• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 6 Soft Skill Ini Wajib Dimiliki Generasi Z Sebagai Modal Kesuksesan, Punya Semuanya?

malaikatrinduAvatar border
TS
malaikatrindu
6 Soft Skill Ini Wajib Dimiliki Generasi Z Sebagai Modal Kesuksesan, Punya Semuanya?
Generasi Z merupakan orang-orang yang dalam rentang waktu dari tahun 1995 sampai 2010 Masehi. Dikenal sebagai iGeneration atau generasi internet, menjadikan generasi ini hidup di era serba digital. Peralihan teknologi yang begitu masif terjadi di tengah mereka. Generasi ini juga dikenal sebagai generasi yang dalam satu waktu dapat menulis status di media sosial, menjelajah Google dan mendengarkan lagu secara daring.

Pola kesuksesan dibanding generasi sebelumnya pun banyak berubah. Beberapa profesi baru bermunculan seperti Youtuber, selebgram, dropshipper, reseller dan lain-lain. Oleh karena itu, diperlukan berbagai kemampuan untuk beradaptasi dalam dunia baru ini. Berikut @malaikatrindu memberikan saran kepada GanSis, khususnya yang generasi Z, untuk menguasai 6 (enam) soft skill berikut agar bisa hidup sukses.

1. Public Speaking


hipwee.com

Berkomunikasi di depan khayalan ramai merupakan sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan dari zaman ke zaman, termasuk bagi generasi Z. Jika GanSis dapat menguasai soft skillini, dampak positifnya cukup luar biasa, dari mampu mempersentasikan ide brilia hingga memengaruhi audiens secara masif. Tentu saja, ini menjadi bekal wajib kesuksesan.

Tidak sedikit orang merasa public speaking merupakan sebuah hal yang mengerikan. Akhirnya, mereka menjadi tidak percaya diri dan enggan melakukannya. Biasanya hal ini menimpa orang yang mengaku introver. Padahal, sebenarnya tidak ada relasi secara pasti antara introver maupun ekstrover dengan soft skill satu ini. Yang paling sebenarnya adalah ada kemauan, rajin berlatih dan mempraktikannya secara rutin.

2. Manajemen Waktu


leadership.com

Hidup di era serba mudah membuat generasi Z mampu menyelesaikan banyak pekerjaan dalam waktu singkat. Mereka dapat mencuci pakaian, memesan makanan, mengirim uang dan mendengar musik daring secara bersamaan. Namun, kemudahan yang ada malah menjadikan mereka menjadi sosok yang terkesan malas. Bahkan, sering sekali mengulur-ulur waktu dan panik di akhir deadline.

Generasi Z jika diamati lebih dalam sebenarnya dapat dibilang sibuk. Namun, tidak tahu prioritas. Alhasil, mereka kurang produktif. Sedangkan waktu banyak terbuang. Masalah lainnya adalah mengerjakan berbagai tugas dalam satu waktu alias multitasking. Percayalah, tidak selamanya multikaskingitu bagus karena pada akhirnya pekerjaan menjadi selesai setengah-setengah dengan hasil yang kurang maksimal. Oleh karena itu, diperlukan manajemen waktu yang baik.

Generasi Z wajib membuat agenda waktu agar target hidup menjadi jelas. Hal ini mengingat banyak godaan di depan mata yang mampu membuat kehidupannya menjadi kurang terarah. Upayakan ada rencana dalam usia tertentu dan dibuat langkah-langkah konkretnya. Misal, memiliki aset di usia 30 tahun. Tentukan berapa harga aset tersebut dan dari mana GanSis mendapatkan dana tersebut. Berilah estimasi mingguan hingga bulanan yang mampu diraih dan cara mengatasi jika terjadi hal tak diinginkan.

3. Leadership


growthbusiness.com


Leadershipatau kepemimpinan memang tak bisa dipisahkan dari sebuah kesuksesan. Soft skill ini wajib dimiliki oleh generasi Z. Pasalnya, ide inovatif dan menggebrak yang ada dalam benak mereka jika hendak dieksekusi pasti membutuhkan bantuan orang lain. Nah, ketika mengatur orang lain inilah sisi leadership seseorang sangat dibutuhkan.

Leadership membuat seseorang mampu bertingkah sebagai pemimpin, bukan sekadar bos atau penguasa. Hal ini dapat tercermin dari mendengarkan bukan sekadar memerintah, mengatur strategi nyata bukan sekadar membual dan mengarahkan buat menjustifikasi.

Perlu waktu yang cukup panjang untuk memiliki jiwa kepemimpinan yang matang. Pengalaman akan mengajarkan hal ini asalkan mau merenung dan menginstropeksi diri. Tidak mudah tersinggung adalah modal utama dari leadership.

4. Critical Thinking


marketingland.com


Generasi Z adalah generasi yang tidak suka diatur dan dikekang dengan aturan kolot. Jiwanya bebas dan penuh dengan pikiran luar biasa. Hal ini banyak dimanfaatkan oleh oknum berkepentingan untuk membuat mereka memberontak hingga bertingkah anarkis. Pikiran kritis adalah tameng sekaligus senjata untuk mengatasi hal tersebut. Dengannya, kita dapat membedakan mana yang benar dan mana yang keliru.

Sisi kritis generasi Z memang sudah ada dengan sendirinya. Namun, yang perlu ditekankan sebenarnya adalah pengetahuan dan pemahaman mereka terhadap berbagai hal secara mendalam. Perspektif yang digunakan juga harus dari berbagai sudut pandang. Tujuannya agar critical thinkingyang bagaikan pedang ini tidak menusuk diri sendiri, apalagi menyakiti orang tak bersalah.

5. Kepekaan Sosial


bengkelcoretan.com


Bersentuhan dengan gadget rasanya lebih menarik bagi mereka daripada harus berinteraksi dengan sesama. Tentu saja karena dengan gadget mampu mendapat apa yang mereka mau, seperti film keluar terbaru, game online yang seru hingga informasi terkini yang tengah menjadi buah bibir. Tidak salah sepenuhnya memang karena zaman juga telah berubah.

Akan tetapi, untuk sukses generasi Z dituntut memiliki kepekaan sosial. Dengan soft skillini, diharapkan mereka mampu memberi manfaat kepada orang yang membutuhkan dan pertolongan hingga insting dalam menentukan selera orang-orang yang menjadi target pasar.

6. Kekuatan Mental


sihabuddin.com


Semua orang kini dapat dengan mudah mencaci maki hanya dengan bermodalkan mengetik jari. Bahkan, untuk urusan pribadi orang lain yang sebenarnya tidak ada sangkut pautnya dengan hidup mereka. Untuk generasi Z, hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri. Kita dapat melihat berapa banyak selebriti yang memutuskan mengakhiri hidup karena tidak kuat mental terhadap hujatan warga net.

Kekuatan mental tak hanya sekadar tahan makian, namun jauh lebih dari itu. Ada banyak tantangan tak terduga di depan sana yang membuat kerja keras malah dibayar dengan kegagalan. Perlu jiwa besar agar terhindar dari depresi dan menyalahkan orang lain tanpa berkaca pada diri sendiri. Hal ini dapat diatasi dengan membangun kekuatan mental yang kokoh. Biarkan waktu mengajarkannya perlahan.


Nah, itulah 6 (enam) soft skillyang wajib generasi Z miliki agar mampu sukses dan bersaing di era yang serba cepat ini. Semoga thread ini memberi manfaat.


referensi:opini pribadi
narasi: opini pribadi

anasabila
sebelahblog
LemonJr
LemonJr dan 35 lainnya memberi reputasi
36
11K
95
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.