• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 6 Foto Jadul Orang-orang Belanda di Borobudur Ini Sangat Tidak Sopan dan Bikin Emosi

malaikatrindu
TS
malaikatrindu
6 Foto Jadul Orang-orang Belanda di Borobudur Ini Sangat Tidak Sopan dan Bikin Emosi




Selamat datang, para pecandu tulisan @malaikatrindu!


Candi Borobudur merupakan salah satu warisan budaya leluhur Nusantara yang populer. Bahkan, disebut sebagai 7 keajaiban dunia. Candi yang dibangun oleh Wangsa Sayailendra ini sekarang begitu populer dan menjadi objek wisata unggulan. Namun, siapa sangka jika mahakarya arsitektur yang megah ini pernah terlupakan dan "hilang" beradab-abad lamanya?

Ya, diperkirakan di tahun 1000-an, Mpu Sendok memindahkan ibukota kerajaan Medang ke Jawa Timur akibat letusan gunung berapi. Banyak yang berasumsi jika inilah penyebabnya. Bangunan yang terletak di bukit menjadi seperti tak dikenali sama sekali karena terhalang tumbuhan yang hidup di atasnya. Bahkan, beberapa bagian candi sudah rusak. Hingga akhirnya, Thomas Stamford Raffles yang ditunjuk sebagai Gubernur Jawa mulai meneliti situs ini dan memperbaikinya.

Belakangan ini ada yang membagikan beberapa foto orang Belanda saat berada di Candi Borobudur pada tahun 1925. Foto tersebut menjadi pembicaraan karena orang-orang dari negeri Kincir Angin tersebut fungsi dan kesakralan bangunan sehingga menyamakannya dengan destinasi wisata di Eropa. Seperti apa saja fotonya, yuk cek satu-persatu 6 (enam) potret orang Belanda di Candi Borobudur yang mengejutkan!

1. Bermain Riang di Atas Stupa



Foto yang satu ini pasti membuat GanSis terkejut bukan main. Iya, mereka adalah orang-orang Belanda yang tengah berlibur ke Candi Borobudur. Namun, tindakan mereka sungguh lancang dan merusak sisi sakral bangunan. Tampak mereka berdiri di puncak stupa sembari merentangkan tangan dengan senyum merekah di wajah. Tidak hanya satu orang, namun ada lima Noni Belanda yang melakukan hal tersebut.

TS yakin mereka pasti tidak tahu dengan fungsi Candi Borobudur dan bagaimana tata krama berada di sana. Alhasil, mereka bertingkah demikian. Foto ini saya dapatkan dari grup Facebook ASEAN Network. Dari sumber tertulis Dutch in Borobudur at 1925.

2. Foto Bersama di atas Patung Buddha



Sebuah foto yang menyatakan berasal dari tahun 1925, memperlihatkan beberapa orang Belanda tengah melakukan sesi foto di Candi Borobudur. Ada dua Noni Belanda di sana dan dua anak-anak. Kedua wanita dewasa itu Berdiri di samping patung Budha. Sedangkan salah satu anak tampak duduk di pangkuan patung dan anak satunya lagi duduk, namun dengan pandangan terlihkan ke titik lain.

Foto di atas tidak kalah membuat heboh. Pasalnya, orang-orang Belanda itu bertingkah laku yang tidak semestinya di situs yang disucikan.

3. Pasangan Belanda di atas Stupa



Lagi-lagi orang Belanda membuat ulah yang membuat kepala kita bergeleng-geleng tidak habis pikir. Foto yang berasal dari tahun yang sama seperti yang sebelumnya, menunjukan ada sepasang kekasih. Noni Belanda berdiri anggun di tengah-tengah undakan tangga dan membelakangi stupa utama Borobudur. Sedangkan sang pria berpose layaknya bajak laut di atas salah satu stupa. Tangan kanannya memegang ujung stupa, dengan kedua kakinya menginjak bagian atas candi.

4. Berpose di Tengah Reruntuhan



Lima orang pria Belanda tampak berpose di antara reruntuhan puncak Borobudur. Salah seorang pria mengenakan jas dan duduk tumpang kaki di bawah. Sedangkan, tiga orang lainnya bergaya santai di puncak stupa yang tengah berbaiki. Satu pria lagi berdiri di tangga kayu.

5. Foto Bersama di Patung Dewa




Empat orang Eropa ini tidak ketinggalan mengabadikan momen ketika mereka berkunjung ke Candi Borobudur. Kali ini bukan di atas Stupa, namun di samping patung dewa. Mereka memanjat reruntuhan dinding Borobudur dan berpose di sana.

6. Pria Berjas



Pria satu ini tampak lebih sopan dibanding yang lainnya. Entah karena dirinya merupakan seorang insinyur yang sedang memperbaiki Borobudur atau siapa. Namun, tampak laki-laki berjas tersebut berdiri di samping salah satu candi yang sudah rusak sembari menyentuhnya.


Nah, itulah potret 6 (enam) orang Belanda saat berada di Candi Borobudur pada tahun 1925 yang berhasil tertangkap kamera. Jika ada kesalahan dalam penulisan, GanSis bisa menegur TS di kolom komentar! Semoga menambah wawasan.

šŸ“– Baca Juga:

6 Meme Kata-kata Cak Lontong yang Ngeselin dan Bikin Greget! Berani Komen?

6 Soal UAS Paling Nyeleneh dan Nyebelin, Dari yang Bucin Sampai Berbau Mesum

---

šŸ“š Sumber:Pinterest.com, Facebook.com & Wikipedia.com
Diubah oleh malaikatrindu 07-12-2019 03:08
sebelahblog4iinchebureg
ebureg dan 24 lainnya memberi reputasi
23
16.5K
130
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThreadā€¢81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
Ā© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.