jiuguiAvatar border
TS
jiugui
Survei OECD, Pelajar China Paling Cerdas di Dunia



 Hasil survei Program Penilaian Pelajar Internasional, PISA, yang diselenggarakan OECD menyebutkan, pelajar China memiliki kemampuan membaca, matematika, dan ilmu pengetahuan melampaui 79 negara yang disurvei.
Menurut OECD, Organisasi Pembangunan dan Kerja Sama Ekonomi, survei tiga tahunan ini menilai sekitar 600 ribu pelajar usia 15 tahun. Hasil survei PISA menyebutkan, empat provinsi di China yakni, Beijing, Shanghai, Jiangsu dan Zhejiang unggul di bidang ilmu pengetahuan dan matematika.

Dalam kemampuan membaca, 10 persen pelajar di China  menunjukkan hasil tesnya lebih baik daripada rata-rata anggota OECD.
Sementara pelajar-pelajar dari negara-negara OECD mengalami peningkatan pengeluaran untuk pendidikan dasar dan menengah sebesar lebih dari 15 persen dalam satu dekade terakhir. Namun performanya tidak mengalami perubahan berarti. 

"Ini mengecewakan bahwa kebanyakan negara-negara OECD terlihat secara virtual tidak ada peningkatan performa siswa mereka sejak PISA pertama kali mengadakan ini tahun 2000," kata Angel Gurria, Sekretaris Jenderal OECD sebagaimana dilaporkan The Star dan South China Morning Post, 3 Desember 2019.
Survei ini menunjukkan kemampuan pelajar-pelajar China berada di atas Singapura, Macau, Hong Kong, Taiwan, Malaysia, Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Australia dan Kanada.

Menurut Gurria, para pelajar di empat provinsi yang dinilai dalam survei ini tidak mencerminkan Cina keseluruhan. Hanya saja, ukuran dan bentuknya sebanding dengan negara OECD.
"Apa yang membuat prestasi mereka lebih luar biasa adalah tingkat pendapatan empat wilayah China itu jauh di bawah rata-rata OECD. Kualitas sekolah mereka hari ini akan memberi kekuatan ekonomi mereka esok," ujar Gurria.


https://dunia.tempo.co/read/1279686/.../full&view=ok
Diubah oleh jiugui 04-12-2019 01:12
adekmanja69
arofi13
anasabila
anasabila dan 15 lainnya memberi reputasi
14
4.5K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar Negeri
icon
78.8KThread10.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.