hardlenAvatar border
TS
hardlen
Tips Perbaiki Jaringan Sinyal Ponsel saat Koneksi Melemah


Ilustrasi. (Pixabay)




Akan sangat menjengkelkan rasanya ketika segala aktivitas yang dapat kita lakukan di ponsel terbatas oleh koneksi sinyal yang buruk. Kondisi memburuknya koneksi dapat diakibatkan oleh berbagai faktor, seperti pada operator atau bahkan dari dalam ponsel.

Koneksi sinyal juga kerap terasa memburuk jika sedang mengunjungi tempat atau wilayah yang tidak terjangkau oleh base transceiver station (BTS). Hanya saja, gangguan tersebut dapat ditangani dengan beberapa cara seperti berikut:

1.      Mode pesawat

Mengaktifkan airplane mode atau mode pesawat merupakan cara yang dikenal paling cepat dan mudah untuk memperbaiki koneksi sinyal pada ponsel. Pada iPhone, pengguna hanya perlu menarik layar ke atas lalu pencet ikon pesawat. Sementara pada Android, tarik layar ke bawah lalu pilihlah ikon pesawat.

Dilansir dari CNET, setelah mode pesawat berhasil diaktifkan tunggu hingga sekitar 30 detik untuk menonaktifkan kembali. Setelah ini, koneksi jaringan pada umumnya akan kembali membaik.

2.      Hidupkan ulang

Mirip dengan komputer, terkadang memperbaiki sejumlah masalah di ponsel cukup dengan cara mematikan dan menyalakannya kembali. Begitu pula dengan gangguan koneksi sinyal. Setelah menyalakan ulang ponsel biasanya sinyal akan kembali membaik.

Pada Android, tekan tombol power sampai beberapa detik lalu akan muncul pilihan untuk restart. Sedangkan cara mudah pada iPhone ialah dengan menyalakan dan menghidupkannya kembali secara manual lewat tombol kunci.

3.      Lepas kartu SIM

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melepas kartu SIM dan memasangnya kembali saat ponsel dalam keadaan menyala. Jika ingin melakukan metode ini, tentu diperlukan alat pembuka kartu SIM yang biasanya telah disediakan dalam kotak ponsel.

Keluarkan kartu SIM, kemudian periksa apakah terdapat kerusakan atau mungkin kartu SIM tidak berada pada posisi yang benar.

4.      Lepas casing

Mengutip laman CNNIndonesia.commenggunakan casing ponsel juga dapat menyebabkan sinyal menjadi lemah. Terutama bila casing terbuat dari bahan dasar logam. Lepaslah casing ponsel untuk beberapa saat untuk meningkatkan penerimaan sinyal dan perbaikan jaringan.

5.      Buka jendela ruangan

Gelombang radio seluler acap kali ‘berjuang’ untuk menembus dinding guna mencapai koneksi di ponsel. Seperti dikutip dari Saga, dengan membuka jendela dalam ruangan atau bahkan keluar sebentar dari ruangan bisa memperbaiki kondisi sinyal.



lina.wh
seabiscuit
NadarNadz
NadarNadz dan 9 lainnya memberi reputasi
10
2K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet
icon
10.8KThread8.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.