• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Pengen Motor Tetap Nyaman Dikendarai, Tipsnya Cuma Perhatikan 3 Bagian Ini

OdlevaAvatar border
TS
Odleva
Pengen Motor Tetap Nyaman Dikendarai, Tipsnya Cuma Perhatikan 3 Bagian Ini
Masyarakat Indonesia memilih motor sebagai alat mobilisasi sehari-hari. Ada yang dipakai untuk transportasi kerja, ada juga yang kerja menggunakan motor.

Pemakaian motor sehari-hari tentu dapat memperpendek usia komponen yang ada di sana. Apalagi untuk part fast moving yang memang selalu mendapatkan perhatian tiap berapa kilo sekali.



Yang pertama jelas, oli mesin harus selalu rutin diganti sesuai anjuran di buku panduan. Perangkat rem juga selalu diperhatikan, karena perangkat rem ini sangat krusial jika mengalami kerusakan apalagi menyangkut masalah keselamatan.

Namun selain itu ternyata ada beberapa part yang harus selalu diperhatikan secara berkala loh, yang jelas untuk keawetan motor dan juga kenyamanan.

Menurut mekanik Technical Service Function, Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) menjelaskan jika ada tiga unsur penting untuk kenyamanan dan keamanan berkendara di sepeda motor yang harus selalu diperhatikan.




Yang pertama adalah komstir. Jika komstir mengalami masalah maka akan menimbulkan bunyi yang aneh ketika direm. Hal itu disebabkan karena terjadi pengendoran dan perlu disetel ulang.

Sedangkan ciri-ciri komstir yang sehat, ketika motor distandar dua kemudian setang dibelokkan ke kanan dan ke kiri harusnya bergerak lancar tidak berat ataupun seret.

Yang kedua adalah komponen shockbreaker. Kalau komponen ini sudah jangan ditanya lagi, banyak orang cari motor salah satu faktor utamanya adalah kenyamanan dan kenyamanan tersebut bisa dirasakan melalui karakter shockbreaker di sebuah motor.



Jika kondisi shock masih sehat, maka memiliki tingkat rebound atau memantul yang baik. Kalau rasanya sudah keras atau rebound tidak baik maka perlu dicurigai ada kebocoran pada shockbreaker.

Adanya rembesan oli di bagian shock sudah jelas dipastikan shock mengalami kebocoran, biasanya kondisi ini dapat terjadi ketika melewati jalanan berdebu, hujan dan tidak segera membersihkan batang shock karena kotorannya dapat menggores permukaan yang berdampak sil bocor.



Terakhir adalah bearing roda. Part ini kalau rusak sangat mengganggu dan mengurangi rasa kenyamanan berkendara. Biasanya jika bearing roda rusak efeknya roda bisa lari ke kanan dan ke kiri tidak stabil.

Coba deh cek motor kamu, kira-kira ada tanda-tanda seperti diatas gak? Jangan capek perhatikan kondisi motor ya.

Referensi : tmcblog.com(26/11/2019).
tahubulatgury12
nona212
tien212700
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.