• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mau Jadi Jutawan? Yuk Intipin Kisah inspiratif Ala Ratu Cimol Banyumas!

idaalfaqiehAvatar border
TS
idaalfaqieh
Mau Jadi Jutawan? Yuk Intipin Kisah inspiratif Ala Ratu Cimol Banyumas!
Tentang Ratu Cimol Banyumas

#TasteTheLocal
#Inspiring Poeple/Product/Place/Community
#MLDSpotKontenHunt
#KaskusXMLDSpot




Sosok inspiratif adalah dia yang mampu menularkan energi positif untuk orang-orang di sekitarnya. Menginspirasi berarti mendorong orang untuk melakukan sesuatu.




Agan-sista pernah mendengar kata sebaik-baiknya orang adalah yang bermanfaat bagi orang lain? Ya, mungkin itulah gambaran simple sosok inspiratif. Di mana seseorang bisa memberi pelajaran dan hal bermanfaat untuk orang lain. Menginsipari orang bisa dilakukan dengan berbagai cara sesuai kemampuan kita.

Bahkan menjadi sosok inspiratif tidak harus jadi menteri atau presiden. Seorang penjual cimol pun bisa menginspirasi kita lho. Adalah Resika Caeseria Apriyonoowner Cv. Made Ariska Sejahtera, seorang pengusaha muda yang menjadi sosok inspiratif buat TS. Mbak Cika, begitu beliau disapa diumur yang baru menginjak 28 tahun sudah begitu banyak prestasi yang beliau torehkan.



1. Latar Belakang Usaha

Berawal dari keterpurukan ekonomi keluarga, karena ditinggal sang ibunda. Sedangkan sang Ayah yang bekerja sebagai sopir dan sering sakit-sakitan, membuat Mbak Cika yang waktu itu masih duduk di bangku SMP memutar otak bagaimana cara mendapatkan uang tambahan untuk biaya sekolahnya. Lalu muncullah ide berjualan cimol yang dititipkan di kantin sekolah. Setelah mendapatkan cukup uang, ia belikan gerobag untuk berjualan di depan rumahnya.

Alih-alih malu, jualan cimol ia tekuni dari SMP, SLTA, di bangku kuliah hingga membuahkan hasil manis saat ini. Jatuh bangun dalam usaha, tentu dialaminya. Namun tanpa putus asa Mbak Cika terus berjualan dan menciptakan inovasi-inovasi untuk memajukan usahanya. Bukan hanya berjualan via gerobag, Mbak Cika juga rajin mempromosikan cimolnya via media sosial seperti facebook dan instagramnya. Dia pun mulai fokus dan menekuni usaha cimolnya setelah lulus dari perguruan tinggi pada tahun 2013.



2. Penghargaan yang Didapat

Berwirausaha tak harus dengan modal besar. Usaha cimol mbak Cika hanya dengan modal awal Rp. 63.000 saja, kini omsetnya mencapai 200 juta rupiah per bulan. Berbagai penghargaan kini telah diraihnya, diantaranya: Apresiasi Indonesia Awards 2014, Apresiasi She Can 2017, Pelopor Pemuda Jateng 2017serta beberapa penghargaan lainnya. Sosoknya semakin dikenal lewat undangan berbagai talkshow untuk memotivasi para generasi muda. Beberapa bulan lalu, tepatnya Juli 2019 Mbak Cika tampil di salah satu acara talkshow televisi swasta.

3. Perkembangan Usaha

Kesuksesan tak membuat Ratu Cimol Banyumas (begitu tag yang tersemat untuk dirinya saat ini) besar kepala. Beliau mendirikan CV. Made Ariska Sejahtera pada tahun 2018 dan menjalin kerjasama dengan beberapa mitranya. Dengan visi untuk menjadi jalan rejeki demi meningkatkan taraf hidup masyarakat di sekitarnya. Sang Ratu Cimol membuka peluang usaha khususnya untuk warga ekonomi menengah.



Karena jiwa peduli sosialnya yang tinggi, Mbak Cika membuka kemitraan dengan modal nol rupiah untuk kaum dhuafa. Di mana mitranya mendapat gerobag gratis beserta alat masak plus cimol siap goreng untuk mereka yang kurang mampu tapi ingin berwirausaha. Ada juga sistem kemitraan untuk penjual di pasar, kantin sekolah atau warung-warung kecil. Sedangkan untuk yang suka online, bisa bergabung menjadi reseller Ratu Cimol Banyumas. Sistem Franchise/waralaba untuk mitra yang bermodal cukup besar. Dengan modal 15 juta, mereka bisa mendapat hak nama, gerobag full set, serta stok all product selama 7 hari.



4. Varian Produk

Seiring berjalannya waktu, usaha cimol Made Ariska semakin maju. Pergantian brand yang semula bernama Made Ariska cimol berganti menjadi Ratu Cimol Banyumas. Mbak Cika menjadi ikon ratu cimol yang sukses di Banyumas. Berbagai inovasi produk pun tercipta. Kalau awalnya hanya berupa cimol original, kini produk cimol Mbak Cika ada berbagai varian. Diantaranya: cimol krispi, cireng rujak, cireng isi, cilok, serta keripik cimol. Harga yang ditawarkan pun terbilang sangat murah, mulai dari Rp 100-600/pc. Soal rasa, tak perlu diragukan Gansist. Terbukti Mbak Cika telah menjalin kerjasama dengan 200-an mitra dan 80 gerobag tersebar di berbagai wilayah di Banyumas.

Spoiler for produk Ratu Cimol Banyumas:


Usaha Ratu Cimol Banyumas yang digawangi Resika Caeseria bertujuan untuk memberdayakan ekonomi orang kurang mampu menjadi layak. Keuntungan dari usahanya, ia putar untuk merekrut mitra baru. Melalui cimol dia bisa hidup, dan ia ingin orang lain pun merasakan manfaat yang sama.

Dari kisah inspiratif seorang penjual cimol recehan, kita bisa belajar bahwa melalui hal kecil pun kita bisa memberikan manfaat untuk orang lain. Selama mau berusaha dengan sungguh-sungguh, pantang menyerah, dan berdo'a kita bisa menjadi inspiring peopleuntuk orang di sekitar kita. Dan kesuksesan seseorang bukan dilihat dari seberapa banyak harta yang ia kumpulkan. Tapi kesuksesan yang hakiki adalah seberapa banyak ukiran senyum tercipta dari orang-orang yang merasakan manfaat keberadaan kita.

Spoiler for intip profil Ratu Cimol Banyumas:


IAf, 5 November 2019

Referensi: opini pribadi

Sumber: sumber 1, sumber 2




GIF
Diubah oleh idaalfaqieh 14-11-2019 04:51
davidikhsan
4iinch
sebelahblog
sebelahblog dan 44 lainnya memberi reputasi
45
3.2K
80
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.