mamaproduktifAvatar border
TS
mamaproduktif
Mahasiswa Meninggal Akibat Begadang Kerjakan Skripsi, kok Bisa?
Mahasiswa Ini Meninggal Akibat Kerjakan Skripsi Sampai Tidak Tidur 7 Hari 7 Malam
Quote:

Hai agan dan sisa kaskuser semua, terkeren, terkece and tersmart sejagad kaskus raya. Apa kabarnya hari ini? Semoga selalu sehat dan happy selalu dalam menjalani aktivitasnya yah.

Ketemu lagi ts yang mood kalau nulis thread, masih setia dong? Makanua biar ane semangat ngethread terus jangan lupa follow mamaproduktif gratis kok.

Pagi ini ane pengen share tentang Mahasiswa Meninggal Akibat Begadang Kerjakan Skripsi, kok Bisa?
Kronologis perihal kesehatannya sudah Jehuda mahasiswa ITB tuliskan tersebut dalam curhatan akun Twitternya per tanggal 25 Oktober 2019.

Quote:

Siapa disini yang pernah ngalamani ngerjain skripsi? tuhas akhir? Atau apalah namanya? Pasti tahu dong rasanya ngejar target, nunggu dosen di kampus, revisi skripsi sampai larut malam?

Nah, peristiwa yang menimpa Jehuda Christ Wahyu ini bisa menjadi pelajaran bagi kita semua. Jehuda telah merasakan ada hal yang aneh pada kesehatan tubuh dirinya diawali dengan rasa lemas dan menurunnya nafsu makan tidak seperti biasanya bahkan hanya makan sehari sekali. Sampai akhirnya membuat tubuhnya drop dan hasil laboratorium dari rumah sakit mengatakan sel darah merah yang dia miliki kurus dan pucat begitupun hemoglobin nya hanya 9.0 sedangkan normalnya adalah 14.

Jehuda dibawa pulang dari rumah sakit ketika telah baikan namun akhirnya sampai dirumah deman dan muntah-muntah lalu diambil tindakan CT Scan yang menyatakan bahwa Jehuda terkena meningitis dan tumor otak hingga akhirnya dinyatakan meninggal pada hari Minggu tanggal 24 Nopember 2019.

Terlepas dari penyebab meninggalnya Jehuda karena kurang tidur ataupun penyakit yang dia derita, jaga kesehatan dan pola tidur yang teratur adalah suatu keharusan. Dimana tubuh gansis perlu diperhatikan dan meminta haknya untuk istirahat. Seperti robot jika dipakai terus-menerus ya jebol.

Spoiler for Jehuda Christ Wahyu:


Tips pengalaman ts buat para mahasiswa yang sedang ngerjain skripsi adalah:
1. Manajemen Waktu
Manajemen waktu ini penting gansis, jangan mentang-mentang ngekost gansis seenaknya ajah buat lakukan aktivitas yah.
Kalau perlu buat jadwal dari bangun sampai tidur lagi.

2. Tidur Cukup
Untuk mengejar target lulus cepat memang tidak ada salahnya, tetapi yang perlu diingat bahwa jangan sampai karena saking semangatnya ngerjain skripsi gansis sampai lupa tidur.

3. Makan Teratur
Pengalaman menjadi mahasiswa memang masih ingat dalam benak ane. Makan itu biasanya di rapel sekalian untuk berangkat atau pulang dari kampus. Apalgi jomblo seolah-olah tidak peduli terhadap diri sendiri. So, setting alarm gak ada salahnya buat ngingetin makan teratur gansis.

4. Diskusi bersama teman
Diskusi bersama teman satu jurusan atau satu kost bisa membantu gansis. Kenapa? dengan bertukar pikiran ataupun pendapat gansis bisa menambah kepercayaan, literatur, wawasan sehingga memudahkan untuk dituangkan dalam ide nanti.

5. Catat di Note
Hal ini juga gak kalah penting loh. Ketika gansis ngerasa sudah ada ide ngalir kapanpun dan dimanapun jangan lupa untuk dicatat di note yah. So, ketika mau dituangkan dalam bentuk tulisan ilmiah skripsi gansis tinggal mengembangkan saja tanpa memulai lagi dari nol. Bisa memudahkan gansis bukan?

6. Siapkan Cemilan
Biasakan siapkan cemilan di kamar yah, disaat gansis kelaparan atau ide lagi mentok tangan bisa melipir ke cemilan atau ngopi-ngopi dulu deh yah biar mata dan tangan seger lagi.

7. Berdoa
Jangan lupa berdoa dalam setiap kesempatan yang ada jepada Tuhan yang Maha Esa, tidak lupa minta bantuan keluarga khususnya orangtua yaitu ibu untuk memberikan doa supaya gansis dilancarkan dan dimudahkan dalam garap skiripsi.

Gimana gansis adakah yanh mau berbagi cerita saat kerjakan skirpsi? Yuk berbagi dan diskusi di kolom komentar.

Sekian thread ane kali ini. Semoga bermanfaat buat kaskuser semua, tetap semangat dan jangan lupa jaga kesehatan yah.

Apapun aktivitas agan dan sista hari ini, tetep terus nongkrong di thread ane yah. Biar ane semangat terus ngethread jangan lupa tinggalin jejak cendol, komentar dan ratenya, karena kaskuser bijak selalu ninggalin jejak. Terimakasih telah membaca dan belajar bersama bisa.


Penulis: mamaproduktif
Referensi dan gambar: 1, 2


GIF
Diubah oleh mamaproduktif 02-12-2019 00:25
orangemonkey
sebelahblog
tien212700
tien212700 dan 27 lainnya memberi reputasi
28
17.5K
140
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.