noissAvatar border
TS
noiss
Fakta Pesawat Baru Garuda yang Bawa Brompton dan Harley Selundupan

Pesawat Garuda Indonesia Airbus A330-900 Neo.


Pembeli menjajal sepeda Brompton di outlet ritel di Yokohama, Jepang. Foto: AFP/YOSHIKAZU TSUNO

4 Desember 2019

Ditjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan memastikan adanya 18 kotak selundupan yang dibawa melalui pesawat baru Airbus A330-900 Neo milik Garuda Indonesia.

Kasubdit Komunikasi Dan Publikasi Bea Cukai Deni Surjantoro menegaskan, 18 kotak itu milik penumpang VIP yang ikut dalam pendaratan pertama Airbus baru Garuda tersebut.

"Itu punya penumpang VIP on board. Bisa manajerial, manajemen, itu kan pesawat baru. Bukan penumpang biasa," ujar Deni kepada kumparan, Selasa (3/12).
Menurutnya, 18 kotak selundupan tersebut terdiri dari 15 kotak yang berisi spare part motor Harley Davidson bekas dan sisanya merupakan unit sepeda lipat baru merek Brompton. Seluruh kotak itu diperiksa Bea Cukai pada 17 November 2019.

"Itu kita periksa 17 November 2019, pesawatnya tipe Airbus A 330-900 Neo," katanya.

Deni memastikan, sepeda lipat baru Brompton itu bisa masuk ke wilayah Indonesia, namun harus menyelesaikan kepabeanannya. Sementara untuk komponen bekas Harley Davidson dipastikan tak boleh dibawa penumpang.

"Yang enggak boleh itu bawa barang bekas. Kalau barang baru itu, misalnya Brompton itu, harus selesaikan kepabeanannya. Kalau bekas, pasti enggak boleh, biasanya bekas itu dikuasai negara," jelasnya.

Berikut kumparan merangkum fakta soal Harley dan Brompton di pesawat Garuda yang perlu pembaca tahu:

1. Barang Bukan Milik Bos Garuda

Di dalam manifest yang diterima kumparan, Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara atau Ari Askhara masuk ke dalam daftar penumpang pesawat baru Garuda Indonesia, Airbus A330-900 Neo yang terbang dari pabrikan Airbus di Toulouse, Prancis pada 16 November 2019, kemudian mendarat keesokan harinya di area GMF Bandara Soetta.

Keberadaan Ari di pesawat itu menimbulkan isu liar. Desas-desus yang menyudutkan Ari mencuat. kumparan mencoba mengklarifikasi kabar liar yang menyebut barang itu miliknya dengan menanyakannya ke Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia, M Ikhsan Rosan. Dengan tegas Ikhsan membantah isu itu.


Corsec Garuda Indonesia, Ikhsan Rosan Foto: Yuana Fatwalloh/kumparan

"Bukan," tegas Ikhsan kepada kumparan, Selasa (3/12).

Corsec Garuda Indonesia, Ikhsan Rosan Foto: Yuana Fatwalloh/kumparan

Ikhsan menyebut barang jenis suku cadang Harley Davidson dibawa oleh salah satu karyawan Garuda Indonesia.
Apa yang disampaikan Ikhsan sejalan dengan laporan Bea Cukai, inisial karyawan Garuda Indonesia tersebut adalah SAW.

"Sparepart yang dibawa oleh karyawan yang onboard dalam pesawat tersebut juga telah melalui proses kepabeanan di Delivery Center Airbus di Toulouse," ungkap Ikhsan.
Ikhsan juga menegaskan, penumpang VIP yang membawa barang tersebut sebetulnya tidak melakukan penyelundupan.
Mereka tiba di area kepabeanan internasional yang ada di hanggar GMF AeroAsia Bandara Soetta. Di sana, penumpang mengungkapkan atau men-declare barang bawaan, termasuk yang disebut sparepart Harley dan sepeda Brompton.

Menurut Ikhsan, prosedur self declare normal dilakukan seperti saat tiba di area terminal kedatangan internasional, termasuk area kawasan berikat GMF. Penumpang pun siap bila harus diminta membayar bea masuk atau pajak, termasuk bila barang bawaannya harus disita dan dikembalikan ke negara asal.

"Poinnya bahwa semua dilakukan prosedur. Penumpang bersedia bayar bea masuk," tambahnya.

Ikhsan menegaskan bahwa hanggar GMF tempat mendaratnya pesawat baru Garuda Indonesia merupakan area superketat atau kawasan berikat karena di sana terdapat petugas Imigrasi dan Bea Cukai. Jadi sangat susah bila ada potensi penyelundupan.

Penegasan Ikhsan itu sendiri sekaligus membantah isu miring soal kabar bahwa pemindahan bahwa barang-barang bawaan yang diduga berisi sparepart Harley dan sepeda Brompton sudah dikondisikan, yakni dikeluarkan dari badan pesawat dan dipindahkan ke dalam mobil boks.
Namun kemudian petugas Bea Cukai menaruh kecurigaan terhadap keberadaan mobil boks yang ada di area GMF. Hingga akhirnya petugas Bea Cukai melakukan pembongkaran.

"Setelah tiba, tim Bea Cukai ngecek. Kita (penumpang) self declare. Kita sampaikan apa yang dibawa. Self declare penumpang dan bagasi penumpang juga self declare," kata Ikhsan.

2. Spare Part Harley Davidson Akan Dilelang

Kasubdit Komunikasi Dan Publikasi Bea Cukai, Deni Surjantoro, mengatakan barang bekas memang tak diizinkan masuk ke wilayah Indonesia. Kecuali, barang bekas tersebut merupakan barang modal yang tak dapat diproduksi di dalam negeri dengan tujuan kembali diekspor.

"Kalau yang barang bekas Harley Davidson itu enggak bisa ditebus bayar bea masuk atau pajak. Kita sita, nanti tujuannya akan ke sana, dilelang," ujar Deni kepada kumparan, Selasa (3/11).

Deni pun menegaskan, tak ada sejarahnya barang bekas yang telah disita Bea Cukai bisa ditebus dengan membayar bea masuk maupun pajak impor. "Sejarahnya enggak ada barang bekas bisa ditebus," katanya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Bea Cukai Kemenkeu Heru Pambudi mengaku, saat ini pihaknya masih melakukan investigasi untuk mengetahui tujuan barang tersebut dikirimkan ke Indonesia beserta dokumen pembeliannya.

"Lagi dilakukan investigasi mendalam. Penjelasan lengkap oleh pimpinan," katanya saat ditemui di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta, Selasa (3/11).

Dia menambahkan, proses investigasi akan berlangsung selama dua hari. Namun Heru enggan menjelaskan lebih lanjut sebelum proses investigasi selesai. Pun hasilnya nanti akan disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

"Investigasi 1-2 hari lagi, bersama pihak-pihak terkait. No comment dulu, nanti sama Bu Menteri," tegas Heru.
3. Daftar Penumpang VIP Garuda

kumparan memperoleh nama-nama penumpang VIP pesawat Garuda Indonesia saat tiba di Bandara Soetta pada 17 November.

Nama-nama Penumpang VIP Garuda Indonesia:

1. I Gusti Ngurah Askhara (Dirut Garuda)
2. I Gusti Ayu Rai Dyana Dewi
3. Iwan Joeniarto
4. Etty Rasfigar
5. Mohammad Iqbal
6. Ratih Agustanti
7. Retno Bayusari Sukradewi
8. Heri Akhyar
9. Widyasih Tumono
10. Diah Seruni Rizqiana Wulansari
11. Lokadita Sedimesa Brahmana
12. Simon Theo
13. Satyo Adi Swandhono
14. Nova Wijayanti P
15. Muhammad Fuad Rasyidi
16. Sugiono
17. Martha Emyua Taurisia
18. Judis Prastono Utama
19. Joe Surya
20. Alberto Blanco
21. Laurent Jean Yves



https://m.kumparan.com/kumparanbisni...an-1sNRlrfu4Va


Garuda lagi garuda lagi... Udah di selundupin eh di lelang negara...

emoticon-Leh Uga

https://www.instagram.com/tv/B5o8gCj...d=h4iqo1ppyl87








sebelahblog
4iinch
tien212700
tien212700 dan 15 lainnya memberi reputasi
16
16.6K
111
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.