sangterataiAvatar border
TS
sangteratai
Komunitas Inspiratif yang Menjadi Sahabat Anak Punk.


Assalamualaikum
Selamat pagi, GanSis.
Ketemu lagi di thread ane. 😉

Pagi ini, ane akan menuliskan tentang INSPIRING COMMUNITYyang TASTETHELOCAL banget dalam dunia sosial kemanusiaan dan dakwah. Sekaligus untuk memeriahkan MLDSPOTKONTENHUNT yang diadakan oleh KASKUSXMLDSPOT.


Komunitas inspiratif yang akan saya angkat dalam forum ini adalah Komunitas Gerak Bareng.

Spoiler for Komunitas Gerak Bareng:


Spoiler for Komunitas Gerak Bareng:


Gerak Bareng adalah sebuah komunitas yang berkhidmat dibidang sosial kemanusiaan. Dengan semangat kerelawanan, Gerak Bareng terus tumbuh dan berkembang, serta membangun jaringan relawan di berbagai kota di Indonesia.

Gerak Bareng bermarkas di sebuah bangunan yang disebut dengan Garasi Hijrah. Garasi Hijrah tak hanya markas bagi Komunitas Gerak Bareng, tapi juga markas bagi 4 komunitas lainnya, seperti Komunitas Berani Hijrah Baik, Rumah Sehat Hijrah, dan Kompak Lapak. Namun, saya hanya akan membahas satu komunitas saja dalam thread ini.

Komunitas Gerak Bareng dibentuk oleh seorang pria bernama Ahmad Zaki. Meskipun secara legal komunitas ini baru terbentuk 2 tahun lalu, tetapi keistiqomahannya, amanah, serta profesionalitas para relawan gerak bareng tak dapat diragukan.

Gerak Bareng tak hanya menggalang dana untuk masyarakat yang membutuhkan, tetapi juga terjun langsung ke tempat-tempat bencana untuk membantu evakuasi, pembangunan kembali, serta berinteraksi langsung dengan warga.

Salah satu bantuan yang dilakukan oleh tim Gerak Bareng adalah ketika terjadi bencana gempa dan tsunami di Palu tahun lalu. Seperti Agan/Sista ketahui, banyak rumah warga hancur akibat bencana tersebut. Para korban terpaksa tinggal di tenda-tenda pengungsian.

Semenjak bencana di Palu pada bulan September 2018 lalu, tim Gerak Bareng telah membangun 113 Rumah Hunian Sementara Untuk Kemanusiaan (RUSUK) sebagai Program Recovery Bencana. Di desa Bale, kecamatan Tanamtovia, kabupaten Donggala sendiri telah dibangun sebanyak 51 unit Rusuk untuk warga korban gempa dan tsunami Palu.

Spoiler for Rusuk untuk Palu - Komunitas Gerak Bareng:


Spoiler for Rusuk untuk Banten dan Lampung - Komunitas Gerak Bareng:


Tak hanya program bantuan bencana alam, komunitas ini juga memiliki beberapa program unik lainnya. Seperti program Berani Hijrah Baik (BHB). Dalam program #BHBterdapat satu kegiatan yang menjadi andalan dalam komunitas tersebut, yaitu program Hapus Tato Gratis.

Spoiler for Program Hapus Tato Gratis #BHB:


Program Hapus Tato tak hanya dilakukan di Garasi Hijrah, tetapi juga di berbagai tempat dengan menggunakan mobil layanan Hapus Tato Gerak Bareng Community. Program ini dibuka untuk umum secara gratis. Namun, ada persyaratan tertentu bagi para peserta, yakni setoran hafalan surah Ar-Rahman. Tak harus menyetorkan seluruh ayat, tetapi bisa dicicil per 20 ayat setiap kali pertemuan treatment hapus tato.

Dalam Islam sendiri, tato diharamkan bagi umatnya. Sementara, biaya untuk menghapus tato di rumah sakit untuk sekali treatment cukup mahal. Karena itulah Komunitas Gerak Bareng membentuk program Hapus Tato Gratis bagi mereka yang telah hijrah namun tidak mampu untuk menghapus tatonya.

Spoiler for Hapus Tato Gratis #BHB - Gerak Bareng Community:


Selain program Hapus Tato Gratis #BHB, komunitas Gerak Bareng juga memiliki program pembinaan terhadap anak Punk. Program tersebut membentuk sebuah komunitas kecil bernama Komunitas Punk Muslim.

Punk Muslim dibentuk untuk menemani punker yang sudah mulai jenuh dengan aktifitas-aktifitasnya. Mereka juga menyediakan advokasi untuk teman-teman jalanan yang acapkali tertindas oleh sistem pemerintah. Komunitas ini membentuk pribadi punker untuk melawan keterbatasan dirinya sendiri. Membina para teman jalanan untuk merubah diri dan menjadi lebih berguna bagi lingkungan.

Selain tujuan di atas, tentu saja komunitas kecil dalam naungan Komunitas Gerak Bareng ini dibentuk untuk mengajarkan nilai-nilai tauhid kepada para teman jalanan. Goal besar didirikannya punk muslim yaitu agar tauhid mereka benar dan rajin melaksanakan sholat. Diharapkan dengan tauhid dan sholat yang benar, akan menciptakan perubahan diri yang positif dalam hidup mereka.


Spoiler for Punk Muslim bersama founder Gerak Bareng - Ahmad Zaki:


Spoiler for Kajian bersama anak Punk Muslim:


Nah, itu tadi komunitas inspiratif versi ane, Gan/Sis. Komunitas yang tak hanya bergerak di bidang kemanusiaan sosial bencana alam, tapi juga menjadi sahabat bagi anak punk dalam merubah diri menjadi pribadi yang positif.


Sumber gambar dan info: Fb founder KBG
Fanpage fb "Ayo Gerak Bareng"
Fanpage fb "Konunitas Punk Muslim"
Diubah oleh sangteratai 03-12-2019 05:15
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 11 lainnya memberi reputasi
12
1.6K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.