News
Batal
KATEGORI
link has been copied
159
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5de9df676df23113da07f489/yuk-intip-gaji-amp-kekayaan-ex-dirut-garuda--i-gusti-ngurah-askhara
Terbongkarnya penyelundupan Harley Davidson di Hangar 4 GMF Aeroasia memperlihatkan sisi kelam pengelolaan maskapai Garuda Indonesia. Skandal yang dilakukan I Gusti Ngurah Askhara Dhanasiputra alias Ari Akshara serta sejumlah direktur di bawahnya menunjukkan tak adanya empati terhadap kondisi perusahaan.
Lapor Hansip
06-12-2019 11:56

Yuk Intip Gaji & Kekayaan Ex. DirUt GARUDA |  I Gusti Ngurah Askhara

Past Hot Thread

Dirut Garuda Hidup Bermewah-mewahan, Tapi Punya Karyawan Sengsara


Terbongkarnya penyelundupan Harley Davidson di Hangar 4 GMF Aeroasia memperlihatkan sisi kelam pengelolaan maskapai Garuda Indonesia.

Skandal yang dilakukan I Gusti Ngurah Askhara Dhanasiputra alias Ari Akshara serta sejumlah direktur di bawahnya menunjukkan tak adanya empati terhadap kondisi perusahaan.

"Saya sangat sedih ketika kita ingin mengangkat citra BUMN, membangun kinerja BUMN, tapi kalau oknum-oknum di dalamnya tidak siap ini yang terjadi," ungkap Erick

Thohir dalam konferensi pers di Kementerian Keuangan, Kemarin (5/12/2019). Karena itu, ia tak hanya akan mencopot Ari Akshara dari jabatan direktur utama, tetapi juga merombak jajaran direksi dan menempatkan figur-figur baru yang profesional dan berintegritas.

Hal ini penting sebab skandal tersebut telah memperburuk reputasi Garuda usai kisruh rekayasa Laporan Keuangan tahun buku 2018 enam bulan lalu.

Apalagi, kondisi keuangan perusahaan juga tengah mengalami pemulihan setelah rugi 175,02 juta dolar AS atau setara Rp2,4 triliun. 

Bagaimana mungkin, di tengah efisiensi besar-besaran, para direksi beserta para istrinya pergi ke pabrik Airbus di Toulouse, Prancis, dan pulang fasilitas terbang gratis ferry-flight?

Direksi Dinilai Tak Manusiawi
Ikatan Awak Kabin Garuda Indonesia (Ikagi) mengapresiasi sekaligus mendukung tindakan tegas Menteri BUMN Erick Thohir atas rencana penggantian pimpinan tersebut.

Ari dianggap telah gagal mengelola memperbaiki pengelolaan perusahaan sejak dilantik pada September 2018. Ketua Umum Ikagi Zaenal Muttaqin mengatakan, kepemimpinan Ari Aksara adalah masa yang berat bagi para awak kabin.

Mereka harus bekerja ekstra keras untuk melayani penerbangan jarak-jauh pergi-pulang (pp). Akibat jadwal terbang yang panjang itu, sejumlah anggotanya bahkan sampai dirawatinapkan di rumah sakit.

Masalah ini juga sempat membuat Garuda mendapat teguran dari Kementerian Perhubungan lewat surat bernomor AU.402/0065/DKPPU/DJPU/IX/2019 yang diterbitkan awal September lalu.

Kemenhub menemukan adanya pelanggaran kelebihan jam kerja pramugari atau flight and duty time flight attendant terjadi empat kali sepanjang Agustus 2019 pada rute Denpasar-Kualanamu-London, dan sebaliknya.

"Jadwal terbang ini tidak manusiawi dan jam kerja awak kabin belum diatur dalam UU perhubungan, artinya awak kabin harus mengacu kepada UU nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan yaitu depalan jam dalam satu hari. Bukan 14-18 jam per hari," ujarnya saat dihubungi Tirto.

Selama jadwal penerbangan jarak jauh, lanjut Zaenal, awak kabin juga tak mendapatkan penginapan, travel allowance hingga laundry. Semua itu dilakukan demi efisiensi agar beban kerugian yang ditanggung perusahaan bisa ditekan.

Padahal, pelanggaran tersebut dapat berdampak pada turunnya penilaian safety level di Indonesia. "Periode Ari Askara Dirut, nasib awak kabin diperas atau dijadikan panggung kemewahan bagi Dirut tapi menyengsarakan awak kabin," tuturnya.

Gaji Direksi & Awak Kabin
Ari juga dinilai tak adil lantaran tak kunjung memenuhi tuntutan Ikagi untuk memperbarui perjanjian kerja bersama (PKB) yang telah diajukan sejak tahun lalu.

Perjanjian itu, sebut Zaenal, penting dasar dalam menjalankan hubungan industrial. Salah satunya, dalam hal penetapan struktur upah serta batasan umur pensiun. 

Terlebih, sejak di Peraturan Pemerintah nomor 78 tahun 2015, Garuda belum membuat struktur skala upah sampai saat ini. Upah untuk awak kabin Garuda hanya terdiri dari gaji pokok yang sesuai dengan Upah Minimum Provinsi (UMP) serta tunjangan tidak tetap.

"Tunjangan tidak tetap itu berupa tugas terbang. Besarannya tergantung jam terbang awak kabin dalam sebulan," pungkasnya. Di sisi lain, gaji yang dinikmati sebagai petinggi perusahaan cukup besar.

Quote:Dalam laporan keuangan Garuda Indonesia tahun 2018, remunerasi atau gaji untuk delapan orang direksi mencapai 2.145.575 dolar AS atau sekitar Rp30.123.030.000 per tahun.

Artinya, dalam satu tahun, rata-rata gaji direksi maskapai pelat merah itu mencapai Rp3,7 miliar. Sementara awak kabin Garuda, dengan UMP Tangerang sebesar Rp4,1 juta, hanya punya pendapatan rata-rata Rp6-8 juta per bulan atau di bawah Rp100 juta dalam setahun.


Lantaran itu pula lah, Ikagi menggugat manajemen perusahaan ke Pengadilan Hubungan Industrial Jakarta Pusat pada Rabu (4/12/2019) lalu. Setiap karyawan, menurut Zaenal, berhak menuntut komitmen perusahaan dalam PKB demi menjamin transparansi serta perlakuan yang adil sesuai amanat UU no 13 tahun 2003 .

Selain persoalan upah, mereka menuntut adanya kepastian jam kerja dan penjadwalan terbang termasuk grounded, penghargaan awak kabin sebagai profesi laiknya Pilot, hingga status hubungan kerja awak kabin yang dalam beberapa kasus bukan pekerja tetap.
Sumber


MENGHITUNG KEKAYAAN ARI ASKHARA, SANG DIRUT GARUDA INDONESIA


Yuk Intip Gaji & Kekayaan Ex. DirUt GARUDA |  I Gusti Ngurah Askhara

Berita heboh tentang pelaporan seorang Youtuber bernama Rius Vernandes oleh pihak Garuda Indonesia karena dianggap memunculkan persepsi negatif atas layanan Garuda Indonesia dengan mengunggah menu di penerbangan kelas bisnis Garuda Indonesia yang ditulis tangan ternyata masih terus menjadi bahan perbincangan bagi banyak orang.

Banyak yang membela Rius, sebab apa yang dilakukannya dianggap sebagai hal yang wajar dan sama sekali tidak punya tendensi untuk merendahkan Garuda Indonesia.

Simpati pada Rius semakin besar tatkala Garuda Indonesia memutuskan untuk mengeluarkan aturan baru yakni melarang penumpang untuk mengambil gambar dan video selama penerbangan di dalam pesawat.

Insiden tersebut mau tak mau kemudian ikut berpengaruh pada sosok Ari Askhara, Dirut Garuda. Ia dianggap sebagai orang yang paling bertanggung jawab atas kekisruhan yang menyeret Garuda Indonesia beberapa waktu terakhir ini.

Nah, seperti biasa, untuk semakin memanaskan lantai dansa, Mojok tertarik untuk ikut membahas tentang Ari Askhara. Tentu saja dari pendekatan kekayaan. Memangnya apa lagi?

Oke, mari kita jlentrehkan.

Ari Askhara punya nama lengkap I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra. Lelaki kelahiran 13 Oktober 1971 ini adalah sosok yang boleh dibilang sudah malang-melintang dalam dunia per-BUMN-an dan per-maskapai-an.

Sebelum menjadi direktur Garuda Indonesia, ia sempat berkarir di banyak perusahaan. Ia sempat juga merangkap jabatan sebagai komisaris utama Sriwijaya Air sebelum akhirnya mengundurkan diri karena dinilai bisa melanggar aturan dengan berpotensi memantik usaha monopoli jasa penerbangan.

Kariernya di dunia bisnis sangat panjang.

Setelah lulus dari FE UGM tahun 1994, dia bergabung bersama Bank Ekspor Impor Indonesia yang kelak menjadi Bank Mandiri.

Dia bekerja di sana selama 11 tahun (sampai 2005) dengan jabatan paling tinggi sebagai Assistan Vice Presiden
Dari 2005-2014, dia pindah ke beberapa perusahaan multinasional di antaranya Deutsche Bank (Vice President), Barclays Investment Back (Direktur), Petrosand (Direktur Keaungan) dan ANZ Bank (Head of Natural resources Indonesia) sebelum akhirnya berlabuh ke Garuda.

Di Garuda Indonesia, sebelum akhirnya menjabat sebagai Dirut menggantikan Pahala N Mansury, Ari menjabat sebagai direktur keuangan dan manajemen risiko.

Belakangan nama Direktur Garuda ini kembali ramai diperbincangkan setelah membenarkan larangan (yang sekarang sudah diganti menjadi imbauan) penumpang untuk tidak mengambil foto dan video di dalam pesawat.

Menurutnya, imbauan tersebut untuk menjaga ketertiban kabin pesawat, menunjang keselamatan operasi penerbangan, kelancaran pelayanan selama penerbangan, dan menghormati hak-hak penumpang.

Nah, itulah sekilas tentang parjalanan karier Ari Askhara.

Sekarang, mari kita kupas kekayaannya.

Berdasarkan laporan harta kekayaan pejabat negara tahun 2017, Ari diketahui punya banyak aset, di antaranya adalah tanah dan bangunan.
Ia tercatat setidaknya punya 8 petak Tanah dan bangunan yang semuanya tersebar id banyak daerah, antara lain Depok, Bogor, Jakarta Timur, Buleleng, Denpasar, dan Gianyar.

Nilai total aset tanah dan bangunannya ini mencapai Rp18,4 Miliar.

Kemudian ada aset harta bergerak berupa kendaraan.  Ari diketahui mempunyai beberapa kendaraan berupa mobil Mistubishi Pajero Sport, Mazda 6, dan Lexus Minibus.
Totalnya nilai aset kendaraannya ini mencapai Rp1,6 Miliar.

Nah, harta lainnya adalah berupa harta bergerak berupa giro atau setara kas lainnya, nilai asetnya ini diketahui mencapai Rp9,3 Miliar.

Quote:Jika ditotal semuanya, nilai seluruh kekayaan Ari Askhara adalah sebesar Rp29,3 miliar.


Mantaaaaaaap..emoticon-2 Jempol


Sumber

Info Laen..
Yuk Intip Gaji & Kekayaan Ex. DirUt GARUDA |  I Gusti Ngurah Askhara


profile-picture
profile-picture
profile-picture
kawakibi dan 22 lainnya memberi reputasi
21
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 9
Yuk Intip Gaji & Kekayaan Ex. DirUt GARUDA |  I Gusti Ngurah Askhara
06-12-2019 20:02
kira2 kenapa menteri sebelumnya"anak emas" ini orangemoticon-Bingung (S)
profile-picture
rob.pedro memberi reputasi
1 0
1
Yuk Intip Gaji & Kekayaan Ex. DirUt GARUDA |  I Gusti Ngurah Askhara
Lapor Hansip
06-12-2019 20:02
Balasan post jhonthor501
Quote:Original Posted By jhonthor501


Iye sih Gan..
Btw..
Gaji ane 30Jt/bln emoticon-Malu

Ane "JAJAN" 1Jt/hr emoticon-Hammer2

Habis juga Gan emoticon-Turut Berduka


anjrit emoticon-Ngakak
0 0
0
Yuk Intip Gaji & Kekayaan Ex. DirUt GARUDA |  I Gusti Ngurah Askhara
06-12-2019 20:03
Konyol bandingin gaji profesional sama kru. Ga bakalan nyampe logikanya karena pikiran beda.


Tapi emang keparat sih kalo selundupin barang yang jadi hobby dia.


0 0
0
Yuk Intip Gaji & Kekayaan Ex. DirUt GARUDA |  I Gusti Ngurah Askhara
06-12-2019 20:06
yang lagi viral nih. dimana-mana liatnya berita ini doank
0 0
0
Yuk Intip Gaji & Kekayaan Ex. DirUt GARUDA |  I Gusti Ngurah Askhara
06-12-2019 20:07
emoticon-Ngakak dah
setelah Hasibuan dengan travel 1st sekarang ini lagi ,gaya hidup di negara ini memang rusak parah
0 0
0
Yuk Intip Gaji & Kekayaan Ex. DirUt GARUDA |  I Gusti Ngurah Askhara
06-12-2019 20:09
makin kesini makin kebongkar semua nih boroknya emoticon-Coblosemoticon-Wakaka
0 0
0
Yuk Intip Gaji & Kekayaan Ex. DirUt GARUDA |  I Gusti Ngurah Askhara
06-12-2019 20:12
TS ngapain campur2 beritaemoticon-Lempar Bataemoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Lempar Bataemoticon-Blue Guy Bata (L)

Ini orang sudah kaya, masih niat ngentit ajaemoticon-Lempar Bataemoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Lempar Bataemoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Lempar Bata
0 0
0
Yuk Intip Gaji & Kekayaan Ex. DirUt GARUDA |  I Gusti Ngurah Askhara
Lapor Hansip
06-12-2019 20:12
Balasan post sutarjo65
Quote:Original Posted By sutarjo65


Ada kemampuan yg harus dikuasai oleh Leader atau manager
- Interpersonal skill
- Managerial skill
- Communication skill
- Tekhnical Skill

Sangat mungkin dan bisa.. di perusahaan tempat ane kerja dulu ada Direktur lulusan SMP doang.. perusahaan jaringan ritel Nasional exist sampe sekarang.. waktu ane br masuk belio usia 40thn an thn 1999..

Niti karier dr Salesman.. tp belio master nya sistem perusahaan, ngak ada sistem baru yg bs dijalankan kalok ngak ada Acc belio..

Di dunia kerja semua mungkin..


gak mesti 4 4 nya juga ahli biar bisa jadi manager sejauh yang gw tau

karena selama gw dikapal, yang sering gw dapet bos yang bisanya komunikasi aja (udah 3 orang. 1 emang lulusan humas, kalo 2 orang ini emang niti karirnya dari front desk agent hotel, makanya komunikasi lancar, gw gak tau pendidikannya) ama skillnya mantep komunikasinya payah (2 orang, 1 orang jambi satu lagi orang india, dan 2 2 nya kalo briefing selalu simple : get the job done, no drama. simpel kan? emoticon-Big Grin)








intinya asal 1 udah di masterin, bisa naik pangkat entah team leader, supervisor, assistant manager or managernya langsung....
profile-picture
sutarjo65 memberi reputasi
1 0
1
Yuk Intip Gaji & Kekayaan Ex. DirUt GARUDA |  I Gusti Ngurah Askhara
Lapor Hansip
06-12-2019 20:14
Balasan post sutarjo65
udar yg pns aja nyampek 40 M kalau gak salah ...gimana dgn petinggi bank2 papan atas bukan kelas bawah lagi loh ....tp ya emang balik ke gaya hidup duit segitu banyak kalau gayahidup borjuis ya bakalan kurang ...c
profile-picture
sutarjo65 memberi reputasi
1 0
1
Yuk Intip Gaji & Kekayaan Ex. DirUt GARUDA |  I Gusti Ngurah Askhara
06-12-2019 20:15
Asu celeng isine maling kabeh

Pejuhhhh pejuh
0 0
0
Yuk Intip Gaji & Kekayaan Ex. DirUt GARUDA |  I Gusti Ngurah Askhara
06-12-2019 20:19
Bnyk pemimpin yg tamak kyk gini nih...
0 0
0
Yuk Intip Gaji & Kekayaan Ex. DirUt GARUDA |  I Gusti Ngurah Askhara
06-12-2019 20:23
Patut diusut nih
0 0
0
Yuk Intip Gaji & Kekayaan Ex. DirUt GARUDA |  I Gusti Ngurah Askhara
06-12-2019 20:23
Ga pernah puas ini manusia, tapi anehnya ga mau ngeluarin duit buat bayar pajak

Kalau mau bayar aja, mungkin ga akan muncul kasus begini

emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Yuk Intip Gaji & Kekayaan Ex. DirUt GARUDA |  I Gusti Ngurah Askhara
06-12-2019 20:25
udah kaya masih selundupin harley?
0 0
0
Yuk Intip Gaji & Kekayaan Ex. DirUt GARUDA |  I Gusti Ngurah Askhara
06-12-2019 20:25
OMG, Wow
0 0
0
Yuk Intip Gaji & Kekayaan Ex. DirUt GARUDA |  I Gusti Ngurah Askhara
06-12-2019 20:28
rasa ingin itu emang nggk ada batas. kalau ada batas, nggk bakalan ada kehidupanemoticon-Ngakak
0 0
0
Yuk Intip Gaji & Kekayaan Ex. DirUt GARUDA |  I Gusti Ngurah Askhara
06-12-2019 20:29
Quote:Original Posted By awanmendung
udar yg pns aja nyampek 40 M kalau gak salah ...gimana dgn petinggi bank2 papan atas bukan kelas bawah lagi loh ....tp ya emang balik ke gaya hidup duit segitu banyak kalau gayahidup borjuis ya bakalan kurang ...c


Nah itu.. sangat ngak masuk akal yg level jauh dibawah aja bs ngumpulin 40M, masa direksi BUMN (bukan BUMD) cuman 30M?

Mau pencitraan spy dianggap bersih..
Tp dia lupa rakyat punya latar belakang yg beragam..
Yg latar belakang mantan Audit macam ane yg lsg tau ada yg ngak wajar.. terlalu kecil nya extreem..
Yg paling kuat penciumannya ya Auditor Akuntan Publik..

Mantan Auditor BPK lain lg nyiumnya.. nyium peluang buat ngerjain tuh org.. wkwkwk
0 0
0
Yuk Intip Gaji & Kekayaan Ex. DirUt GARUDA |  I Gusti Ngurah Askhara
06-12-2019 20:34
Diduga punya pramugari pribadiemoticon-Ngakak
0 0
0
Yuk Intip Gaji & Kekayaan Ex. DirUt GARUDA |  I Gusti Ngurah Askhara
06-12-2019 20:34
ngeri sekali sthun aja auto kaya wkkwkwkw
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Yuk Intip Gaji & Kekayaan Ex. DirUt GARUDA |  I Gusti Ngurah Askhara
06-12-2019 20:39
Quote:Original Posted By Abc..Z
gak mesti 4 4 nya juga ahli biar bisa jadi manager sejauh yang gw tau

karena selama gw dikapal, yang sering gw dapet bos yang bisanya komunikasi aja (udah 3 orang. 1 emang lulusan humas, kalo 2 orang ini emang niti karirnya dari front desk agent hotel, makanya komunikasi lancar, gw gak tau pendidikannya) ama skillnya mantep komunikasinya payah (2 orang, 1 orang jambi satu lagi orang india, dan 2 2 nya kalo briefing selalu simple : get the job done, no drama. simpel kan? emoticon-Big Grin)








intinya asal 1 udah di masterin, bisa naik pangkat entah team leader, supervisor, assistant manager or managernya langsung....


Nah agan tau sendiri jawabannya.. 1 dikuasai sampe tingkat dewa udah cukup buat melejitkan karier..
Apalagi yg nguasain 2.. paling umum bs 2 aja udh hebat banget.. 3-4 hanya dialam dongeng..

Makanya ngak perlu apriori atas karier melejit seseorang di usia muda.. anggap aja merintis kariernya bersih..
0 0
0
Halaman 5 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia