• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 5 Jenis Olahraga Seru yang Wajib Menggunakan Kuda, Apa Saja Gansis?

mengeja
TS
mengeja
5 Jenis Olahraga Seru yang Wajib Menggunakan Kuda, Apa Saja Gansis?


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Shalom, salam sejahtera. Om swastiastu. Namo buddhaya. Wei de dong tian.

emoticon-I Love Indonesia

Hai, GanSis. Apa kabar? Kali ini ane mau membahas tentang 5 olahraga seru yang wajib menggunakan kuda. Apa saja ya?

emoticon-I Love Indonesia


Olahraga pacuan kuda.
Gambar: bloodhorse.com
---------------


Hari ini Kelompok 212 kembali mengadakan Reuni 212 di Lapangan Monas, Jakarta Pusat. Acara massa yang diinisiasi dari tanggal "2 Desember" atau "212" ini dihadiri peserta dari berbagai daerah GanSis. Ane enggan membicarakan ranah agama atau politik karena bukan bidang ane, khawatir ngawur yang nanti malah memperkeruh politik identitas yang sedang melanda bangsa kita.

Cuma ada satu hal yang menangkap perhatian ane di reuni tahun ini, yaitu menurut informasi Panitia 212 massa yang datang gak cuma menggunakan kendaraan umum, mobil, motor, atau sepeda. Ada juga yang menggunakan kuda! Unik banget ya GanSis.

emoticon-Leh Uga

Memang dalam Islam berkuda adalah salah satu olahraga sunah selain gulat dan memanah. Ane melihat videonya di Twitter, ini dia:



Setelah melihat video di atas, ane terinspirasi membuat threadtentang 5 olahraga seru yang wajib menggunakan kuda. Kira-kira apa saja GanSis? Ini dia pembahasannya!

emoticon-Kaskus Banget



1. Buzkashi

Olahraga buzkashi di Afghanistan.
Gambar: pinterest.com
---------------


Buzkashi yang dalam bahasa Persia berarti "menarik kambing" adalah sebuah olahraga berkuda yang populer di Asia Tengah, seperti Afghanistan, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, Tiongkok (Xinjiang), Turki, Turkmenistan, dan Uzbekistan. Meskipun begitu, buzkashi identik dengan Afghanistan yang menjadikannya sebagai olahraga nasional.

Selain di Afghanistan, buzkashi memiliki istilah masing-masing. Peraturannya juga berbeda-beda, tapi intinya sama. Misal di Afghanistan dalam 1 tim buzkashi terdiri dari 10 orang, sedangkan di Kyrgyzstan ada 12 orang. Seorang penunggang kuda buzkashi disebut chapandaz.

Tata caranya cukup sederhana. Ada 2 versi buzkashi: tudarabai dan qarajai. Tata cara tudarabai hanya perlu mengambil kambing dan bergerak ke arah mana pun sampai bebas dari pemain lawan, sedangkan qarajai pemain harus membawa bangkai ke sekitar bendera di garis belakang lawan untuk kemudian dilemparkan ke dalam lingkaran agar memperoleh poin.

Contoh lapangan buzkashi di Kyrgyzstan yang memiliki luas 2x lapangan sepak bola GanSis!


Lapangan buzkashi di Kyrgyzstan.
Gambar: wikipedia.com
---------------


Bangkai kambing yang digunakan harus tanpa kepala. Sebelumnya juga telah direndam dengan air dingin selama seharian agar bangkai tidak cepat rusak atau hancur saat pertandingan.



2. Balapan Chuckwagon

Balapan chuckwagon di benua Amerika.
Gambar: wikiwand.com
---------------


Balapan chuckwagon adalah olahraga berkuda yang menggunakan gerobak chuckwagon di jalur lintasan. Persis seperti pacuan kuda, perbedaannya ada gerobak. Olahraga ini populer banget di Kanada GanSis, terutama Provinsi Prairie yang menjadi markas dari World Professional Chuckwagon Association dan Canada Professional Chuckwagon Association.

Olahraga ini sebenarnya kontroversial banget di Kanada dan Amerika Serikat karena kuda dan pengendaranya sering kecelakaan yang terkadang berujung kematian GanSis! Kelompok pelindung hewan juga sering menyerukan agar olahraga ini dilarang, tapi sampai sekarang masih ada saja hihi.



3. Dressage

Kuda yang sedang menunjukkan kebolehan menari.
Gambar: horseandhound.co.uk
---------------


Dressage atau dalam bahasa Indonesia disebut tunggang serasi adalah olahraga berkuda yang menyajikan seni keterampilan pertunjukan antara kuda dengan penunggangnya. Dalam dunia berkuda, nomor ini sangat bergengsi dan dianggap sebagai pencapaian tertinggi dalam melatih kuda GanSis. Alasannya jelas karena sulit! Manusia saja kalau menari masih suka berantakan, apalagi kuda?

Saat pertandingan biasanya penunggang memakai seragam klasik. Kuda yang digunakan umumnya berjenis baroque yang terkenal dengan kepiawaiannya berlenggak-lenggok di arena.

:goyang

Kalau GanSis penasaran bagaimana kuda bisa menari, silakan melihat gif dan video di bawah ini:

Spoiler for Dressage:




4. Equestrian Vaulting

Tiga orang atlet sedang memperagakan senam akrobatik.
Gambar: conejovalleylifestylepubs.com
---------------


Equestrian vaultingadalah olahraga berkuda yang menggabungkan unsur senam akrobatik dan menari ketika menunggang kuda. Equestrian vaulting berawal dari pertunjukan sirkus yang telah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Lumayan tua ya GanSis.

Equestrian vaulting lumayan populer di dunia Barat. Dahulu olahraga ini juga terkenal sebagai penghibur para bangsawan. Saat ini equestrian vaulting tumbuh subur di Amerika Serikat, Jerman, dan Swiss.



5. Jousting

Dua pemain sedang melakukan jousting.
Gambar: ancient.eu
---------------


Jousting adalah olahraga berkuda yang menyajikan duel bentrokan kavaleri. Masing-masing pemain dari arah berlawanan akan memacu kuda secepat mungkin, lalu berusaha keras menyerang lawan dengan tombak kayu yang telah dipersiapkan. Sasarannya adalah perisai atau baju zirah lawan. Siapa yang tetap bertahan dan tidak terjatuh dianggap pemenang.

GanSis kalau melihat film Barat tema Abad Pertengahan di Inggris atau Normandia pasti tahu, soalnya lumayan sering ditampilkan. Olahraga ini populer banget di kalangan bangsawan Eropa saat Abad Pertengahan. Pada abad ke-17, nama besar jousting memudar seiring meredupnya feodalisme di Eropa. Namun, sekarang olahraga ini kembali populer di Eropa Barat, khususnya Inggris.

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Sumber Referensi:
1 2 3 4 5

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Sekian thread dari ane. Ambil bagusnya, buang buruknya. Semoga bermanfaat. Bye.

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Rate 5 Star
anginduehjajakaapessebelahblog
sebelahblog dan 11 lainnya memberi reputasi
12
3.6K
37
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.