News
Batal
KATEGORI
link has been copied
178
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5de4cd8e349d0f7cc45e544b/presiden-jokowi-ancam-copot-menhan-prabowo-karena-kalah-pamor
Belakangan ini beredar di media sosial sebuah narasi yang menyebut bahwa Presiden Jokowi mengancam akan mencopot Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Hal tersebut disinyalir karena Jokowi kalah pamor oleh Prabowo.
Lapor Hansip
02-12-2019 15:38

Presiden Jokowi Ancam Copot Menhan Prabowo Karena Kalah Pamor?

Past Hot Thread
Quote:
Dengarkan berita klarifikasi informasi hoax ini melalui program Hansip Hoax hanya di KASKUS Podcast!
emoticon-Request



Presiden Jokowi Ancam Copot Menhan Prabowo Karena Kalah Pamor?
Credit: Tempo


Belakangan ini beredar di media sosial sebuah narasi yang menyebut bahwa Presiden Jokowi mengancam akan mencopot Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Hal tersebut disinyalir karena Jokowi kalah pamor oleh Prabowo. Narasi tersebut diunggah oleh akun Facebook bernama Rana O’neil melalui grup Facebook “Manusia Merdeka”. Dalam unggahannya tersebut, ia juga menyematkan sebuah caption yang berisi:

“Sungguh miris pemerintah zaman now. Bagaimana tanggapan Saudara sebagai rakyat NKRI? Sepertinya kejujuran akan hilang di tubuh pemerintahan.”


Sontak, narasi yang dibagikan tersebut menarik atensi warganet. Pro dan kontra pun bermunculan menanggapi narasi ini.

Lantas benarkah Presiden Jokowi memang mengancam akan mencopot Menhan Prabowo karena kalah pamor? bagaimana ya kebenaran informasinya?


PEMERIKSAAN FAKTA
Melansir dari Tempo.co, didapatkan fakta bahwa tangkapan layar yang dibagikan oleh pengguna Facebook tersebut adalah foto juru bicara Presiden, Fadjroel Rachman, yang diambil dari tayangan Mata Najwa episode “Membawa Jokowi di Jilid 2” dalam segmen “Pemekaran, Jadi Solusi untuk Papua” pada 20 November 2019.

Dalam tayangan tersebut, Fadjroel mengatakan bahwa Presiden meminta seluruh menterinya untuk serius dalam bekerja. Dan, jika tidak serius, menteri yang bersangkutan bisa dicopot di tengah jalan.

Saat Fadjroel mengatakan hal itu, Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia, Djayadi Hanan, melontarkan pertanyaan, "Bagaimana kalau Pak Prabowo dianggap tidak serius?" Fadjroel pun menjawab, "Sangat mungkin kalau mengikuti apa perintah Pak Presiden."

Dalam video tersebut tidak terdapat satu pun pernyataan yang menyebut bahwa Presiden Jokowi mengancam akan mencopot Prabowo hanya karena kalah pamor.


KESIMPULAN
Berdasarkan pemeriksaan fakta tersebut, dapat disimpulkan jika narasi yang menyebut bahwa Presiden Jokowi mengancam akan mencopot Prabowo karena kalah pamor adalah narasi yang menyesatkan alias hoax. Karena, fakta sebenarnya adalah Presiden Jokowi mengancam akan mencopot menteri jika tidak serius bekerja. Dan, hal tersebut berlaku untuk seluruh menteri yang berada di Kabinet Indonesia Maju.

SUMBER
Tempo.co
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 59 lainnya memberi reputasi
58
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 10
Presiden Jokowi Ancam Copot Menhan Prabowo Karena Kalah Pamor?
02-12-2019 20:51
Pasti gerombolan penyembah babik rijik yg tadi pada nongkrong di monas nih
0 0
0
Presiden Jokowi Ancam Copot Menhan Prabowo Karena Kalah Pamor?
02-12-2019 20:52
kadrun kayak iklan rokok s4mp03rna h1jau

GAK HOAX LO GAK RAME
Diubah oleh Brengkengan
0 0
0
Presiden Jokowi Ancam Copot Menhan Prabowo Karena Kalah Pamor?
02-12-2019 20:57
soalnya gerandong tau wowo gak becus kerja,makanya menyerang sebelum diserang
0 0
0
Presiden Jokowi Ancam Copot Menhan Prabowo Karena Kalah Pamor?
02-12-2019 21:00
Biarkan pemerintah bekerja untuk membangun bangsa & negara, suka tidak suka, pilpres udah usai & president sudah terpilih dan sudah di lantik. mari hilangkan ego kelompok jangan recoki pemerintah dengan menyebaqr berita hoax yang hanya akan membuat gaduh. Negara kita udah ketinggalan jauh dengan negara-negara lain, mari kita bersatu untuk membangun negara kita tercinta. Kalau ngga suka dan ngga bisa menerima pemerintahan sekarang. Cari negara yang memang mau menerima anda & anda pun bisa menerima semua peraturan dari negara tersebut. Jangan lagi recoki pemerintah dengan hal-hal yang ngga berguna.

Mari Bersatu membangun bangsa & negara
0 0
0
Presiden Jokowi Ancam Copot Menhan Prabowo Karena Kalah Pamor?
02-12-2019 21:01
Hoax kamu !!
0 0
0
Presiden Jokowi Ancam Copot Menhan Prabowo Karena Kalah Pamor?
02-12-2019 21:01
hoax mulu ni para jurnalis nabung dosa aja
0 0
0
Presiden Jokowi Ancam Copot Menhan Prabowo Karena Kalah Pamor?
02-12-2019 21:03
palinga hoax buatan para budak dan kadrun
0 0
0
Presiden Jokowi Ancam Copot Menhan Prabowo Karena Kalah Pamor?
02-12-2019 21:06
Nda hoax kyaknya nda bhagia hdup mereka, bukan mkan lagi
Diubah oleh steven.thereds
0 0
0
Presiden Jokowi Ancam Copot Menhan Prabowo Karena Kalah Pamor?
02-12-2019 21:07
udeh bisa yg begini
0 0
0
Presiden Jokowi Ancam Copot Menhan Prabowo Karena Kalah Pamor?
02-12-2019 21:24
Kerjaan kadrun yang autentic goblok nya
emoticon-Leh Uga
0 0
0
Presiden Jokowi Ancam Copot Menhan Prabowo Karena Kalah Pamor?
02-12-2019 21:25
emoticon-Leh Uga
0 0
0
Presiden Jokowi Ancam Copot Menhan Prabowo Karena Kalah Pamor?
02-12-2019 21:26
sempak
0 0
0
Presiden Jokowi Ancam Copot Menhan Prabowo Karena Kalah Pamor?
02-12-2019 21:37
dipastikan pilpres 2024 pak bowo vs anies...bakalan rame hoaxwar nya...
0 0
0
Presiden Jokowi Ancam Copot Menhan Prabowo Karena Kalah Pamor?
02-12-2019 21:37
manusia tanpa nurani ternyata makin banyak, sebenci bencinya gw ma orang masih bisa mikir jernih pake nalar
0 0
0
Presiden Jokowi Ancam Copot Menhan Prabowo Karena Kalah Pamor?
02-12-2019 22:00
bodoh sekali manusia yang bikin hoax ini, gw doakan semoga cepet-cepet sadar, banyak rejeki, panjang umur serta sehat selalu
Diubah oleh sultanmasikeren
0 0
0
Presiden Jokowi Ancam Copot Menhan Prabowo Karena Kalah Pamor?
02-12-2019 22:04
tadinya aku berpikir mmg demikian adanya, ternyata hoax belaka
0 0
0
Presiden Jokowi Ancam Copot Menhan Prabowo Karena Kalah Pamor?
02-12-2019 22:08
Quote:Original Posted By Z4ng3t5u
cuma baca judul ya mas? ga baca isi?

kelakuan anda sama penyebar hoax itu mirip mirip, bikin geger medsos
yg nyebar hoax bikin kaduh,
kaum yg cuman ketrigger gegara bacajudul doang juga gak kalah bikin gaduh.

ini jelas jelas buat klarifikasi hoax


Itulah gan contoh manusia yang kalau disuap langsung nelen, skali di doktrin langsung ngikut emoticon-Takut
0 0
0
Presiden Jokowi Ancam Copot Menhan Prabowo Karena Kalah Pamor?
02-12-2019 22:11
kalah pamor ????
emoticon-Bingungbingungemoticon-Bingungbingungemoticon-Bingungbingungemoticon-Bingungbingungemoticon-Bingungbingung
0 0
0
Presiden Jokowi Ancam Copot Menhan Prabowo Karena Kalah Pamor?
02-12-2019 22:15
trus pada percaya gitu? emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
0 0
0
Presiden Jokowi Ancam Copot Menhan Prabowo Karena Kalah Pamor?
02-12-2019 22:17
dasar gosip digosok makin sip
0 0
0
Halaman 6 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
HANSIP HOAX
hansip-hoax
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia