Hei.She.Hui
TS
Hei.She.Hui
Selain Yakuza, Ini 4 Kelompok Kriminal Terbesar di Dunia


]
Yamaguchi-gumi, Yakuza 

Seorang mantan bos Yakuza Jepang, Shigeharu Shirai, ditangkap di Thailand setelah buron selama 14 tahun. Dia terdeteksi di kota Lopburi setelah foto tubuhnya yang penuh tato viral di internet.


Penangkapan Shirai membuat nama Yakuza kembali mengemuka. Geng kriminal asal Jepang ini terkenal di seluruh dunia karena pengaruh dan jumlah anggotanya yang besar.




Namun selain Yakuza, ada beberapa organisasi kriminal lain yang mendunia. Organisasi-organisasi tersebut memiliki anggota ribuan orang dan memiliki aktivitas di seluruh dunia.







1. Triad - China



Triad merupakan sebuah istilah yang menggambarkan banyak kelompok kejahatan yang terorganisir. Berawal dari China, Triad berkembang hingga ke Taiwan, Hong Kong dan Singapura. Triad juga berkembang di Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Australia, Selandia Baru dan beberapa negara lainnya.



Diperkirakan jika mereka di satukan, jumlahnya dapat mencapai 2,5 juta orang. Dari banyak organisasi yang ada, saat ini Triad terbagi menjadi empat bagian besar, yakni Wo Hop To, Wo Shing Wo, Sun Ye on, 14K (Sap Sie Kie) dan Luen.


Wo Shing Wo adalah organisasi tertua di antara yang lainnya, diperkirakan mereka ada sejak tahun 1930-an. Sedangkan, Sun Ye on memiliki anggota yang paling banyak. Anggota Sun Ye On mencapai 55 ribu di seluruh dunia. Selain di Hong Kong, Sun Ye juga diduga memiliki anggota di Eropa, seperti Prancis dan Belgia.



Kejahatan transnasional Triad meliputi pemalsuan uang, perdagangan narkotika, hingga penyelundupan manusia. Data pemerintah Amerika Serikat pada 2013 menunjukkan ada 100 ribu warga China yang diselundupkan ke AS oleh Triad. Mereka dipaksa bekerja oleh Triad untuk melunasi utang.








Salvatore “Toto” Riina, bos geng Sisilian.

2. Sisilia - Italia



Selain Yakuza dan geng “Triad”, ada juga geng besar lainnya, yakni Kelompok Sisilia dari Italia. Sisilia adalah nama pulau Italia di Laut Mediterania. Awalnya, mafia Sisilia adalah satu keluarga, lalu berkembang menjadi beberapa klan geng kriminal.


Pengaruh mafia Sisilia terus berkembang. Hingga akhir 1970-an, mafia Sisilia merupakan kelompok yang mengendalikan perdagangan narkoba di seluruh dunia. Memasuki abad 21, setelah banyak anggota keluarganya yang ditangkap, kelompok ini melemah.



Saat ini meski melemah Sisilia masih aktif dengan visi yang sama. 





Mafia Rusia. 

3. Mafia Rusia - Rusia



Mafia Rusia adalah salah satu geng kriminal terbesar di dunia. Menurut profesor kriminolog di Universitas Oxford, kelompok mafia ini terbagi menjadi 10 klan yang memiliki wilayah sendiri.


Mereka memiliki satu dewan yang terdiri dari 12 orang. Dewan tersebut yang mengatur dan menjalankan aktivitas geng kriminal di Rusia. Diperkirakan mafia Rusia ini beranggotakan lebih dari 9.000 anggota.



Sama seperti kelompok yang lainnya, mereka juga terlibat perdagangan narkoba dan penyelundupan manusia. Geng mafia Rusia berperan besar dalam penyebaran heroin dari Afghanistan.




Mafia dari Kartel Sinaloa. 

4. Sinaloa - Meksiko


Sinaloa adalah nama kartel narkoba terbesar di Meksiko. Mereka adalah adalah penghubung perdagangan narkoba antara Amerika Selatan dan Amerika. Tahun lalu, kartel ini adalah penyelundup narkotika paling aktif ke Amerika Serikat.



Konsumsi narkoba di AS diperkirakan senilai USD 100 miliar per tahun. Sebanyak 60 persen dari total konsumsi tersebut dikendalikan oleh Sinaloa. Menurut Washington Post, antara 1990 dan 2008, Sinaloa menyelundu pkan hingga 200 ton kokain ke AS.


https://kumparan.com/kumparannews/se...esar-di-dunia

Diubah oleh Hei.She.Hui 03-12-2019 03:23
anasabila4iinchsebelahblog
sebelahblog dan 36 lainnya memberi reputasi
33
21.4K
150
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.