• Beranda
  • ...
  • Health
  • Andropause, Berakhirnya Masa Kesuburan Pria. Kaum Adam Wajib Baca!

adnanami
TS
adnanami
Andropause, Berakhirnya Masa Kesuburan Pria. Kaum Adam Wajib Baca!
Andropause, Berakhirnya Masa Kesuburan Pria. Kaum Adam Wajib Baca!



Tema reproduksi atau masalah "begituan" memang selalu menarik bagi siapa saja. Alasannya karena di Indonesia seks masih dianggap perbincangan yang tabu. Ngomong masalah yang nyerempet sedikit ke arah seks pasti malu, takut dan dicap nakal. Padahal perlu banget lho bagi kita khususnya yang sudah masuk usia remaja ke dewasa untuk memahami ilmu - ilmu yang benar tentang reproduksi.

Ketiadaan wadah yang memadai untuk belajar tentang seks membuat masyarakat kita keliru mencari bahan "pelajaran" contohnya belajar dari film biru. Mitos - mitos dan takhayul konyol tentang kehidupan ranjang dipercaya dengan mudahnya karena kurang edukasi. Sehingga ketika ada obrolan mengenai seks, orang akan antusias karena ingin mencari 'kebenaran'.

Dampak negatif dari mencari ilmu melalui film biru adalah terdoktrin untuk memiliki "lawan main" yang sempurna, akibatnya nanti bila si "penuntut ilmu" punya pasangan di dunia nyata dan tak mampu memenuhi ekspektasinya untuk bermain seperti role modelidolanya pasti dia akan kecewa atau malah berbuntut panjang dengan mencari lawan main yang lain. Disinilah peran edukasi seksual diperlukan, tujuannya untuk menghindari hal semacam itu.

Ada lagi yang percaya pada mitos bahwa penyebab kemandulan disumbang oleh pihak wanita saja padahal laki - laki yang TIDAK subur juga bisa menjadi penyebab tertundanya sepasang pasutri memiliki momongan. Meskipun fakta menunjukkan jika pria akan terus memproduksi sperma sepanjang hidupnya, sedangkan wanita akan berhenti memproduksi sel telur saat sudah menopause, tapi peluang kemandulan tetap memiliki kemungkinan 50 : 50 antara pria dan wanita.



Walaupun pria memproduksi sperma sepanjang hidup, tapi kualitas sperma ini sangat berpengaruh pada kesuburannya. Parameter kesuburan pria diukur dari beberapa hal di bawah ini :

1. Tingkat abnormalitas sperma

Sperma sehat adalah sperma yang memiliki bentuk NORMAL, yaitu yang berkepala satu dan ekor satu. Bentuk sperma tidak normal antara lain : berkepala dua berekor satu, kepala satu ekor dua, ekor melengkung serta bentuk tidak sempurna lainnya.


[URL=https://S E N S O Rklinik-holistik-elif-medika/teratozoospermia-jenis-penyebab-perawatan-3ece2a8e0d4c]Macam - macam sperma tidak normal[/URL]


2. Motilitas sperma

Motilitas sperma adalah gerakan sperma dan kecepatan "berlari" nya. Pada sperma normal, dia akan berlari ke depan. Sedangkan di sperma abnormal, larinya bisa berputar - putar di tempat ataupun tidak tentu arah.

3. Jumlah sperma

Quote:


Jadi meskipun agan - agan tubuhnya selalu memproduksi sperma sepanjang hayat tapi bila kualitasnya jelek, potensi kemandulan akan tetap ada. Bahkan untuk lelaki - lelaki muda sekalipun. Ayo gan dirawat asetnya sejak muda!

Penurunan kesuburan pada pria juga bisa disebabkan oleh pertambahan usia dan ketidakseimbangan hormon testosteron di dalam tubuh. Kondisi seperti inilah yang disebut Andropause.

Akhir kata itu saja yang bisa ane bagikan untuk agan sekalian, mohon maaf jika bahasanya susah dipahami ataupun terkesan menggurui. Ane selaku TS hanya tidak mau menyimpan ilmu ini sendiri, jadi ane bagikan siapa tau bermanfaat. emoticon-Nyepi

Silahkan yang mau komentar apapun bebas ! TS akan setia menanggapi opini agan dan sista.

Sumber :

1. hellosehat.com
Diubah oleh adnanami 01-12-2019 05:33
tata604lina.whfathroni
fathroni dan 46 lainnya memberi reputasi
45
13.8K
211
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
Health
icon
24.6KThread9.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.