkan Hibrida Babi-Monyet, Ini Kata Peneliti LIPI
10-12-2019 08:43
Quote:Original Posted By lexarrio
ilmuwan indon banyak bacod

emang ilmuwan indon udah bikin apa aja?

kayak kadrun dimari

bisanya cuma maki tapi ngakunya mengkritik

tolol emoticon-Tai


yang ngecam.bukan ilmuan.indo saja..
0 0
0
Lihat 1 balasan
Ilmuwan Cina Lahirkan Hibrida Babi-Monyet, Ini Kata Peneliti LIPI
10-12-2019 08:49
Sebenarnya keren ini dari sisi sains, cuma emang unethical
0 0
0
Ilmuwan Cina Lahirkan Hibrida Babi-Monyet, Ini Kata Peneliti LIPI
10-12-2019 08:50
Quote:Original Posted By pertotperbaik

Bgst lu nyus
Ilmuwan Cina Lahirkan Hibrida Babi-Monyet, Ini Kata Peneliti LIPI

lha . . . gimana sih kowe . . .

gua kan cuma nyocokin dengan tema trit . . .

itu artinya . . . imajinasi gua . . . udah lebih duluan dari itu berita . . .

kayak gini . . .
Ilmuwan Cina Lahirkan Hibrida Babi-Monyet, Ini Kata Peneliti LIPI


0 0
0
Lihat 1 balasan
Ilmuwan Cina Lahirkan Hibrida Babi-Monyet, Ini Kata Peneliti LIPI
Lapor Hansip
10-12-2019 08:54
Balasan post antonyus578
Quote:Original Posted By antonyus578

babi . . . monyet . . . binatang . . .
udah ditakdirkan nggak bakalan masuk neraka . . .
karena mereka . . .
makhluk yang nggak akan dimintai pertanggung jawaban setelah kematian . . .


yang payah itu . . . kowe . . . manusia . . . punya otak dan pikiran . . .
tapi nggak merasa bakal dimintai pertanggung jawaban setelah kematian . . .
pikiran kowe . . .
membuat kowe lebih buruk dari binatang . . .
punya otak . . . tapi nggak mikir begitu . . .

kalo binatang . . . emang nggak punya otak . . .
dan emang nggak ada tanggung jawab setelah kematian . . .

kowe . . . versus binatang . . .
emang nggak beda secara hakikinya . . .
bahkan lebih buruk dari binatang . . .



@antonyus578
oalah, dasar makluk mabok agama. Jelas disini dibahas ttg science, udah dijabarin soal kehebatan science dan kemungkinan pertumbuhan organ diluar tubuh manusia....eh, malah masih bahas2 tentang tempat imajiner.

0 0
0
Ilmuwan Cina Lahirkan Hibrida Babi-Monyet, Ini Kata Peneliti LIPI
Lapor Hansip
10-12-2019 08:55
Balasan post pertotperbaik
Quote:Original Posted By pertotperbaik

Ilmuwan Cina Lahirkan Hibrida Babi-Monyet, Ini Kata Peneliti LIPI

lha . . . kenapa kowe misuh misuh . . .

merasa banget kowe dengan isi postingan gua ntu . . .

payah kowe . . . kowe yang sering maen dengan anjenk . . .
kok malah berhalusinasi yang bukan bukan . . .

padahal faktanya . . .
Ilmuwan Cina Lahirkan Hibrida Babi-Monyet, Ini Kata Peneliti LIPI


Diubah oleh antonyus578
0 0
0
Ilmuwan Cina Lahirkan Hibrida Babi-Monyet, Ini Kata Peneliti LIPI
Lapor Hansip
10-12-2019 09:02
Balasan post Sinkhole
Quote:Original Posted By Sinkhole
ane kira bentuknya babi tp bisa lompat2 kek monyet emoticon-Mewek

ada . . .yang kayak gini . . .
Ilmuwan Cina Lahirkan Hibrida Babi-Monyet, Ini Kata Peneliti LIPI

0 0
0
Ilmuwan Cina Lahirkan Hibrida Babi-Monyet, Ini Kata Peneliti LIPI
Lapor Hansip
10-12-2019 09:07
Balasan post pannotia.server
Quote:Original Posted By pannotia.server
berarti yang di pelem pelem bakalan terwujud nihemoticon-Belo

yang kayak gini kah . . .
Ilmuwan Cina Lahirkan Hibrida Babi-Monyet, Ini Kata Peneliti LIPI

0 0
0
Ilmuwan Cina Lahirkan Hibrida Babi-Monyet, Ini Kata Peneliti LIPI
Lapor Hansip
10-12-2019 09:14
Balasan post endh0g
Quote:Original Posted By endh0g


@antonyus578
oalah, dasar makluk mabok agama. Jelas disini dibahas ttg science, udah dijabarin soal kehebatan science dan kemungkinan pertumbuhan organ diluar tubuh manusia....eh, malah masih bahas2 tentang tempat imajiner.


lha . . . gua kan reply postingan orang laen . . .

ini trit sains . . . tapi postingan yang gua kutip . . . kok nyinggung ke agama . . .
jadi gua bales lah begitu. . .

harusnya . . . kalo kowe mau protes . .
kowe protes dan marahin itu . . yang bikin postingan pertama kali di ini trit . . .masuk ke masalah agama . . .

lagian juga . . . isi postingan gua itu . . . biar kata imajinasi . . .
tapi kebenarannya dapat diterima oleh akal sehat . . .

kowe bantah aja secara logis isi postingan gua itu . . .
bisa nggak . . . ?
0 0
0
Ilmuwan Cina Lahirkan Hibrida Babi-Monyet, Ini Kata Peneliti LIPI
10-12-2019 09:19
seliar2nya ilmuwan barat, msh pake pakem moral..

china udah ngak pake aturan moral lg..
mungkin saja dikemudian hari zombie benar2 ada krn liarnya percobaan di china.. ilmuwan2 gila bakal hijrah ke china..

dan ilmuwan2 Indonesia mah tinggal minta anggran but meneliti ini itu. dengan hasil NOL sekedadar tumpukan kertas makalah..
lebih menjijikan lagi ulah peneliti Indonesia
profile-picture
elefana memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Ilmuwan Cina Lahirkan Hibrida Babi-Monyet, Ini Kata Peneliti LIPI
10-12-2019 09:22
USA udah bisa sejak dulu kali. tapi mereka tidak melakukan dengan alasan moral dan tidak etis.


Babi2 menlener tidak menggunakan moral untuk segala hal yg mereka lakukan, yang penting cuan.
Diubah oleh then.must.koui
0 0
0
Lihat 1 balasan
Ilmuwan Cina Lahirkan Hibrida Babi-Monyet, Ini Kata Peneliti LIPI
Lapor Hansip
10-12-2019 09:40
Balasan post leonard21
Quote:Original Posted By leonard21


yang ngecam.bukan ilmuan.indo saja..


oh gitu ya

sayangnya gue ga nanya
0 0
0
Ilmuwan Cina Lahirkan Hibrida Babi-Monyet, Ini Kata Peneliti LIPI
10-12-2019 09:41
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Konsen pada komeng2 dimari..
Asli ngakak..emoticon-Wakaka
0 0
0
Ilmuwan Cina Lahirkan Hibrida Babi-Monyet, Ini Kata Peneliti LIPI
10-12-2019 09:41


Quote:Original Posted By antonyus578
lha . . . kenapa kowe misuh misuh . . .

merasa banget kowe dengan isi postingan gua ntu . . .

payah kowe . . . kowe yang sering maen dengan anjenk . . .
kok malah berhalusinasi yang bukan bukan . . .

padahal faktanya . . .
Ilmuwan Cina Lahirkan Hibrida Babi-Monyet, Ini Kata Peneliti LIPI


Ilmuwan Cina Lahirkan Hibrida Babi-Monyet, Ini Kata Peneliti LIPI
0 0
0
Ilmuwan Cina Lahirkan Hibrida Babi-Monyet, Ini Kata Peneliti LIPI
10-12-2019 09:46
Quote:Original Posted By saugisarap
Di indonesia jg lama ada dan sukses. Hibrida onta dan kera wujudny jd bani kadrun

Ada lagi babi dgn kera wujudnya tetangga bani kadrun.


Eakakakakakakakakakaka
0 0
0
Ilmuwan Cina Lahirkan Hibrida Babi-Monyet, Ini Kata Peneliti LIPI
10-12-2019 09:48
Bawa ke Indonesia, di sini bisa laku keras
emoticon-Leh Uga
0 0
0
Ilmuwan Cina Lahirkan Hibrida Babi-Monyet, Ini Kata Peneliti LIPI
Lapor Hansip
10-12-2019 09:51
Balasan post then.must.koui
suka2 merekalah...negara juga negara mereka. urusan apa ente ikut campur...🥱🥱
0 0
0
Ilmuwan Cina Lahirkan Hibrida Babi-Monyet, Ini Kata Peneliti LIPI
10-12-2019 09:53
Apakah babinya bakalan bisa manjat2, gelantungan, dll dari pohon ke pohon?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Ilmuwan Cina Lahirkan Hibrida Babi-Monyet, Ini Kata Peneliti LIPI
10-12-2019 10:03
Quote:Original Posted By lexarrio
oh gitu ya

sayangnya gue ga nanya


wajar. sih g nanya...

ente taunya nyinyir n maki doang.. minim pengetahuan...
yg di maki ilmuan bangsa sndiri pulak...


http://inet.detik.com/read/2019/12/0...lahir-di-china

kutipan isi berita kalau lu males baca


Penelitian ini mendapat kecaman dari komunitas ilmiah, mereka berpendapat untuk tidak menciptakan chimera (pencampuran genetik) karena masalah etika. Ahli ilmu saraf Douglas Munoz di Queen's University di Kingston, Kanada, kepada Daily Mail mengatakan bahwa proyek penelitian seperti ini benar-benar membuat dia takut secara etis.

dan pasti ente tidak tau kan alasan apa lagi selain masalah etika..
yg membuat para ilmuan menggap penelitian model gini menjadi hal tabu..
Diubah oleh leonard21
0 0
0
Lihat 8 balasan
Halaman 2 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia