News
Batal
KATEGORI
link has been copied
130
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5de49a8cc9518b47085b8215/aceh-termiskin-di-sumatera-ini-pemicunya
Kepala Ombudsman Perwakilan Aceh Taqwaddin, mengatakan, pemenuhan kebutuhan dasar menjadi indikator yang digunakan BPS Aceh dalam metodologi pengukuran kemiskinan.
Lapor Hansip
02-12-2019 12:01

Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya

Past Hot Thread
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya

Banda Aceh - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis Provinsi Aceh sebagai daerah termiskin di Sumatera atau berada di urutan ke-6 secara nasional. Ombudsman meminta Pemerintah Provinsi Aceh serius menangani masalah pengentasan kemiskinan.

Kepala Ombudsman Perwakilan Aceh Taqwaddin, mengatakan, pemenuhan kebutuhan dasar menjadi indikator yang digunakan BPS Aceh dalam metodologi pengukuran kemiskinan. Jika mengacu pada metodologi tersebut, penyebab kemiskinan di Aceh yaitu masalah pangan (komoditi makanan) serta perumahan (komoditi bukan makanan).

"Ini data BPS Aceh lho, bukan data Ombudsman RI Aceh. Saya percaya data BPS akurat dan dapat dipertanggungjawabkan, serta saya sudah tanyakan pula hal ini pada Kepala BPS Aceh," kata Taqwaddin kepada wartawan, Senin (2/12/2019).

Menurut Taqwaddin, setelah diketahui penyebab angka kemiskinan di Aceh masih sangat tinggi yaitu 15,32%, Pemprov seharusnya mudah melakukan upaya pengentasan kemiskinan. Upaya tersebut dapat dilakukan untuk jangka pendek, menengah dan panjang.

Ombudsman Aceh, kata Taqwaddin, menawarkan beberapa solusi kepada Pemprov Aceh. Di antaranya yaitu, Pemprov harus memenuhi kebutuhan dasar pangan serta rumah bagi masyarakat miskin.

"Saya sering mendapat informasi bahwa beras raskin banyak yang tidak mampu ditebus oleh orang-orang miskin di pelosok pedalaman desa, sehingga mereka terpaksa menjual kupon jatahnya tersebut ke pihak lain yang justru lebih mampu," jelas dosen di Universitas Syiah Kuala ini.

Terkait masalah itu, Taqwaddin menilai Pemprov perlu memikirkan kebijakan untuk membebaskan biaya tebus raskin bagi masyarakat miskin. Selain itu, pembangunan rumah duafa juga harus menjadi prioritas.

"Jika dua hal ini bisa diatasi pada 2020, saya yakin InsyaAllah tahun 2021 Aceh tidak lagi miskin," ungkapnya.

Solusi Lain
Solusi lain yang ditawarkan Ombudsman, jelasnya, yaitu masyarakat miskin harus menjadi prioritas dan sasaran utama pemberdayaan. Kebijakan yang dibuat pemerintah harus lebih memihak ke rakyat.

Menurut Taqwaddin, hal itu bisa dilakukan dengan upaya pengentasan kemiskinan yang langsung menyentuh komunitas warga miskin melalui suntikan modal produktif. Dia mencontohkan seperti suntikan modal untuk home industri, peternakan rakyat, pertanian, perikanan, dan lain-lain.

Selain itu, Taqwaddin juga menyarankan pemerintah untuk mengoptimalkan penggunaan APBD untuk memberdayakan masyarakat miskin. Sementara solusi jangka panjang yang ditawarkan yaitu melakukan efesiensi belanja kepegawaian.

"Saat ini jika dicermati perimbangan belanja pegawai versus belanja publik masih sangat timpang. Bagi saya ini memprihatinkan karena dana publik yang seharusnya lebih besar porsinya untuk masyarakat tetapi ternyata publik hanya mendapatkan jatah sekitar 30%," katanya.

"Sedangkan selebihnya diperuntukkan guna kepentingan belanja pegawai, perjalanan dinas, pembelian mobil dinas, dan lain-lain," sebut Taqwaddin.

Ombudsman juga menyarankan Pemprov Aceh dan DPR Aceh lebih terbuka dalam membahas dan menggunakan APBA.

"Hal ini penting adanya keterbukaan agar masyarakat bisa berpartisipasi lebih besar untuk membantu mempercepat menuju Aceh Maju," ungkapnya.

sumber: https://m.detik.com/finance/berita-e...ya?single=true

Asal Tahu Jalan Enak Hidup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
asepdeni343 dan 17 lainnya memberi reputasi
14
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 7
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
03-12-2019 07:55
Padahal Aceh dapat dana otsus yg besar
profile-picture
Zedcool memberi reputasi
1 0
1
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
03-12-2019 07:57
yang pastinya karna gak kaya emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2
0 0
0
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
03-12-2019 07:58
syariah kalo korupsi kenceng yaaa percuma
profile-picture
nandangrahman memberi reputasi
1 0
1
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
03-12-2019 07:58
gimana ga memprihatinkan, Sedangkan selebihnya diperuntukkan guna kepentingan belanja pegawai, perjalanan dinas, pembelian mobil dinas, dan lain-lain," sebut Taqwaddin.
dan cuma dpt 30% kn masih mementingkan ego para kaum mayoritas, duh gimana si. jgn salahkan klo kaum mayoritas msh menentingkan ego dn gengsi
Diubah oleh sevenfiveseven
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bstepanus dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
03-12-2019 08:07
ekspor ganja aje emoticon-Cool
profile-picture
iamfreedom memberi reputasi
1 0
1
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
03-12-2019 08:09
bener termiskin? bukanya kalo pagi2 udah nongkrong di kedai kopi berarti banyak duitnya ya?
0 0
0
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
03-12-2019 08:09
Quote:Original Posted By dcp1968
pemicunya ya karena ga semuanya syariah ya akhi..... masih banya tapir asing aseng yg berseliweran.. harus kurung semua baru bisa kaya


Inti nya merek bodoh dan tukang sirik, kayak elu, njing
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1 0
1
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
03-12-2019 08:09
Quote:Original Posted By nyairara
begini nih kalo saling merasa paling benar


Setuju sih dengan ini.....
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1 0
1
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
Lapor Hansip
03-12-2019 08:16
Balasan post langitnyabiru
Setuju, tpi kartel miras kartel narkoba takut bisnisnya bangkrut bisa mengurangi jumlah konsumennya karena semuanya beralih pda ganja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
03-12-2019 08:16
ya tergantung masyarakatnya percaya dengan pemerintah apa nggak emoticon-Embarrassment
0 0
0
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
03-12-2019 08:20
berarti yang anak kuliahan di Medan pake mobil plat aceh itu segelintir yah.
0 0
0
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
03-12-2019 08:20
Dana APBD untuk publik hanya 30% ? emoticon-Wow
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1 0
1
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
03-12-2019 08:23
Yakin??
Padahal byk proj*ct besar disana loh 🤔
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1 0
1
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
03-12-2019 08:24
Quote:Original Posted By harakiri1
Akibat keseringan nongkrong dan ngopi di warung kopi saat jam kerja nih. emoticon-Leh Uga


nah
bener ini
pemalesan
dikit warkop, dikit2 nongkrong
0 0
0
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
03-12-2019 08:24
-Budaya kerja dan wawasan kerja aceh itu mayoritas jelek. Lulus pasti cita-cita jadi ASN. Yang gak berpendidikan gak mau jadi buruh.
Kalo dibilang pemalas mungkin terlalu kasar, tapi emang pemalas. Lebih galak dan gila buruhnya daripada bosnya. Ya kabur lah.. Wkwk
Makanya gak ada pertumbuhan pabrik di Aceh

-Ditambah generasi produktif sekarang adalah generasi produk era konflik DOM. Lost generation. Perlu hitungan dekade untuk pulih

- Orang-orang aceh yg terdidik dan pekerja keras umumnya akan keluar dari aceh. Mereka gak akan cocok dengan budaya kerja daerahnya

-terlena dengan kejayaan masa lampau.. Lapangan Gas,
Menyumbang pesawat, menyumbang emas monas dan seolah NKRI hutang budi seumur hidup dan wajib menyalurkan dana otsus

-dan banyak lagi kegilaan lain..
Diubah oleh luv.you
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
03-12-2019 08:30
Padahal bus lintas ke Aceh bagus2 loh. .
Dan pelopor bus double decker, Bus sleeper di Indonesia akses jalan mulus

Kemungkinan ada ketimpangan yg lumayan antara si kaya dan si miskin
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1 0
1
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
03-12-2019 08:38
Agama mulu sih. Kalo akherat penting banget ya silahkan kesana. Sendiri aja cuman, jangan ngajak orang lain yang ga sepandangan gitu.
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan kaiharis memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
03-12-2019 08:38
kalo provinsi termiskin di indonesia mana ya?

pasti tu provinsi milih prabowo semua pas kemarin pilpres wkwkwkwk
0 0
0
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
03-12-2019 08:48
kita itu di sekolahin biar pintar, lihat pendidikanya tingkatkan dong.. biar ilmunya tinggi bisa nemuin solusi misalnya bikin wisata yang bagus kaya singapura pasti ekonomi naik dan warganya tambah sejahtera intinya begini kalau pintar pasti kreatif kreatif itu bisa nyari solusi..
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1 0
1
Aceh Termiskin di Sumatera, Ini Pemicunya
03-12-2019 08:49
Quote:Original Posted By finch8ird
kalo provinsi termiskin di indonesia mana ya?

pasti tu provinsi milih prabowo semua pas kemarin pilpres wkwkwkwk


Lima provinsi yang memiliki angka kemiskinan terbesar berada di kawasan timur Indonesia. Provinsi tersebut adalah Papua (27,53%), Papua Barat (22,17%), Nusa Tenggara Timur (21,09%), Maluku (17,69%), dan Gorontalo (15,52%).
0 0
0
Halaman 3 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia