News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
109
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dd833e29a972e0efe471af0/lima-hal-menarik-tentang-bintang-neutron
Bintang neutron ini menawarkan uji kasus bagi para ilmuwan untuk dapat memahami kekuatan fundamental, relativitas umum, dan awal terbentuknya alam semesta.
Lapor Hansip
23-11-2019 02:15

Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
ilustrasi

Hai teman-teman semua kalian aku akan share sedikit tentang bintang neutron, jika kalian tertarik untuk membacanya silahkan simak dibawah ini.emoticon-Blue Guy Peace

Ketika sebuah bintang masif mati, bintang tersebut memuntahkan sebagian besar isi perutnya ke alam semesta dalam sebuah ledakan supernova. Ketika inti disebuah bintang tersebut runtuh menciptakan bentuk padat yang dapat diamati di alam semesta, yang kita sebut bintang  neutron.


Pada dasarnya bintang neutron itu adalah inti raksasa. Bagian dalam pada tiap bintang-bintang neutron, semua atomnya runtuh. Awan elektron semuanya tersedot kedalam, dan semua menjadi satu kesatuan dengan elektron yang berjalan berdampingan dengan proton dan neutron dalam gas atau fluida.

Bintang-bintang neutron ukurannya cukup kecil, dan jaraknya sangat jauh jika diamati dari bumi. Meskipun begitu para ilmuwan masih berkerja keras untuk memperkirakan ukuran diameter bintang tersebut dengan tepat. Para ilmuwan memperkirakan ukuran bintang neutron itu sekitar 1,5 kali massa matahari.

Jika bentuk bintang neutron itu sangat-sangat padat, maka bintang tersebut akan runtuh, kemudian menjadi lobang hitam.

Bintang neutron ini menawarkan uji kasus bagi para ilmuwan untuk dapat memahami kekuatan fundamental, relativitas umum, dan awal terbentuknya alam semesta.

Berikut hal menarik tentang bintang neutron:

1. Hanya dalam beberapa detik setelah sebuah bintang bertransformasi menjadi bintang neutron, energi yang meninggalkan neutrino itu sama dengan jumlah total cahaya yang dipancarkan oleh semua bintang di alam semesta yang bisa diamati.

Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron

transformasi bintang menjadi bintang neutron

Materi biasa yang mengandung jumlah proton dan neutron yang kira-kira sama. Tetapi sebagian besar proton dalam bintang neutron dikonversi menjadi neutron. Bintang neutron terdiri dari sekitar 95% neutron. Ketika proton dikonversikan menjadi neutron, mereka melepaskan partikel-partikel yang disebut neutrino.

Bintang neutron tercipta dari sebuah ledakan supernova. Supernova memancarkan neutrino 10 kali lebih banyak dibandingkan partikel, proton, neutron, dan elektron yang dihasilkan oleh matahari.

2. Jika kalau ada kehidupan di bintang neutron, itu akan menjadi 2 dimensi.

Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron

ilustrasi

Bintang neutron memiliki medan magnet dan gravitasi yang sangat kuat dialam semesta. Gravitasi dibintang neutron cukup kuat untuk meratakan hal apapun yang ada dipermukaannya.Medan magnet dibintang neutron memiliki satu miliar hingga satu juta miliar kali medan magnet yang ada dibumi.

Karena mereka sangat padat. Bintang neutron memberikan testbedsempurna karena kekuatannya yang kuat, hal itu memungkinkan para ilmuwan untuk menyelidiki cara quark dan gluon berinteraksi dalam kondisi ini. Banyak teori yang menyatakan bahwa inti neutron memampatkan/kompress neutron dan proton, membebaskan quark yang membentuknya.

Intens gravitasi dibintang neutron mengharuskan para ilmuwan untuk menggunakan teori relativitas umum untuk menggambarkan sifat-sifat bintang neutron.

Ternyata dibintang neutron memiliki sebuah atmosfer, namun karena gravitasinya yang sangat ekstrem sehingga atmosfer dibintang neutron hanya satu kaki. Berbeda dengan dibumi yang atmosfernya yang memanjang ratusan mil ke langit.


Definisi


3.    Bintang neutron berputar sekitar 700 kali tiap detiknya.

Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron

gambar diatas menjelaskan perbedaan letak sumbu magnet bumi dengan bintang neutron

Sebuah bintang akan mengeluarkan pancaran gelombang radio saat mereka berputar dengan cepat.Jika pulsar diarahkan ke bumi, kita akan melihat sinar-sinar ini menyapu bumi seperti mercusuar.

Para ilmuan pertama kali mengamati bintang-bintang neutron pada tahun 1967, ketika seorang mahasiswa pascaserjana bernama Jacelyn Bell memperlihatkan gelombang radio yang berulang kali datang dari pulsar diluar tata surya kita.

Pulsar dapat berputar sepuluh hingga ratusan kali per detik. Jika kalian berdiri di ekuator dari pulsar yang paling cepat. Kecepatan rotasinya sekitar 1/10 kecepatan cahaya.

Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
pulsar


Definisi Pulsar


4.    Jenis bintang neutron yang salah akan mendatangkan malapetaka di bumi.

Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
ilustrasi bintang neutron

Bintang-bintang neutron dapat membahayakan karena bidangnya yang sangat kuat. Jika bintang neutron datang ke sistem tata surya kita, itu dapat menyebabkan kekacauan, terlemparnya planet-planet dari orbitnya, dan jika jaraknya itu cukup dekat itu dapat membuat planet ini hancur.

Tetapi bintang neutron terdekat saat ini yang diketahui sekitar 500 tahun cahaya. Mengingat Proxima Centuari yang jaraknya 4 tahun cahaya dari bumi, jadi tidak ada kaitannya dengan planet kita, kecil kemungkinan kita akan merakan efek bencana ini dalam waktu dekat.

Mungkin yang paling berbahaya adalah radiasi dari medan magnet pada bintang neutron. Magnetar adalah bintang neutron yang memiliki medan magnet seribu kali lebih kuat dari pulsar normal. Penyusuna yang tiba-tiba pada bidangnya dapat menghasilkan flare/suar seperti matahari tapi jauh lebih kuat.

5.    Meskipun bintang neutron belum banyak diketahui, peneliti masih memiliki cara untuk memperlajarinya.

Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
ilustrasi bintang neutron saling betabrakan

Ada banyak hal yang tidak diketahui tentang bintang neutron, termasuk ada berapa banyak bintang neutron diluar sana. Banyak cara yang dilakukan para peneliti untuk menyelidiki sifat-sifat bintang neutron seperti menggunakan gelombang radio, sinar-X dan teleskop optik.

Kita dapat memperlajari bintang-bintang neutron dengan mendeteksi gelombang gravitasnya. Para ilmuwan di LIGO berharap untuk dapat mendeteksi gelombang gravitasi yang dihasilkan oleh penggabungan dua bintang neutron. Memperlajari gelombang gravitasi tersebut, memungkinkan para ilmuwan mengetahui sifat-sifat materi yang sangat padat dari bintang-bintang neutron.

Mempelajari tentang bintang neutron dapat membantu kita untuk mencari tahu asal-usul kimia berat, termasuk emas dan platinum di alam semesta kita. Ada kemungkinan kalau dua bintang neutron bertabrakan, tidak semua yang ditelan menjadi bintang neutron yang jauh lebih masif (dua bintang neutron bergabung menjadi bintang neutron yang lebih masif) atau menjadi lobang hitam, tetapi sebagian material kecil akan terlempar keluar dan membentuk inti berat yang menyebar dialam semesta.

Terimaksih telah meluangkan waktu untuk membaca thread iniemoticon-Blue Guy Smile (S)

Semoga dengan ini dapat menambah wawasan teman-teman semua.

Jika ada yang ditanyakan silahakan tulis dibawah, mari diskusi bersama.emoticon-Jempol

Diubah oleh trikunprayoga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 31 lainnya memberi reputasi
30
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 6
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
30-11-2019 19:04
keren banget sih asli ini mah
0 0
0
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
30-11-2019 19:29
mantep nih trit nya nambah wawasan, lanjutkan gan, ane jadi keinget ama jimmy neutron emoticon-Ngakak
0 0
0
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
30-11-2019 19:48
Nice inpo gan.. emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
CoupleMaster dan rheirhei memberi reputasi
2 0
2
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
30-11-2019 19:57
Quote:Original Posted By silwanus11
Bener banget ni gann


Iya kan gan..
Bayangin aja nih... Para peneliti tu gimana coba caranya neliti benda luar angkasa yang berjarak ratusan tahun cahaya gitu
Kan keren banget
0 0
0
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
30-11-2019 20:16
Quote:Original Posted By marikita2
Nah itu dia, ilmuwan ilmuwan tuh emang gokils habis!! Bisa bisa nya mempelajari dan menemukan temuan-temuan hebat.. karena mereka, kita dapat wawasan lebih di dunia ini.


Yoi gan bener banget ni
Kalau ndak ada ilmuwan-ilmuwan gitu...wah kita nggak bakal pernah tahu tu kalau di luar bumi masih banyak planet-planet ataupun bintang dll
0 0
0
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
30-11-2019 20:22
Quote:Original Posted By krisnanda99
Pertama otaknya hrs main breemoticon-Ngakak


IQ nya kudu diatas rata-rata juga nggak gan? emoticon-Matabelo
0 0
0
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
30-11-2019 20:23
Quote:Original Posted By Daniswara92
Ane agak kurang ngerti sih, tapi sepertinya bisa memberi dampak berbahaya ya emoticon-Matabelo


Sepertinya sih gitu gan...
Dampaknya berupa apa juga belum bisa diprediksi kayak eemoticon-Matabelo
0 0
0
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
30-11-2019 20:24
Quote:Original Posted By UriNami
IQ nya kudu diatas rata-rata juga nggak gan? emoticon-Matabelo


Iya, equalisernya jugaemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
UriNami memberi reputasi
1 0
1
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
30-11-2019 20:28
Quote:Original Posted By trikunprayoga
Ada beberapa macam metode yang digunakan oleh para ilmuwan, misalnya menggunakan gelombang radio, dan juga tingkat radiasi yang pancarkan oleh suatu bintang. Untuk mengamati planet biasanya menggunakan metode astrometri, kecepatan radial, dsb. Beberapa data yang dipublish oleh NASA juga hasil penemuan beberapa astronomi amatir. Orang awam juga bisa ikut berpartisipasi, asal bisa dibuktikan kebenarannya.


Wah gitu ya gan..
Mantul banget tuh
Apalagi ternyata orang awam bisa ikut berpartisipasi...emoticon-Matabelo
0 0
0
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
30-11-2019 20:57
Quote:Original Posted By krisnanda99
Iya, equalisernya jugaemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


Duhh kagak paham ane
Yang jelas ane nggak bakal mungkin bisa ikutan emoticon-Wakaka
profile-picture
krisnanda99 memberi reputasi
1 0
1
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
30-11-2019 21:47
Quote:Original Posted By Yagami92
Itu sekolahnya dimane ya gan wkwk
Otaknya bisa encer kaya gitu, segala gelombang radio bisa jadi gambar blackhole gitu
emoticon-Ngakak


Gatau gan. mungkin sebelum jadi astronom kelempar ke isekai (dunia lain) dlu kali gan emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
30-11-2019 22:01
Quote:Original Posted By UriNami
Iya kan gan..
Bayangin aja nih... Para peneliti tu gimana coba caranya neliti benda luar angkasa yang berjarak ratusan tahun cahaya gitu
Kan keren banget


Salutt banget nii sama para peneliti sangat kerja keras untuk meneliti benda luar angkasaa
0 0
0
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
30-11-2019 22:02
Quote:Original Posted By silwanus11
Salutt banget nii sama para peneliti sangat kerja keras untuk meneliti benda luar angkasaa


Apalagi hrus meninggalkan keluarga mereka selama beberapa tahun lamanyaa
0 0
0
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
01-12-2019 18:41
Kuliah jurusan apa gan buat tau beginian? emoticon-Ngakak
0 0
0
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
01-12-2019 18:44
Quote:Original Posted By oblivion14
Kuliah jurusan apa gan buat tau beginian? emoticon-Ngakak


Kalo soal jurusan, bisa ambil jurusan Astronomi.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
01-12-2019 19:11
Quote:Original Posted By kampret.strez
Fisika juga bisa, terus ambil konsentrasi Astronomi, Astrofisika, atau Kosmologi (cuma beda-beda sedikit).

Anak Fisika juga paham kok beginian.

Masalahnya jurusan Astronomi di Indonesia cuma ada satu, di ITB.


Mau gimana lagi, kalo selain ITB, yah ambil jurusan Fisika. Terus ambil yang td kamu terangkan.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
01-12-2019 22:01
Quote:Original Posted By marikita2
Cendol gan emoticon-Cendol Gan


Berbagi cendol itu indah emoticon-Toast
0 0
0
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
01-12-2019 22:22
Quote:Original Posted By kampret.strez
Jurusan Fisika dan jurusan Astronomi hanya berbeda sedikit. Seperti perbedaan jurusan Manajemen dengan jurusan Bisnis.

Stephen Hawking dan Edwin Hubble itu contoh Fisikawan dengan spesialis Kosmologi.

Galileo dan Kepler itu contoh Fisikawan dengan spesialis Astronomi.


Kenapa agan ga ambil aja yang sesuai minat agan, siapa tau nanti agan bisa menjadi salah satu dari mereka.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
02-12-2019 02:52
Fu Yeng emoticon-Hammer2
0 0
0
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
02-12-2019 09:35
mantep mantep mantep emoticon-Wagelaseh
0 0
0
Halaman 5 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia