babygani86
TS
babygani86
Komunitas Kopi Noesantara (Kopi Koe), Mengenalkan Kekayaan Nusantara
Mereka terbentuk karena didasari kebersamaan akan nikmatnya minum kopi. Selain itu, rasa cinta yang mendalam pada Indonesia membawa mereka pada satu tujuan. Menamakan dirinya Komunitas Kopi Noesantara (Kopi Koe). misi mereka ialah mengenalkan kekayaan nusantara yang otomatis terabaikan karena kehadiran kopi instan.

Mungkin dengan menyeduh kopi Instan banyak dari mereka sudah terpuaskan. Tapi mereka banyak yang belum mengetahui apa saja yang mencampuri kopi instan tersebut. Dari segi rasa dan aroma sangat berbeda dengan kopi asli. Kopi yang baik adalah kopi yang bisa meninggalkan jejak di lidah. Memang harga yang ditawarkan sedikit lebih mahal, mungkin hal itu yang membuat orang memilih kopi instan karena lebih ringkas dan murah.



Mendeklarasikan diri sejak 25 Maret 8 tahun silam, mereka terus menggalakkan visi dan nilai dengan mengadakan event seperti Kupas kopi di sekolah atau universitas. Mereka Juga mengajak komunitas lain untuk mensosialisasikan kekayaan ini. Seperti yang kita ketahui, kopi di lndonesia memiliki sejarah panjang dan memiliki peranan penting bagi pertumbuhan perekonomian masyarakatnya. Sangat beruntung lndonesia diberkahi dengan letak geografis yang sangat cocok difungsikan sebagai lahan perkebunan kopi. Tak heran mengapa negara ini menempati peringkat ketiga di dunia menilik dari segi hasil produksinya.

Lantas apa sebabnya masyarakat tak banyak mengetahui anugerah ini? Hadirnya kopi instan membuyarkan segalanya. Memang, selera menjadi kunci kenikmatan tiap individu Namun masih banyak orang yang belum tahu seberapa kayanya kopi yang ada di Indonesia. Dalam komunitas itu, mereka juga kerap mengadakan kopi Darat yang tujuannya menimba ilmu dan studi banding dari coffee shop di beberapa daerah. Banyak karakteristik kopi yang didapat dari kegiatan ini. Dan ternyata, Indonesra memiliki keberagaman kopi yang terbilang unik.

Kopi Koe banyak membahas berbagai jenis kopi yang terbilang juara dari Indonesia. Sebut saja kopi Kintamani, seperti namanya, kopi yang berasal dari Bali ini terkenal dengan cita rasanya yang khas, yakni lembut dan manis. Jenis kopi lain yang juga bikin penasaran adalah kopi Wamena. Jenis kopi ini merupakan jenis yang paling terkenal selain kopi Luwak. Pengolahan, proses produksi kopi Wamena boleh dibilang masih sangat tradisional dan alami tanpa mengesampingkan kualitas sehingga menghasilkan kopi dengan aroma yang khas dan bila rasa terbaik.

Di pulau Sumatera, kita punya Kopi Toraja, kopi yang terkenal dengan kelezatan dan cita rasa yang luar biasa unik. Kopi Toraja sendiri ternyata dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu kopi Toraja Robusta dan Kopi Toraja Arabika. Kedua jenis ini memiliki kandungan asam namun cukup rendah. Yang membedakan hanya kandungan kafeinnya saja. Kopi Toraia ini tidak meninggalkan rasa pahit, sensasi rasa pahit langsung hilang seketika ketika diminum pertama kali.

Kita punya banyak Jenis kopi, di Aceh kita punya kopi Gayo, di Sumatera Utara ada Mandailing, Linthong. Sumatera Barat ada Salak. Sumatera Selatan ada Robusta Lampung. Jawa Timur Terdapat kopi Dampit, Jawa Tengah ada kopi Banaran. Jawa Barat ada Malabar, Ciwidey. Bali ada Arabika Kintamani. Toraja dan Papua terdapat kopi Wamena.

Sifat kopi yang absorpsi (mudah menyerap) membuat kopi kita punya ragam karakteristik yang kaya. Misalnya Kopi Bali yang mempunyai rasa lebih fruity karena dekat dengan perkebunan jeruk, atau kopi Ciwidey yang punya sedikit rasa stroberi. Sayang masyarakat belum banyak yang beranjak dari kopi instan. Ada baiknya pemerintah lebih berperan aktif dalam hal ini. Pemberian edukasi dah fasilitas pada petani kopi mungkin bisa berpengaruh banyak pada kualitas kopi dengan harga yang lebih terjangkau.



Buat kaskuser yang ingin tahu lebih soal kopi, ada baiknya ikutan komunitas ini
untuk mengupas habis kopi dari seluruh penjuru nusantara.


Spoiler for Referensi:


raaaaud20orgbekasi67lina.wh
lina.wh dan 3 lainnya memberi reputasi
4
3.1K
22
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hobby & Community
Hobby & Community
icon
10.4KThread6.1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.