NadarNadzAvatar border
TS
NadarNadz
Tak Terduga!! 6 Penemuan Penting Ini Ternyata Berasal Dari Negara India Loh.

ā€¢ Assalamu'alaikum Wr. Wb ā€¢
Apakabar semuanya AganSist? Mudah-mudahan selalu diberikan kesehatan dan juga perlindungan oleh Tuhan Yang Maha Esaya?. Aamiin. šŸ™

Baiklah pemirsah, pada kesempatan kali ini kita akan coba membahas tentang sebuah negara yang memiliki artis terkenalnya yaitu "Shahrukh Khan", yap semua pasti sudah tempe kalau jawabannya adalah "INDIA".

Selain terkenal dengan industri perfileman "BOLLYWOOD" nya, negara tersebut juga mempunyai salah satu 'keajaiban dunia'nya ganSist yaitu "Taj Mahal". Alkisah "Taj Mahal" merupakan sebuah bangunan yang dibangun sebagai bukti tanda cinta seorang raja terhadap mendiang istri tercintanya.
emoticon-Mewek
Semua itu merupakan pengetahuan umum yang sering kita jumpai dimedia berita maupun cetak. Namun tahukah anda yang menarik dari "India"?

Ternyata negara tersebut sangat berkonstribusi besar dalam perkembangan peradaban modern saat ini, yaitu dengan penemuan-penemuannya yang sangat berguna dan fenomenal dalam sejarah.

Apa saja penemuan tersebut? Dan siapa sajakah penciptanya? Berikut ulasannya mengenai "6 penemuan besar" orang India yang jarang diketahui oleh publik.

emoticon-Matabelo

1. Penemu Metode Operasi Katarak

Quote:


Banyak diantara kita sering mendengar nama "Operasi Katarak"tapi tidak tahu asal-usulnya bukan? šŸ˜…
Siapa sangka kalau metode operasi tersebut ditemukan pertamakali oleh orang India yang bernama "Sushruta" seorang dokter pada abad ke-3.

Metode operasi katarak dilakukan pertamakali dengan menggunakan jarum melengkung, fungsinya untuk melonggarkan lensa mata dan mendorong 'katarak' keluar dari bidang penglihatan. Selanjutnya mata akan dibasahi dengan 'mentega' hangat lalu dibalut dengan kain.
emoticon-Takut

Walau terdengar mengerikan, namun metode tersebut berhasil dilakukan.Dan operasi katarak hanya boleh dilakukan apabila kondisi katarak pasien sudah sangat parah. Perlahan namun pasti, metode operasi ini berkembang seiring berjalannya waktu.



2. Pencipta Permainan Ular Tangga

Quote:


Pernah memainkan permainan ular tangga?Yang ketika dimainkan lebih banyak nurunin kepala ular ketimbang naik tangga? šŸ˜‚
Nah permainan tersebut merupakan adopsi dari permainan tradisional India yang bernama "mokshapat."

Permainan ular tangga diciptakan oleh seorang penyair bernama "Gyandev" pada abad ke-13. Tujuan permainan tersebut adalah untuk mengajarkan 'nilai Hindu Darma' kepada anak-anak. (W.T.F) šŸ˜±

Ternyata oh ternyatu di balik permainan ular tangga tersebut, terselip sebuah nilai moral agama hindu šŸ˜µ.
emoticon-Hammer2

'Tangga'mempunyai makna sebagai 'kebajikan,' sementara 'Ular' sebagai sifat buruk manusia.

Permainan ini kemudian diadopsi oleh negara barat yaitu Inggris, karena mereka pernah menjajah India. Dan permainan 'ular tangga' resmi diperkenalkan di Amerika Serikat pada tahun 1943.

emoticon-Matabelo



3. Penemu Komposisi Shampoo

Quote:


Denger kata 'shampo'jadi inget sebuah iklan, "Aku make shampo? Mandi aje jarang!" šŸ˜‚
Jujur gan, keramas tanpa shampo ga ada artinya loh. šŸ˜‚(Yaiyalah pea, masak keramas pake deterjen! šŸ˜‘)

Kata sampo berasal dari bahasa Sansekerta "Chapayati" yaitu "Champo", yang berarti pijatan atau remasan. Kegunaan Sampo adalah untuk membersihkan rambut dari lengket dan bau.

Sampo berasal dari daerah timur India pada masa Kekaisaran Mughal ditahun 1762, dahulu sampo digunakan untuk memijat kepala dan komposisinya pun berupa bahan-bahan alami seperti minyak, alkali dan wewangian.
emoticon-Matabelo

Lalu sampo pun diperkenalkan kepada Inggris oleh Sake Dean Mahomed,seorang pengusaha dari Bengali. Kemudian sampo pun mengalami transformasi komposisi tahap demi tahap sampai seperti sekarang ini.


4. Penemu Ide Kancing Baju

Quote:


Jika ide kancing baju tidak ditemukan, mungkin keaneka ragaman baju seperti kemeja, jas dan sejenisnya tidak pernah ada kali ya? Kebayang gak kalau ngantor pake baju oblong?!šŸ˜‚
emoticon-Leh Uga

Tapi untung saja ide tersebut ditemukan sekitar 5000 tahunyang lalu, dan lagi-lagi oleh bangsa India! šŸ˜²

Awalnya pembuatan kancing baju berupa kulit kerang yang dibentuk geometris dan dilubangi kecil pada tengahnya, dan digunakan sebagai "ornamen." Lalu fungsinya dirubah menjadi pengikat pakaian.
emoticon-Matabelo

Kancing bajupertamakali ditemukan oleh orang-orang 'Peradaban Lembah Indus.' Dan kancing modern pertama dibuat oleh orang Jerman pada abad ke-13, dan menyebar ke seluruh Eropa hingga abad ke-14. Kancing pun mengalami perubahan bentuk dari masa ke masa sampai kebentuk saat ini.



5. Pengolahan Katun Sebagai Bahan Pakaian

Quote:


Sedikit info! Sebelum 'katun' dijadikan bahan utama sebagai pakaian, orang-orang Yunani Kuno dulu memakai kulit binatang sebagai bahan utama pakaian.

'Katun' atau kapas pertamakali ditemukan dan digunakan oleh orang India dan Pakistan sekitar 6.000 tahunsebelum masehi, tepatnya didaerah dekat sungai Indus.

Doloe jenis kapas yang digunakan adalah, 'Gossypium herbaceum' dan 'Gossypium arboretum.' (Bagi yang kurang ngerti, silahkan nanya ke mbah gulugulu šŸ˜‚)
emoticon-Ngakak

Pabrik tekstilkatun pertama diciptakan di India lalu menyebar ke negara-negara lain di seluruh dunia.


6. Penemu Dan Pencipta Port USB.

Quote:


Untuk yang satu ini gw baru saja tau, pas nyari-nyari bahan tema untuk trit ini. Ternyata penemu sekaligus pencipta kabel (port) USB adalah orang India, Ajay V. Bhattmerupakan seorang ahli arsitek komputer Amerika yang berdarah India.

Laki-laki kelahiran 6 September 1957 tersebut juga merupakan alumni kampus "Maharaja Sayajirao University of Baroda" di India. Oleh karena penemuannya yang sangat berguna bagi seluruh dunia, ia pun dinobatkan sebagai salah satu dari 50 orang India yang berpengaruh.
Wow! Itu sebuah penghormatan tertinggi yang diberikan oleh negara gan.
emoticon-thumbsup
Port USB yang ia ciptakan tersebut diadaptasi dan dikembangkan oleh perusahaan teknologi raksasa, seperti Apple dan Microsoft. Dan yang lebih terhormatnya lagi, ia tidak mengambil sepeserpun dari penemuannya tersebut. Respect Agan Ajay gan! Jarang-jarang ada orang yang seperti ini. šŸ˜²šŸ‘
emoticon-Recommended Seller

Ajaymengatakan bahwa ia tidak ingin melakukan sesuatu untuk uang, akan tetapi ia ingin membawa sebuah perubahan dan inovasi di bidang teknologi untuk masa depan.
Semoga kedepannya bisa menciptakan alat yag lebih canggih lagi Agan Ajay, I support u always! āœŒšŸ˜šŸ‘.



Kesimpulannya:
"Melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain, lebih hebat dan lebih mulia daripada melakukannya untuk diri sendiri. Karena kebanyakan orang lebih mementingkan dirinya sendiri ketimbang kepentingan orang lain."
Sekian dan "Teurimoeng Genaseh."āœŒšŸ˜
ā€¢ Wassalamu'alaikum Wr. Wb ā€¢
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia


Narasi: Opini Pribadi
Sumber informasi: (Disini)
Sumber gambar: Google images


rony25
bahriesy20
dellesology
dellesology dan 31 lainnya memberi reputasi
32
13.3K
110
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & XenologyKASKUS Official
6.5KThreadā€¢10.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
Ā© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.