others
Batal
link has been copied
198
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5de9a113c0cad77fbd1f912d/4-fakta-budaya-quotoplasquot-di-korea-selatan-no-2-ngubah-stigma
Operasi plastik di Korea Selatan memang bukan lagi hal yang aneh dan tabu. Bagi yang ingin tampil cantik, ganteng, dan menarik kemudian didukung dengan badget yang mumpuni, maka ditempuhlah cara instan namun beresiko yakni operasi plastik.
Lapor Hansip
06-12-2019 07:30

4 Fakta Budaya "Oplas" di Korea Selatan, No 2 Ngubah Stigma

Past Hot Thread
icon-verified-thread


Apa yang langsung terlintas di pikiranmu ketika menyebut negara Korea Selatan? Pasti langsung capcus berpikir tentang K-Pop, drakor, dan praktik operasi plastik yang sudah menjadi stigma di mata orang Indonesia non pecinta K-Pop dan K-Drama. Well, sebenarnya tak patut disalahkan dan tak patut dibenarkan juga. Sebab, ketika men-judge suatu hal, haruslah melihat dari dua sisi, yakni positif dan negatif.

Operasi plastik di Korea Selatan memang bukan lagi hal yang aneh dan tabu. Bagi yang ingin tampil cantik, ganteng, dan menarik kemudian didukung dengan badget yang mumpuni, maka ditempuhlah cara instan namun beresiko yakni operasi plastik.

Berikut beberapa fakta seputar budaya operasi plastik di Korea Selatan yang udah ane rangkum, tentunya dengan memandang dari dua sisi.


1. Sejarah Singkat Operasi Plastik di Korea Selatan


Operasi plastik di Korsel mendapat pengaruh besar dari Amerika dan Eropa. Dokter asal Korea, Yoo Dae Juk ketika pulang belajar dari sana, menyadari pentingnya operasi plastik dan memperkenalkannya. Maka pada tahun 1966, didirikanlah Korean Society of Plastic Reconstuctive Surgeons. Bahkan pada tahun 1975, dibentuk kurikulum pendidikan untuk bidang operasi plastik secara profesional.

Dulu, oplas di Korsel hanya bisa dirasakan oleh orang kaya saja. Sekarang? Bahkan remaja pun bisa melakukan operasi plastik demi menunjang penampilan dan karier.

Hingga tahun 2017, tercatat sekitar 1.414 klinik operasi plastik terdaftar di Korea Selatan. Luar biasa, ya?emoticon-Smilie


2. Bukan Negara dengan Tingkat Operasi Plastik Terbanyak di Dunia


Meskipun sering di-judge sebagai negara oplas, nyatanya Korsel bukanlah negara dengan praktik oplas terbesar di dunia. Lantas, siapa?

Amerika Serikat, pelopor operasi plastik modern lah tempatnya. Dikutip travel.tribunnews.com, prosedur operasi plastik pada tahun 2017 mencapai 4 juta. AS menduduki peringkat pertama disusul Brazil di posisi kedua dan Jepang di posisi ketiga. Kaget? Ya, ane pun kaget sebenarnyaemoticon-Big Grin.

Meskipun begitu, prosedur operasi plastik Korea Selatan salah satu yang terbaik di dunia. Tingkat kesempurnaan hasilnya fantastis dan tak perlu diragukan lagi. Pusat klinik operasi plastik terbaik di sana dapat ditemukan di Gangnam Street, Kota Seoul.


3. Operasi Plastik Tuk Karier, Penampilan, dan Kebahagiaan


Bukan hoaks jika penampilan ialah hal terpenting di Korsel. Standar kecantikan orang Korsel ialah kulit putih, hidung mancung, mata besar, dan dagu runcing. Standar cantik yang turun menurun menjadi mindset sebagian besar masyarakat Korea Selatan. Hadirnya operasi plastik menjadi salah satu jalan pintas terbaik bagi mereka yang tak puas dengan bentuk wajah maupun bentuk tubuh.

Luar biasanya, operasi plastik di Korsel sering dijadikan hadiah dari orangtua ke anaknya pada hari ulang tahun ataupun ketika sang anak memperoleh nilai yang bagus di sekolah. Selain itu, perusahaan-perusahaan besar di Korea Selatan memang sangatlah memperhatikan penampilan karyawan maupun calon karyawan. Maka bagi mereka yang merasa di bawah standar, oplas jadi alternatif terbaik.

Intinya, penampilan ialah modal utama mendapatkan kebahagiaan dari berbagai aspek.


4. Punya Prosedur Oplas Paling Favorit


Terlahir dari Asia, ras mongoloid, dan memiliki satu lipatan kelopak mata alias sipit membuat masyarakat Korsel berbondong-bondong melakukan oplas pada kelopak mata mereka. Prosedurnya yakni dokter bedah memasukkan lipatan ke dalam kelopak mata sehingga mata terlihat lebih besar. Jadilah mata besar seperti orang Barat seperti standar kecantikan mereka.

Mayoritas pelanggan oplas double-eyelid ini ialah remaja karena prosedurnya yang ringan dan mudah.


Itulah beberapa fakta mengenai budaya operasi plastik di Negeri Ginseng yang selayaknya kita ketahui, tentunya dengan mempertimbangkan aspek positif dan negatifnya.

Jika disuruh memilih, lebih suka kecantikan alami yang terpancar dari hati atau kecantikan buatan? Apa pendapat Agan soal budaya "Oplas" ini? Silakan berdiskusi di kolom komentaremoticon-Smilie


Referensi : Dari berbagai sumber, Tenesia, viva.id, idntimes,
Diubah oleh mbakendut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
etaslim dan 28 lainnya memberi reputasi
25
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 7 dari 11
4 Fakta Budaya "Oplas" di Korea Selatan, No 2 Ngubah Stigma
06-12-2019 20:21
Quote:Original Posted By mbakendut

Plastik buat naruh makanan ituemoticon-Blue Guy Bata (L)


Atau plastik untuk pot bunga? Tapi hitem semua emoticon-Ngakak
profile-picture
mbakendut memberi reputasi
1 0
1
4 Fakta Budaya "Oplas" di Korea Selatan, No 2 Ngubah Stigma
06-12-2019 20:21
Untung ane terlahir di Indonesia, yang mindset masyarakatnya kalo pen cantik dari luar cukup skinker rutin doang kaga pake oplas emoticon-Ngakakemoticon-Betty
profile-picture
mbakendut memberi reputasi
1 0
1
4 Fakta Budaya "Oplas" di Korea Selatan, No 2 Ngubah Stigma
06-12-2019 20:27
Mbakendut ada rencana oplas gak? emoticon-Leh Uga
profile-picture
mbakendut memberi reputasi
1 0
1
4 Fakta Budaya "Oplas" di Korea Selatan, No 2 Ngubah Stigma
06-12-2019 20:32
no 2 ane rasa karena mereka kalah populasi
coba bawa persentase oplas/jumlah rakyat mungkin akan beda lagi rankingnya emoticon-Ngakak
profile-picture
mbakendut memberi reputasi
1 0
1
4 Fakta Budaya "Oplas" di Korea Selatan, No 2 Ngubah Stigma
06-12-2019 20:32
Quote:Original Posted By silent.stalker
THIS!!! di pesawat ke seoul yg ane naikin ada pramugari korea cakepnya gak masuk akal emoticon-Genit emoticon-Wowcantik
alhasil flight 7 jem ane ga tidur, ngeliatin doi mondar mandir emoticon-Ngakak


Yoi,sama bre,gw naik korean air, langsung takjub
0 0
0
4 Fakta Budaya "Oplas" di Korea Selatan, No 2 Ngubah Stigma
06-12-2019 20:34
wajah anaknya nnti ga bs membohongi wkwkwk
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
4 Fakta Budaya "Oplas" di Korea Selatan, No 2 Ngubah Stigma
06-12-2019 20:37
Kalau dah tuir tetap aja mengkerut













0 0
0
4 Fakta Budaya "Oplas" di Korea Selatan, No 2 Ngubah Stigma
06-12-2019 20:56
Susah bedain yg ori dr lahir sama modifan
0 0
0
4 Fakta Budaya "Oplas" di Korea Selatan, No 2 Ngubah Stigma
Lapor Hansip
06-12-2019 20:56
Balasan post rifqipain
tinggal di operasi jg lah. emoticon-Big Grin
0 0
0
4 Fakta Budaya "Oplas" di Korea Selatan, No 2 Ngubah Stigma
06-12-2019 21:06
Oh gitu toh....
Pantasan cantik2 dan ganteng2...
0 0
0
4 Fakta Budaya "Oplas" di Korea Selatan, No 2 Ngubah Stigma
06-12-2019 21:13
aduh misal kimpoi sama cewek korea
nanti anaknya lahir berupa tupperware pula
masih untung tupperware, kalo plastik kresek gimana
emoticon-Wakaka emoticon-Wkwkwk
0 0
0
4 Fakta Budaya "Oplas" di Korea Selatan, No 2 Ngubah Stigma
06-12-2019 21:26
Quote:Original Posted By mbakendut
Amankan pejwan


OMG emoticon-Mewekemoticon-Entahlah
0 0
0
4 Fakta Budaya "Oplas" di Korea Selatan, No 2 Ngubah Stigma
06-12-2019 21:34
tamvan dari lahir absen emoticon-Cool
0 0
0
4 Fakta Budaya "Oplas" di Korea Selatan, No 2 Ngubah Stigma
06-12-2019 21:39
kalo gw pengen operasi hati aja gan pengen gw lepas

lama dianggurin diobral juga gak ada yang demen
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0 0
0
4 Fakta Budaya "Oplas" di Korea Selatan, No 2 Ngubah Stigma
06-12-2019 21:50
Quote:Original Posted By liee
Ga kuat duit e


Mahal ya. Aku baca beberapa sumber paling murah 15 jutaemoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By biansyy
oplas owh pengen sih tapi gak deh


Ehemoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By mbak.far
aku bersyukur dengan pemberian Tuhan. alami lebih baik emoticon-Malu (S)


Alhamdulillahemoticon-Wowcantik

Quote:Original Posted By tombolasik
DNAnya juga ikut berubah ga ya ? sepertinya sih tetap, tapi ya ga tau juga siapa tahu ikut berubah


Gak berubah, Gan
0 0
0
4 Fakta Budaya "Oplas" di Korea Selatan, No 2 Ngubah Stigma
06-12-2019 21:52
Quote:Original Posted By hhendryz
..........................surem...tapi berhubung banyak felm2 moderen yang proyeksi soal teknologi cyborg dan tubuh artifisial...oplas bukanlah hal yang kelewat aneh....emoticon-Traveller


Teknolohi cyborg darimana tuh?emoticon-Matabelo

Quote:Original Posted By PneumonoCyclone
Ga pede sama ciptaan tuhan


Rawat dirilah

Quote:Original Posted By Satriawhisnu
Kalo meninggal susah terurai dan mencemari lingkungan. Apa didaur ulang?


Astaga. Itu sampah plastikemoticon-Leh Uga

Quote:Original Posted By disastah
Lucinta Luna?


Itu orang Indo, Ganemoticon-Leh Uga
0 0
0
4 Fakta Budaya "Oplas" di Korea Selatan, No 2 Ngubah Stigma
06-12-2019 21:53
Quote:Original Posted By arieokey
aah ane mah suka cewe asli aja dah


Siapemoticon-Kimpoi

Quote:Original Posted By riskyjahat
semua bias ane anti oplas...

apalagi Tzuyu, anti oplas oplas club dong ...

emoticon-Wagelasehemoticon-Wagelasehemoticon-Wagelasehemoticon-Wagelaseh
4 Fakta Budaya "Oplas" di Korea Selatan, No 2 Ngubah Stigma


Emang cantik sihemoticon-Wowcantik

Quote:Original Posted By brotherdjoe
terlintas dipikiran saya saat menyebut "korea"..adalah ....DOSA..
kenapa??yg ada hnyalah nafsu dan imajinasi tinggi,ibarat kata,apalah daya tangan tak sampai..
apa jadinya kalau seandainya saya operasi plastik???? mungkin yang baca ini akan jadi tergila gila..


Ehemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
0 0
0
4 Fakta Budaya "Oplas" di Korea Selatan, No 2 Ngubah Stigma
06-12-2019 21:55
Quote:Original Posted By doyanoncom
aish sayangnya setelah oplas, keturunannya tidak mengikuti kecantikan atau kegantengan ortu yang hasil oplas, tetap yang terjadi genetik yang berlaku


Betul, Gan. Oplas gak ngaruh ke genetis

Quote:Original Posted By VitaArkana
standarnya udah setinggi itu ya lama2 jadi budaya. bedanya sama orang kita, mau jelek bin kucel juga kalau duitnya buanyakkk ya berasa cantik/ganteng aja sih


Hem. Yang penting skincare-anemoticon-Kiss (S)

Quote:Original Posted By mrxianying
Bodo amat anjir mo muka macam mana juga. Asal tu cwe ttnya sesuai kriteria ane.


Anjayyemoticon-Ngakak (S)

Quote:Original Posted By Indriaandrian
menggoda sih, tapi ada kasus juga khan orangtuanya cakep hasil oplas, anaknya biasa aja. kalo di mari mah kasian anaknya bakalan di bully.


Dikira anak tetanggaemoticon-Big Grin
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
4 Fakta Budaya "Oplas" di Korea Selatan, No 2 Ngubah Stigma
06-12-2019 21:59
Quote:Original Posted By badatudu
Banyak laki hujat ciwi ciwi koriya oplas, tapi demen juga liat wajah cantiknya

Herman gw emoticon-Cape d... (S)


4 Fakta Budaya "Oplas" di Korea Selatan, No 2 Ngubah Stigma

emoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By roni.riyanto
Sebelum Nikah dengan cewek korea: "Anjir gua lelaki paling beruntung bisa punya istri secantik dia"

Setelah menikah lalu punya anak : "WTF napa muka anak gua kek gini deng!!?


Asal suami ganteng asli, mungkin saja anaknya bisa nurunin bapaknya, Ganemoticon-Big Kissemoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By anakjahanam721
gw gak perlu di operasi kertasemoticon-Cool
soalnya udah cantik, ehh ganteng maksudnyaemoticon-Cool


Siappemoticon-Matabeloemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
anakjahanam721 dan liee memberi reputasi
2 0
2
4 Fakta Budaya "Oplas" di Korea Selatan, No 2 Ngubah Stigma
06-12-2019 22:01
yg menghujat, tenang aja
kalo disodorin jg tetep dieue kan?
ahahahha emoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 7 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia