News
Batal
KATEGORI
link has been copied
130
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5de49a8cc9518b47085b8215/aceh-termiskin-di-sumatera-ini-pemicunya
Kepala Ombudsman Perwakilan Aceh Taqwaddin, mengatakan, pemenuhan kebutuhan dasar menjadi indikator yang digunakan BPS Aceh dalam metodologi pengukuran kemiskinan.
Lapor Hansip
02-12-2019 12:01

Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya

Past Hot Thread
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya

Banda Aceh - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis Provinsi Aceh sebagai daerah termiskin di Sumatera atau berada di urutan ke-6 secara nasional. Ombudsman meminta Pemerintah Provinsi Aceh serius menangani masalah pengentasan kemiskinan.

Kepala Ombudsman Perwakilan Aceh Taqwaddin, mengatakan, pemenuhan kebutuhan dasar menjadi indikator yang digunakan BPS Aceh dalam metodologi pengukuran kemiskinan. Jika mengacu pada metodologi tersebut, penyebab kemiskinan di Aceh yaitu masalah pangan (komoditi makanan) serta perumahan (komoditi bukan makanan).

"Ini data BPS Aceh lho, bukan data Ombudsman RI Aceh. Saya percaya data BPS akurat dan dapat dipertanggungjawabkan, serta saya sudah tanyakan pula hal ini pada Kepala BPS Aceh," kata Taqwaddin kepada wartawan, Senin (2/12/2019).

Menurut Taqwaddin, setelah diketahui penyebab angka kemiskinan di Aceh masih sangat tinggi yaitu 15,32%, Pemprov seharusnya mudah melakukan upaya pengentasan kemiskinan. Upaya tersebut dapat dilakukan untuk jangka pendek, menengah dan panjang.

Ombudsman Aceh, kata Taqwaddin, menawarkan beberapa solusi kepada Pemprov Aceh. Di antaranya yaitu, Pemprov harus memenuhi kebutuhan dasar pangan serta rumah bagi masyarakat miskin.

"Saya sering mendapat informasi bahwa beras raskin banyak yang tidak mampu ditebus oleh orang-orang miskin di pelosok pedalaman desa, sehingga mereka terpaksa menjual kupon jatahnya tersebut ke pihak lain yang justru lebih mampu," jelas dosen di Universitas Syiah Kuala ini.

Terkait masalah itu, Taqwaddin menilai Pemprov perlu memikirkan kebijakan untuk membebaskan biaya tebus raskin bagi masyarakat miskin. Selain itu, pembangunan rumah duafa juga harus menjadi prioritas.

"Jika dua hal ini bisa diatasi pada 2020, saya yakin InsyaAllah tahun 2021 Aceh tidak lagi miskin," ungkapnya.

Solusi Lain
Solusi lain yang ditawarkan Ombudsman, jelasnya, yaitu masyarakat miskin harus menjadi prioritas dan sasaran utama pemberdayaan. Kebijakan yang dibuat pemerintah harus lebih memihak ke rakyat.

Menurut Taqwaddin, hal itu bisa dilakukan dengan upaya pengentasan kemiskinan yang langsung menyentuh komunitas warga miskin melalui suntikan modal produktif. Dia mencontohkan seperti suntikan modal untuk home industri, peternakan rakyat, pertanian, perikanan, dan lain-lain.

Selain itu, Taqwaddin juga menyarankan pemerintah untuk mengoptimalkan penggunaan APBD untuk memberdayakan masyarakat miskin. Sementara solusi jangka panjang yang ditawarkan yaitu melakukan efesiensi belanja kepegawaian.

"Saat ini jika dicermati perimbangan belanja pegawai versus belanja publik masih sangat timpang. Bagi saya ini memprihatinkan karena dana publik yang seharusnya lebih besar porsinya untuk masyarakat tetapi ternyata publik hanya mendapatkan jatah sekitar 30%," katanya.

"Sedangkan selebihnya diperuntukkan guna kepentingan belanja pegawai, perjalanan dinas, pembelian mobil dinas, dan lain-lain," sebut Taqwaddin.

Ombudsman juga menyarankan Pemprov Aceh dan DPR Aceh lebih terbuka dalam membahas dan menggunakan APBA.

"Hal ini penting adanya keterbukaan agar masyarakat bisa berpartisipasi lebih besar untuk membantu mempercepat menuju Aceh Maju," ungkapnya.

sumber: https://m.detik.com/finance/berita-e...ya?single=true

Asal Tahu Jalan Enak Hidup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
asepdeni343 dan 17 lainnya memberi reputasi
14
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 7
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
03-12-2019 08:49
cocok klo wan aibon disana
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan scorpiolama memberi reputasi
2 0
2
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
03-12-2019 08:50
Quote:Original Posted By luv.you
-Budaya kerja dan wawasan kerja aceh itu mayoritas jelek. Lulus pasti cita-cita jadi ASN. Yang gak berpendidikan gak mau jadi buruh.
Kalo dibilang pemalas mungkin terlalu kasar, tapi emang pemalas. Lebih galak dan gila buruhnya daripada bosnya. Ya kabur lah.. Wkwk
Makanya gak ada pertumbuhan pabrik di Aceh

-Ditambah generasi produktif sekarang adalah generasi produk era konflik DOM. Lost generation. Perlu hitungan dekade untuk pulih

- Orang-orang aceh yg terdidik dan pekerja keras umumnya akan keluar dari aceh. Mereka gak akan cocok dengan budaya kerja daerahnya

-terlena dengan kejayaan masa lampau.. Lapangan Gas,
Menyumbang pesawat, menyumbang emas monas dan seolah NKRI hutang budi seumur hidup dan wajib menyalurkan dana otsus

-dan banyak lagi kegilaan lain..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
Lapor Hansip
03-12-2019 08:59
Balasan post nurwahid
Quote:Original Posted By nurwahid
Perasaan aceh waktu pilpres ga milih Jokowi


Tp dana otsusnya lumayan besar dan kemarin mau minta tambah lagi
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan kaiharis memberi reputasi
2 0
2
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
03-12-2019 09:07
terlalu eksklusif ternyata juga ndak baek.hehe.
0 0
0
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
03-12-2019 09:16
Infrqstruktur dibangun tidak dibarengi dg administrasi yg bagus plus banyak pungli pula di Aceh. Akibatnya ekonomi gak tumbuh tuh jalan mulus2 bukannya truk pengangkut barang yg bersliweran tp mobil2 baknpengangkut ibu2 pengajian.
dana otsus memang bagus dipakai utk beasiswa anak2 aceh tp balik lg tanpa ada industri dan investasi yg tumbuh sama aja bikin banyak potensi terbuang. Tenaga kerja lulusan universitas milih kerja ke Medan atau jawa.
Tirto bikin penelitian penyebab terpuruk nya Aceh bukan syariat nya tp budaya korup, oligarki dan pungli nya. Serta mindset bahwa ASN lebih baik dari swasta. Mental PNS jaman orba gitu .
fanatisme agama cuman memperparah kondisi yg sudah ada
Diubah oleh mamorukun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bstepanus dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
03-12-2019 09:17
ternyata daerah suci pun tyt termisqueen
0 0
0
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
03-12-2019 09:25
wah, bisa jadi kaya tuh. nanti. tau kapan. emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
03-12-2019 09:29
Sans bro
duitnya buat foya-foya aja, Miras, judi, pergaulan bebas, semuanya halal dengan bawa nama Allah
rakyat miskin protes? gampang, janjikan surga aja, dunia hanya fana kok emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan kaiharis memberi reputasi
2 0
2
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
03-12-2019 09:58
daerah istimewa malah termiskin ini bagaimana toh yo....
Semoga ada perbaikan ke depan nya..
0 0
0
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
03-12-2019 10:05
Quote:Original Posted By moonlightmirana
lah ladang ganja bisa daerah termiskin?
emoticon-Leh Uga
ps: HABITAT KADRUN


Jamu nya kadrun
profile-picture
Exorcizm memberi reputasi
1 0
1
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
03-12-2019 10:06
Quote:Original Posted By topantita
mungkin karena itulah orang aceh ga punya kawan..
kan sesuai pepatah 'na peng na ngen' 😁

yang ureung aceh mari merapat...


hadir

masalahnya bukan di syariat islam, tali di para elit yg bisa saja berlindung dibalik syariat
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
03-12-2019 10:09
Quote:Original Posted By mamorukun
Infrqstruktur dibangun tidak dibarengi dg administrasi yg bagus plus banyak pungli pula di Aceh. Akibatnya ekonomi gak tumbuh tuh jalan mulus2 bukannya truk pengangkut barang yg bersliweran tp mobil2 baknpengangkut ibu2 pengajian.
dana otsus memang bagus dipakai utk beasiswa anak2 aceh tp balik lg tanpa ada industri dan investasi yg tumbuh sama aja bikin banyak potensi terbuang. Tenaga kerja lulusan universitas milih kerja ke Medan atau jawa.
Tirto bikin penelitian penyebab terpuruk nya Aceh bukan syariat nya tp budaya korup, oligarki dan pungli nya. Serta mindset bahwa ASN lebih baik dari swasta. Mental PNS jaman orba gitu .
fanatisme agama cuman memperparah kondisi yg sudah ada


setuju dengan pendapat ini, lebih waras ketimbang ngatain agama
profile-picture
profile-picture
Exorcizm dan KiroV memberi reputasi
1 1
0
Lihat 2 balasan
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
03-12-2019 10:12
investasi ga ada yg masuk di aceh soalnya:
-klo investornya non aceh dirasisin, apalagi kopar kapir pasti diusir
-bisnisnya klo ga sesuai hukum syariah ditolak cth bioskop,musik, baju trlalu kebuka, makanan haram/bahan haram
-pungli di mana2,korupsi kenceng(dana otsus ke mana emgnya)
-SDMnya rasis , kurang berkualitas, etos kerja kurang,pendidikan kurang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
03-12-2019 10:14
Dunia hanya persinggahan kok, santai aja saudara ku di Aceh tujuan utama itu surga.


emoticon-Leh Uga
profile-picture
Exorcizm memberi reputasi
1 0
1
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
Lapor Hansip
03-12-2019 10:17
Balasan post sky103
Quote:Original Posted By sky103


setuju dengan pendapat ini, lebih waras ketimbang ngatain agama


agama jg pengaruh trutama pelaksanaanny yg konservatif cenderung rasis
turis ga mau dtg , pariwisata ga jalan
pedagang bisnis yg suku/agama berbeda ga mau kerjasama akibatnya investasi ga masuk banyak
aturan agama yg ketat jg membatasi tipe bisnis /usaha yg bisa dijalankan
tetangganya jg banyak pungli(sumatra utara) tp msh tumbuh
krn orgny msh mau menerima yg suku/agama berbeda dan ga ada aturan trlalu mengekang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
03-12-2019 10:19
semua punya solusi
0 0
0
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
03-12-2019 10:23
cek KTP, bukan warga Aceh emoticon-Traveller
0 0
0
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
Lapor Hansip
03-12-2019 10:24
Balasan post sky103
betul kali tu 👍 ga usah jauh2, contohnya masalah poligami gan…
0 0
0
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
03-12-2019 10:26
TS nya bangkenya udah bisa mandi sendiri hah? emoticon-Mad (S)
Berani-berani nya menghina provinsi kesayangan yang sangat sesuai syariat islam,syarii, rahmatan lil alamin, khilafah? emoticon-Mad (S) emoticon-Mad (S)
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
1 0
1
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
03-12-2019 10:31
Quote:Original Posted By dadatunabakar
gimana gak miskin, rakyatnya kerjanya nongkrong di kede kopi dari pagi sampai sore, menghayal tentang kejayaan masa lalu, sama mimpi sudah disiapkan tempat di surga bersama 72 bidadari.

emoticon-Cape d...


Di kedai kopi ? emoticon-Leh Uga
0 0
0
Halaman 4 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia