hardlen
TS
hardlen
7 Asupan Alami untuk Meningkatkan Produksi ASI

Ilustrasi. (Pixabay)





Menjadi ibu menyusui mungkin memiliki banyak pikiran yang dihadapi perihal sang buah hati. Dari mulai mengkhawatirkan kesehatan dan pertumbuhan si kecil, hingga ingin melakukan segala yang terbaik untuknya. Sering kali ibu menyusui mempertanyakan asupan apa yang harus dikonsumsi agar memiliki pasokan air susu yang cukup dan baik.

Ibu menyusui tak perlu khawatir akan masalah ini. Pasalnya, sejumlah makanan diyakini dapat mendorong produksi dan kualitas ASI secara alami. Berikut sejumlah daftar asupan sehat yang bermanfaat untuk ibu menyusui.

1.      Salmon

Ikan salmon memang sudah dikenal luas akan manfaatnya pada kesehatan tubuh karena nutrisi omega-3 dan asam lemak esensial (EFA) yang terkandung di dalamnya. Khusus bagi ibu menyusui, kedua kandungan tersebut sangat bermanfaat dalam produksi ASI.

Dengan menambahkan salmon ke dalam menu makan, hormon pada ASI akan jadi lebih baik dan bernutrisi pada bayi. Untuk mengonsumsinya, salmon bisa dihidangkan dengan berbagai cara seperti kukus, rebus, atau bakar.

2.      Almond

Mengonsumsi almond saat tengah aktif menyusui bayi dapat mendorong produksi ASI dengan efektif. Mengutip CNNIndonesia.com, kandungan omega-3 yang terdapat di dalam almond mampu meningkatkan kinerja hormon agar bisa menghasilkan susu lebih banyak.

Selain dapat dikonsumsi langsung, almond dapat diolah menjadi susu, atau sebagai topping dari smoothie bowl. Vitamin E pada almond juga dapat mengurangi rasa gatal pada stretch marks selepas proses persalinan.

3.      Beras merah

Menurut sebuah penelitian yang berjudul Increase Breast Milk Supply With Herbal Galactagogues, beras merah mampu meningkatkan produksi ASI. Studi yang dimuat dalam World Journal of Pharmaceutical and Life Sciences ini menjelaskan bahwa beras merah memiliki stimulan hormon yang dapat meningkatkan laktasi.

Melansir Mom Junction, beras merah juga dapat menambah energi bagi ibu menyusui yang sangat dibutuhkan usai bersalin. Tak hanya itu, beras merah juga membantu meningkatkan nafsu makan sehingga memungkinkan sang ibu untuk mengonsumsi asupan bergizi.

4.      Aprikot

Saat masa hamil hingga selesai proses bersalin, terdapat ketidakseimbangan hormon yang terjadi di dalam tubuh. Aprikot kering menawarkan bahan kimia tertentu yang mampu menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh.

Aprikot kaya akan kandungan kalsium dan serat yang bisa meningkatkan produksi ASI. Tambahkan aprikot dalam menu makanan harian Anda.

5.      Daun basil

Bekerja sebagai agen antioksidan kuat, daun basil sangat berkhasiat untuk ibu menyusui. Daun basil mempunyai efek penenang yang penting dalam proses produksi ASI. Tak hanya untuk ibu, basil juga mampu meningkatkan sistem kekebalan si kecil.

6.      Susu sapi

Susu sapi dikenal kaya akan kandungan kalsium serta asam lemak esensial (EFA) yang berguna dalam mendukung peningkatan ASI. Mengonsumsi susu sapi di tengah masa menyusui pun dapat melatih sang bayi untuk tidak memiliki alergi pada susu sapi.

Minumlah susu sapi setidaknya dua sampai tiga gelas dalam sehari untuk mendukung produksi ASI.

7.      Bawang putih

Bawang putih diyakini sebagai makanan terbaik untuk meningkatkan ASI, karena kandungan senyawa kimianya yang mampu meningkatkan laktasi pada ibu menyusui.

Manfaat lain yang bisa diperoleh dari bawang putih adalah dapat mencegah datangnya berbagai jenis kanker. Anda bisa menambahkan bawang putih sebagai bahan dasar makanan utama yang hendak dikonsumsi.

siapikaafifa26lina.wh
lina.wh dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.4K
16
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Healthy Lifestyle
Healthy Lifestyle
icon
7.6KThread2.6KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.