• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Vesna Vulovic, Wanita Yang Terjun Bebas Dari Ketinggian 10.000 Meter Tanpa Parasut

ashibnu
TS
ashibnu
Vesna Vulovic, Wanita Yang Terjun Bebas Dari Ketinggian 10.000 Meter Tanpa Parasut

Pada tahun 1972, pramugari berusia 22 tahun bernama Vesna Vulovic jatuh dari ketinggian 10.000 meter dalam ledakan pesawat. Pada hari na'as itu, Vesna Vulovic tidak berada di tempat yang seharusnya. Jadwal kerjanya salah kaprah dengan seorang pramugari lain bernama Vesna Nicolic. Dia ditempatkan di Penerbangan  JAT 36 Yugoslavia.


Vesna sebenarnya merasa senang. Karena kesalahan itu memberinya kesempatan untuk melihat negara Denmark. Tapi keadaan itu tidak begitu menyenangkan seperti yang dia kira. Kelompok teroris Ustache telah menempatkan sebuah kotak peledak di pesawat penerbangan JAT 36. Ustache adalah kelompok Nazi sayap kanan di Kroasia yang bertanggung jawab atas 20 serangan teroris sebelumnya. Saat pesawat melintas di wilayah antara kota Srbska dan Kamenice, kotak bom itu meledak. Pesawat itu hancur berkeping-keping. Reruntuhan pesawat, bersama dengan 28 penumpang, jatuh dari langit selama 3 menit. Sebelum menabrak lereng gunung yang beku.


Vesna ditemukan oleh seorang pria berkebangsaan Jerman, yang merupakan orang pertama yang tiba di lokasi kecelakaan. Dia terbaring di atas jasad seseorang dengan sebuah kereta dorong terjepit di pinggangnya. Pria itu melakukan apa yang dia bisa sambil menunggu bantuan lebih lanjut tiba.


Di rumah sakit, dokter yakin dia tidak akan selamat karena Vesna menderita luka parah. Dia memiliki tiga tulang belakang yang hancur, kedua kakinya patah dan tengkoraknya yang retak dan mengalami pendarahan. Tetapi tiga hari kemudian, dia terbangun dari komanya dan meminta sebatang rokok. Vesna lumpuh dari pinggang ke bawah tetapi dia masih hidup.

Dua minggu setelah kecelakaan itu, dokternya memberi tahu dia apa yang sebenarnya terjadi. Vesna tidak ingat apa-apa tentang kecelakaan itu. Kemudian, dia menjalani operasi yang mengembalikan gerakan ke kakinya. Bulan september berikutnya, dia ingin kembali bekerja. Karena amnesia, Vesna tidak pernah mengalami trauma psikologis, PTSD atau mimpi buruk. Dia bahkan berani menonton film dengan adegan kecelakaan pesawat.
Fisikawan berteori bahwa dia selamat karena dia berada di bagian belakang pesawat pada saat kecelakaan itu. Dan dokter menjelaskan keberuntungannya dengan tekanan darahnya yang rendah, yang menyebabkan dia pingsan dengan cepat dan mencegah jantungnya berpacu cepat. Pada tahun 1985, Vesna mendapatkan penghargaan dari Guinness Record untuk kejatuhan tertinggi tanpa parasut. Vesna Vulovic meninggal di Beograd pada 23 Desember 2016 di usia 66 tahun.
Sumber 1
Sumber 2 

KOLEKSI THREAD MENARIK

Quote:


Diubah oleh ashibnu 04-12-2019 01:47
sebelahblogfachri15prabas
prabas dan 16 lainnya memberi reputasi
17
18K
81
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.