mr. gadgetAvatar border
TS
mr. gadget
Apa Sih Bedanya Samsung Galaxy A30s dengan A50s?

Pernah ga sih gan,,, ngelihat atau mengamati suatu produk gadget dengan memiliki kemiripan? Pasti pernah dong.... ?emoticon-Big Grin. Kemiripan itu tak hanya dari segi tampilan saja lhoo, namun dari segi spesifikasi yang pada akhirnya juga bikin beda harga yang dijual. Beberapa waktu lalu, Samsung kembali menambah keluarga A Series dengan mengeluarkan Samsung Galaxy A10s | A20s | A30s | A50s. Beberapa tipe seperti Galaxy A30s | A50s jadi smartphone kelas menengah namun juga dibekali dengan fitur dan teknologi mewah. Khusus kali ini, ketemu lagi dengan drumss yang sudah lama tak menampakkan dirinya untuk berbagi kabar dari dunia gadget. Kesempatan kali ini ane bakal ngajak Kaskuser buat ngulik untuk Samsung Galaxy A30s dan A50s, karena kalau kita simak sekilas nih hp bagaikan pinang dibelah dua, mirip semirip-miripnya! 


Eits.. tapi apakah ini benar-benar mirip.. yuk mari kita bandingkan sisi demi sisi biar agan yang lagi bingung pilih bisa dapetin pencerahan. Samsung Galaxy A30s | A50s menjadi ponsel middle class yang menggiurkan nih gan.. meskipun masuk dalam kategori A Series, tetapi dua ponsel ini punya beberapa perbedaan .. diantaranya :..  

Perbedaan Samsung Galaxy A50s dan A30s

RAM, RAM & Prosesor


Besaran RAM dan prosesor punya andil besar untuk menyuguhkan performa maknyus. Untuk Galaxy A50s yang ane coba, menggunakan prosesor quad core sebesar 2.3GHz, 1.7GHz agar performa ketika nge-game mulus. Kemudian tersedia juga pilihan memori internal 64 GB (untuk varian RAM 4GB) dan 128 GB (untuk varian RAM 6GB) guna menampung game dan berbagai file. Berikut barbuk alias barang bukti ane mainin COD di Galaxy A50s.Sementara untuk Galaxy A30s menggunakan prosesor sebesar 1.8GHz, 1.6GHz dengan tipe CPU Type Octa-Core yang dipadukan dengan RAM 4 GB dan ROM sebesar 64 GB yang bersahabat untuk menyimpan file dan dokumen.

Layar


Secara inci memang kedua ponsel ini sama sama memiliki 6.4 inch full rectangle / 6.2 inch rounder cornder dengan kualitas layar yang ada pada A30s HD+ sAMOLED, sementara untuk Galaxy A50s lebih bening dengan kualitas layar FHD+ sAMOLED. Tapi secara keseluruhan memang ada perbedaan dari segi luas layar hingga ke tepinya. Untuk Galaxy A50s memiliki 162.1 mm dan sementara untuk Galaxy A30s lebih sempit sedikit, dengan yaitu memiliki luas 162.0 mm.

Kamera


Samsung Galaxy A50s atau A30s sama-sama memiliki kamera utama berkonsep triple camera. Apabila Galaxy A30s dibekali dengan lensa sebesar 25MP sebagai lensa utama, 8MP sebagai dept sensor lens, dan 5 MP sebagai wide angle, maka Galaxy A50s punya spek yang lebih tinggi. Samsung Galaxy A50s dibekali lensa 48MP sebagai lensa utama, 5MP yang difungsikan sebagai depth sensor, dan lensa 8 MP sebagai ultra wide angle. Sementara kalau ngelihat desainnya, kamera belakang Galaxy A50s memang juga dilengkapi dengan LED Flash yang akan membantu pencahayaan ketika foto diruangan gelap ataupun menjepret pada kondisi malam hari. Sementara untuk kamera depannya menggunakan lensa sebesar 32MP biar akan makin puas kalau selfie/wefie. Ngelhat dari spek kamera, sudah dipastikan kalau Galaxy A50s memiliki hasil jepretan yang lebih cakep, bening, hasil foto yang lebih jelas ketimbang A30s. Nah, kalau agan sendiri lebih tertarik sama Galaxy A50s atau A30s, Gan?


Harga


Secara spek memang udah beda gan, dan pasti pula bakal berpengaruh ke segi harga. Samsung Galaxy A50s dijual Rp. 4.099.000 untuk varian 4/64GB, sementara untuk varian 6/128GB dipatok harga Rp. 4,899.000. Sementara kalau Samsung Galaxy A30s dijual seharga Rp 3.299.000 pada RAM 4 GB dan ROM 64GB. Nah, kebetulan lagi ada promo tuh gan! Jadi kalau agan memboyong Galaxy A50s, maka agan bakal dapetin cashback 200,000. Lumayan baget kan??? emoticon-Cool


Persamaan Samsung Galaxy A50s dan A30s

AI Gaming Booster

Baik Galaxy A50s ataupun A30s punya persamaan nih gan, yaitu sama-sama masuk dalam keluarga A Series. Lalu untuk fitur, tentunya kedua ponsel ini sama-sama sudah dibekali dengan AI Gaming Booster. Kebetulan ane sudah menjajal kedua ponsel tersebut nih gan,  memainkan game COD menggunakan Galaxy A50s yang secara performa ngacir terbantukan oleh AI Gaming Booster. Fitur berbasis AI ini berjalan dengan mengenali tipe permainan yang sedang dimainkan oleh pengguna. Nantinya, perangkat ini pun akan secara otomatis mengoptimalkan performa pemakaian baterai, suhu perangkat, dan pastinya juga dalam hal pengalokasian memori/RAM. Berikut ane sertakan penampakan dari yang namanya AI Gaming Boosterdi Samsung Galaxy A50s. 


Baterai

Baterai jadi salah satu faktor pertimbangan seseorang akan membeli sebuah smartphone, makin banyaknya aktivitas maka orang pun juga cenderung memilih ponsel dengan mAh yang lebih besar. Harapannya, sih biar bisa awet dan berlama-lama pake smartphone tersebut. Untuk Samsung Galaxy A50s dan A30s punya persamaan, yaitu sama-sama memiliki baterai sebesar 4000 mAh yang memungkinkan smartphone bisa bertahan lama. Selain itu, urusan baterai pun juga sudah tersemat fitur fast charging dengan voltase 15W, sehingga agan sista tak butuh waktu lama saat isi nge-charge.

Itulah ulasan perbedaan dan antara Samsung Galaxy A50s dan A30s, yang kalau dari segi spesifikasi terdapat beberapa perbedaan yang tentunya sesuai dengan harga yang ditawarkan. Kalau menurut ane sih gan, ane jatuh cinta sama Samsung Galaxy A50s dengan spesifikasi RAM 6 / ROM 128GB, jadi kalau pas jalanin atau install banyak aplikasi/game tetap aman. Tapi kembali ke kebutuhan dan kantong agan sista masing-masing, silakan pilih mau Samsung Galaxy A30s atau A50s  emoticon-2 Jempol

Sekian sharing dari ane gan, semoga bermanfaat dan kalau ada pertanyaan tentang Samsung Galaxy A30s | A50s, tinggal tinggalin jejak aja di kolom komentar. Ane Tungu Komengnya Gan... emoticon-Shakehand2


seabiscuit
NadarNadz
zharki
zharki dan 13 lainnya memberi reputasi
14
222.7K
88
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet
icon
10.8KThread8.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.