cattleyaonly
TS
cattleyaonly
Galakan yang Ngutang, Mitos atau Fakta?


Quote:

Terkadang menjadi seorang teman itu harus makan buah simalakama, saat teman kita memohon diberi pinjaman uang. Dikasih salah, gak dikasih kok tega, apalagi jika kita punya kelebihan uang. Namun, tak sedikit dari masalah hutang piutang ini yang tadinya kawan bisa menjadi lawan, apalagi jika keduanya sama-sama keras dalam pendirian masing-masing.

Banyak sekali curhatan di sosmed tentang sulitnya menagih hutang. Saat meminta pinjaman 'menyembah-nyembah' tapi saat ditagih menjadi pongah bahkan ada juga yang malah galak. What the?

Bagaimana jika yang berhutang itu keluarga sendiri, seperti kakak, adik, paman dan bibi di saat kondisi kita sama-sama telah berkeluarga? Menagih uang kepada mereka dengan keras salah, dihalusin slow hutangnya gak dibayar-bayar, padahal kita sedang membutuhkan untuk keperluan keluarga inti juga. Ini bisa membuat orang menjadi stress.

Kalau menurut ane sih, hutang itu sebaiknya dibuat tanda terima hitam di atas putih untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan sebagai bukti apabila kelak ada masalah, meskipun itu keluarga yang berhutang. Ini bukan masalah percaya atau tidak percaya, malah menurut ane bisa menghindari maslah di kemudian hari. Banyak orang yang akhirnya hanya pasrah ketika sanak familinya berhutang banyak dan tidak mau bayar, padahal dia sendiri butuh. Dikarenakan tidak ada bukti yang tertulis. Ini justru malah menimbulkan hubungan yang tidak harmonis dalam keluarga besar.

Kalau Agan dan Sista, bagaimana menyisati agar hutang piutang tidak menjadi masalah yang runyam?

Khusus untuk orang tua, menurut ane tidak ada orang tua berhutang kepada anak, yang ada anak yang berhutang pada orang tua. Jika orang tua kita sampai berhutang sedangkan kita sangat mampu harusnya sebagai anak kitalah yang malu karena tidak bisa menjamin kesejahteraan hidup orang tua kita di  masa tuanya.

Di sisi lain, susahnya dalam menagih hutang menginspirasi orang-orang membuat sindiran-sindiran berupa meme. Entah dengan mengunggah sindiran itu di akun medsosnya akan membuat si penghutang sadar dan bayar hutangnya atau tidak. Namun mungkin setidaknya mereka telah mengeluarkan uneg-uneg


Berikut ini sederet meme yang lucu tentang hutang.
1


2


3


4


5


6


7


8


9



Sumber:
Opini pribadi
Di sini
https://m.zonaseru.id/artikel/ngakak...ng-punya-utang
Diubah oleh cattleyaonly 02-12-2019 02:23
berdjayapku999999999tien212700
tien212700 dan 38 lainnya memberi reputasi
39
20.3K
131
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.