Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
348
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da5db0a018e0d69ba053e2c/tempe-kripik-khas-kota-ngawi-yang-rasa-kriyuknya-nendang
Makanan khas kota Ngawi ini biasanya digunakan lauk untuk segala hidangan, Gansist. Terkadang juga hanya digado, beserta saus sambal. Dimakan rame-rame disegala suasana Gansist.
Lapor Hansip
15-10-2019 21:43

Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
pixelab dan di sini

#Tempe Kripik Khas Ngawi yang Bikin Nagih
#Berbagai Varian Rasa Tempe Kripik


Assalamualaikum

Hai Gansist, jumpa lagi dengan thread saya, Abella Citra. Semoga selalu dalam lindungan Allah Swt. Aamiin.

Tempe Kripik

Siapa sih gak tahu tempe kripik? tempe kripik adalah varian dari olahan tempe cara mengolah tempe yang dipotong tipis-tipis. Setelah diberi bumbu digoreng kering, Gansist.

Tempe kripik merupakan makanan khas kota Ngawi, dengan rasa gurih, krenyes, kriyuk, dan terasa nendang di mulut. Siapapun yang sudah mengicipi pasti nagih, Gansist.

Rasa pun bermacam-macam Gansist ada gurih, pedas, dan perpaduan di antaranya.
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang

Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang

Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
sumber

Makanan khas kota Ngawi ini biasanya digunakan lauk untuk segala hidangan, Gansist. Terkadang juga hanya digado, beserta saus sambal. Dimakan rame-rame disegala suasana Gansist.

Tempe yang dipergunakan untuk membuat kripik ini adalah jenis tempe pilihan GanSist, dari biji kedelai pilihan juga. Biasanya tingkat kekerasan tertentu, supaya tidak hancur ketika tempe ini masuk ke alat pemotong kripik tempe, Gansist.

Kalau bahan yang digunakan untuk tempe banyak campurannya, tempe tersebut akan keropos. Maka ketika dipotong tempe tersebut akan hancur.

Mesin pemotong tempe otomatis


Jadi harus diperhatikan betul, Gansist bahan yang akan dipergunakan untuk membuat tempe keripik ini. Mulai dari bahan baku kedelai sampai cara pengolahan menjadi tempe di sini. Harus benar-benar berkualitas agar mendapatkan hasil yang berkualitas juga.

Mesin pemotong kripik tempe manual


Berikut adalah cara membuat tempe kripik

Bahan

-Tempe dengan tingkat kekerasan tertentu
-Minyak goreng
-Daun jeruk purut diiris tipis-tipis
-Tepung beras
-Tepung kanji
-Telur

Bumbu

-Bawang putih
-Garam
-Royco
-Santan
-Ketumbar

Untuk varian rasa biasanya memakai cabe, terasi, atau kunyit tergantung rasa yang diinginkan.

Cara membuat

1. Potong tempe sesuai keinginan dengan tingkat ketebalan tertentu, singkirkan.

2. Siapkan bumbu
Uleg semua bumbu dan rasa yang diinginkan, jika ingin rasa gurih maka uleg ketumbar dan bawang putih. Jika ingin pedas maka tambahkan cabe.

3. Kemudian uleni tepung beras dan tepung kanji dengan perbandingan 4:1, tepung kanji ini yang akan menciptakan krenyes, Gansist. Tambahkan santan, bumbu, dan telur, juga daun jeruk purutnya.

4. Cek dahulu tingkat kekentalan adonan, Gansist. Siapkan wajan dan panaskan minyak.

5. Goreng dengan api kecil ya, Gansist. Sering dibolak balik biar gak gosong setelah cukup matang dengan warna kecoklatan baru diangkat.

Nah, kripik tempe siap untuk disantap dan disajikan, Gansist. Jika, mau dikemas tunggu hingga uap panasnya hilang ya.

Tempe kripik ini juga diburu sebagai buah tangan ketika datang ke kota Ngawi. Soalnya rugi jika sudah sampai gak bawa oleh-oleh atau sekadar mencicipi makanan jenis ini.

Gimana? Apakah Anda juga tertarik untuk mencicipi kripik tempe khas Ngawi ini?

Terima kasih sudah membacanya thread saya, Gansist. Jangan lupa rate, koment, dan subscribe ya.

emoticon-Pelukemoticon-Pelukemoticon-Peluk

Surakarta, 15 Oktober 2019
Abella Citra
Opini pribadi

Kepoin juga makanan khas Ngawi
Cokelat Tempe yang Lumer di Mulut
Cemue yang Bikin Nagih
Diubah oleh abellacitra
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 52 lainnya memberi reputasi
53
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 17 dari 18
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
02-12-2019 17:37
Quote:Original Posted By anakjahanam721
Gak mau, ntar banyak yang naksir klo pake foto asli.
Dulu aja pas Newbie aku pake foto asli banyak yang gak bisa tidur katanya bayangin aneemoticon-Betty


Wkwkkw kayanya gak kenal aye dulu sama elu sist? Untung gak PM pen kenalan sama Om Richy emoticon-Ngakak
profile-picture
anakjahanam721 memberi reputasi
1 0
1
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
02-12-2019 17:43
Quote:Original Posted By Richy211
Wkwkkw kayanya gak kenal aye dulu sama elu sist? Untung gak PM pen kenalan sama Om Richy emoticon-Ngakak


Iya, dulu aku masih unyu2 malu, tp sekarang barbaremoticon-Embarrassment

Jd belum kenal sama ommm richy yang cantik & tamvanemoticon-Ngakak (S)
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
1 0
1
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
02-12-2019 17:45
Quote:Original Posted By anakjahanam721
Iya, dulu aku masih unyu2 malu, tp sekarang barbaremoticon-Embarrassment

Jd belum kenal sama ommm richy yang cantik & tamvanemoticon-Ngakak (S)


Kuy bikin thread....kalo gak bikin COC puisi entu ur English is Good....emoticon-2 Jempol
profile-picture
anakjahanam721 memberi reputasi
1 0
1
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
02-12-2019 17:56
Quote:Original Posted By Richy211
Kuy bikin thread....kalo gak bikin COC puisi entu ur English is Good....emoticon-2 Jempol


Oke, mau nyari tema puisinya dulu, sambil ngerangkai kata2emoticon-Malu

Hrs beli kamus bhs inggris bergambar kelas 3 - 4 sd dulu nihemoticon-Ngakak (S)


Maghrib dulu, abis itu siapin puisi
Diubah oleh anakjahanam721
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
1 0
1
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
02-12-2019 19:10
Quote:Original Posted By abellacitra
😜😜😜😜 Nggeh

Tepo tahu🤤🤤🤤🤤

Belum nyoba yg ini 🙄🙄

Mantap enk kan. Tpi klo mau ke cepu kan lewat karang asri arah Bojonegoro ini tempatnya gan .
bakso lontong. Mantap


Ini cobain dah. Cemue Ngawi beda lho

Mantap emm

Bahas apa sih gan?🙄🙄🙄 Kepo

Banyak yg jadiin favorit gan. Ane juga sambil maem nasi pecel 🤣🤣😋😋😋

Ngawi gan

Bumbu antaka tuh apa gan?

Beda rasanya😅😅😅

Apa pakek lontong 🙄🙄🙄

Makadih ganemoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss


Nggeh. Cemungut nyobain tempe kripiknya


gua orang ngawi gan
Banyu biru widodaren ngawi euy
Di kira orang mana coba😥😥😥😥
0 0
0
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
03-12-2019 06:00
Quote:Original Posted By abellacitra
Ini cobain dah. Cemue Ngawi beda lho

Bahas apa sih gan?🙄🙄🙄 Kepo


Ane kudu ke Ngawi gitu? Adoh sist..
Bahas bakso lontong emoticon-Big Grin
0 0
0
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
03-12-2019 09:10
Quote:Original Posted By anakjahanam721
Oke, mau nyari tema puisinya dulu, sambil ngerangkai kata2emoticon-Malu

Hrs beli kamus bhs inggris bergambar kelas 3 - 4 sd dulu nihemoticon-Ngakak (S)


Maghrib dulu, abis itu siapin puisi


Aku juga mau nyari referensi dulu....pakai kamus jadul yang 5000 M emoticon-Ngakak
profile-picture
anakjahanam721 memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
03-12-2019 12:31
Quote:Original Posted By Richy211
Aku juga mau nyari referensi dulu....pakai kamus jadul yang 5000 M emoticon-Ngakak




It's crazi! emoticon-Mewekemoticon-Mewekemoticon-Mewek
even though I want to join this COC
Crazi! Very crazi! emoticon-Frown
Akun IG aku dibanned / non aktif emoticon-Mad
Diubah oleh anakjahanam721
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
1 0
1
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
03-12-2019 12:48
Quote:Original Posted By anakjahanam721


It's crazi! emoticon-Mewekemoticon-Mewekemoticon-Mewek
even though I want to join this COC
Crazi! Very crazi! emoticon-Frown
Akun IG aku dibanned / non aktif emoticon-Mad


Wkwkwk kenapa akun IGnya kangseojoon ngakak aye sist....
No crazy....take it or leave it
profile-picture
anakjahanam721 memberi reputasi
1 0
1
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
03-12-2019 12:54
Quote:Original Posted By Richy211
Wkwkwk kenapa akun IGnya kangseojoon ngakak aye sist....
No crazy....take it or leave it


Kan nyamar jadi coganTempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang

Gak Jd ikutan COC deh. emoticon-Cape deeehh
Punya 4 akun IG semuanya gak bs dipakekemoticon-Cape deeehh
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
1 0
1
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
03-12-2019 13:03
Quote:Original Posted By anakjahanam721
Kan nyamar jadi coganTempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang

Gak Jd ikutan COC deh. emoticon-Cape deeehh
Punya 4 akun IG semuanya gak bs dipakekemoticon-Cape deeehh


Hahhaa kalo mau bikin lagi aja...kalo gak mau ya udah sist emoticon-Shakehand2..
TS mau coba ikutan Coc puisinya sista/Om emoticon-Jempol
Diubah oleh Richy211
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan anakjahanam721 memberi reputasi
2 0
2
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
03-12-2019 14:09
Quote:Original Posted By Richy211
Hahhaa kalo mau bikin lagi aja...kalo gak mau ya udah sist emoticon-Shakehand2..
TS mau coba emoticon-Jempol


Coba apa? Aku nyimak dari kemarin gak ngeh pun
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
1 0
1
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
03-12-2019 14:40
Quote:Original Posted By abellacitra
Coba apa? Aku nyimak dari kemarin gak ngeh pun


Bikin coc puisi bahasa Inggris bell
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
1 0
1
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
03-12-2019 15:13
Quote:Original Posted By Richy211
Bikin coc puisi bahasa Inggris bell


OalH yg kemarin itu toh
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
1 0
1
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
03-12-2019 15:15
Quote:Original Posted By abellacitra
OalH yg kemarin itu toh


Iyaa 😁 si sista ajam kan jago bhasa Inggrisss
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
1 0
1
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
03-12-2019 18:16
Quote:Original Posted By Richy211
Iyaa 😁 si sista ajam kan jago bhasa Inggrisss


Sip sip cemungut kk
0 0
0
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
14-12-2019 12:45
Quote:Original Posted By cheria021
Kalau nggak pakai mesin nggak bisa tipis-tipis motongnya gan, tempe keripik kan enaknya kalau irisannya tipis, trus kalau dipotong pakai pisau biasa kadang patah-patah gitu..


Menurut ku sih tergantung ketajaman pisaunya juga jenis tempe yang mau diiris gan.
0 0
0
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
16-12-2019 13:55
Quote:Original Posted By abellacitra
[quote=riwidy;5dd2a07da2d1953a2b2a0169]
Cemungut kakak

Wew serupa ya? emoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss

Lemet? Hahaha getuk pisang toh?



Beda nama, beda bahan, dan pastinya beda rasaa...

Hehehe getuk pisang ada sndiri😅😅
0 0
0
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
21-02-2020 12:11
Quote:Original Posted By abellacitra
Kripik tempe merupakan salah satu makanan khas kota Ngawi. Jadi silakan dicoba Gansist, bakal nagih pokoknya


Harga mesin pemotong tempe manual berapa ya, Sist?
0 0
0
Halaman 17 dari 18
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia