trikunprayogaAvatar border
TS
trikunprayoga
Kenapa Saat Kita Berada di Lift Susah Sekali Mendapat Sinyal yang Bagus?

Pernahkah kalian mengalami masalah saat menerima pesan atau pun menjawab panggilan saat berada didalam lift, kenapa hal ini bisa terjadi?

Pertama-tama kita harus tahu bagaimana sebuah sinyal berkerja. Sinyal merupakan gelombang radio atau RF yang berbentuk energi elektromagnetik.

Ada dua hal yang dapat menyebabkan sinyal buruk, pertama jarak menara pemancar, kedua hambatan antara kalian dengan menara pemancar yang menghalangi ataupun melemahkan sinyal sehingga tidak dapat mencapai lokasi kalian.

Hampir semua bahan-bahan yang digunakan untuk struktur bangunan itu dapat membuat sinyal RF menjadi lemah. Logam dapat melemahkan karena logam mampu menggangu energi elektromagnetik, dan baton juga dapat menggangu karena mengandung beberapa unsur logam.

Berita buruknya adalah bahan bangunan lain, seperti: herpes zoster, batu, kayu, drywall, bahkan kaca (terutama kaca yang dilapisi dengan logam oksida) itu mampu melemahkan gelombang RF.

gelombang frekuensi radio

Spoiler for Definisi Gelombang RF:


Itu sebabnya ketika kalian berada dirumah, kalian dapat menemukan masalah mengenai koneksi.

Ini adalah salah satu ironi dikehidupan modern, saat kita terbiasa berada didalam rumah sambil tidur-tiduran atau duduk disofa, padahal sinyal yang kuat biasanya berada diluar rumah.
Balik lagi kenapa saat kita berada dilift, kita susah sekali mendapat sinyal yang bagus. Setiap bangunan yang berlantai banyak pasti menggunakan lift untuk menuju lantai tertentu, mungkin yang jadi masalahnya adalah bahan material yang digunakan seperti beton, besi, bata, ataupun yang mampu membuat sinyal kita menjadi lemah.

Apakah kalian pernah dengar sangkar faraday? Itu struktur yang dibuat khusus pada dinding, lantai, dan langit-langit menggunakan material logam. Sangkar ini mampu menghalangi gelombang RF.
Spoiler for Sangkar Faraday:



Jadi, kita tahu kalau lift itu pada dasaranya adalah sebuah sangkar faraday, yang dimana sangkar ini berbentuk kotak berbahan dasar logam. Yang dimana mampu untuk menggganggu gelombang RF untuk keluar maupun masuk, itu sudah membuat sinya di Hp kita menjadi terganggu.

Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca thread ini.

Semoga dengan ini menambah wawasan agan/sista.emoticon-Hai

 


mr.croovooc
afifa26
alifrian.
alifrian. dan 17 lainnya memberi reputasi
18
7.9K
89
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.5KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.