Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
348
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da5db0a018e0d69ba053e2c/tempe-kripik-khas-kota-ngawi-yang-rasa-kriyuknya-nendang
Makanan khas kota Ngawi ini biasanya digunakan lauk untuk segala hidangan, Gansist. Terkadang juga hanya digado, beserta saus sambal. Dimakan rame-rame disegala suasana Gansist.
Lapor Hansip
15-10-2019 21:43

Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
pixelab dan di sini

#Tempe Kripik Khas Ngawi yang Bikin Nagih
#Berbagai Varian Rasa Tempe Kripik


Assalamualaikum

Hai Gansist, jumpa lagi dengan thread saya, Abella Citra. Semoga selalu dalam lindungan Allah Swt. Aamiin.

Tempe Kripik

Siapa sih gak tahu tempe kripik? tempe kripik adalah varian dari olahan tempe cara mengolah tempe yang dipotong tipis-tipis. Setelah diberi bumbu digoreng kering, Gansist.

Tempe kripik merupakan makanan khas kota Ngawi, dengan rasa gurih, krenyes, kriyuk, dan terasa nendang di mulut. Siapapun yang sudah mengicipi pasti nagih, Gansist.

Rasa pun bermacam-macam Gansist ada gurih, pedas, dan perpaduan di antaranya.
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang

Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang

Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
sumber

Makanan khas kota Ngawi ini biasanya digunakan lauk untuk segala hidangan, Gansist. Terkadang juga hanya digado, beserta saus sambal. Dimakan rame-rame disegala suasana Gansist.

Tempe yang dipergunakan untuk membuat kripik ini adalah jenis tempe pilihan GanSist, dari biji kedelai pilihan juga. Biasanya tingkat kekerasan tertentu, supaya tidak hancur ketika tempe ini masuk ke alat pemotong kripik tempe, Gansist.

Kalau bahan yang digunakan untuk tempe banyak campurannya, tempe tersebut akan keropos. Maka ketika dipotong tempe tersebut akan hancur.

Mesin pemotong tempe otomatis


Jadi harus diperhatikan betul, Gansist bahan yang akan dipergunakan untuk membuat tempe keripik ini. Mulai dari bahan baku kedelai sampai cara pengolahan menjadi tempe di sini. Harus benar-benar berkualitas agar mendapatkan hasil yang berkualitas juga.

Mesin pemotong kripik tempe manual


Berikut adalah cara membuat tempe kripik

Bahan

-Tempe dengan tingkat kekerasan tertentu
-Minyak goreng
-Daun jeruk purut diiris tipis-tipis
-Tepung beras
-Tepung kanji
-Telur

Bumbu

-Bawang putih
-Garam
-Royco
-Santan
-Ketumbar

Untuk varian rasa biasanya memakai cabe, terasi, atau kunyit tergantung rasa yang diinginkan.

Cara membuat

1. Potong tempe sesuai keinginan dengan tingkat ketebalan tertentu, singkirkan.

2. Siapkan bumbu
Uleg semua bumbu dan rasa yang diinginkan, jika ingin rasa gurih maka uleg ketumbar dan bawang putih. Jika ingin pedas maka tambahkan cabe.

3. Kemudian uleni tepung beras dan tepung kanji dengan perbandingan 4:1, tepung kanji ini yang akan menciptakan krenyes, Gansist. Tambahkan santan, bumbu, dan telur, juga daun jeruk purutnya.

4. Cek dahulu tingkat kekentalan adonan, Gansist. Siapkan wajan dan panaskan minyak.

5. Goreng dengan api kecil ya, Gansist. Sering dibolak balik biar gak gosong setelah cukup matang dengan warna kecoklatan baru diangkat.

Nah, kripik tempe siap untuk disantap dan disajikan, Gansist. Jika, mau dikemas tunggu hingga uap panasnya hilang ya.

Tempe kripik ini juga diburu sebagai buah tangan ketika datang ke kota Ngawi. Soalnya rugi jika sudah sampai gak bawa oleh-oleh atau sekadar mencicipi makanan jenis ini.

Gimana? Apakah Anda juga tertarik untuk mencicipi kripik tempe khas Ngawi ini?

Terima kasih sudah membacanya thread saya, Gansist. Jangan lupa rate, koment, dan subscribe ya.

emoticon-Pelukemoticon-Pelukemoticon-Peluk

Surakarta, 15 Oktober 2019
Abella Citra
Opini pribadi

Kepoin juga makanan khas Ngawi
Cokelat Tempe yang Lumer di Mulut
Cemue yang Bikin Nagih
Diubah oleh abellacitra
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 52 lainnya memberi reputasi
53
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 15 dari 18
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
02-12-2019 02:19
Quote:Original Posted By actandprove
Eh ada gan durexz dimari
emoticon-Shakehand2

Bakso lontong itu kayak gimana gan?


Ya bakso biasa tapi gantinya mie bihunnya itu lontong. Daerah Ngawi, Cepu, Blora dan skitarnya dah biasa jual bakso lontong.
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan actandprove memberi reputasi
2 0
2
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
02-12-2019 05:41
Quote:Original Posted By abellacitra
Iya cemue itu wedang. Ayuk gan pd nyobain


Wedang tapi kok pake bawang goreng sist.. yang biasa pake bawang goreng itu kan masakan kayak sop, bakso dll..
emoticon-Bingung
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
1 0
1
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
02-12-2019 05:42
Enak yaemoticon-Belobigkiss
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan Richy211 memberi reputasi
2 0
2
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
02-12-2019 06:33
Quote:Original Posted By durexz
Ya bakso biasa tapi gantinya mie bihunnya itu lontong. Daerah Ngawi, Cepu, Blora dan skitarnya dah biasa jual bakso lontong.


Ooh begitu.. jadi mie bihunnya doang yang diganti
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
1 0
1
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
02-12-2019 06:36
cemilan paporit ane ini mah
enakk guriih guriih nyoy. emoticon-Ngakak
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
1 0
1
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
02-12-2019 06:53
Quote:Original Posted By anakjahanam721
Iya dong banyakemoticon-Big Grin


Emang tinggal dimana sist? emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan anakjahanam721 memberi reputasi
2 0
2
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
02-12-2019 07:33
ane bisa bikin sendiri di rumah,bahan kurleb sama sih.. taburi bumbu antaka
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
1 0
1
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
02-12-2019 07:53
di Bandung juga banyak gan emoticon-Jempol
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
1 0
1
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
02-12-2019 08:14
Quote:Original Posted By actandprove
Ooh begitu.. jadi mie bihunnya doang yang diganti


Terserah ente pinginnya gimana. Bisa pake bihun bisa gak. Tapi umumnya di daerah sana pada pake lontong.
profile-picture
profile-picture
actandprove dan abellacitra memberi reputasi
2 0
2
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
02-12-2019 08:31
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan Richy211 memberi reputasi
2 0
2
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
02-12-2019 11:39
ngawi ramah kripik.tempe HT euy
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
1 0
1
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
02-12-2019 12:38
Quote:Original Posted By Richy211
Emang tinggal dimana sist? emoticon-Matabelo


Di bandung. Disono jg banyakemoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan Richy211 memberi reputasi
2 0
2
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
02-12-2019 13:23
enak nih, apalagi kalau baru mateng.. nyumyy.. btw penyebutannya itu tempe kripik ya bukan kripik tempe?
0 0
0
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
02-12-2019 13:31
Quote:Original Posted By AkuSedih
enak nih, apalagi kalau baru mateng.. nyumyy.. btw penyebutannya itu tempe kripik ya bukan kripik tempe?


Sama aja sih sista? Wkwkw
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
02-12-2019 13:32
Quote:Original Posted By anakjahanam721
Di bandung. Disono jg banyakemoticon-Matabelo


Di bandung? Kumaha damang? emoticon-Ngakak
Emang ada sist?
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan anakjahanam721 memberi reputasi
2 0
2
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
02-12-2019 13:52
Quote:Original Posted By Richy211
Di bandung? Kumaha damang? emoticon-Ngakak
Emang ada sist?


Alhamdulillah Damang atuh emoticon-Malu (S)

Liat aja google, justru bandung itu paling banyak, hampir setiap jlanan. Tp, gak semua sih. Pusatnya di cibiru
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan abellacitra memberi reputasi
2 0
2
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
02-12-2019 13:56
Belinya di mana nih di ngawi nya? Merek apa yg enak?
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
1 0
1
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
02-12-2019 14:08
Quote:Original Posted By rylance
Belinya di mana nih di ngawi nya? Merek apa yg enak?


Semua enak. Bisa PM gan. Tiap toko makanan jual oleh-oleh makanan khas Ngawi, pasti ada
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
1 0
1
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
02-12-2019 14:09
Quote:Original Posted By AkuSedih
enak nih, apalagi kalau baru mateng.. nyumyy.. btw penyebutannya itu tempe kripik ya bukan kripik tempe?


Kreyes tpi kan panas sist
profile-picture
AkuSedih memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
02-12-2019 14:12
Quote:Original Posted By anakjahanam721
Alhamdulillah Damang atuh emoticon-Malu (S)

Liat aja google, justru bandung itu paling banyak, hampir setiap jlanan. Tp, gak semua sih. Pusatnya di cibiru


Jadi, bandung kok hapenya lokasinya Jakarta waktu itu wkwkkw
profile-picture
anakjahanam721 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 15 dari 18
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia