• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Tempat Bersejarah Yang Memiliki Sejuta Inspirasi Perjuangan Dan Keadilan.

NadarNadz
TS
NadarNadz
Tempat Bersejarah Yang Memiliki Sejuta Inspirasi Perjuangan Dan Keadilan.



MLDSPOTKONTENHUNT dan KASKUSXMLDSPOTseason 3 mengadakan event konten menulis tentang inspirasi yang kamu miliki dari salah satu INSPIRING PEOPLE/PRODUCT/PLACE/COMMUNITY.

Inspirasi yang akan kamu tulis dari salah satu pilar diatas boleh dari TASTETHELOCAL ataupun luar, intinya dengan inspirasi tersebut kamu bisa belajar sesuatu atau mengubah sesuatu dalam hidupmu.

Kali ini gw mau membahas tentang salah satu tempat yang sangat menginpirasi dalam hidup gw, khususnya dalam perjuangan hidup. Karena tempat tersebut merupakan bukti sejarah perjuangan rakyat Atjeh, dalam mempertahankan wilayahnya dari kekuasaan Belanda.

Tempat paling bersejarah tersebut bernama "Kerkhof Peucut", dan disanalah ribuan mayat tentara Belanda dan Jepang bersemayam. Berikut adalah info sejarah akan tempat pemakaman Belanda tersebut.
emoticon-cystg


Quote:


Asal mula nama Kerkhof Peucutadalah gabungan antara bahasa Belanda dan Atjeh, 'Kerkhof' berarti Makam sedangkan 'Peucut' dalam bahasa Atjeh bermakna Anak kesayangan.

Jika kedua kata tersebut dijadikan dalam satu kalimat, maka akan mempunyai arti "Makam Anak kesayangan". Lah kok bisa makam Belanda disebut makam anak kesayangan?
Eits.. jangan berkesimpulan dulu, hal tersebut akan dijelaskan dibawah ini.
emoticon-Jempol


Quote:


Wah.. luas juga area pemakannya ya gan? Sampe dengan 3,5 hektarloh. Wew!
Sejarah adanya tempat tersebut dikarenakan ambisi tentara Belanda yang ingin menduduki wilayah Atjeh, rakyat Atjeh yang terkenal dengan keras kepalanya menolak tentara Belanda yang ingin menguasai daerahnya.

Akhirnya perang pun terjadi karena perlawanan dari rakyat Atjeh terhadap kompani Belanda, dan dalam peperangan yang berlangsung cukup lama tersebut, pihak Belanda dipukul mundur oleh rakyat Atjeh dengan mengalami ribuan tentaranya yang gugur dan juga 4 Jenderal nya hilang kepala.

Selain tentara Belanda, didalam pemakaman Kerkhof juga terdapat beberapa tentara jepang dan pasukan pembelot dari luar Atjeh yang tergabung dalam pasukan Belanda pada perang tersebut.

Oleh karena itu, pada Gapura pintu masuk Kerkhof terdapat 3 bahasa penyambutan, yaitu Belanda, Jepang, dan Jawa. Kalimat penyambutan yang ada dipintu masuk Kerkhof memiliki arti, "Teruntuk kawan yang gugur dimedan perang."
emoticon-Mewek


Quote:


Wuiidiihh.. masa perang antara Belanda dengan rakyat Atjeh sangat lama ternyata gan, 31 Tahun!!
Setelah berperang selama itu, dan mengalami banyak kerugian prajurit dan 4 Jenderal, akan tetapi Belanda tidak bisa menguasai wilayah Atjeh.

Perang itupun menjadi pengalaman terpahit Belanda dalam sejarah peperangan, sekaligus menjadi sebuah peristiwa mimpi buruk sepanjang masa.
emoticon-Cool


Quote:


Cuma di pemakaman Kerkhof Peucutbatu nisan bisa bercerita mengenai mayat yang dibawahnya, sekilas riwayat masa hidup terukir jelas pada tiap-tiap makam tersebut.

Seolah-olah mayat yang ada didalam makam sedang berbicara kepada para pengunjung, "inilah aku dan riwayat hidupku, bahkan sampai kepada riwayat kematianku."
emoticon-Takut


Quote:


Ada yang unik sekaligus menarik dengan makam yang ada ditengah-tengah pemakaman Kerkhof Peucut,disana bersemayam seorang putra Raja Atjeh yaitu "Sultan Iskandar Muda." Loh kok bisa seorang putra raja dimakamkan ditengah-tengah Belanda?

Putra Raja Sultan Iskandar Muda tersebut bernama Meurah Pupok, dan semasa hidupnya Meurah Pupok pernah melakukan kesalahan besar yaitu Berzina.

Demi menegakkan keadilan kepada masyarakat Atjeh pada masa itu, Raja Sultan Iskandar Muda pun mengeksekusi sendiri anak kesayangan satu-satunya. Oleh karena itu jasad Meurah Pupok diasingkan dari makam kerajaan, ke Kerkhof Peucut.

Dari cerita itulah nama pemakaman Kerkhof Peucut berasal, walaupun anaknya seorang pendosa namun Raja sangat menyayanginya.
emoticon-Turut Berduka


Quote:


Inspirasi hidup yang bisa diambil dari tempat pemakaman Kerkhof Peucutadalah, gigihnya perjuangan rakyat Atjeh dalam mempertahankan wilayahnya dari pasukan Belanda. Bahkan sampai rela berperang melawan penjajahan.

Dan juga menegakkan keadilan adalah syarat utama seorang pemimpin dalam memimpin sebuah bangsa, karena bila lemahnya keadilan yang ditegakkan oleh seorang pemimpin maka hancurlah sebuah negeri tersebut.
emoticon-I Love Indonesia







Narasi: Tulisan Pribadi.
Referensi: ksmtour.comdan youtube
Sumber gambar: google.com

aparianapamansebelahblog
sebelahblog dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.6K
4
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.